Pengertian Apresiasi, Tujuan, Jenis dan Tingkatan Apresiasi

“Saya benar – benar mengapresiasi hasil pekerjaan Anda. Perfect!”. Kalimat langsung di atas merupakan sebuah pernyataan apresiasi yang diungkapkan oleh pengguna karya sastra atau pun karya seni kepada pembuat karya sastra/seni yang hebat. Ya, apresiasi merupakan sebuah pernyataan yang diungkapkan untuk menggambarkan rasa kagum seorang pengguna atau pun penikmat karya seni/sastra, kepada para pembuat karya seni/karya sastra (seniman) atas karya-karyanya. Apresiasi biasanya diungkapkan secara langsung melalui lisan/tulisan atau pun secara tidak langsung melalui rasa kagum.

Pengertian Apresiasi, Tujuan, Jenis dan Tingkatan Apresiasi
Pengertian Apresiasi, Tujuan, Jenis dan Tingkatan Apresiasi


Definisi dan Pengertian Apresiasi Menurut Para Ahli

Istilah apresiasi pada dasarnya berasal dari bahasa Inggris yaitu dari kata “appreciation” yang artinya penghargaan, penilaian, dan pengertian. Jika diartikan dari asal katanya, maka apresiasi merupakan aktivitas penilaian yang berupa penghargaan terhadap sesuatu hal yang berbau dengan dunia karya seni atau pun karya sastra.

Selain pengertian di atas, berikut merupakan beberapa pengertian kata apresiasi yang coba diutarakan oleh para ahli.

Kamus Besar Bahasa Indonesia
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, apresiasi adalah setiap penilaian baik; penghargaan; seperti misalnya – terhadap karya – karya sastra atau pun karya seni.

Hornby
Menurut Hornby, dalam Sayuti, pengertian apresiasi mengacu kepada pengertian pengenalan dan pemahaman yang tepat, pertimbangan, penilaian, dan pernyataan yang memberikan penilaian.

Aminuddin
Menurut Aminuddin, apresiasi mengandung makna pengenalan melalui perasaan atau pun kepekaan batin dan pengakuan terhadap unsur-unsur keindahan yang diungkapkan oleh pengarangnya.

Elliyati
Menurut Elliyanti, apresiasi merupakan setiap kegiatan mengakrabi karya sastra secara bersungguh-sungguh. Berkaitan dengan hal itu, apresiasi membutuhkan kesungguhan penikmat sastra untuk mengenali, menghargai, dan menghayati, sehingga ia dapat menemukan penjiwaan yang benar-benar dalam.

Effendi
Menurut Effendi, pengertian apresiasi merupakan aktivitas menggauli cipta sastra dengan sungguh-sungguh sehingga tumbuh pengertian, penghargaan, kepekaan pikiran kritis, dan kepekaan perasaan yang baik terhadap karya sastra.

Albert R. Candler
Menurut Albert R. Candler, apresiasi merupakan kegiatan mengartikan serta menyadari sepenuhnya seluk beluk karya seni, serta menjadi sensitif mengenai gejala estetis dan artistik, sehingga dapat menikmati dan menilai karya tersebut secara semestinya. Dalam aktivitas mengapresiasi, seorang penghayat melaksanakan aktivitas pencarian pengalaman estetis, sehingga motivasi yang timbul adalah motivasi pengalaman estetis (berupa kepuasan kontemplatif dan intuitif).

Prayogi
Menurut Prayogi, apresiasi merupakan setiap aktivitas penghargaan yang dilakukan sebagai hasil penggunaan, peresapan, dan penilaian seseorang terhadap sebuah karya sastra atau pun karya seni tertentu. Apresiasi juga dapat diartikan sebagai bentuk rasa kagum atau pun kekaguman yang keluar dari diri pengguna atau pun penikmat karya seni atau pun karya sastra tertentu.

Tujuan Apresiasi dan Manfaat Apresiasi 

Jika mengacu dalam Cabang Ilmu Seni, maka terdapat beberapa Tujuan Apresiasi. Terlebih manfaat apresiasi bagi bangsa Indonesia tidak hanya dipandang sebelah mata. Apresiasi juga memberikan sebuah semangat atas sesuatu hasil, dan juga memberikan motivasi bagi pengembangan suatu karya atau suatu hasil tersebut. Hal demikian dapat dikembangakn dengan pikiran, tindakan dan pengembangan kepribadian seseorang.

Atas dasar tersebut, Apresiasi Seni memiliki tujuan pokok. Tujuan pokok apresiasi seni adalah agar publik mengetahui maksud dan tujuan dari pembuatan karya seni, sehingga masyarakat dapat menilai, menanggapi dan menikmati suatu karya seni yang telah ada.

Adapun tujuan akhir dari apresiasi seni antara lain:

  1. Mengevaluasi dan mengembangkan nilai keindahan karya seni 
  2. Mengembangkan daya kreasi dan imajinasi
  3. Menyempurnakan karya seni. 


Fungsi Apresiasi

Adapun fungsi apresiasi yaitu:

  1. Sebagai sarana meningkatkan rasa cinta terhadap karya anak bangsa Indonesia, sekaligus peduli terhadap sesama.
  2. Sarana untuk penilaian, penikmatan, empati, hiburan dan edukasi.
  3. Sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan manusia dalam beberapa hal.

Proses Mengapresiasi
Secara singkat, cara dan proses mengapresiasi yaitu:

  1. Mengamati
  2. Menghayati
  3. Memahami
  4. Menanggapi
  5. Menilai
  6. Implementasi atau penerapan

Tingkatan Apresiasi
Adapun tingkat jenis apresiasi seni terdiri atas:

Tingkat Empatik
Tingkat empatik  melibatkan pikiran dan perasaan. Tingkat apresiasi tersebut berupa tangkapan indrawi atau tangkapan dari indera. Contoh apresiasi simpatik diantaranya saat kita mendengar karya seni musik, maka diri kita akan merasa nyaman dan betah mendengar karya tersebut, lalu timbul penilaian bahwa karya tersebut bagus.

Tingkat Estetis
Estetis diartikan sebagai penilaian terhadap keindahan. Tingkat apresiasi ini merupakan pengamatan dan penghayatan. Dalam tingkat ini bagi penikmat seni dalam memberikan suatu paresiasi yang lebih pada pengataman terhadap bentuk karya seni. Contoh tingkat apresiasi estetis diantaranya disaat kita menyaksikan pagelaran seni teater atau yang lain, membutuhkan pengamatan yang baik agar sesuatu dengan penyampaian apresiasi estetis tersebut kepada siapa.

Tingkat Apresiasi Kritik
Tingkat apresiasi kritik merupakan bentuk apresiasi yang menyampaikan sebuah klarifikasi, deksripsi, menjelaskan, menganalisis, evaluasi sehingga dapat diambil sebuah kesimpulan. Contoh tingkat apresiasi kritik diantaranya ajang pencarian bakat yang membutuhkan ilmu mendalam dimana setiap menampilkan bakat tersebut terjadi bentuk penyampaian apresiasi yang lebih mendalam.


Pencarian yang paling banyak dicari

  • tujuan apresiasi
  • fungsi apresiasi
  • contoh apresiasi
  • bentuk apresiasi
  • jenis apresiasi
  • apresiasi seni adalah
  • unsur apresiasi
  • tahapan apresiasi