Pengertian, Fungsi dan Pembagian Komponen Brainware Menurut Para Ahli

Istilah brainware, software, dan hardware tentunya bukan lagi istilah asing bagi mereka yang sudah berkecimpung di dunia komputer. Meski demikian, tidak banyak programmer yang bisa menjelaskan apa itu pengertian brainware begitu juga dengan bagaimana contoh nyatanya. Seperti namanya, brain atau otak, tentunya perangkat ini memiliki peranan yang sangat penting layaknya sebuah otak pada manusia.

Pengertian, Fungsi dan Pembagian Komponen Brainware Menurut Para Ahli
Pengertian, Fungsi dan Pembagian Komponen Brainware Menurut Para Ahli


Dengan pentingnya keberadaan brainware, tentu akan sangat berpengaruh pada kinerja komputer yang digunakan. Banyak sekali orang yang masih salah mengartikan apa itu istilah brainware khususnya karena adanya imbuhan kata “ware” di belakangnya. Sehingga banyak yang masih mengira jika brainware sendiri merupakan salah satu perangkat komputer.

Sebenarnya Apa Itu Pengertian Brainware dan Tingkatannya

Adanya banyak sekali ahli yang menyimpulkan pengertian brainware menurut hemat mereka masing-masing. Namun secara garis besar, brainware adalah pengguna, pemakai atau orang yang menggunakan atau mengoperasikan komputer. Jika dilihat dari pengertian tersebut, berarti siapa pun pengguna komputer dapat disebut dengan brainware. Dari pengertian tersebut juga dapat diartikan bahwa siapa pun pemakai komputer baik itu yang punya keterampilan atau tidak dapat disebut sebagai brainware. Tidak hanya itu, jika sekarang muncul mesin-mesin baru yang secara otomatis mengendalikan beberapa komputer khususnya pada pabrik, maka mesin tersebut juga bisa disebut dengan brainware.

Sementara itu, ada juga ahli yang memiliki pendapat berbeda dari pengertian brainware sebelumnya. Brainware didefinisikan sebagai seorang atau lebih manusia yang terlibat atau terjun langsung dalam pemakaian atau pengoperasian serta dapat mengatur sistem yang terdapat dalam peranti komputer. Dengan pernyataan yang disebutkan, ahli ini secara khusus mendeskripsikan bahwa hanya manusia yang bisa disebut dengan brainware. Atau secara tidak langsung, semua operator atau pengguna komputer yang bukan manusia tidak bisa disebut dengan brainware dari komputer.

Tidak hanya itu, beberapa ahli juga memiliki pendapat yang berbeda khususnya dari penjelasan pada pengertian pertama dan kedua. Pengertian brainware adalah perangkat intelektual yang dapat dan mampu untuk menjalankan dan menggunakan serta mengoperasikan perangkat lunak atau software dan juga perangkat keras atau hardware. Memang tidak dijelaskan secara rinci apa yang disebut dengan perangkat intelektual dari pengertian di atas. Namun, banyak pihak yang mengklaim bahwa hanya manusia yang bisa disebut dengan perangkat intelektual. Hal ini mengingat hanya manusia yang memiliki kecerdasan intelektual. Bahkan manusia juga memiliki kecerdasan konseptual juga emosional.

Ada juga yang menyebutkan bahwa pengguna komputer disebut sebagai brainware ketika pengguna tersebut mampu mengeksplorasi kemampuan dari dimiliki dan disediakan oleh komputer. Umumnya pengguna komputer lebih sering disebut dengan user. Namun, juga disebut dengan programmer atau orang yang suka membuat program atau bisa juga disebut sebagai netter atau orang yang sedang dan senang melakukan pencarian di internet. Secara tidak langsung netter juga dapat disebut sebagai user atau brainware asalkan selama mereka menggunakan komputer sebagai sarana.

Masing-masing ahli komputer khususnya yang memang terjun langsung dalam dunia teknologi komputer pastinya mengetahui dengan pasti apa itu brainware. Akan tetapi setiap orang memiliki cara sendiri dalam mengungkapkan pengertian dari brainware. Secara umum pengertian brainware adalah pengguna komputer yang bisa secara penuh mengoperasikan komputer baik itu perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Dapat disimpulkan, siapa pun pengguna komputer baik itu yang ahli atau masih pemula layak disebut sebagai brainware.

