Cara Menginstal MIUI 9 untuk Semua Xiaomi dengan Mudah

Xiaomi telah mulai meluncurkan MIUI 9 Global Stable ROM untuk memilih perangkat yang dimulai dengan Redmi Note 4 dan Mi Max 2. Perusahaan China telah mengungkapkan bahwa update MIUI 9 Global Stable ROM over-the-air (OTA) akan dibatasi hanya untuk beberapa perangkat dan akan melihat peluncuran yang mantap.



Ini berarti pengguna Xiaomi Redmi Note 4 dan Mi Max 2 dapat menunggu update resmi OTA, atau dapat mendownload dan menginstal file OTA secara manual jika mereka ingin menggunakannya segera. Untuk perangkat Xiaomi yang didukung lainnya, perusahaan tersebut telah memastikan bahwa MIUI 9 Global Stable ROM akan tersedia pada akhir bulan ini. Anda dapat memeriksa di sini jika perangkat Xiaomi Anda didukung untuk pembaruan MIUI 9.

Pengguna Xiaomi Redmi Note 4 dan Mi Max 2 seharusnya sudah mulai menerima MIUI 9 melalui update OTA selama akhir pekan, dan yang perlu anda lakukan adalah menunggu dengan sabar untuk mendapatkan pemberitahuan. Mereka bahkan bisa memeriksa Updatetan, untuk melihat apakah pembaruan telah tiba atau tidak.



Inilah cara mendownload dan menginstal MIUI 9 di smartphone Xiaomi Anda:

Sebelum memulai dengan proses flashing, pengguna Xiaomi harus memastikan batera di atas 60 persen dan harus mengambil cadangan aplikasi dan konten multimedia berada di sisi yang aman. Pengguna smartphone Xiaomi harus mendownload paket Recovery atau Fastboot tergantung versi ROM. Jika Anda menjalankan ROM Pengembang, download paket Pemulihan dengan ekstensi .zip atau yang menjalankan ROM stabil harus mendownload paket Fastboot dengan ekstensi .tgz.

Bagi mereka yang memiliki Catatan Redinis 4 dan Mi Max 2 dapat mendownload dan menginstal ROM yang sesuai dari situs web Xiaomi. Ikuti langkah-langkah di bawah ini yang disorot tentang cara mendownload dan menginstal MIUI 9 Global Stable ROM.

Donwload Miui 9

 Tekan Ctrl+F Untuk mempercepat pencarian


Mi 5 - Fastboot (1503M) AktifUnduh
Mi 5 - Recovery (1219M)AktifUnduh
Mi Max (32G) - Fastboot (1654M)AktifUnduh
Mi Max (32G) - SMARecovery (1372M)AktifUnduh
Redmi Note 4X / Redmi Note 4 Qualcomm - Recovery (1462M)AktifUnduh
Mi 5s - Fastboot (1495M)AktifUnduh
Mi 5s - Recovery (1222M)AktifUnduh
Mi 6 - Fastboot (2063M)AktifUnduh
Mi 6 - Recovery (1496M)AktifUnduh
Mi Note 2 - Fastboot (1531M)AktifUnduh
Mi Note 2 - Recovery (1251M)AktifUnduh
Mi 5s Plus - Recovery (1232M)AktifUnduh
Mi Max 2 - Fastboot (1997M)AktifUnduh
Mi Max 2 - Recovery (1416M)AktifUnduh
Redmi 4X - Fastboot (1817M)AktifUnduh
Redmi 4X - Recovery (1233M)AktifUnduh


Firmware MIUI 9 Redmi Note 4 dan alat tempur :



  1. Firmware MIUI 9 Redmi Note 4 versi Beta flash via TWRP.
  2. Firmware MIUI 9 Redmi Note 4 versi Alpha flash via Fastboot.
  3. ADB & Fastboot
  4. MI Flashtool


Note : "Gunakan browser Google Chrome untuk mempermudah proses pengunduhan file diatas"

Langkah-langkah Flashing ROM MIUI 9:


