Pengertian, Isitlah, Fungsi dan Komponem Penting Struktur Organisasi

Sebelum membahas mengenai pengertian struktur organisasi, ada baiknya mengenal dulu apa itu arti dari organisasi. Organisasi sendiri memiliki pengertian sebagai tempat berkumpul dua orang atau lebih yang melakukan sebuah kerja sama dengan satu visi dan misi yang sama untuk mencapai sebuah tujuan yang sebelumnya sudah disepakati bersama. Sehingga sebuah perkumpulan dari dua orang atau lebih dengan tujuan yang sama sudah bisa dikatakan sebagai organisasi. Meski demikian, sebuah organisasi tidak akan lepas dari namanya struktur organisasi. Sebenarnya apa arti atau pengertian dari struktur organisasi?

Pengertian, Isitlah,  Fungsi dan Komponem Penting Struktur Organisasi
Pengertian, Isitlah,  Fungsi dan Komponem Penting Struktur Organisasi


Apa pengertian struktur organisasi dan manfaat dari adanya struktur organisasi?

Jika Anda sudah bisa memahami arti dari organisasi maka pengertian struktur organisasi bisa Anda terka sendiri. Struktur organisasi berarti sebuah susunan dari beberapa unit kerja dari sebuah organisasi. Selain itu, struktur organisasi juga dapat diartikan sebagai suatu susunan dari beberapa komponen yang dalam sebuah organisasi, yang masing-masing komponen tersebut saling berkaitan satu sama lain dan memiliki perannya masing-masing. Dalam sebuah struktur organisasi juga akan ditampilkan beberapa pembagian kerja dan juga siapa saja yang bertanggung jawab untuk melaksanakan dan mengawasi program kerja tersebut.

Memang dari pengertian struktur organisasi saja, Anda tentu sudah bisa menebak apa saja yang biasanya ada atau dicantumkan dalam struktur yang dipajang. Contoh sederhana dari struktur organisasi yang paling mudah dan paling sering ditemui adalah struktur organisasi yang ada di kelas. Ada banyak bentuk yang bisa menggambarkan sebuah bagan menjadi struktur organisasi baik itu berupa gambar pohon, bagan, atau bentuk lainnya. Meski demikian, hampir semua struktur organisasi memiliki pola yang sama. Umumnya, orang dengan kekuasaan tertinggi berada di urutan teratas yang biasanya disejajarkan dengan beberapa penasihat atau tetua dari organisasi tersebut.

Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan adanya sebuah struktur organisasi baik itu organisasi yang berskala besar maupun dalam skala kecil. Fungsi pertama yang bisa diperoleh adalah adanya kejelasan siapa yang bertanggung jawab jika ada sebuah masalah. Mengingat organisasi adalah perkumpulan dari dua orang atau lebih maka perlu adanya kejelasan siapa yang akan diberi wewenang dan siapa pula yang akan bertanggung jawab. Setiap anggota dalam organisasi tersebut harus berani bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya kepada anggota lain dalam organisasi tersebut.

Manfaat kedua yang bisa diperoleh dengan adanya struktur organisasi adalah adanya kejelasan mengenai kedudukan dari seseorang. Dalam struktur organisasi memang sudah tertera jelas siapa ketuanya, siapa bendahara, siapa sekretaris, siapa ketua bagian A, siapa ketua bagian B, dan siapa pula anggota dari masing-masing bagian. Hal ini cukup penting karena dengan adanya kejelasan kedudukan ini tidak akan ada yang mengambil wewenang diluar batasan yang diberikan. Sekian pembahasan mengenai pengertian struktur organisasi dan beberapa fungsinya, semoga bisa bermanfaat.

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Stephen P. Robbinss
Organisasi ialah kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar dan dengan batasan yang relatif dapat untuk diidentifikasi, yang bekerja dengan dasar yang relatif secara terus menerus dalam meraih tujuan organisasi.

James D Mooney
Organisasi adalah sebuah bentuk perserikatan manusia guna meraih tujuan bersama.

Stoner
Pengertian organisasi adalah sebuah pola berbagai hubungan yang melalui tiap individu di bawah pengarahan dari atasan dalam mengejar tujuan organiasi.

Richard Scott
Organisasi merupakan sebuah tindakan yang dilakukan secara kolektif yang sengaja terbentuk guna meraih tujuan secara khusus serta didasari pada asas kelangsungan.

