Pengertian Router, Jenis Router, Fungsi dan Manfaat Router Lengkap

Istilah router sering kali digunakan di dalam dunia jaringan komputer. Ya, router memang merupakan salah satu perangkat yang digunakan untuk membangun jaringan komputer yang luas. Dengan router, sebuah jaringan komputer dapat dihubungkan dengan jaringan komputer lainnya sehingga cakupan jaringan komputer dapat diperlebar / diperluas.

Pengertian Router, Jenis Router, Fungsi dan Manfaat Router Lengkap
Pengertian Router, Jenis Router, Fungsi dan Manfaat Router Lengkap
Bagi orang – orang yang berasal dari dunia jaringan komputer, istilah router tentunya bukanlah istilah yang asing atau pun aneh, akan tetapi bagi kebanyakan orang awam istilah router tentunya bukan lah istilah yang familiar. Hal ini dikarenakan istilah router memang sangat jarang digunakan dalam aktivitas sehari – hari, sehingga wajar saja jika orang awam tidak mengetahuinya.

Lantas apa sih sebenarnya pengertian router itu?

Definisi dan Pengertian Router

Istilah router pada dasarnya berasal dari Bahasa Inggris yaitu kata “Route” yang artinya “trayek” atau pun “mengarahkan perjalanan melalui” yang ditambahi dengan imbuhan “er” yang maknanya pelaku. Sehingga, jika diartikan dari asal katanya, maka router dapat diartikan sebagai sebuah perangkat yang digunakan untuk mengarahkan signal pada jaringan komputer.

Jika diartikan secara lengkap, maka pengertian router merupakan sebuah perangkat keras yang digunakan untuk menyebarkan atau pun membagikan signal. Sebuah perangkat router bertugas untuk menangkap, menguatkan, dan membagikan signal

Fungsi Router 

Router berfungsi sebagai penghubung 2 jaringan atau lebih untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN). Sebagai ilustrasi perbedaan fungsi dari router dan switch, switch merupakan suatu jalan, sedangkan router merupakan penghubung antar jalan. Masing-masing rumah berada pada jalan yang memiliki alamat dalam suatu urutan tertentu. Dengan cara yang sama, switch menghubungkan berbagai macam alat, dimana masing-masing alat memiliki alamat IP sendiri pada sebuah LAN.

Router sangat banyak digunakan dalam jaringan berbasis teknologi protokol TCP/IP, dan router jenis itu disebut juga dengan IP Router. Selain IP Router, ada lagi AppleTalk Router, dan masih ada beberapa jenis router lainnya. Internet merupakan contoh utama dari sebuah jaringan yang memiliki banyak router IP. Router dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar, yang disebut dengan internetwork, atau untuk membagi sebuah jaringan besar ke dalam beberapa subnetwork untuk meningkatkan kinerja dan juga mempermudah manajemennya. Router juga kadang digunakan untuk mengoneksikan dua buah jaringan yang menggunakan media yang berbeda (seperti halnya router wireless yang pada umumnya selain ia dapat menghubungkan komputer dengan menggunakan radio, ia juga mendukung penghubungan komputer dengan kabel UTP), atau berbeda arsitektur jaringan, seperti halnya dari Ethernet ke Token Ring.

Router juga dapat digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah layanan telekomunikasi seperti halnya telekomunikasi leased line atau Digital Subscriber Line (DSL). Router yang digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah koneksi leased line seperti T1, atau T3, sering disebut sebagai access server. Sementara itu, router yang digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal ke sebuah koneksi DSL disebut juga dengan DSL router. Router-router jenis tersebut umumnya memiliki fungsi firewall untuk melakukan penapisan paket berdasarkan alamat sumber dan alamat tujuan paket tersebut, meski beberapa router tidak memilikinya. Router yang memiliki fitur penapisan paket disebut juga dengan packet-filtering router. Router umumnya memblokir lalu lintas data yang dipancarkan secara broadcast sehingga dapat mencegah adanya broadcast storm yang mampu memperlambat kinerja jaringan.

Jenis – jenis Router

Router Aplikasi
Pengertian router aplikasi adalah sebuah aplikasi (software) yang digunakan untuk menanamkan kemampuan perangkat router pada perangkat komputer biasa. Beberapa contoh router aplikasi yang banyak digunakan oleh para pengguna komputer yaitu WinGate, Winroute, SpyGate, WinProxy, dan lain – lain.

