Lengkap - 50+ Contoh Soal Essay BIOLOGI Kelas 12 SMA/MA Semester Ganjil Terbaru

50+ Contoh Soal Essay BIOLOGI Kelas 12 SMA/MA Semester Ganjil Terbaru -  Halo sahabat bospedia yang baik hati, dimana saja berada. Pada kesempatan kali ini admin ingin berbagi Soal Essay Biologi, Sebelumnya admin sudah membagikan soal UTS BIOLOGI kelas 12. Nah pada kali ini admin membagikan 50 Contoh soal Essay Biologi untuk adik adik yang sedang duduk dibangku keas 12 SMA/MA. Soal ini bisa dijadikan refrensi untuk menjadwab soal yang lain. Oiya Biologi merupakan ilmu alam yang mempelajari tentang kehidupan, serta organisme hidup, termasuk didalamnya berupa struktur, evolusi, persebaran, fungsi, pertumbuhan, serta taksonominya. Ilmu biologi yang modern saat ini sangat luas, eklektik, dan terdiri atas maca-macam cabang ilmu biologi, serta subdisiplin. Namun, meskipun ruang lingkupnya luas, terdapat konsep umum yang mengatur semua penelitian tersebut, sehingga dapat menyatukannya ke dalam 1 bidang.

Pengertian biologi pada umumnya mengakui tentang sel sebagai satuan dasar dari kehidupan, gen sebagai satuan dasar dari pewarisan, serta evolusi sebagai sebuah mekanisme yang dapat mendorong terciptanya spesies yang baru. Selain itu, organisme juga diyakini bertahan dengan cara mengonsumsi serta mengubah energi dengan meregulasi keadaan dalamnya supaya tetap stabil, dan vital.


50+ Contoh Soal Essay BIOLOGI Kelas 12 SMA/MA Semester Ganjil Terbaru
50+ Contoh Soal Essay BIOLOGI Kelas 12 SMA/MA Semester Ganjil Terbaru



A. PENDAHULUAN

Hereditas berarti penurunan sifat-sifat genetik dari orang tua ke anak. Ilmu yang mempelajarihereditas disebut genetika. Teori pewarisan sifat atau hukum-hukum hereditas pertama kalidicetuskan oleh Gregor Johann Mendel (1822-1884), anak seorang petani kecil di Moravia Utara. Mendel berpendapat bahwa sifat-sifat dapat diturunkan dari generasi ke generasi melalui faktorpenentu.Pada saat pendapat beliau diakui kebenarannya, beliau sudah wafat. Hal itu dikarenakan pada waktu diterbitkannya buku yang memuat pendapat beliau pada tahun 1866, dunia ilmupengetahuan belum dapat menunjukkan bentuk maupun susunan sifat keturunan yang olehMendel disebut sebagai faktor penentu. Pendapat Mendel barn ditengok kembali pada tahun1900 oleh Hugo De Vries (Belanda), Carl Correns (Jerman), dan Erich von Tschermak (Austria)yang melakukan analisis secara lebih mendalam.

B. MATERI GENETIK

Asam nukleat ini terdapat di dalam nukleoplasma. Nukleoplasma adalah plasma yang terdapat didalam nukleus (inti sel). Nukleoplasma mengandung berma-cam-macam bahan kimia, seperti larutan fosfat, gula ribosa, protein, nukleotida, asam nukleat, serta garam-garam mineral. Selainzat-zat tersebut, bahan dasar nukleus adalah protein yang khas yang disebut protein inti ataunukleoprotein. Nukleo-protein dibangun oleh senyawa protein dan asam nukleat. Dari beberapa macam asam nukleat, yang ada sangkut pautnya dengan hereditas ada dua, yaitu DNA dan RNA. DNA (deoxyribonucleic acid = asam deoksiri bonukleat) dan RNA (ribonucleic acid = asamribonukleat) bertanggung jawab membentuk protein serta mengontrol sifat sifat keturunan. Jadi,gen yang disebut faktor penentu di zaman Mendel itu, akhirnya dapat diketahui strukturkimianya, dan disebut DNA. DNA, RNA, gen, dan kromosom disebut materi genetik karenabertanggung jawab terhadap pewarisan sifat-sifat genetik dari induk kepada keturunannya. Percobaan transformasi pada bakteri Diplococcus pneumoniae yang dilakukan oleh Griffith padatahun 1928, telah memberikan keyakinan bahwa DNA benar-benar merupakan bahan genetik.


