ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Pengertian Poster, Macam - Macam, Ciri-ciri Poster dan Cara Membuat Poster

Siapa sih yang tidak mengenal poster? Mayoritas orang di dunia pasti  pernah melihat poster, baik itu poster promosi, poster layanan masyarakat, poster himbauan pemerintah dan poster-poster lainnya. Namun jika ditanya apa itu defenisi poster, masih banyak orang yang tidak dapat menjelaskannya.

Pengertian Poster, Macam - Macam, Ciri-ciri Poster dan Cara Membuat Poster
Pengertian Poster, Macam - Macam, Ciri-ciri Poster dan Cara Membuat Poster


Lantas apa sih sebenarnya poster itu?

Pengertian Poster Menurut Para Ahli


  1. Menurut Wikipedia, POSTER atau dulu disebut Plakat adalah Karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan hufur di atas kertas berukuran besar.
  2. Menurut Sudjana dan Rivai, Poster adalah Kombinasi Visual dari rancangan yang kuat dengan warna dan pesan dengan maksud untuk menangkap perhatian orang yang lewat tetapi cukup lama menanamkan gagasan yang berarti dalam ingatannya.
  3. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Poster adalah Plakat yang dipasang di tempat umum yang berupa pengumuman atau iklan.
  4. Menurut Zanu, Poster merupakn gambar-gambar yang dirancang sedemikian rupa sehingga menarik perhatian, sedikit menggunakan kata-kata, dicetak pada sehelai kertas atau bahan lain yang ditempelkan pada tempat tertentu.
  5. Menurut Ensiklopedia Bahasa, Poster adalah alat untuk mengiklankan sesuatu, alat propaganda, protes, dan maksud-maksud lain untuk menyampaikan berbagai pesan.
  6. Menurut Ekokasih, Poster adalah tulisan atau plakat yang dipasang di tempat-tempat umum, berupa pengumuman yang berisi pesan atau himbauan untuk masyarakat.

Definisi dan Pengertian Poster

Pengertian poster adalah media berbentuk gambar atau pun tulisan dua dimensi yang digunakan untuk mempublikasikan informasi atau pun himbauan tertentu kepada masyarakat umum/khalayak ramai. Poster biasanya mengandung gambar dan juga kata-kata yang isinya merupakan informasi atau pun himbauan yang ditempelkan di daerah-daerah sekitar publik yang dituju.

Tujuan Pembuatan Poster

Dibuatnya sebuah poster tentu bukan tanpa sebab, tetapi memiliki maksud dan tujuan sendiri. Secara umum tujuan dan maksud dibuatnya poster adalah sebagai media publikasi agar masyarakat bisa membacanya dan melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang ada dalam poster tersebut. Tetapi secara khusus maksud dan tujuan dibuatnya poster tergantung dengan apa yang diinginkan pembuat, bisa untuk tujuan komersil, mencari simpati publik, mencari perhatian masyarakat, dan lain sebagainya.

Macam-macam Poster

Macam – macam Poster Menurut Isinya
  1. Poster Niaga – Poster niaga merupakan poster yang isinya adalah informasi yang mempromosikan penjualan suatu produk / jasa tertentu.
  2. Poster Pendidikan – Poster pendidikan merupakan poster yang berisi informasi tentang berbagai macam aktivitas atau pun pengumuman yang berkaitan dengan pendidikan.
  3. Poster Layanan Masyarakat – Poster layanan masyarakat merupakan poster yang isinya merupakan informasi pelayanan atau pun himbauan yang ditujukan untuk masyarakat.
  4. Poster Kegiatan – Poster kegiatan merupakan poster yang isinya merupakan informasi mengenai berbagai macam kegiatan.

