Top 9 Tips Mencegah Susah Buang Air Besar

Konstipasi adalah masalah pencernaan yang umum dimana buang air besar jarang atau sulit dilewati. Konstipasi bisa terjadi pada semua kelompok umur. Biasanya, orang tua menderita masalah ini. Anda mengalami Susah Buang Air Besar jika Anda memiliki kurang dari tiga kali buang air besar dalam seminggu. Beberapa orang juga mengalami rasa sakit saat mengeluarkan isi perut. Menjadi sembelit juga berarti bahwa buang air besar Anda sulit atau terjadi lebih jarang dari biasanya. Ini biasanya tidak serius. Jika Anda mengalami konstipasi tiba-tiba dengan sakit perut parah segera hubungi dokter.



Berikut adalah 9 tips untuk mencegah Susah Buang Air Besar:


  1. Hindari makanan seperti nasi putih yang kebanyakan, pisang, coklat, teh hitam kuat atau kopi. 
  2. Tambahkan sayuran ke makanan Anda. Usahakan makan dua cangkir buah atau dua setengah cangkir sayuran setiap hari. 
  3. Mengkonsumsi buah dan sayuran membantu menjaga konstipasi di bawah cek. Latihan teratur. Aktivitas fisik merangsang otot-otot usus dan membuat mereka bekerja lebih efisien. Hal ini juga mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan makanan untuk bergerak melalui usus Anda. 
  4. Cobalah banyak air. Minumlah setidaknya delapan sampai sepuluh gelas air setiap hari untuk buang air besar dengan baik. Air tidak hanya melumasi usus tapi juga membasahi makanan yang dimakan, membantu alirannya melalui tubuh. 
  5. Hindari es krim, keripik, keju, daging, pizza dan makanan olahan atau makanan beku karena kekurangan serat dan bisa memicu Susah Buang Air Besar. 
  6. Mengurangi stres. Gerakan usus bergantung pada pensinyalan yang rumit antara usus dan otaknya. Saat otak kita mengalami stres, usus kita juga mengalami tekanan. 
  7. Pastikan bahwa Anda tidak terlalu menekankan banyak hal. Diet seimbang membantu mengatasi konstipasi. 
  8. Diet ini harus terdiri dari makanan yang tidak dimurnikan seperti sereal gandum, lentil, dedak, kecambah, madu, lobak, sayuran berdaun hijau (seperti bayam, kacang, wortel, kubis dll.), Buah segar, buah kering dan produk susu (mentega, ghee dan krim). 
  9. Sertakan lima porsi buah dan sayuran ini dalam makanan Anda setiap hari. Termasuk lebih banyak serat dalam makanan Anda karena membantu mengurangi pergerakan usus. Oksigen kaya akan kalsium dan bagus untuk usus besar dan membantu meredakan Susah Buang Air Besar.