Soal Essay BIOLOGI Kelas 12 SMA/MA



50+ Contoh Soal Essay BIOLOGI Kelas 12 SMA/MA Semester Ganjil Terbaru - Bagi sahabat bospedia dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Essay BIOLOGI Kelas 12 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal Essay BIOLOGI Kelas 12 SMA/MA.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut bospedia memberikan Soal Essay BIOLOGI Kelas 12 SMA/MA


PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada Pengawas/Guru

A. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar!

1.  Proses pertambahan volume yang irrevetsible karena adanya pembelahan mitosis atau pembesaran sel dapat pula disebabkan oleh keduanya disebut....
Jawaban: pertumbuhan

2. Proses pertumbuhan biji diawali dengan imbibisi tujuannya disebut....
Jawaban: untuk memecah kulit biji

3. Pertumbuhan primer menyebabkan....
Jawaban: pertumbuhan memanjang

4. Daerah meristematik artinya daerah yang....
Jawaban: mengalami pertumbuhan dengan cara pembelahan dan pembesaran sel

5. Pada proses perkecambahan, oksigen diperlukan untuk....
Jawaban: pembentukan energi

6. Hasil diferensiasi jaringan meristem disebut....
Jawaban: akar

7. Pada proses pertumbuhan, peran gen adalah....
Jawaban: membawa sifat

8. Buah partenokapri dapat dihasilkan dari tanaman yang di beri hormon....
Jawaban: giberelin

9. Tumbuhan mempunyai daya regenerasi untuk memperbaiki jaringan tubuhnya yang luka karena menghasilkan hormon....
Jawaban: asam traumalin

10. Tumbuhan dapat berbunga lebih cepat apabila ditambahkan hormon....
Jawaban: anthokalin

11.  Sebutkan dua faktor yang memengaruhi pertumbuhan!
Jawaban: Faktor dalam (gen dan hormon) dan faktor luar (cahaya, air, dan suhu)

12. Jelaskan perbedaan antara meristem primer dengan meristem sekunder!
Jawaban: Pertumbahan pada embrio atau jaringan meristem dari hasil pembelahan sel-sel jaringan meristem primer ini disebut dengan pertumbuhan primer. Meristem sekunder adalah pertumbuhan pada embrio atau jaringan meristem dari hasil pembelahan sel-sel jaringan meristem sekunder.

13. Apa yang dimaksud dengan masa domisili biji? Apa yang mempengaruhi?
Jawaban: Dormansi biji adalah kondisi biji yang masih hidup tetapi tidak aktif, berada dalam kondisi kering(kelembabannya kurang) dan tidak dapat(gagal) berkecambah selama periode waktu tertentu karena faktor internal biji.

14. Apa yang dimaksud dengan partenokapri? Apa yang memengaruhinya?
Jawaban: Partenokarpi adalah perkembangan buah tanpa biji. Hormon giberelin yang memengaruhinya.

15. Tumbuhan mangga akan berbunga dan berbuah banyak dan bagus pada saat kemarau dan akan lebih baik jika kemarau cukup panjang. Disebut apakah gejala tersebut?
Jawaban: Kebijakan guru.

16. Apakah yang dimaksud pertumbuhan?
Jawaban: Secara harfiah, pertumbuhan diartikan sebagai perubahan yang dapat diketahui atau ditentukan berdasarkan sejumlah ukuran atau kuantitasnya.

17. Apakah yang dimaksud perkembangan?
Jawaban: Perkembangan makhluk hidup lebih tepat diartikan sebagai suatu perubahan kualitatif yang melibatkan perubahan struktur serta fungsi yang lebih kompleks.

