ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Perkembangan Musik Kontemporer di Indonesia Kelas 12 SMA/MA

Materi Perkembangan Musik Kontemporer di Indonesia Kelas 12 SMA/MA - Halo adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja, jangan lupa untuk selalu mengikuti protokol kesehatan yang disarankan oleh pemerintah dengan cara menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya Mencuci tangan, Oiya pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai Materi Perkembangan Musik Kontemporer di Indonesia Kelas 12 SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa membantu adik adik ya. Semangat!!

Materi Perkembangan Musik Kontemporer di Indonesia Kelas 12 SMA/MA
Materi Perkembangan Musik Kontemporer di Indonesia Kelas 12 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah menyelesaikan kegiatan pembelajaran 2 ini diharapkan Anda dapat :  
  1. Mengeksplorasi pertunjukan musik kontemporer sesuai dengan prosedur yang telah dipelajari 
  2. Membandingkan kesamaan dalam pertunjukan musik kontemporer dengan kerjasama kelompok musik yang lain  

B. Uraian Materi 

1. Berawal dari Pekan Komponis Muda 
 
Sumber : http://ww1.musicalprom.com 
Gambar 2.1 Penampilan pada acara Pekan Komponis Muda
Perkembangan musik kontemporer di Indonesia baru mulai dirasakan sejak digelarnya acara Pekan Komponis Muda tahun 1979 di Taman Ismail Marzuki Jakarta. Melalui acara tersebut, komunikasi para seniman antar daerah dengan berbagai macam latar belakang budaya lebih terjalin. 

Forum diskusi dan dialog antar seniman dalam acara tersebut saling memberikan kontribusi sehingga membuka paradiqma kreatif musik menjadi lebih luas. Hingga hari ini, para komponis yang pernah terlibat dalam acara tersebut menjadi sosok individu yang sangat memberi pengaruh kuat untuk para komponis musik kontemporer selanjutnya. 

Nama-nama seperti Aloysius Suwardi, Harry Roesli, Ben Pasaribu, Tony Prabowo, Yusbar Jailani, I Nyoman Windha, Otto Sidarta, dan masih banyak yang belum disebutkan, merupakan komponis kontemporer yang ciri-ciri karyanya nyaris mustahil dikategorikan secara konvensional. Selain memiliki keunikan tersendiri, karya-karya mereka juga cukup bervariasi. Sehingga dari waktu ke waktu konsep-konsep mereka bisa berubah-ubah tergantung pada semangat serta kapasitas masing-masing dalam mengembangkan kreativitasnya. 

Puncaknya, karya-karya musik kontemporer tak lagi menjelaskan ciri-ciri latar belakang tradisi budayanya walaupun sumber-sumber tradisi itu masih terasa lekat. Namun, sikap dan pemikiran individu-lah yang paling penting, sebagai landasan dalam proses kreativitas musik kontemporer. Sikap dan pemikiran itu tercermin seperti yang dikatakan komponis kontemporer I Wayan Sadra: “Kini tak zamannya lagi membuat generalisasi bahwa aspirasi musikal masyarakat adalah satu, dengan kata lain ia bukan miliki kebudayaan yang disimpulkan secara umum, melainkan milik pribadi orang per orang.” 
 
2. Perkembangan di Daerah-Daerah 

Mengintip perkembangan musik kontemporer di daerah Jawa Barat tampaknya agak lambat. Selain karena apresiasi masyarakat Sunda belum memadai, para komponisnya yang relatif sangat sedikit, dukungan pemerintah setempat atau sponsor-sponsor untuk menggelar konser-konser musik kontemporer juga sangat kurang.  

Misalnya di Yogyakarta, secara konsisten selama belasan tahun mereka berhasil menggelar acara Yogyakarta Gamelan Festival tingkat Internasional yang di dalamnya banyak sekali karya-karya musik kontemporer dipentaskan. 
Tahun 2007 dan 2008, Kota Solo telah menggelar acara SIEM (Solo International Ethnic Music). Di dalamnya, banyak karya-karya musik kontemporer dipentaskan dengan dihadiri lebih kurang lima puluh ribu penonton. Selain itu, masih ada festival world music dengan tajuk “Hitam Putih” di Riau, kemudian festival Gong Kebyar di Bali, dan lain sebagainya.  
                  
Acara-acara tersebut digelar secara rutin bukan sekadar “ritual”, atau memiliki tujuan memecahkan rekor Muri, apalagi mencari keuntungan. Karena seperti yang dibilang Harry Roesli, pementasan musik kontemporer merupakan “seni yang merugi akan tetapi melaba dalam tata nilai”. 

