Inilah Alasan Anda Harus Makan Makanan Kaya Biotin

Sejak kecil, kita diajari bahwa makanan adalah sumber energi utama. Tapi kita juga bertanya-tanya apa yang sebenarnya mengubah makanan kita menjadi energi? Nah, itu biotin. Nutrisi ini, juga dikenal sebagai vitamin H, adalah bagian dari kelompok vitamin B kompleks.

Inilah Alasan Anda Harus Makan Makanan Kaya Biotin
Inilah Alasan Anda Harus Makan Makanan Kaya Biotin

Tapi banyak yang berpikir bahwa semua biotin adalah mengubah makanan menjadi energi. Nah, itu tidak benar. Biotin melakukan lebih dari itu; itu membuat Anda sehat, baik secara internal maupun eksternal. Dari memberi Anda rambut sehat untuk mengatur kadar gula darah Anda, nutrisi ini bisa melakukan semuanya.

Berikut daftar makanan kaya biotin yang seharusnya menjadi bagian dari makanan sehari-hari Anda.

  1. Hati hewan
  2. Kuning telur
  3. Kacang-kacangan
  4. Benih
  5. Ragi
  6. Susu
  7. Salmon
  8. Alpukat
  9. Kembang kol
  10. Ubi jalar
  11. Almond
  12. Raspberry


Tapi bagaimana sebenarnya biotin menguntungkan Anda? Mari cari tahu!

Berikut daftar 7 manfaat kesehatan biotin.

1. Metabolisme energi

Nutrisi ini mempromosikan metabolisme macronutrients Anda seperti lemak, protein, dan karbohidrat menjadi energi. Mengisi tubuh Anda dengan makanan kaya biotin dapat mempercepat metabolisme Anda dan membuat Anda tetap aktif setiap saat.



Namun, diet yang tidak mengandung kadar biotin optimal dapat menyebabkan metabolisme yang lambat, penambahan berat badan, kelelahan, dan masalah pencernaan.

2. Manfaat untuk penderita diabetes tipe 2

Makanan kaya biotin menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan produksi insulin. Dengan cara ini sel otot Anda bisa menyerap glukosa jauh lebih baik. Konsumsi biotin secara teratur dapat mengendalikan konsentrasi gula darah hingga 45%. Ini juga dapat memperbaiki gejala neuropati diabetes yang merupakan kondisi kerusakan saraf yang umum terjadi pada penderita diabetes.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung

Metabolisme lemak normal sangat penting bagi kesehatan jantung Anda. Mengonsumsi makanan kaya biotin bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Ini menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik di tubuh Anda, sehingga menguntungkan pasien diabetes dengan penyakit jantung.

4. Memperbaiki kuku yang rapuh

Kuku yang lemah dan retak merupakan kondisi yang cukup umum di dunia. 20% populasi dunia berurusan dengan kuku yang rapuh.



Tapi tak banyak yang sadar akan manfaat biotin untuk kuku yang rapuh. Sebuah studi menunjukkan bahwa 2 sampai 2,5 gram biotin yang dikonsumsi setiap hari selama 7 bulan dapat memperbaiki kuku yang rapuh sampai batas tertentu.

5. Manfaat untuk rambut

Jika Anda ingin memiliki kunci panjang, kuat dan berkilau, tambahkan lebih banyak biotin dalam makanan Anda. Meskipun tidak banyak bukti yang mendukung hal ini, pasien yang menangani kerontokan rambut sering diberi suplemen biotin dan benar-benar diuntungkan darinya.

6. Manfaat untuk ibu

Selama kehamilan, seorang wanita mengalami kekurangan biotin yang mengapa rambut rontok terjadi. Meskipun perubahannya tidak cukup besar untuk diperhatikan, hal itu dapat meningkatkan risiko cacat lahir pada bayi Anda.



Oleh karena itu, ibu-to-be harus menambahkan lebih banyak biotin ke makanan mereka untuk mengimbangi kehilangan waktu namun relevan. Namun, Anda harus memeriksakan diri dengan ahli gizi atau ahli gizi Anda untuk memeriksa berapa banyak yang cukup bagi Anda karena kelebihan biotin juga berbahaya bagi bayi.


Berapa banyak biotin yang kamu butuhkan?

Bagi remaja, 30 sampai 100 miligram biotin sudah cukup. Nutrisi ini larut dalam air sehingga kelebihannya akan melewati urin Anda. Meskipun kebanyakan orang dapat menangani suplemen ini, beberapa mungkin mengalami mual atau gangguan pencernaan karena asupan berlebih. Jadi ingatlah bahwa mengetahui kapan harus berhenti adalah kunci Anda untuk memaksimalkan manfaat kesehatan dari nutrisi ini.