18. Apakah yang dimaksud perkecambahan epigeal?
Jawaban: Perkecambahan epigeal adalah perkecambahan yang hipokotil tumbuh menembus permukaan tanah sehingga kotiledon terangkat ke permukaan tanah. Contoh: tanah( Arachis hypogeae) dan kapas ( Gossypium sp).

19. Apakah yang dimaksud perkecambahan hipogeal?
Jawaban: Perkecambahan hypogeal adalah perkecambahan yang bakal batang tumbuh memanjang kepermukaan tanah, kotiledon tetap berada di dalam tanah. Contoh: perkecambahan kacang kapri (Pisium sativum), dan jagung ( Zea mays).

20. Di daerah diferensiasi terdapat tiga sistem jaringan yang dihasilkan dari sel-sel meristem. Sebutkan dan jelaskan!
Jawaban: Daerah diferensiasi, yaitu daerah yang sel-selnya akan berdiferensiasi membentuk lapisan-lapisan jaringan penyusun akar, seperti epidermis, bulu akar, korteks, dan jaringan pembuluh(stele).

Energi untuk memecah molekul air dalam proses fotosintesis berasal dari….
Jawaban: energy cahaya matahari

22. Pada fase regenerasi terjadi peristiwa pembentukan….
Jawaban: energi

23. Pengikatan karbon dioksida pada fotosintesis dibantu oleh enzim…..
Jawaban: enzim

24. Reaksi gelap fotosintesis berlangsung di….
Jawaban: stroma

25. Faktor yang memengaruhi aktivitas fotosintesis adalah….
Jawaban: cahaya matahari

26. Bakteri yang dapat mengubah nitrit menjadi nitrat adalah….
Jawaban: Nitrosomonas, Nitrosococcus, dan Bactoderma.

27. Pada saat klorofil terkena cahaya akan terjadi reaksi….
Jawaban: reaksi eksotrem

28. Fungsi ATP dalam oksidasi asam lemak adalah untuk….
Jawaban: memecah CO2

29. Katabolisme bahan makanan yang menhasilkan sisa berupa sampah nitrogen berasal dari….
Jawaban: tranpor elektron

30. Glukoneogenesis terutam berlangsung di….
Jawaban: hati

31. Sebutkan komponen enzim!
Jawaban: Sebagian besar enzim tersusun oleh dua bagian, yaitu bagian yang berupa protein, disebut apoenzim dan bagian non protein yang disebut kofaktor. Ada juga beberapa enzim yang hanya terdiri dari komponen protein saja. Kofaktor dapat berupa molekul anorganik maupun molekul organik. Molekul anorganik berupa mineral seperti ion Fe, ion Zn, dan ion Mn. Molekul organik misalnya NAD+, vitamin B1, B2, B6, niasin, dan biotin. Kofaktor yang berupa molekul organic disebut koenzim, sedangkan kofaktor yang berupa molekul anorganik disebut gugus prostetik.

32. Jelaskan dua alasan bahwa fermentasi kurang menguntungkan dibanding respirasi aerob!
Jawaban: Fermentasi terjadi jika tidak tersedia cukup oksigen. Respirasi anaerob juga terjadi bila tidak terdapat oksigen. Akan tetapi, bukan berarti  fermentasi sama dengan respirasi anaerob.