Sebenarnya banyak komponis kontemporer di daerah Sunda yang cukup potensial, namun sangat jarang yang tetap konsisten dalam berkarya. Salah satu komponis pertama, Nano S., yang meski aktivitasnya lebih cenderung sebagai pencipta lagu, namun beberapa karyanya seperti “Sangkuriang” dan “Warna” memberi nafas baru dalam pengembangan musik Sunda. 
Komponis lain seperti Suhendi Afrianto dan Ismet Ruhimat, sangat nyata upayanya dalam pengembangan instrumentasi pada gamelan Sunda. Dodong Kodir yang cukup konsisten dalam upaya pengembangan aspek organologi dalam komposisinya, Ade Rudiana yang sukses dalam pengembangan di bidang komposisi musik perkusi, Lili Suparli yang memegang prinsip kuat dalam pengolahan idiomidiom musik tradisi Sunda. 

Tokoh lain yang tak kalah penting, komponis-komponis seperti Dedy Satya Hadianda, Dody Satya Eka Gustdiman, Oya Yukarya, Dedy Hernawan, Ayo Sutarma yang karya-karyanya cukup variatif dan memiliki orisinalitas yang dilihat dari aspek kompositornya. 
 
3. Pembagian Musik Kontemporer Berdasarkan Komposisi 

Dari sejumlah komponis Sunda yang telah disebutkan di atas, secara kompositoris, karakteristik karyanya dapat dipetakan menjadi tiga kategori, yaitu: Pertama, karya musik yang bersifat iringan. Konsep komposisi dalam karya seperti ini berdasar pada penciptaan suatu melodi (instrumen), kemudian elemen-elemen lainnya berperan mengiringi melodi tersebut. 

Kedua, Karya musik yang bersifat ilustratif. Konsep komposisinya berusaha menggambarkan sesuatu dari naskah cerita, puisi, atau yang semisalnya. Dengan begitu, orientasi musiknya lebih tertuju pada penciptaan suasana-suasana yang berdasar pada interpretasi komponisnya. 
Ketiga, karya musik yang bersifat otonom. Biasanya, karya musik semacam ini sangat sulit dipahami oleh orang awam. Selain bentuknya yang tidak baku, gramatika musiknya pun sangat berbeda dengan karya-karya tradisi. Kadang, karya-karya musik seperti ini sering menimbulkan kontroversi. 

Seperti kontroversi “anti tradisi”, padahal secara sadar atau tidak, semua tatanan konsepnya bersumber dari tradisi. Kategori seperti ini lebih dekat atau lebih cocok dengan fenomena musik kontemporer Barat (Eropa-Amerika). 

4. Komponis-Komponis Bali 

Di Bali, aktivitas berkesenian berideologi “kontemporer” sebenarnya telah berlangsung sejak awal abad ke-20 dengan lahirnya seni kekebyaran di Bali Utara.  Namun wacana tentang musik kontemporer mulai mengemuka serangkaian dengan Pekan Komponis Muda I yang digelar di Jakarta pada 1979. 
  Komponis muda yang mewakili Bali pada waktu itu adalah I Nyoman Astita dengan karyanya berjudul “Gema Eka Dasa Rudra”. Berlanjut di tahun-tahun berikutnya, Pekan Komponis Muda diikuti oleh komponis-komponis muda Bali lainnya, seperti: 
  • I Wayan Rai dengan karyanya berjudul “Trompong Beruk” tahun 1982 
  • I Nyoman Windha dengan karya “Sangkep” pada 1983 
  • I Ketut Gede Asnawa dengan karya “Kosong” tahun 1984 
  • Ni Ketut Suryatini dan I Wayan Suweca dengan ”Irama Hidup” tahun 1987 
  • I Nyoman Windha dengan dua karyanya sekaligus yaitu ”Bali Age” dan ”Sumpah Palapa” tahun 1988 
Kehadiran karya musik kontemporer mulai terasa mengguncang persepsi para akademisi di ASTI dan STSI (kini ISI) Denpasar, dan juga KOKAR Bali (kini SMK 3 Sukawati). Hal ini karena musik ini cenderung mengubah cara pandang, cita rasa, dan kriteria estetik yang sebelumnya terkurung oleh sesuatu yang terpola, standarisasi, seragam, dan bersifat sentral. 
Konsep musik kontemporer menjadi sangat individual, sehingga perkembangannya pun beragam. Paham inilah yang coba ditawarkan oleh musik kontemporer, sehingga dalam karya-karya yang lahir banyak terjadi vokabuler teknik garapan dan aturan tradisi yang telah mapan ke dalam bentuk yang baru, terkesan aneh, nakal, bahkan urakan. 