Fungsi brainware, software, hardware

Saya akan mencoba menjawab pertanyaan ini dengan dua jawaban:

Jawaban pendek:

Fungsi dari:

  1. Brainware: berfungsi sebagai pengguna komputer, menyusun perangkat lunak dan perangkat keras, melakukan input data dan memanfaatkan output dari komputer
  2. Software: software berfungsi sebagai antar muka antara hardware dan brainware, juga berfungsi melakukan perhitungan sesusai dengan algoritma yang dibuat pengguna
  3. Hardware: menerima input dari pengguna, melakukan perhitungan di prosesor, menyimpan data di perangkat penyimpan data dan menghasilkan output kepada pengguna


Jawaban panjang:

Sistem komputer secara umum terdiri dari brainware, software, hardware.

  1. Brainware adalah pengguna yang menggunakan software (perangkat lunak) dan hardware (perangkat keras). Brainware terdiri dari operator yang melakukan penggunaan komputer, programmer yang melakukan pembuatan perangkat lunak dengan bahasa pemrograman dan teknisi yang melakukan perawatan terhadap perangkat lunak.
  2. Sementara itu software adalah perangkat lunak dalam komputer. Perangkat lunak menyediakan antarmuka agar pengguna dapat dengan mudah menggunakan komputer, umumnya dalam bentuk GUI (Graphical User Interface, Antra Muka Pengguna Grafis). Dalam perangkat lunak, terdapat algoritma yang berfungsi melakukan operasi yang dikehendaki oleh pengguna sehingga menghasilkan output. Contohnya adalah perangkat lunak pengolah citra seperti Adobe Photoshop yang mampu mengubah gambar sesuai keinginan pengguna.
  3. Hardware adalah perangkat keras komputer. Hardware meliputi perangkat yang menerima input seperti mouse dan keyboar, pengolah data seperti prosesor, penyimpan dataseperti hard disk dan CD, serta perangkat output seperti printer, monitor dan speaker.

Pembagian Komponen Brainware

Menurut pengertian brainware yang menyatakan bahwa brainware adalah pengguna komputer, maka brainware harus mengenal dengan baik hardware dan software komputer.

Tetapi, dikarenakan hardware dan software merupakan elemen yang kompleks di dalam komputer, brainware tidak bisa memahami semua elemen tersebut secara mendalam.

Brainware terbagi menjadi beberapa komponen yang bertugas untuk mengelola dan mengoperasikan masing-masing elemen komputer. Di bawah ini adalah pembagian komponen brainware yang perlu diketahui.

Operator
Operator Komputer bertanggung jawab untuk mengolah data melalui sistem yang berhubungan dengan komputer. Operator harus mengikuti instruksi yang ditetapkan dalam runbook yang telah disusun oleh Programmer. Disini perlu adanya pembatasan agar Operator tidak dapat memodifikasi program sebelum atau selama program itu berjalan.

Teknisi
Teknisi adalah seorang yang bertanggung jawab untuk maintenance tentang segala jenis permasalahan komputer. Seorang Teknisi harus mempunyai pengetahuan luas mengenai troubleshooting dan sebagainya. Teknisi memiliki beberapa spesialisasi tergantung dari bidang yang di dalami yaitu:

  1. Network Engineer, adalah orang yang merancang teknik-teknik baru dalam bidang neworking. Dia bertanggungjawab untuk mengembangkan metode-metode baru dalam menghasilkan sesuatu yang berguna untuk bidang networking.
  2. Hardware Engineer, adalah orang yang bertanggungjawab untuk mengembangkan metode dan teknik-teknik baru dalam pembuatan sebuah hardware, sehingga muncul sebuah produk baru dengan teknologi yang lebih baik dari sebelumnya.
  3. Software Engineer, adalah orang yang bertanggungjawab untuk mengembangkan metode dan teknik-teknik baru dalam pembuatan sebuah software (aplikasi, driver, maupun sistem operasi).

Trainer
Trainer adalah seorang Brainware yang mempunyai pengetahuan lebih banyak di banding lainnya, dan Brainware ini bertanggung jawab untuk mendidik dan mengajar di bidangnya

Konsultan
Konsultan adalah Brainware yang bertanggung jawab layaknya seorang penasehat handal di dalam bidangnya.

Project Manager
Project Manager adalah Brainware yang bertanggung jawab sebagai pemimpin atau komandan di suatu project tertentu. Sering disebut juga Mandor di proyek pembangunan.

