ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Dengan Traveloka #JadiBisa Melihat Ibunda Tersenyum Terakhir kalinya

Dulu sebelum mengenal Traveloka saya harus kesana kemari untuk mencari agen penerbangan konvensional. Karena berada dikota kecil, saya siap mengantri panjang hanya untuk mendapatkan satu tiket penerbangan. Mengenal traveloka saat saya duduk dibangku Kuliah pada 2015 yang lalu. Saat itu saya baru pertama kali memiliki hp Android.

Karena jarak antara Kepulauan Riau dengan Yogyakarta sangat jauh, akhirnya saya pulang 2 kali dalam setahun, sehingga dalam setahun saya memesan tiket penerbangan sebanyak 4 kali. Dengan ini saya sangat membutuhkan yang namanya agen terpecaya mulai dari harganya dan kwalitas pelayanan. Sebelum menggunakan layanan traveloka ada Kisah Nyata yang tidak pernah saya lupakan dalam hidup saya.

Waktu itu saya sedang melaksanakan Program kampus Kuliah Kerja Nyata "KKN" di desa kecil gunung kidul, Yogyakarta. Saat itu tepatnya Bulan Ramadhan saya dan teman-teman selesai melaksanakan shalat tarawih berjamaah di dusun sawah, desa monggol, kec. Saptosari, gunung kidul Yogyakarta.

Sekitar jam 10 malam keluarga saya menghubungi saya bahwa Ibu mengalami sakit yang keras dan ingin saya pulang esok harinya. Saat itu pikiran saya bercampur aduk karena permintaan Ibu akhirnya saya memutuskan untuk pulang besok. Namun kendalanya bagaimana saya bisa mendapat tiket dengan cepat karena jarak antara Dusun sawah dan Pusat Kota Yogyakarta yang begitu jauh kurang lebih 1 jam 30 menit. Lagi pula di Dusun Sawah internet kurang memadai untuk melihat jadwal Penerbangan besok Pagi. Setelah persiapan keperluan yang harus dibawa, Akhirnya saya memutuskan untuk bergegas berangkat ke pusat kota Yogyakarta mencari agen penerbangan konvensional.

Tiba di pusat Kota Yogyakarta pukul 01 Wib, Semua agen penerbangan tutup tidak ada yang buka begitu juga dengan agen langganan saya sebelum mengenal traveloka juga tutup. Kebingungan telah menghantui pikiran saya, akhirnya teman saya memberikan informasi bahwa ada satu aplikasi Andorid yang bisa dipesan dengan pelayanan 24 jam. yaitu "TRAVELOKA"

Saya pun mendownload aplikasi traveloka di play store, dan melakukan pemesanan. Ternyata lebih mudah dan cepat serta harganya yang jujur. Berkat traveloka saya bisa melihat ibu saya saat sakit keras. Sebelum Ibunda saya Meninggal dunia saya sempat melihat Dia tersenyum dan tidur berada di samping pelukannya. Keesokan harinya ibu saya meninggalkan saya dan keluarga.

Tanpa traveloka mungkin saya tidak bisa melihat Alm. Ibu tersenyum terakhir kalinya.

Cara Pemesanan Traveloka

Cara pemesanan traveloka akan saya jelaskan dengan 2 cara, yang pertama cara menggunakan Android yang kedua menggunakan Web Browser.

Via Android

1. Sebelumnya Sobat harus memiliki Aplikasi Traveloka di Android Sobat. Caranya gampang kok tinggal Buka Play Store > Menu Search, ketik "Traveloka", trus Sobat Klik Pencarian

2. Aplikasi Traveloka Berada diatas dan Pilihlah Judul "Traveloka - Tiket & Hotel" Untuk melihat Spesifikasi Traveloka Sobat Bisa Klik "INFO DETAIL" dan jika Sobat tidak ingin berlama-lama sobat bisa langsung klik "INSTAL"

3. Tenang saja dengan Aplikasi Traveloka Ini Sobat Cuma dikenakan 38,53MB saja, Dan tunggu Proses Penginstalan Berlangsung

4. Jika Proses Instal Sudah Berlangsung Maka Sobat Bisa Langsung klik "BUKA".

5. Masuk ke Nomer 5,6,7,8, Sobat di ajak Tour Bersama Aplikasi Traveloka, Pilihlah Bahasa yang sesuai, Contohnya saya Memilih bahasa Indonesia (English) > Continue

What's in Store for you
The World in your hand: Over 100,000 routes and 100,000 hotels araoud the Globe.