Macam – macam Poster Menurut Tujuannya

  1. Poster Kampanye – Poster kampanye merupakan poster yang sengaja dibuat dengan tujuan mengkampanyekan berbagai macam hal tertentu (orang, acara / kegiatan, benda, dll)
  2. Poster Cheesecake – Poster cheesecake merupakan poster yang sengaja dibuat dengan tujuan untuk menarik perhatian masyarakat / publik.
  3. Poster Komik – Poster komik merupakan poster yang ditujukan untuk mempromosikan sebuah komik tertentu.
  4. Poster Riset – Poster riset merupakan poster yang tujuan pembuatannya adalah untuk mempublikasikan hasil riset tertentu.
  5. Poster Komersial – Poster komersial merupakan poster yang dibuat dengan tujuan aktivitas komersial seperti iklan atau pun promosi produk atau pun layanan tertentu.
  6. Poster Kelas – Poster kelas merupakan poster yang dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi siswa yang ada di dalam kelas sekolah.
  7. Poster Afirmasi – Poster afirmasi merupakan poster yang sengaja dibuat untuk meningkatkan motivasi pembacanya.
  8. Poster Film – Poster film merupakan poster yang dibuat dengan tujuan mempromosikan suatu film tertentu.
  9. Poster Wanted – Poster wanted merupakan poster yang tujuan pembuatannya adalah untuk menginformasikan kehilangan orang atau pun pencarian orang hilang.
  10. Poster Propaganda – Poster propaganda merupakan poster yang tujuan pembuatannya adalah untuk menyemangati para pembacanya.

Ciri-ciri dan Syarat Poster

Berikut ini adalah ciri – ciri umum dari sebuah poster:
  1. Desain grafis dari poster harus memuat komposisi yang terdiri atas huruf dan gambar di atas media kertas atau kain yang berukuran besar.
  2. Cara pengaplikasiannya dapat dengan cara ditempel pada dinding, tempat umum atau permukaan datar yang lain dengan sifat membidik perhatian mata semaksimal mungkin.
  3.  Poster pada umumnya dibuat dengan perpaduan warna yang kuat dan kontras.
  4. Poster lazimnya mempergunakan bahasa yang singkat, jelas, tidak rancu agar mudah dipahami.
  5. Pesan yang ingin disampaikan sebaiknya disertai dengan gambar.
  6. Poster dapat dibaca secara sambil lalu.
Setelah membahas mengenai ciri-ciri poster, berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai syarat sebuah poster:
  1. Poster wajib mempergunakan bahsa yang mudah dipahami.
  2. Susunan kalimat poster harus singkat, padat, jelas, tetapi berisi.
  3. Poster sebaiknya dikombinasikan dengan bentuk gambar.
  4. Poster harus mampu menarik minat khalayak.
  5. Media poster harus mempergunakan bahan yang tidak mudah rusak atau sobek.
  6. Ukuran poster sebaiknya disesuaikan dengan tempat atau lahan pemasangan serta target pembaca.
Sementara itu, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat poster adalah:
  1. Gambar dibuat mencolok dan sesuai dengan ide yang akan dikomunikasikan.
  2. Kata-kata yang digunakan dalam poster harus efektif, sugestif, serta mudah diingat.
  3. Jenis font sebaiknya adalah jenis yang mudah dibaca dan dengan size yang besar.

Cara Membuat Poster

Disini saya tidak akan menjelaskan mengenai bagaimana mendesain (menggambar) sebuah poster, namun yang akan dijabarkan adalah bagaimana langkah-langkah konseptual dari pembuatan poster itu sendiri. 

1. Tentukan Topik & Tujuan
Pertama, Anda harus menentukan apa yang ingin dibahas dalam poster tersebut, apakah membahas produk kecantikan, kegiatan sosial, atau sebuah film animasi. 

Kemudian, tentukan pula alasan Anda membuat poster tersebut. Anda membuatnya untuk promosi? atau hanya sekedar sosialisasi. Tentunya, poster-poster promosi lebih membutuhkan riset serius dalam hal gambar, kata-kata, dan peletakan daripada sebuah poster sosialisasi program. 

2. Buat Kalimat Singkat dan Bersifat Mensugesti
Poster biasanya dibaca secara sekilas oleh pengunjung. Sedikit sekali pejalan kaki atau pengendara yang berlama-lama di suatu tempat, hanya untuk membaca sebuah poster. 

Untuk itu, buatlah kalimat yang singkat agar bisa dibaca hanya dalam waktu beberapa detik saja. Nantinya, melalui bahasa singkat tersebut, maka pesan yang ditulis oleh para pembuat poster bisa tersampaikan dengan baik. 

Tetapi, jangan sampai kata-kata tersebut malah ambigu dan membuat para pembaca kebingungan. Buatlah kalimat yang jelas serta mensugesti orang untuk membeli atau melakukan sesuatu (terutama ketika Anda membuat poster promosi produk). 

3. Gunakan Gambar
Gambar merupakan alat penyampai pesan yang paling menarik. Inilah mengapa berbagai poster saat ini menggunakan gambar dengan proporsi jauh lebih besar dibandingkan dengan tulisan.

Gambar dengan warna-warna mencolok adalah jenis yang sebaiknya Anda gunakan demi pengunjung yang lebih banyak. 

