Apa itu Ginseng dan Bagaimana Manfaatnya Untuk Tubuh Kita?

Ginseng (bahasa Latin: Panax) adalah sejenis terna berkhasiat obat yang termasuk dalam suku Araliaceae. Ginseng tumbuh di wilayah belahan bumi utara terutama di Siberia, Manchuria, Korea, dan Amerika Serikat. Jenis ginseng tropis dapat ditemukan di Vietnam, yaitu Panax vietnamensis. Nama "ginseng" diambil dari bahasa Inggris, yang dibaca mengikuti lafal Bahasa Kantonis, jên shên, dalam bahasa Mandarin dibaca "ren shen", "人蔘" (duplikat manusia), karena bentuk akar yang menyerupai manusia.

Apa itu Ginseng dan Bagaimana Manfaatnya Untuk Tubuh Kita?
Apa itu Ginseng dan Bagaimana Manfaatnya Untuk Tubuh Kita?

Ginseng digunakan dalam pengobatan tradisional. Akar tanaman ini dapat memperbaiki aliran dan meningkatkan produksi sel darah merah, serta membantu pemulihan dari penyakit.

Di Indonesia terdapat juga tumbuhan yang memiliki khasiat sama dengan ginseng yaitu ginseng Jawa atau som jawa, Talinum paniculatum Gaertn. dan kolesom, Talinum triangulare Wild. Di dalam pengobatan tradisional akarnya dicampur dengan berbagai jenis obat dan yang paling terkenal dalam bentuk campuran anggur. Kajian mengenai khasiat dan kegunaanya telah dilakukan untuk menjadikan kolesom sebagai ginseng Indonesia.

Salah satu ramuan paling populer di AS termasuk Indonesia, ginseng, dikenal dengan potensinya dalam meningkatkan daya ingat dan meningkatkan tingkat energi. Ginseng mencakup selusin varietas tanaman yang berbeda yang tercakup dalam genus Panax. Akar tanaman yang luas dan berdaging dapat dikonsumsi secara oral, melalui suplemen, teh, dan banyak cara lainnya. Tapi motif utama mengkonsumsi akar ini adalah mendapatkan akses ke kemampuannya untuk membuat Anda dan tubuh Anda beradaptasi dengan situasi yang penuh tekanan, apakah itu tekanan emosional dari stres fisik.

Jadi mari kita menggali lebih dalam ke banyak manfaat kesehatan yang ditawarkan akar ini.

1. Mencegah penuaan dini

Ginseng berpotensi melawan tanda-tanda penuaan. Terutama, akar ini digunakan sebagai antioksidan yang melawan dampak negatif radikal bebas di seluruh tubuh yang menyebabkan kerusakan sel. Phytonutrisi di akar ini mengaktifkan metabolisme kulit Anda. Ini melepaskan kolagen di kulit yang mencegah keriput dengan membuat kulit lebih elastis dan kencang.

2. Merangsang pertumbuhan rambut

Aplikasi ginseng topikal memperbaiki sirkulasi darah ke kulit kepala, sehingga memperkuat folikel rambut dan mencegah kerontokan rambut berlebih. Ini juga meningkatkan kemampuan regenerasi rambut Anda, sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut.

3. Sifat anti kanker

Beberapa peneliti menunjukkan bahwa ginseng mengandung khasiat anti kanker. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Chinese Medicine Journal menunjukkan bahwa ginsenosides memiliki sifat anti-tumor dan anti-kanker dapat merusak sel kanker prostat dan ovarium. Hal ini juga dapat memperlambat perkembangan sel kanker dengan menghambat perkembangan siklus sel. Penelitian lain oleh periset Vanderbilt-Ingram Cancer menunjukkan bahwa konsumsi akar ini secara teratur setelah deteksi kanker payudara dapat memperbaiki kualitas hidup dan peluang bertahan hidup.

4. Kesehatan jantung lebih baik

Bagi pasien yang menangani gangguan jantung, ginseng bisa terbukti bermanfaat. Akar ini meningkatkan kesehatan jantung dengan memperbaiki aliran darah di dalam tubuh dan oksidasi kadar kolesterol LDL. Namun, ini meningkatkan tekanan darah sehingga pasien yang menangani hipertensi harus menahan diri dari konsumsinya.

5. Mengobati disfungsi ereksi

Akar ini adalah afrodisiak ampuh yang berarti cukup bermanfaat untuk mengobati masalah kesehatan terkait seks seperti disfungsi ereksi. Sifat-sifat Red Panax ginseng ditemukan efektif dalam meningkatkan ereksi orgasme dalam sebuah penelitian sehingga ramuan ini digunakan dalam pengobatan herbal China. Ginseng merah Korea juga ditemukan efektif dalam memperbaiki disfungsi seksual pria.

6. Meringankan kram menstruasi

Sifat ginseng diketahui bisa memperbaiki kram terkait haid. Hanya satu cangkir teh ginseng yang bisa menurunkan rasa sakit dan ketidaknyamanan akibat kram menstruasi.

7. Manfaat bagi wanita perimenopause

Perimenopause wanita mengalami libido rendah karena kadar estrogen terkulai. Ginseng meningkatkan produksi estrogen pada wanita perimenopause sehingga meningkatkan dorongan seksual mereka.

8. Kontrol berat badan

Kehilangan berat badan itu mudah, pengendalian berat badan tidak!

Bagi mereka yang kehilangan jumlah besar sekali berat badan mempertahankan BMI yang sama cukup menantang. Nah, ada satu solusi sederhana. Anda bisa minum secangkir teh ginseng setiap hari. Minuman herbal ini mengendalikan nafsu makan Anda sehingga menurunkan asupan kalori Anda. Ekstrak dari ginseng berry juga bermanfaat dalam memerangi obesitas dan membantu dengan bobot yang lebih baik