Artinya :

Apa yang ada di toko untukmu
Dunia di tangan Anda: Lebih dari 100.000 rute dan 100.000 hotel di seluruh dunia.

Sekarang Sobat Bisa Klik Next

Looking for travel deals?
Bingo, you're at the right place! Here's where you find the best price for all flights, hotels and best budget rooms.

Mencari Penawaran Perjalanan?
Bingo, kamu berada di tempat yang tepat! Di sinilah Anda menemukan harga terbaik untuk semua penerbangan, hotel, dan kamar dengan anggaran terbaik.

Sekarang Sobat Bisa Klik Next

The Only Travel app you need
Millions of travelers depend on Traveloka for all their booking needs. It's your turn.

Aplikasi Perjalanan yang Anda butuhkan
Jutaan wisatawan bergantung pada Traveloka untuk semua kebutuhan pemesanan mereka. Sekarang Giliran Anda

Sekarang Sobat Bisa Okay, I'm in!

9.  Sekarang Sobat Masuk ke Halaman Berikutnya yaitu halama dimana sobat harus memiliki akun Traveloka, Jika Sobat belum memiliki akun traveloka sobat bisa Register, Namun jika sobat sudah memiliki akun traveloka bisa langsung Log In. Cara Pendaftarannya cukup mudah kok, apabila sobat sudah memiliki akun Gmail atau Facebook, sobat tinggal klik tombol nya saja, Mudah Bukan??

10. Sobat sudah masuk ke halaman beranda Traveloka, Kini sobat bisa menggunakan layanan traveloka seperti layanan "Tiket Pesawat, Pemesanan Hotel, Tiket Kreta Api, Pesawat + Hotel, Pulsa & Paket Internet dan Aktivitas & Rekreasi"

Namun Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara melakukan Pemesanan Tiket Pesawat Melalui traveloka? yuk simak caranya :

A. Sekarang sobat bisa Klik icon Pesawat yang berwarna biru muda > Flight/ Tiket Pesawat

B. Sobat bisa pilih. Contohnya seperti ini.

Origin/ Kota asal : Jakarta(JKTA)
Destination/Kota tujuan : Batam(BTH)
Depart Date/Tanggal Berangkat : Saturday/Sabtu, 2 Des 2017
Passenger/Penumpang : 1 Adult/Dewasa
Seat Class/Kelas Penerbangan: Economy/Ekonomi

Jika sobat ingin Pulang/Pergi, sobat bisa Klik icon di Samping tanggal berangkat hingga menjadi warna biru Setelah itu klik Search/Pencarian

C. Sekarang Sobat Masuk kehalaman selanjutnya dimana ada beragam nama-nama meskapai penerbangan berserta harga yang bisa sobat pilih, kalau saya pribadi memilih harga meskapai penerbangan yang lebih murah. hehehe.
Jika sobat sudah menentukannya, sobat bisa langsung Klik Kolom Pesawat yang dipilih

D. Dihalan ini sobat harus mengisi informasi sobat berdasarkan Identitas sobat di KTP, SIM atau yang lain *Ingat JANGAN!! menggunakan Identitas Palsu, nanti akan ditanyakan oleh pihak angkasa pura di Bandara. Jika sesuai sobat bisa Klik Continue/Selanjutnya

E. Masuk ke Halaman Flight facilities/ Fasilitas Pesawat, sobat akan ditawarkan 20kg Free Bagasi, jika lebih maka akan dikenakan biaya dan tawaran asuransi penerbangan, jika sobat tidak berniat silahkan abaikan. Sekarang sobat bisa > klik Continue

F. Lihat dan teliti lagi pada halaman ini, jika ada yang kurang atau kesalahan, bisa di edit lagi sebelum disetujuai, dan saran saya lihat Identitas sobat sudah sesuai apa belum. Jika sudah bisa klik Continue to Payment

G. Sekarang sobat masuk ke Halaman Pembayaran melaui Bank Transfer, jika sobat menggunakan Bank BCA, MANDIRI, BRI atau BNI, sobat bisa pilih kolom transfer.