33. Sebutkan fase-fase pada reaksi gelap, masing-masing jelaskan peristiwa yang terjadi!
Jawaban: Reaksi gelap disebut sebagai siklus Calvin, yang terdiri atas 3 tahapan utama, yaitu karbiksiliasi (tahap 1), reduksi (tahap 2), dan regenerasi (tahap 3).
a) Tahap 1 (fase karboksiliasi)
Pada tahap 1 terjadi reaksi pengikatan (fiksasi) CO, dari udara dengan senyawa organic yang mengandung 5 karbon, yaitu RDP (ibulosa difosfat) yang terdapat di dalam kloroplas. Ikatan ini membentuk senyawa organic 3 karbon, yaitu PGA (asam fosfogliserat). RDP merupakan molekul yang terdapat di dalam tumbuhan hijau dan mampu mengikat CO2.
b) Tahap 2 (fase reduksi)
Pada tahap 2 ini terjadi proses reduksi PGA dengan menggunaan hidrogen (H2) berasal dari NADPH2 dan menggunakan energy ATP yang dihasilkan saat reaksi terang.
Hasil dari tahap ini adalah persenyawaan fosfogliseraldehid (PGAL). Pada setiap siklus terbentuk 6 molekul PGAL.
c) Tahap 3 (fase regenerasi)
Pada tahap ini akan diregenerasi RDP (dibentuk molekul RDP kembli) untuk mengikat CO2 sehingga fotosintesis berlanjut kembali. Dari 6 molekul PGAL yang dibentuk pada tahap 2 (fase reduksi), 5 molekul kembali membentuk RDP sehingga hanya 1 molekul PGAL yang merupakan hasil reaksi gelap. Kemudian 2 molekul PGAL (3C) akan membentuk molekul glukosa (6C). Selanjutnya molekul glukosa bergabung membentuk amilum.

34. Jelaskan kaitan antara katabolisme dengan anabolisme karbohidrat yang terjadi pada tubuh tumbuhan!
Jawaban: Anabolisme merupakan pross pembentukan senyawa kompleks dari senyawa sederhana denga memerlukan energy. Jadi, reaksi anabolisme bersifat endergonic. Sementara itu, katabolisme merupakan proses pemecahan atau penguraian seyawa kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana dengan membebaskan energi. Jadi, reaksi katabolisme bersifat eksergonik. Sementara itu dalam sel-sel makhluk hidup, karbohidrat (dalam hal ini glukosa) akan mengalami serangkaian reaksi respirasi sehingga dihasilkan energi. Selain dibebaskan energi, reaksi pemecahan (katabolisme) glukosa ini juga menghasilkan CO2 dan H2O.

35. Sebutkan manfaat gluconeogenesis bagi tubuh kita!
Jawaban: Untuk menyusun glukosa dari asam amino atau asam lemak.

36. Apakah yang dimaksud dengan ezim?
Jawaban: Enzim merupakan senyawa protein yang berfungsi sebagai katalisator reaksi-reaksi kimia yang terjadi dalam sistem biologi (makhluk hidup). Oleh karena merupakan katalisator dalam sistem biologi, enzim sering disebut biokatalisator.

37. Sebutkan faktor yang memengaruhi kerja enzim!
Jawaban: Faktor yang memengaruhi kerja enzim, yaitu suhu dan konsentrasi enzim.

38. Sebutkan sifat-sifat glikolisis!
Jawaban: Glikolisis terjadi sitoplasma dan hasil ahirnya berupa senyawa asam piruvat. Selain menghasilkan 2 molekul asam piruvat, dalam glikolisis juga dihasilkan 2 molekul NADH2 dan 2 ATP jika tumbuhan dalam keadaan normal (melalui jalur ATP fosforuktoinase) atau 3 ATP jika tumbuhan alam keadaan stress atau sedang tumbuh (melalui jalur pirofosfat fosfofruktoinase).

39. Apakah yang dimaksud respirasi aerob!
Jawaban: Respirasi aerob adalah respirasi yang memerlukan oksigen.

40. Tuliskan perbedaan antar fermentasi alkohol dan fermentasi cuka!
Jawaban: Pada fermentasi alkohol merupakan asam piruvt diubah menjadi etanol atau etil alkohol melalui dua langkah reaksi. Langkah pertama adalah pembebasan CO2 dari asam piruvat yang kemudian kemudian diubah menjadi asetaldehida. Langkah kedua adalah reaksi reduksi asetaldehida oleh NADH menjadi etanol. NAD yang terbentuk akan digunakan untuk glikolisis terjadi secara anaerob. Sedangkan, fermentasi cuka merupakan fermentasi yang berlangsung secara aerob, energi yang dihasilkan lima kali lebih besar dari energi yang dihasilkan dari fermentasi alkohol secara anaerob.