Pada tahun 1987, dalam serangkaian tugas kelas mata kuliah Komposisi VI, mahasiswa jurusan karawitan ASTI Denpasar semester VIII untuk pertama kalinya menggarap sebuah musik kontemporer dengan judul “Apang Sing Keto”. Karya yang berbentuk drama musik ini menggunakan instrumen pokok gamelan Gong Gede yang dipadu dengan olahan vokal dan lagu ”Goak Maling Taluh” sebagai lagu pokok. Karya ini kemudian dipentaskan pada Pesta Kesenian Bali tahun 1987 dan mendapat sambutan meriah dari penonton. 

Baca juga - Soal Analisis Musik Kontemporer

 
5. Kolaborasi Antara Barat dan Timur 

Tahun 1990, satu garapan musik kontemporer dengan media ungkap yang berbeda, hasil kolaborasi antara dua seniman, I Wayan Dibia dan Keith Terry, yaitu “Body Tjak“.  Karya ini merupakan seni pertunjukan multikultural yang memadukan unsur-unsur seni budaya Barat (Amerika) dan Timur (Bali, Indonesia). “Body Tjak”  digarap dengan kombinasi unsurunsur seni kecak Bali dengan Body Music, menghasilkan sebuah jenis musik baru yang menggunakan tubuh manusia sebagai sumber bunyi. Garapan bernuansa seni budaya global ini lahir dengan dua produksinya, yaitu “Body Tjak 1990” (BT90) dan “Body Tjak1999”. 
 Kedua karya ini murni lahir dari keinginan seniman untuk mengekspresikan jiwanya yang telah tergugah oleh dinamisme seni kecak dan body music. Dengan berbekal pengalaman estetis masing-masing, dan diilhami oleh obsesi aktualitas kekinian, kedua seniman sepakat melakukan eksperimen sehingga lahirlah musik kontemporer “Body Tjak”. 
6. Memasuki Dunia Akademisi 

Kehidupan dan perkembangan musik kontemporer yang diawali eventevent gelar seni baik lokal maupun mancanegara akhirnya masuk juga ke ranah akademik. Mahasiswa jurusan karawitan ISI Denpasar telah banyak menggarap karya musik kontemporer sebagai materi ujian akhir. Hingga tahun 2009, penggarapan musik kontemporer masih mendominasi pilihan materi ujian akhir mahasiswa jurusan karawitan. Hal ini secara produktivitas mengakibatkan penciptaan musik kontemporer menjadi sangat banyak. Model dan jenisnya pun juga sangat beragam. 

Penggunaan instrumen tak hanya terpaku pada alat-alat musik tradisional Bali, namun juga menggunakan musik budaya lainnya. Bahkan mahasiswa sudah mengeksplorasi bunyi dari benda-benda apa saja yang dianggap bisa menghasilkan suara yang mendukung ide garapannya. 
Musik kontemporer yang berjudul “Gerausch” karya Sang Nyoman Putra Arsa Wijaya menjadi salah satu contoh eksplorasi radikal dalam musik kontemporer Bali. Karya ini sempat menimbulkan polemik kecil di kalangan akademik kampus. Berkembang wacana “apakah karya ini tergolong musik atau tidak, termasuk karya karawitan atau bukan?”. Namun dengan pemahaman yang cukup alot dari masyarakat akademik kampus, akhirnya karya kontroversial ini pun telah mengantarkan sang komposer memperoleh gelar S1 Komposisi Karawitan. 

C. Rangkuman 

Perkembangan musik kontemporer di Indonesia baru mulai dirasakan sejak digelarnya acara Pekan Komponis Muda tahun 1979 di Taman Ismail Marzuki Jakarta. 

Nama-nama seperti Aloysius Suwardi, Harry Roesli, Ben Pasaribu, Tony Prabowo, Yusbar Jailani, I Nyoman Windha, Otto Sidarta, dan masih banyak yang belum disebutkan, merupakan komponis kontemporer yang ciri-ciri karyanya nyaris mustahil dikategorikan secara konvensional. 
Yogyakarta, secara konsisten selama belasan tahun mereka berhasil menggelar acara Yogyakarta Gamelan Festival tingkat Internasional yang di dalamnya banyak sekali karya-karya musik kontemporer dipentaskan. 

Tahun 2007 dan 2008, Kota Solo telah menggelar acara SIEM (Solo 
International Ethnic Music). 

Di Bali, aktivitas berkesenian berideologi “kontemporer” sebenarnya telah berlangsung sejak awal abad ke-20 dengan lahirnya seni kekebyaran di Bali Utara.  Namun wacana tentang musik kontemporer mulai mengemuka serangkaian dengan Pekan Komponis Muda I yang digelar di Jakarta pada 1979. 
Tahun 1990, satu garapan musik kontemporer dengan media ungkap yang berbeda, hasil kolaborasi antara dua seniman, I Wayan Dibia dan Keith Terry, yaitu “Body Tjak“.  Karya ini merupakan seni pertunjukan multikultural yang memadukan unsur-unsur seni budaya Barat (Amerika) dan Timur (Bali, Indonesia). 

