Pengertian, Istilah, jenis dan Prinsip Kerja Scanner Secara Lengkap

Anda tahu apa itu scanner? Alat yang berfungsi sebagai alat pemindai atau duplikat secara digital sangatlah dikenal di masyarakat. Lalu apa itu pengertian scanner? Ada beberapa definisi seperti pengertian menurut kacamata umum dan kacamata para ahli. Memang membahas tentang pengertian alat tersebut sangatlah tidak penting tetapi untuk menambah wawasan tidak ada salahnya bukan?

Pengertian, Istilah, jenis dan Prinsip Kerja Scanner Secara Lengkap
Pengertian, Istilah, jenis dan Prinsip Kerja Scanner Secara Lengkap

Sebelum membahas ke pengertiannya, fungsi dari scanner bermacam-macam tergantung pada jenis mesinnya. Mesin scanner sendiri ada 3 macam yang sering dipakai yaitu PSC scanner yang memiliki fungsi sebagai scanner dan juga bisa untuk print maupun fotocopy. Jadi PSC scanner itu bisa diartikan sebagai mesin yang multifungsi. Jenis yang kedua adalah handy scanner, fungsi dari alat tersebut adalah untuk scan postcard atau untuk scan barcode. Alat ini biasa ditemukan di supermarket untuk mengetahui harga barang. Yang terakhir ada flatbed scanner yang berfungsi untuk menyecan kertas ukuran folio.

Pengertian Scanner Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Mengetahui pengertian scanner secara umum itu tak ada salahnya. Orang-orang selama ini hanya tahu tentang fungsinya saja yaitu alat fotocopy digital. Secara umum, scanner diartikan sebuah alat pemindai pada komputer untuk salah satu perangkat inputnya yang memiliki fungsi untuk duplikat objek layaknya mesin fotocopy. Alat tersebut bisa untuk scan dokumen yang berbentuk kertas, foto, makalah dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui pengertian scanner secara umum tak lengkap rasanya apabila tidak mengetahui pengertiannya menurut para ahli. Menurut para ahli informatika dan ahli teknologi, arti dari scanner memang tak jauh beda seperti pengertiannya secara umum.

Para ahli mengatakan scanner merupakan mesin canggih yang bisa digunakan untuk memindai data atau dokumen dengan cara menduplikatnya dalam bentuk digital. Pengertian dan fungsinya memang hampir sama sehingga tak sulit untuk membedakan antara pengertian dan fungsi dari scanner. Scanner sendiri merupakan istilah dalam bahasa Inggris apabila diartikan ke dalam bahasa Indonesia yaitu memindai.

Sama halnya dengan mesin fotocopy, scanner bisa untuk menduplikat dokumen. Namun, di sini yang membedakannya adalah hasil copyan atau duplikatnya berbentuk soft file atau digital. Lalu untuk apa alat scanner tersebut digunakan? Alat scanner merupakan alat yang banyak dipakai di era digital ini khususnya untuk mengirimkan data. Menurut pengertian scanner sendiri adalah mesin untuk menduplikat suatu objek menjadi objek digital. Dengan menjadi digital atau soft file tersebut nantinya bisa memudahkan siapa saja dalam mengirimkan data.

Sebagai contoh untuk melamar pekerjaan, apabila ada perusahaan yang menginginkan lamaran pekerjaan dengan sistem online maka pelamar harus menyecan ijazah dan dokumen lainnya. Dengan demikian Anda sudah tak perlu lagi harus repot-repot mengirimkan berkas dokumen via pos yang waktunya sangat lama. Dengan menggunakan mesin scanner, Anda bisa memindai ijazah, foto dan KTP dalam bentuk soft file. Kemudian Anda nanti bisa menguploadnya via email untuk mengirimkan ke pihak bersangkutan.

Terlepas dari pengertiannya, mesin yang satu ini memang tak lepas dari kehidupan masyarakat modern saat ini. Mesin scanner bisa memudahkan pekerjaan Anda menjadi semakin lancar dan tidak memakan waktu lama. Anda bisa memilih mesin scanner yang sesuai dengan kebutuhan. Ada 3 jenis mesin scanner yang bentuk serta fungsinya berbeda-beda. Ada yang khusus scan dokumen, postcard atau barcode harga barang dan lain sebagainya. Pengertian scanner di atas semoga bisa menambah wawasan Anda.

Jenis-jenis Scanner

Sampai saat ini scanner memiliki beberapa jenis dan berikut ini jenis dari scanner yang sering kita temukan, diantaranya seperti di bawah ini:

Flatbed scanner
Flatbed scanner yaitu merupakan scanner yang memiliki bentuk seukuran dengan kertas folio, sehingga scanner ini seperti mesin fotocopy tetapi dengan ukuran yang kecil.

PSC scanner
PSC atau Print Scan Copy yaitu merupakan suatu perangkat yang memiliki multifungsi diantaranya dapat digunakan sebagai scanner, dapat juga digunakan sebagai printer serta bisa digunakan untuk mesin fotocopy.

Handy scanner
Handy scanner yaitu merupakan scanner yang bentuknya postcard, yang biasa kita temui pada supermarket ataupun minimarket. Sebab dapat digunakan pada mesin kasir untuk membaca harga barang-barang yang terdapat pada barcode barang tersebut.