Router Hardware
Router hardware merupakan sebuah perangkat keras yang memiliki kemampuan dasar untuk menangkap dan menyebarkan signal. Router hardware biasanya lebih dikenal dengan isitilah router saja. Berbeda dengan router aplikasi yang tidak memiliki bentuk fisik sama sekali, router hardware memiliki bentuk fisik yang nyata layaknya perangkat keras lainnya.

Router PC
Router PC merupakan sebuah perangkat personal komputer biasa yang dimodifikasi sehingga dapat dipakai untuk menyebarkan signal layaknya sebuah router. Router PC dapat dibuat dari perangkat komputer berspesifikasi rendah sekalipun (min spec. Pentium dua, hard drive 10 GB dengan ram 64 mb). Untuk menjadikan perangkat komputer menjadi sebuah router, perangkat komputer perlu diinstal sistem operasi khusus router seperti salah satunya sistem operasi Mikrotik.

Jenis-jenis router yang Lain

Secara umum, router dibagi menjadi dua buah jenis, yakni:
  1. static router (router statis): adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statis yang di setting secara manual oleh para administrator jaringan.
  2. dynamic router (router dinamis): adalah sebuah router yang memiliki dan membuat tabel routing dinamis, dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan saling berhubungan dengan router lainnya.

Jenis Router dalam Jaringan Komputer

Jenis router dalam jaringan komputer secara umum terbagi menjadi 2 jenis :
  1. Router statis adalah router yang di setting manual oleh administrator sehingga memiliki tabel routing statis
  2. Router dinamis adalah router yang mempunyai dan membuat tabel routing dinamis dengan melihat sinyal lalu lintas jaringan dan saling terhubung dengan router yang lainnya.

Manfaat Router

Manfaat Router adalah sebagai penyampai data yang dikirimkan oleh user atau perangkat yang digunakan agar bisa mengakses jaringan lain sesuai dengan input yang dilakukan si user. Selain untuk mengakses internet yang mendunia, router juga biasa digunakan untuk jaringan local (local area network).

Pemasangan Router

Biasanya router berada di antara perangkat komputer dengan jaringan telepon, jadi input data yang dimasukkan oleh perangkat komputer akan diterima oleh router terlebih dahulu, baru kemudian disampaikan kepada host host yang menjadi tujuannya, lalu server atau host yang menerima pesan yang disampaikan akan memberikan tanggapan.
Selain untuk internet, router juga bisa dipergunakan untuk memparalelkan line telepon. Misalkan jika suatu perusahaan memiliki banyak sekali ruangan, tetapi ingin memiliki satu nomor telepon rumah.. maka jawabannya adalah memasang router untuk memparalelkannya.

Cara Kerja Router dalam Jaringan Komputer

Cara kerja router ini dinamakan routing yang memiliki kemampuan untuk mengirimkan data atau informasi sesuai rute perjalanan menuju host baik dari sesama network atau berbeda network. Logikanya sederhana, jika data/informasi ditujukan pada host di network lain, maka router akan menjalankan ke network tersebut. Namun, jika data/informasi ditujukan pada host dalam satu network, maka router akan menghalangi data/informasi itu keluar dari network.
Dibawah ini ada ilustari cara kerja router dalam komputer jaringan

Cara Kerja Router berdasarkan gambar ilustrasi di atas :
  1. Ada 2 buah network yang terhubung dengan 1 router.
  2. Network sebelah kiri terhubung ke port 1 router = 192.168.1.0, sedangkan network sebelah kanan terhubung ke port 2 router = 192.155.2.0.
  3. Jika komputer B mengirim data ke komputer C, maka router tidak akan mengirimkan data tersebut k network lain. Sama dengan jika komputer E mengirimkan data ke komputer F dan berbagai pola dalam satu network.
  4. Namun, jika komputer E mengirimkan data ke komputer B, maka router akan mengirimkan data tersebut ke komputer B melalui jaringan lain (network 2 menuju network 1)
Berdasarkan uraian penjelasan dan gambar diatas, anda pasti sudah memahami alur dari pengertian router, fungsi dan cara kerjanya. Nah, sekarang tinggal anda mencoba mempraktekkan atau memahaminya.