4. Gunakan Media yang Tepat
Media (tempat ditempelnya poster) akan menentukan apakah poster Anda banyak dilihat atau tidak. Jika Anda menempelkan poster di dinding-dinding yang ada di pasar, kemungkinan poster tersebut jauh lebih 'laris' ketimbang jika ditempel pada dinding-dinding perkampungan.

Syarat-Syarat Poster

Poster memiliki beberapa syarat, diantaranya sebagai berikut ini.
  1. Bahasa atau kalimat yang digunakan harus mudah dipahami oleh banyak orang.
  2. Kalimat pada poster harus singkat, jelas dan padat.
  3. Mengkombinasikan antara gambar yang menarik dengan tulisan.
  4. Dibuat semanarik mungkin, supaya menarik perhatian banyak orang.
  5. Poster harus ditempelkan atau dipajang di tempat-tempat yang ramai.
  6. Bahan-bahan untuk membuat poster harus yang memiliki kualiatas yang baik, supaya tidak cepat rusak.

Jenis-Jenis Poster

Jenis-jenis dari psoter dibagi menjadi 2 “dua” jenis, diantaranya sebagai berikut ini:

Poster Berdasarkan Isinya
Berdasarkan dari isinya poster dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut ini:

Poster Layanan Masyarakat
Poster yang berisikan informasi tentang pelayanan-pelayanan kepada masyarakat, seperti psoter layanan kesehatan atau kesejahteraan masyarakat.

Poster Niaga
Poster yang berisikan tentang menjual dan mempromosikan suatu atau jasa yang dijual oleh perusahaan.

Poster Kegiatan
Poster yang berisikan tentang informasi pada suatu kegiatan yang akan dilaksanakan, supaya kegiatan tersebut diketahui oleh banyak orang dengan harapan orang-orang tersebut dapat menghadiri kegiatan yang akan dilaksanakan.

Poster Karya Seni
Poster yang sifatnya ekspresif dan belum tentu diartikan sama antara orang satu dengan orang lainnya.

Poster Pendidikan
Poster yang berisikan tentang informasi yang dapat memberikan pengarahan dan pendidikan kepada masyarakat.

Poster Berdasarkan Tujuannya
Berdasarkan dari tujuannya poster dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut ini:

Poster Propaganda
Poster yang bertujuan untuk memberikan motivasi atau semangat kepada masyarakat umum. Biasanya supaya tetap bersemangat dalam menjalani hidup dan lain-lain, dapat dikatakan juga poster ini merupakan poster untuk mempenagruhi orang lain.

Poster Kampanye
Poster yang biasanya sering muncul saat masa-masa pilkada atau pemilu, bertujuan untuk meraih simpati masyarakat sebanyak mungkin agar masyarakat memilihnya saat pemilu tiba.

Poster Afirmasi
Poster yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada para pembaca dengan kalimat yang dapat mempengaruhi.

Poster “Dicari”
Poster yang bertujuan untuk mencari orang ataupun benda-benda yang diperlukan, misalnya poster perusahaan yang mencari pekerja, poster mengenai orang hilang dan lain-lain.

Poster Film
Poster yang bertujuan untuk mempromosikan film-film terbaru yang akan ditayangkan dengan maksud supaya masyarakat tertarik untuk menontonnya.

Poster Komik
Poster yang bertujuan untuk mempopulerkan komik-komik kepada masyarakat umum atau banyak orang.

Poster “Cheesecake”
Poster yang bertujuan untuk mencari perhatian masyarakat umum atau orang banyak, biasanya poster ini memuat gambar-gambar orang terkenal seperti selebriti, penyanyi dan lain-lain yang dapat menarik perhatian banyak orang.

Poster Riset
Poster yang bertujuan untuk menginformasikan kegiatan penelitian “riset” kepada orang banyak, biasanya poster jenis ini serin g ditemui disekolah.

Poster Komersial
Poster yang bertujuan mempromosikan produk ataupun jasa yang dijual oleh suatu perusahaan, poster jenis ini sering disebut sebagai poster niaga.

Poster Kelas
Poster yang secara umum bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan motivasi kepada siswa, sering sekali poster ini kita lihat di dalam kelas-kelas yang ada di sekolah.


Pencarian yang paling banyak dicari

  1. poster design
  2. poster dan slogan
  3. poster pendidikan
  4. membuat poster
  5. poster bahasa indonesia
  6. poster indonesia
  7. poster kesehatan
Post a Comment

Post a Comment