Programmer
Programmer adalah seseorang yang bertugas membuat aplikasi komputer yang mempunyai kemampuan menguasai salah satu atau banyak bahasa pemrograman seperti bahasa C, Pascal, Java, dll sehingga dapat memudahkan kinerja manusia melalui program yang telah dibuatnya Programmer juga bisa dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang.

Graphic Designer
Graphic Designer seorang Brainware yang berkecimpung di dunia Design Grafis dan mahir dalam hal-hal berbau desain grafis serta membuat suatu objek animasi.

Spesialis Jaringan
Spesialis Jaringan adalah seorang Brainware yang sudah mahir di dalam dunia Jaringan Komputer. Dia bertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan dengan Jaringan Komputer.

Database Administrator
Database Administrator, adalah orang yang mengelola sebuah sistem database di dalam suatu sistem tertentu.

System Analis
System Analis adalah Brainware yang bertanggung jawab untuk mendesain, merancang dan menganalisa suatu program yang akan dibuat maupun sudah jadi. Merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. Seorang sistem analis harus memiliki setidaknya empat keahlian : analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal (berkomunikasi dengan orang lain). Kemampuan analisis memungkinkan seorang sistem analis untuk memahami perilaku organisasi beserta fungsi-fungsinya, pemahaman tersebut akan membantu dalam mengidentifikasi kemungkinan terbaik serta menganalisis penyelesaian permasalahan. Keahlian teknis akan membantu seorang sistem analis untuk memahami potensi dan keterbatasan dari teknologi informasi. Dan seorang sistem analis harus mampu untuk bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemrograman, sistem operasi, serta perangkat keras yang digunakan. Keahlian manajerial akan membantu seorang sistem analis untuk mengelola proyek, sumber daya, risiko, dan perubahan. Keahlian interpersonal akan membantu system analyst dalam berinteraksi dengan pengguna akhir sebagaimana halnya dengan programer, administrator dan profesi sistem lainnya.

System Administrator
System Administrator, adalah orang yang bertugas untuk mengelola sebuah sistem komputer yang dirancang oleh System Analist dan dibuat oleh Programmer

Database Engineer
Database Engineer, adalah orang yang merancang sebuah sistem database, sehingga sistem ini dapat mengakomodir kebutuhan pengelolaan data, baik saat ini maupun saat akan datang.

System Integrator
System Integrator, adalah orang yang membangun sistem komputer yang telah dirancang oleh System Analyst dan mengintegrasikan sistem yang ada dengan sistem yang mungkin akan dibangun di kemudian hari.

Network Designer
Network Designer, adalah orang yang merancang sebuah sistem jaringan komputer untuk menghasilkan sebuah jaringan komputer yang efektif dan efisien dalam hal performa pertukaran data dan beban pengeluaran untuk membangunnya.

System Auditor
System Auditor, dan orang yang bertugas mengaudit sebuah sisem komputerisasi dan menemukan kelemahan-kelemahan sebuah sistem komputerisasi, sehingga hasil audit tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan sistem yang ada menjadi lebih sempurna lagi.

User
User, pemakai atau pengguna dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).

Contoh Brainware 

Dapat diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan juga mengeksplorasi kemampuan dari perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Yang mengoprasikan komputer sering disebut dengan user, user atau brainwere ada beberapa macam, contohnya seperti dibagian bawah ini:

  1. Progaramer yaitu orang yang memiliki kemampuan untuk menguasai salah satu ataupun banyak bahasa pemrograman. Programer dapat juga dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program-program yang diperlukan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang.
  2. Administrator Adalah orang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan juga program yang berjalan pada sebuah sistem komputer ataupun pada jaringan komputer.
  3. Operator yaitu orang yang bertugas melayani dan menjalankan sistem maupun peralatan yang ada hubungannya dengan perangkat komputer, misalnya seperti menyiapkan data untuk diakses, merawat sistem komputer, dan sebagainya.


Brainware termasuk bagian yang sangat penting dari sebuah sistem komputer. Hardware komputer tidak akan dapat bekerja tanpa adanya software, sedangkan software dan hardware tidak akan bekerja tanpa adanya brainware. Jadi 3 (tiga) komponen ini saling terkait dan saling membutuhkan satu sama lain.


Yang paling banyak di cari

  • pembagian brainware
  • fungsi brainware
  • brainware wikipedia
  • gambar brainware
  • makalah brainware
  • pengertian hardware
  • contoh software
  • komponen brainware