Perbedaan Router dengan Bridge

Cara kerja router mirip dengan bridge jaringan, yakni mereka dapat meneruskan paket data jaringan dan dapat juga membagi jaringan menjadi beberapa segmen atau menyatukan segmen-segmen jaringan. Akan tetapi, router berjalan pada lapisan ketiga pada model OSI (lapisan jaringan), dan menggunakan skema pengalamatan yang digunakan pada lapisan itu, seperti halnya alamat IP. Sementara itu, bridge jaringan berjalan pada lapisan kedua pada model OSI (lapisan data-link), dan menggunakan skema pengalamatan yang digunakan pada lapisan itu, yakni MAC address.

Sedangkan Bridge, sebaiknya digunakan untuk menghubungkan segmen-segmen jaringan yang menjalankan protokol jaringan yang sama (sebagai contoh: segmen jaringan berbasis IP dengan segmen jaringan IP lainnya). Selain itu, bridge juga dapat digunakan ketika di dalam jaringan terdapat protokol-protokol yang tidak bisa melakukan routing, seperti halnya NetBEUI. Sementara itu, router sebaiknya digunakan untuk menghubungkan segmen-segmen jaringan yang menjalankan protokol jaringan yang berebeda (seperti halnya untuk menghubungkan segmen jaringan IP dengan segmen jaringan IPX.) Secara umum, router lebih cerdas dibandingkan dengan bridge jaringan dan dapat meningkatkan bandwidth jaringan, mengingat router tidak meneruskan paket broadcast ke jaringan yang dituju. Dan, penggunaan router yang paling sering dilakukan adalah ketika kita hendak menghubungkan jaringan kita ke internet.

Produsen router

Beberapa produsen router termasuk:

  • 2Wire (www.2wire.com)
  • 3Com (www.3com.com)
  • Adtran (www.adtran.com)
  • Alcatel (www.alcatel.com)
  • Apple Computer (termed 'AirPort Base Stations')
  • Asus (www.asus.com)
  • Belkin (www.belkin.com)
  • Buffalo Technology (www.buffalotech.com)
  • Billion (www.billion.com)
  • CANYON (www.canyon-tech.com)
  • CISCO SYSTEMS, INC. (www.cisco.com)
  • Cyclades Corporation (www.cyclades.com)
  • D-Link Systems (www.dlink.com)
  • Draytek (www.draytek.com)
  • Enterasys Networks (www.enterasys.com)
  • Ericsson AB (www.ericsson.com)
  • Extreme Networks (www.extremenetworks.com)
  • Funkwerk Enterprise Communications GmbH (www.bintec.net)
  • Foundry Networks (www.foundrynet.com)
  • Hawking Technologies (www.hawkingtech.com)
  • Hewlett-Packard (www.hp.com)
  • Huawei Technologies (www.huawei.com)
  • ImageStream (www.imagestream.com)
  • Juniper Networks (www.juniper.net)
  • Lightning MultiCom (www.lightning.ch)
  • LINKSYS (www.linksys.com)
  • Lucent Technologies (www.lucent.com)
  • Marconi (www.marconi.com)
  • Mikrotik (www.mikrotik.com)
  • Motorola (www.motorola.com)
  • MRV Communications (www.mrv.com)
  • NetComm (www.netcomm.com)
  • NETGEAR (www.netgear.com)
  • Nortel (www.nortel.com)
  • PacketFront (www.packetfront.com)
  • Pivotal Networking (global.acer.com)
  • Redback Networks (www.redback.com)
  • Siemens AG (www.siemens.com)
  • SMC Networks (www.smc.com)
  • Tellabs (www.tellabs.com)
  • TP-LINK (www.tp-link.com)
  • U.S. Robotics (www.usr.com)
  • Zoom Telephonics (www.zoom.com)
  • Trendware (www.trendware.com)
  • ZyXEL (www.us.zyxel.com)

Pencarian yang paling banyak dicari

  • apa itu router wifi
  • contoh router
  • jenis router
  • kelebihan dan kekurangan router
  • perbedaan router dan modem
  • manfaat router
  • materi router
  • artikel router