Cara Meningkatkan Daya Baterai Laptop dengan Mudah

Cara Meningkatkan Daya Baterai Laptop dengan Mudah - Jika anda berada dirumah, diwarung kopi dan dimana saja anda selalu membawa adaptor leptop, Anda tidak akan khawatir tentang masa pakai baterai laptop Anda. Namun, ketika Anda sedang bepergian dan perlu bekerja atau menyelesaikan tugas penting, Anda akan bergantung pada baterai. Biasanya, ini akan berlangsung selama beberapa jam, dan penting untuk mengetahui bagaimana Anda dapat meningkatkan masa pakai baterai laptop. Kami akan berbagi beberapa tips untuk Anda.

Cara Meningkatkan Daya Baterai Laptop dengan Mudah
Cara Meningkatkan Daya Baterai Laptop dengan Mudah



Tips untuk meningkatkan masa pakai baterai laptop


Kecerahan layar lebih rendah

Salah satu hal dasar yang dapat Anda lakukan yang akan membantu Anda meningkatkan masa pakai baterai laptop adalah mengurangi kecerahan layar. Temukan tombol Fn di laptop Anda, tekan dan tahan, lalu tekan tombol kecerahan untuk mengurangi tingkat kecerahan.

Turn of backlit keyboard

Banyak laptop dilengkapi dengan keyboard lampu latar, fitur super berguna yang memungkinkan Anda melihat kunci saat gelap. Ya, cahayanya bagus tetapi jika Anda ingin menghemat baterai, Anda harus mematikannya.

Tutup program yang berjalan di latar belakang

Jika Anda melihat banyak program di baki sistem, ini adalah waktu yang tepat untuk menutup beberapa. Ketika sekelompok program berjalan di latar belakang, itu akan mempengaruhi masa pakai baterai. Nonaktifkan program yang tidak Anda perlukan saat ini. Jika Anda sama sekali tidak menggunakan program tersebut, Anda dapat menghapusnya sepenuhnya dari komputer dengan masuk ke Control Panel> Uninstall a program.

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah program startup. Banyak program yang Anda instal akan mulai saat Anda mem-boot laptop Anda, dan itu benar-benar tidak perlu. Ada beberapa program yang harus segera dimulai, seperti perangkat lunak antivirus Anda, tetapi ada banyak lainnya yang harus Anda nonaktifkan. Jika Anda membutuhkannya, Anda akan mengaktifkannya. Ikuti langkah ini:
  1. Buka menu Start dan di kotak pencarian, ketik yang berikut: msconfig.exe
  2. Tekan enter
  3. Pilih tab Startup
  4. Anda akan melihat program startup di sana, dan di samping setiap program, Anda akan menemukan kotak itu.
  5. Hapus pilihan yang tidak ingin Anda nyalakan saat Anda menyalakan laptop.

Ini tidak hanya akan meningkatkan masa pakai baterai laptop, tetapi juga akan meningkatkan kinerja keseluruhan dari komputer portabel Anda.

Power plan

Di Windows, Anda dapat memilih paket daya, dan Anda juga dapat mengubah pengaturan paket. Buka Panel Kontrol, Opsi Daya, dan Anda akan melihat dua paket yang ditawarkan: Seimbang, dan Penghemat daya. Anda dapat menggunakan yang pertama saat Anda di rumah, dan penghemat daya saat laptop Anda dicabut. Di samping setiap paket, Anda akan melihat pengaturan Ubah rencana, di mana Anda dapat menyesuaikan banyak hal sesuai dengan kebutuhan Anda.

Nonaktifkan Bluetooth

Hal lain yang dapat Anda lakukan untuk menghemat baterai laptop adalah mematikan Bluetooth saat Anda tidak menggunakannya. Untuk melakukan ini, buka menu Start dan di kotak pencarian: koneksi jaringan. Kemudian, klik Lihat koneksi jaringan. Temukan koneksi jaringan Bluetooth - klik kanan dan pilih Nonaktifkan.

Ada beberapa hal lain yang dapat membantu Anda meningkatkan masa pakai baterai laptop, seperti mematikan Wi-Fi, dan mencabut perangkat USB. Anda juga harus menghindari penggunaan program yang menuntut saat laptop Anda tidak berjalan dengan daya AC.

Pencarian yang sama
  • cara mengembalikan daya tahan baterai laptop
  • kekuatan normal baterai laptop
  • daya tahan baterai laptop asus
  • berapa jam baterai laptop bertahan
  • cara menambah daya tahan baterai laptop
  • ketahanan baterai laptop acer
  • cara menambah baterai laptop
  • cara menghemat baterai laptop windows 7
  • cara menghemat baterai laptop windows 8
  • cara menghemat baterai laptop windows 10