Cara Mudah Mengubah DNS Pada Samsung Galaxy S9

Kita semua mungkin akrab dengan DNS tetapi berapa banyak yang benar-benar tahu apa itu singkatan? Nah, bagi yang belum sadar, istilah DNS cukup merujuk ke Domain Name System. Hanya mencatat apa DNS berdiri tidak cukup karena Anda juga perlu belajar apa yang dilakukan DNS dan bagaimana hal itu dapat digunakan pada Galaxy S9 Anda.

Cara Mudah Mengubah DNS Pada Samsung Galaxy S9
Cara Mudah Mengubah DNS Pada Samsung Galaxy S9


Mengapa Anda Perlu Mengubah DNS Galaxy S9 Anda

Seperti judul artikel ini berbunyi, Anda dapat mengubah DNS dari smartphone Galaxy S9 Anda tetapi pertanyaan pentingnya adalah mengapa Anda perlu DNS itu berubah. Dalam artikel ini, Anda akan belajar tentang DNS, fungsinya, cara mengubahnya, dan mengapa Anda perlu mengubahnya.

Ubah Server DNS Bukan Nama

Dalam terminologi sederhana, DNS adalah fitur yang memfasilitasi akses Internet dengan memungkinkan Anda untuk mencari dan mengakses situs web hanya dengan menggunakan nama web bertulisan alih-alih alamat IP yang merupakan bahasa umum yang mudah ditafsirkan oleh web. Dari apa yang telah kami tulis sejauh ini, Anda dapat berpendapat bahwa kami akan mengubah nama DNS itu sendiri tetapi itu tidak terjadi. Sebaliknya, yang biasanya kita ubah adalah server DNS. Mulai saat ini dan seterusnya, perlu diingat bahwa server DNS yang perlu diubah dan bukan nama itu sendiri.

Manfaat Mengubah Server DNS

Mengubah server DNS memiliki sejumlah manfaat tetapi manfaat yang dikenal umum yang mendorong banyak orang untuk mengubahnya termasuk kecepatan yang ditingkatkan, keandalan yang ditingkatkan, dan kemampuan untuk mengakses filter konten yang luar biasa dan situs web yang diblokir. Dengan kata lain, ini adalah semacam trik peretasan yang memiliki banyak kemungkinan tanpa batas.

Pada titik ini, Anda mungkin sangat ingin tahu tentang detail yang lebih baik dalam mengubah DNS sekarang setelah Anda memahami mengapa hal itu perlu dilakukan. Anda dapat membaca lebih lanjut dan mengetahui apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Aturan # 1

Aturan pertama untuk mengubah server DNS pada Galaxy S9 Anda adalah dengan melupakan semua jaringan Wi-Fi yang pernah terhubung ke Galaxy S9 Anda. Selama Anda masih terhubung ke beberapa jaringan Wi-Fi yang dikenal, Anda tidak akan berhasil mengubah server DNS perangkat Anda. Inilah mengapa kami bersikeras bahwa Anda harus terlebih dahulu melupakan semua koneksi Wi-Fi sebelumnya. Setelah Anda selesai melakukannya, Anda kemudian dapat terhubung ke satu jaringan Wi-Fi yang ingin Anda gunakan. Lanjutkan dengan memasukkan server DNS Anda ingin bekerja dengan maju.

  1. Nyalakan Samsung Galaxy S9 Anda dan masuk ke Pengaturan Umum
  2. Ketuk pada menu Wi-Fi
  3. Temukan jaringan Wi-Fi yang Anda gunakan saat ini
  4. Ketuk lupa
  5. Sekali lagi, pilih jaringan Wi-Fi yang baru saja Anda ketuk untuk lupa dan masukkan detail keamanan jika dan ketika diminta untuk melakukannya
  6. Gulir melalui pengaturan untuk jaringan itu dan temukan Opsi Lanjutan lalu ketuk di atasnya
  7. Di menu Opsi Lanjutan, ketuk pada pengaturan IP
  8. Ubah status ke Static dari DHCP
  9. Setelah Anda beralih dari DHCP ke Statis lanjutkan lebih jauh di bawah ini di mana ada bidang yang berlabel sebagai DNS 1 dan DNS 2
  10. Masukkan alamat DNS pilihan Anda lalu ketuk Gabung saat yang lainnya sudah diatur

Cara Mengubah Server DNS Galaxy S9 Anda Menggunakan Aplikasi Khusus

Jika Anda mencari metode alternatif untuk mengubah server DNS selain dari yang disebutkan di atas, maka Anda harus pergi ke Google Play store tempat Anda dapat menemukan beberapa aplikasi andal yang dapat membantu Anda melakukannya. Ada alternatif yang layak seperti DNS Changer dan DNSet. Menggunakan aplikasi DNSet dan DNS Changer tidak mengharuskan rooting Galaxy S9 Anda tetapi ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari memungkinkan akses root terutama jika Anda pernah mengalami beberapa masalah DNS. Intinya adalah bahwa Anda dapat menggunakan dua aplikasi untuk secara otomatis mengubah server DNS pada perangkat Galaxy S9 Anda.
  • Pasang DNSet
  • Instal DNS Changer
Jika Anda akan menggunakan DNS Changer, yang perlu Anda lakukan hanyalah menginstal dan menjalankan aplikasi lalu memilih dua server dari opsi yang disediakan di aplikasi. Segera setelah kedua server ini terhubung dengan sukses, Anda akan menerima pemberitahuan konfirmasi.

Sejauh ini sangat bagus, tetapi jika Anda telah mencoba untuk mengubah server DNS tidak berhasil, maka alasannya mungkin karena Anda menggunakan koneksi jaringan 3G. Untuk informasi Anda, koneksi 3G tidak dapat mengubah server DNS Default pada Galaxy S9. Untuk melakukan itu, Anda perlu menginstal aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk Mengganti DNS yang juga memerlukan akses root yang bekerja tanpa masalah. Dengan itu, Anda sekarang harus dapat mengubah server DNS pada smartphone Galaxy S9 apakah Anda menggunakan jaringan 3G atau 4G.