  1. Sebelum melakukan proses update pastikan kondisi baterai masih berada di 60 %. Ini untuk berjaga-jaga agar proses flashing tidak terputus ditengah jalan.
  2. Siapkan PC / Laptop, usahakan menggunakan windows 7.
  3. Unduh terlebih dahulu ROM MIUI 9 nya, pilih Firmware MIUI 9 Redmi Note 4 versi Alpha karena kita akan melakukan pembaruan via Fastboot.
  4. Instal ADB & Fastboot di komputer sobat.  
  5. Setelah itu instal MI Flashtool.
  6. Silahkan masuk ke menu pengaturan ponsel Xiaomi kalian, dan aktifkan mode developers lalu aktifkan USB Debugging pada perangkat Xiaomi kalian.
  7. Matikan ponsel Xiaomi Redmi Note 4 kalian, setelah ponsel off masuk ke mode Fastboot dengan cara menekan dan tahan tombol volume bawah + power secara bersamaan.
  8. Jika sudah masuk ke mode Fastboot segera hubungkan Xiaomi Redmi Note 4 kalian ke PC dengan menggunakan kabel USB, usahakan gunakan kabel USB ori agar device bisa terdeteksi dengan baik.
  9. Buka folder tempat sobat menyimpan firmware yang sudah di download tadi melalui menu MI Flash, kemudian refresh software Mi flash nya.
  10. Langkah selanjutnya adalah proses flashing dengan cara menekan tombol Flash, maka proses flashing akan berjalan otomatis.
  11. Tunggu hingga proses flashing selesai, biasanya hanya memakan waktu beberapa menit saja.
  12. Setelah proses flashing selesai silahkan matikan kemudian hidupkan kembali ponsel sobat.
  13. Selesai.


Cara upgrade Xiaomi Redmi Note 4 Ke MIUI 9 via OTA

Melakukan update ke MIUI 9 pada hp Xiaomi Redmi Note 4 via OTA jauh lebih simple, dibandingkan dengan via fastboot, karena kalian tidak perlu bantuan alat / software flashing yang ada di PC. Jadi bisa kalian lakukan langsung melalui ponsel Xiaomi Redmi Note 4 kalian.

  1. Sebelum melakukan update Xiaomi via Over The air (OTA), pastikan jika baterai pada ponsel Xiaomi masih full, atau untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan kalian bisa melakukan update sambil mencharger.
  2. Untuk melakukan update disarankan menggunakan jaringan Wi-fi karena ROM yang kalian unduh nantinya akan sangat besar sekali, jadi kalau pakai kuota takutnya tidak mencukupi.
  3. Setelah semua persiapan selesai, silahkan masuk ke menu dan cari aplikasi updater / pembaruan.
  4. Buka aplikasi updaternya, dan masuk ke menu yang ada tanda titik 3 di pojok kanan atas, lalu pilih menu settings dan centang pada opsi cek update via Wi-fi only.
  5. Kemudian langkah selanjutnya adalah mengecek ketersediaan update ROM kalian, jika sudah tersedia silahkan langsung di unduh saja ROM nya.
  6. Setelah update ROM MIUI 9 sukses kalian unduh, klik tombol update. Maka proses update akan berjalan otomatis.
  7. Tunggu beberapa saat sampai ponsel Xiaomi kalian sukses melakukan update ke MIUI 9 terbaru.
  8. Selesai.


Cara mengupgrade Xiaomi Redmi Note 4 ke MIUI 9 via TWRP


  1. Silahkan masuk ke mode TWRP dengan cara menekan tombol volume atas + power.
  2. Setelah masuk ke menu TWRP Recovery pilih menu Factory reset.
  3. Lalu lakukan wipe data, wipe cache, dan wipe dalvik cache.
  4. Instal zip from sd card dan cari file firmware versi Beta yang sudah sobat download tadi.
  5. Tunggu hingga proses flashing selesai.
  6. Setelah proses flashing sukses lakukan wipe cache/dalvik sekali, kemudian reboot system.
  7. Selesai.





Bagaimana pengalaman Anda menginstal MIUI 9 Global Stable ROM di ponsel cerdas Anda? Beri tahu kami lewat komentarnya. Untuk tutorial lebih lanjut, pergilah ke bagian How To.