Janu Murdiyamoko dan Citra Handayani
Organisasi merupakan sebuah sistem sosial yang mempunyai identitas kolektif yang tegas, prosedur pergantian anggota, adanya program kegiatan yang jelas, serta memiliki daftar anggota yang terperinci .

Drs. H. Malayu S,P, Hasibuan
Organisasi sebagai proses pengelompokan, pengaturan, serta penentuan dari berbagai aktivitas yang dibutuhkan dalam mencapai tujuan organisasi.

Max Weber
Pengertian organisasi ialah sebuah kerangka hubungan yang terstruktur yang didalamnya terdapat adanya wewenang, serta tanggung jawab dan pembagian kerja untuk menjalankan fungsi tertentu.

Chester I Bernard
Organisasi ialah sebuah sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan sekitar 2 orang ataupun lebih.

Thompson
Pengertian organisasi merupakan suatu integrasi dari tiap individu yang sangat rasional serta impersonal atau adil yang bekerja sama guna meraih tujuan yang telah ditetapkan.

Schein
Organisasi adalah sebuah koordinasi rasional kegiatan oleh sejumlah orang guna meraih tujuan dengan melalui pembagian pekerjaan serta fungsi melalui hirarki otoritas dan juga tanggungjawab. Karakterisitik dari organisasi menurut Schein antara lain : mempunyai tujuan organisasi, struktur organisasi, saling berhubungan guna mengkoordinasikan aktivitas yang terjadi di dalamnya.

W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia
Pengertian organisasi ialah susunan serta aturan dari bagian-bagian sehingga dapat menjadi kesatuan yang teratur.

J.R. Schermehorn
Organisasi ialah sekumpulan orang-orang yang bekerja sama dalam mencapai tujuan organisasi.

Kochler
Kochler berpendapat bahwa pengertian organisasi merupakan sistem hubungan yang terstruktur dalam mengkoordinasikan usaha sebuah kelompok orang guna meraih tujuan.

Philip Selznick
Organisasi merupakan suatu peraturan personil untuk mempermudah pencapaian tujuan yang sebelumnya telah ditetapkan dengan melalui alokasi fungsi serta tanggungjawab.

Prof. Dr. Sondang P. Siagian
Pengertian organisasi merupakan bentuk persekutuan antara 2 orang ataupun lebih yang saling bekerjasama dan masih terikat secara formal dalam rangka untuk mencapai tujuan organisasi.

Paul Preston dan Thomas Zimmerer
Organisasi adalah sekumpulan individu yang disusun ke dalam suatu kelompok yang saling bekerjasama satu sama lain untuk menggapai tujuan organisasi.

M. dahlan Al Barry , Kamus Modern Bahasa Indonesia
Pengertian organisasi ialah penyusunan serta pengaturan berbagai bagian sehingga dapat menjadi sebuah kesatuan, susunan, serta aturan dari bagian-bagian hingga menjadi kesatuan yang teratur serta juga gabungan kerja sama (dalam meraih tujuan tertentu).

Mistiani, S.sos
Pengertian organisasi merupakan bentuk formal dari perkumpulan, kelompok, serta sekumpulan individu yang mempunyai tujuan yang bersifat pribadi. Kemudian dari adanya tujuan serta organisasi akan berusaha dalam meraih tujuan yang sebelumnya telah disepakati bersama.

Fungsi Struktur Organisasi

Struktur organisasi dibuat untuk menjalankan perusahaan sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing jabatan. Struktur organisasi secara jelas mampu memisahkan tanggung jawab dan wewenang anggotanya.

Jika dalam suatu bisnis atau perusahaan tidak memiliki komponen penting dalam struktur organisasi tersebut bisa jadi akan mengalami gangguan kedepannya, salah satunya dalam hal alur manajemen dan pengelolaan.

Berikut ini beberapa alasan penting kenapa struktur organisasi harus ada dalam bisnis yang sedang berkembang:

1. Kejelasan Tanggung Jawab
Setiap anggota dalam organisasi memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing. Tumpang tindih wewenang dapat menjadi masalah serius dalam sebuah struktur organisasi, misalnya saja jika dalam sebuah perusahaan memiliki 2 pimpinan sekaligus dapat menyebabkan adanya kebingungan dalam hal pengambilan keputusan cepat.