Kehidupan dan perkembangan musik kontemporer yang diawali event-event gelar seni baik lokal maupun mancanegara akhirnya masuk juga ke ranah akademik. Mahasiswa jurusan karawitan ISI Denpasar telah banyak menggarap karya musik kontemporer sebagai materi ujian akhir. Hingga tahun 2009, penggarapan musik kontemporer masih mendominasi pilihan materi ujian akhir mahasiswa jurusan karawitan. 

D. Penugasan Mandiri (optional) 

1. Lanjutkan perencanaan karya musik kontemporer yamg dibuat pada Kegiatan Pembelajaran 1 dengan menambahkan sifat dari komposisi karya, yaitu : 
  • bersifat iringan,  
  • bersifat ilustratif, atau  
  • bersifat otonom 
2. Jangan lupa untuk berlatih memainkannya ! 

E. Latihan Soal 

  1. Perkembangan musik kontemporer di Indonesia baru mulai dirasakan sejak digelarnya acara Pekan Komponis Muda tahun 1979 di ...  
  2. Yogyakarta, secara konsisten selama belasan tahun mereka berhasil menggelar acara tingkat Internasional yang di dalamnya banyak sekali karya-karya musik kontemporer dipentaskan. Apa nama acara tersebut ? 
  3. Perkembangan musik kontemporer didaerah-daerah semakin semarak. Pada tahun 2007 dan 2008, Kota Solo telah menggelar acara ... 
  4. Di Bali, aktivitas berkesenian berideologi “kontemporer” sebenarnya telah berlangsung sejak awal abad ke-20 dengan lahirnya seni kekebyaran di daerah...  
  5. Tahun 1990, satu garapan musik kontemporer dengan media ungkap yang berbeda, hasil kolaborasi antara dua seniman, I Wayan Dibia dan Keith Terry, yaitu “Body Tjak“.  Karya ini merupakan seni pertunjukan multikultural yang memadukan unsur-unsur seni budaya ... 
Kunci Jawaban Latihan Soal 2  
  1. Taman Ismail Marzuki Jakarta 
  2. Yogyakarta Gamelan Festival 
  3. SIEM (Solo International Ethnic Music). 
  4. Bali Utara 
  5. Barat (Amerika) dan Timur (Bali, Indonesia). 
Cocokkanlah jawaban Anda dengan Kunci Jawaban Latihan Soal 2 yang terdapat  di bagian akhir modul ini. Hitunglah jawaban yang benar. Kemudian, gunakan rumus berikut untuk mengetahui tingkat penguasaan Anda terhadap materi Kegiatan Belajar 2.  
Konversi tingkat penguasaan:  
90 - 100%  = baik sekali  
80 - 89%  = baik  
70 - 79% = cukup  
< 70%    = kurang  
Apabila mencapai tingkat penguasaan 80% atau lebih, Anda dapat meneruskan dengan Kegiatan Belajar 3. Bagus! Jika masih di bawah 80%, Anda harus mengulangi materi Kegiatan Belajar 2, terutama bagian yang belum dikuasai. 

F. Penilaian Diri 

No.

Pertanyaan-pertanyaan

Ya / Tidak

1.

Apakah Anda dapat menjelaskan awal perkembangan musik kontemporer di Indonesia ?

 

 

2.

Apakah Anda dapat menjelaskan perkembangan musik kontemporer di daerah-daerah ?

 

 

3.

Apakah Anda dapat menjelaskan pembagian Musik Kontemporer Berdasarkan Komposisi ?

 

 

4.

Apakah Anda dapat mengeksplorasi pertunjukan musik kontemporer sesuai dengan prosedur yang telah dipelajari ?

 

 

5

Apakah Anda dapat membandingkan kesamaan dalam pertunjukan musik kontemporer dengan kerjasama kelompok musik yang lain ?

 

 


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 
Materi Perkembangan Musik Kontemporer di Indonesia Kelas 12 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!


#
Perkembangan Musik Kontemporer di Indonesia File ini dalam Bentuk pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • program pemerintah untuk mendukung musik kontemporer di indonesia
      • apa saja program yang telah dilakukan pemerintah untuk mendukung musik kontemporer di indonesia
      • tantangan dan hambatan perkembangan musik kontemporer di indonesia
      • perkembangan awal musik kontemporer di indonesia pada tahun
      • contoh musik kontemporer di indonesia
      • awal perkembangan musik kontemporer di indonesia mulai berkembang pada tahun
      • tokoh musik kontemporer di dunia
      • tokoh musik kontemporer indonesia
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022

      Post a Comment

      Post a Comment