Drum
Jenis ini adalah jenis-jenis yang awal dikembangkan . Jenis ini menggunakan photomultiplier tubes (PMT) untuk membaca data gambar. Jenis ini menghasilkan kualitas yang lebih baik di banding jenis lainnya. Namun karena harganya relatif mahal, maka jenis ini sudah tidak banyak digunakan. Banyak orang beralih menggunakan jenis flatbed berkualitas tinggi. Tetapi jenis ini masih tetap digunakan oleh pihak-pihak yang membutuhkan kualitas yang baik, seperti museum atau seniman yang akan menyimpan hasil kerja seninya.

Roller Scanner
Roller scanner memiliki fungsi yang sama seperti scanner flatbed, namun memiliki perbedaan utama. Jika pada faltbed menggunakan teknologi CCD yang yang menjadi “mata” yang bergerak-gerak dalam memindai dokumen, sedangkan roller scanner kebalikan dari scanner flatbed yaitu dokumen yang digerakannya.

Cara kerjanya sama seperti printer, dimana dokumen atau kertas diletakkan pada ujung satunya, kemudian kertas tersebut akan masuk ke dalam mesin scanner, lalu keluar pada ujung satunya lagi.

Scanner cek
Sacnener cek digunakan untuk memindahkan cek dalam bentuk digital dan disimpan didalam komputer atau laptop. Dengan adanya scanner ini maka Anda bisa memindah keaslian cek.

Scanner Logam
Bukan hanya kertas saja yang bisa dipindai namun logam juga bisa dipindai yaitu dengan menggunakan scanner logam. Scanner jenis ini berfungsi untuk memindai adanya logam pada benda-benda tertentu.

Prinsip kerja dari scanner

Cara kerja scanner dapat kamu baca dan pahami dibagian bawah ini:
  1. Saat kita menempatkan objek kertas bergambar ataupun teks pada layar kaca scanner dan menekan sebuah tombol scan pada mesin scanner atau menu scan pada layar monitor kamu, maka scenner akan melakukan proses scanning.
  2. Lalu cahaya yang terpancar pada saat scanning menunjukkan bahwa scanner tersebut sedang melakukan scan dan juga hasil yang didapatkan akan langsung dikirim pada sensor CCD (CCD yaitu suatu alat yang terdapat pada scanner yang mempunyai fungi untuk menerima hasil scanner lalu kemudian di kirim ke ADC).
  3. Dari CCD tersebut lalu akan dikirim ke ADC (ADC yaitu suatu alat yang bertugas menerima data yang berasaldari CCD dan menubahnya ke dalam bentuk digital kemudian mengirimnya ke komputer). ADC akan memprosesnya lalu mengirimkan hasilnya pada komputer kamu.
  4. Setelah masuk ke komputer kamu, hasilnya bisa di edit sesuai dengan kebutuhan. Dan kamu juga bisa menyimpannya dalam komputer ataupun dapat langsung mencetak hasil dari scanning tersebut menggunakan printer.

Fungsi Scanner Komputer

Fungsi Scanner adalah suatu alat yang berkerja dengan memindahkan sebuah atau beberapa objek yang terdapat di atas lensa scanner ke dalam memory penyimpanan komputer. Jadi jika diatas lensa scanner terdapat sebuah kertas yang berisi teks ataupun gambar, nantinya isi yang ada pada kertas yang bersangkutan ini akan dipindahkan 100% ke dalam komputer kita.

Ada beberapa jenis koneksi ke komputer dari scanner yang paling umum digunakan, diantaranya:
  1. jenis koneksi paralel merupakan  koneksi model lama, karena komputer yang model lama koneksinya masih paralel port.
  2. jenis koneksi usb versi 1 merupakan jenis koneksi setelah paralel port, koneksi usb 1 ini lebih cepat dari koneksi paralel port sehingga kecepatan untuk memindai selembar kertas bisa lebih cepat.
  3. jenis koneksi usb versi 2 selain kecepatannya lebih cepat dari usb versi 1 dan paralel, koneksi usb versi 2 ini mulai populer karena laptop atau komputer saat ini banyak yang sudah tidak mendukung koneksi paralel port lagi.

Kelebihan dan Kekurangan Scanner

Kelebihan scanner
  1. Multi fungsi 
  2. Tahan lama (awet)
  3. Kecepatannya bagus 
  4. Hasil dari scanner dapat di modifikasi sesuai keinginan karena hasilnya ditampilkan dahulu pada monitor.
  5. Hasil scanner dapat disimpan dalam bentuk soft copy di computer, sehingga apabila ingin di edit kembali user tidak perlu menscan ulang.
Kekurangan scanner
  1. Sering macet 
  2. Tidak bisa meng-copy kertas HVS (karena kertas HVS kertasnya panjang )
  3. Kalau satu bermasalah yang lain jugak ikud bermasalah 
  4. Apabila ingin memperoleh hard copy, hasil scanner harus di print terlebih dahulu sehingga memerlukan waktu yang cukup lama dan tidak efisien, berbeda dengan mesin foto copy yang langsung menghasilkan output dalam bentuk hardcopy secara cepat dalam hitungan detik.
  5. Hasil keluaran scanner terkadang tidak lebih bagus dari hasil mesin fotocopy dan scanner juga memerlukan tinta yang mahal.

Pencarian yang paling banyak dicari
  • manfaat scanner
  • tujuan scanner
  • jenis scanner
  • sejarah scanner
  • adf scanner adalah
  • pengertian scanner
  • fungsi scanner
  • cara kerja scanner