Idealnnya memang seharusnya hanya satu pimpinan saja, namun jika memang terdapat lebih dari satu, masing-masing pimpinan dapat dibedakan berdasarkan tanggung jawabnya. Di sinilah pentingnya struktur organisasi dalam bisnis yang sedang berkembang.

2. Kejelasan Kedudukan dan Kordinasi
Struktur organisasi menjelaskan kedudukan dan posisi dari masing-masing anggota. Dalam hal ini melalui bagan struktur organisasi dapat memperjelas alur komunikasi antar tim.

Koordinasi dibutuhkan untuk menghindari adanya missed communication yang dapat memberikan dampak negatif bagi bisnis yang sedang berkembang dan dapat digunakan sebagai dasar dalam penyelesaian pekerjaan yang membutuhkan komunikasi antar jabatan.

3. Kejelasan dalam Jalur Hubungan
Fungsi struktur organisasi berikutnya adalah kejelasan dalam jalur hubungan. Dalam melakukan tugas dan tanggung jawab, setiap anggota dalam organisasi harus terlihat jelas dalam struktur organisasi sehingga proses pekerjaan lebih efisien dan saling memberikan keuntungan.

4. Pengendalian dan Pengawasan
Adanya struktur organisasi penting untuk pengendalian dan pengawasan dari seorang pimpinan terhadap bawahannya. Tercapainya tujuan dari berdirinya suatu bisnis adalah melalui pengendalian dan pengawasan rutin untuk melakukan evaluasi kinerja sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing anggota.

Bisnis yang ideal adalah bisnis yang dijalankan dari tim yang terkoordinasi dengan baik dan benar. Tujuan berdirinya suatu bisnis sangat ditentukan dari kerjasama tim yang terkoordinasi tugas dan fungsinya melalui struktur organisasi.

Komponen Penting Struktur Organisasi dalam Bisnis Baru

Sebuah perusahaan dapat bergerak optimal dan efisien dengan adanya komponen-komponen yang harus ada dalam struktur organisasi. Berikut komponen penting yang harus ada dalam struktur organisasi dalam bisnis yang sedang berkembang:

CEO
Sebagai jabatan tertinggi dalam sebuah bisnis yang menahkodai arah dan tujuan dari perusahaan. CEO biasanya adalah sang pemiliki bisnis atau usaha.

Komponen Direksi
Direksi yang dimasuksudkan terdiri dari  4 jabatan penting yang harus ada dalam perusahaan, yaitu direktur utama, direktur keuangan dan direktur personalia. Direktur utama biasanya berhubungan langsung dengan CEO atau pemiliki perusahaan yang bertanggung jawab langsung pada koordinasi dan pengendalian terhadap segala kegiatan di bidang administrasi, kepegawaian dan secretariat.

Direktur keuangan merupakan pengawasan operasional keuangan perusahaan. Direksi personalia bekerja langsung terkait ketenagakerjaan dan sumber daya perusahaan.

Manajer
Tugas utama seorang manajer adalah untuk mengintegrasikan berbagai variable, seperti pengarahan, koneksi, seleksi, komunikasi dan pelatihan. Manajer umumnya ada 3 komponen sekaligus, yaitu manager personalia, manager pemasaran dan manajer pabrik.

Manajer personalia bertanggunng jawab langsung terhadap pengorganisasian, perencanaan program dan pengendalian unit personalia, manajer pemasaran bertanggung jawab terhadap bagian pemasaran produk atau jasa yang ada dalam bisnis. Manajer pabrik biasanya terdapat pada bisnis komersial penjualan produk yang mengawasai urusan terkait produksi dan kegiatan dalam pabrik.

Administrasi dan Gudang
Komponen ini wajib ada dalam sebuah bisnis yang sedang berkembang. Tugas dan fungsinya adalah untuk mengecek seluruh transaksi perusahaan yang berhubungan dengan pihak Outsourcing, pembukuan dan laporan penerimaan dan pengeluaran.

Divisi Regional
Tugas dan fungsinya adalah untuk menjalankan kebijakan dan prosedur baku dari kantor pusat. Divisi regional biasanya beroperasi sebagai badan usaha untuk meningkatkan nilai tambah perusahaan. Divisi regional harus ada dalam bisnis yang berhubungan dengan penanaman saham.