H. Sekarang Masuk ke Informasi Detail, jika sudah benar semuanya sobat langsung klik "Pay by Transfer"

Sampai disini sobat bisa langsung menuju ke ATM, karena waktu booking yang diberikan Traveloka sekitar 4 jam. dan status pembayarannya bisa sobat cek di email sobat.

Sekarang saya akan menjelasakan cara pemensanan traveloka menggunakan web browser www.traveloka.com.

Via Web Browser www.traveloka.com

1. Hal pertama yang sobat lakukan adalah membuka web browser, contohnya saya menggunakan web browser "Google Chrome", dibagian kolom URL sobat mengisikan "www.traveloka.com" atau "traveloka.com" klik Enter.

2. Sekarang sobat masuk ke halaman Beranda Traveloka dimana halaman ini mencangkup berbagai layanan yang disediakan traveloka.

3. Nah, saya akan menjelaskan cara pemesanan Tiket Pesawat melalui layanan Traveloka. Yang pertama sobat harus menentukan Daerah asal dan Kota Tujuan, contohnya saya ingin berangkat dari Jakarta Menuju Batam, Maka saya harus memilih pilihan Daerah asal : Jakarta, dan Kota tujuan : Batam.

4. Selanjutnya menentukan Jumlah Penumpang, jika sobat membawa keluarga, sobat bisa mengisi dengan kebutuhan sobat. Untuk Bayi yang belum berusia 2 Tahun akan dikenakan 50% dari harga normal.

5. Sekarang sobat Memilih tanggal keberangkatan.

6. Dan sobat bisa memilih kelas penerbangan, biasanya saya memilih kelas ekonomi karena harganya terjangkau.

7. Setelah itu sobat bisa langsung klik > Search Flight

8. Disini sobat akan di alihkan ke Halaman Baru, dimana halaman ini tersedia berbagai macam meskapai penerbangan dengan harga yang termurah berada dibagian atas, kalau saya memilih harga termurah ya biar hemat-hemat kantong. hehhe

Setelah itu sobat pilih salah satu meskapai penerbangan, jika sudah sobat tinggal klik Choose/Memilih

9.  Pada halaman ini sobat di wajibkan mengisi identitas yang ada di KTP, SIM atau lainnya, *Ingat JANGAN!! menggunakan Identitas Palsu!!

10. Jika semuanya sudah selesai sobat bisa klik "Yes, my contact is correct" namun jika belum selesai atau ada yang salah sobat bisa klik "Change"

11.  Bagian ini sobat harus memasukan title dan name
contoh Title : Mr dan Name : Riolan (Jika perempuan Titlenya : Ms)
dan sobat mendapatkan 20kg gratis bagasi dan jika lebih akan dikenakan tarif. Setelah itu sobat akan ditawarkan asuransi Penerbangan. Sekarang sobat Scrol kebawah

12. Nah pada halam bawah ini sobat mendapatkan total yang harus dibayarkan, jika setuju klik "Continue to Booking"

13. Jika Informasi dihalaman bawah ini sudah benar, maka sobat bisa klik "Continue to Payment" Untuk melakukan Pembayaran.

14. Nah dihalaman ini sobat memilih transfer Bank, Credit Card, ATM dll. Kalau saya pribadi memilih Tranfers dengan menggunakan kartu MANDIRI. Klik "Pay with Transfer"

15. Dan sobat akan masuk ke halam Mandiri Payment Instructions Sekarang sobata bisa mengecek email sobat, Traveloka secara otomatis akan mengirimkan email pesanan sobat.

16. Mungkin ini contoh dari pengiriman Traveloka Lewat email, Booking akan berjalan selama 4 jam. Jadi sobat bisa langsung mentransfer lewat internet banking atau via ATM.

Bagaimana? Sekarang semua ada di genggaman tangan anda, tidak perlu jauh-jauh dalam pemesanan. Semua jadi serba cepat dan mudah. Tunggu apalagi Yuk gunakan Traveloka sebagai agen perjalanan anda. Selamat mencoba semoga sukses.

Alm. Ibunda Saya Sebelum Meninggalkan saya dan Keluarga

"Disaat Menulis ini air mata saya tidak bisa tertahankan, Terima kasih traveloka"

Total : 1500 kata Tanpa "Baca Juga"