41. Sebutkan macam-macam ARN dan jelaskan fungsi masing-masing!
Jawaban: Menurut peranan dan tempat terdapatnya, RNA dapat ibedaka menjadi:
 RNA duta (RNA d)
RNA duta ataudisingkat RNAd (messenger RNA=RNAm) dicetak oleh DNA di dalam inti sel dalam peristiwa transkripsi. RNAd bertugas membawa kode genetik (kodon) dari sel menuju ke ribosom. Sering disebut kodon karena urutan basa Nitrogen yang menyusunnya merupakan kode genetik.
-RNA transfer (tRNA)
RNAt terdapat di dalam sitoplasma. RNAt berfungsi untuk menerjemahkan kodon RNAd dengan jalan mencairkan jenis asam amino yang sesuai dengan kodon. Terjemahannya berupa urutan basa N yang sesuai. RNAt disebut juga antokodon karena berfungsi menerjemahkan kodon.
-RNA ribosom (rRNA)
RNA ribosom dibentuk oleh DNA dan terdapat di dalam ribosom. Fungsi dari RNA ribosom adalah sebagai mesin perakit dalam sinteis protein yang bergerak ke satu arah sepanjang RNA duta. Di dalam ribosom molekul RNA ini mencapai 30%-46%.

42. Kromosom berdasarkan fungsinya dibedakan menjadi dua. Sebutkan dan jelaskan fungsinya!
Jawaban: Kromosom tubuh (autosom) dan kromosom kelamin (kromosom se).

43. Sebutkan fungsi gen!
Jawaban: Gen mengatur berbagai macam karakter fisik maupun karakter psikis. Contoh karakter fisik adalah morfolog, anatomi, dan fisiologi. Sementara itu, contoh karakter psikis adalah pemalu, pemarah, dan pendiam.

44. Jelaskan pengaruh keselahan dalam transkripsi pada individu!
Jawaban: Transkripsi adalah pencetakan mRNA(kode) oleh DNA (DNA template/DNA sense) dengan menggunakan enzim RNA polimerase. Adanya enzim RNA polimerase ini akan menyebabkan rangkaian double helix sebagian akan membuka, akibatnya basa-basa pasangannya meyusun Adenin (A), pada mRNA dan seterusnya. Hasil penyusunan pada ribosom, yang merupakan organela pelaksana sintesis protein.

45. Tuliskan perbedaan DNA dan RNA!
Jawaban: Perbedaan RNA daengan DNA.



46. Sebutkan bentuk kromosom berdasarkan letak sentromernya!
Jawaban:  Berdasakan letak sentromernya, kromosom dapat dikelompokkan menjadi beberapa macam, yaitu:
- Telosentrik, yakni kromosom yang letak sentromernya berada di ujung kromosom.
- Akrosentrik, yakni kromosom yang letak sentromernya mendekati salah satu ujung kromosom.
- Submetasentrik, yakni kromosom yang letak sentromernya mendekati bagian tengah kromosom.
- Metasentrik, yakni kromosom yang letak sentromernya berada di tengah-tengah sehingga bentuk kromosom tampak seperti huruf V.

47. Sebutkan sifat-sifat gen!
Jawaban: Gen-gen suatu individu mempunyai sifat sebagai berikut.
- Berada dalam suatu lokus kromosom.
- Dapat berduplikasi (mengganda) sebelum pembelahan.
- Membawa informasi genetika.
- Mempunyai berat molekul yang besar.

48. Jelaskan struktur kimia DNA!
Jawaban: Susunan kimia DNA adalah sebuah mokromolekul yang kompleks. Molekul DNA disusun oleh dua rantai polinukleotida yang amat panjang. Satu rantai polinukleotida terdiri atas rangkaian nukleotida. Sebuah nukleotida tersusun atas.
a. Gugus basa nitrogen (gugus ini terikat pada C pertama dari gula)
b. Gugus gula deoksiribosa (gula dengan lima atom karbon atau pentosa)
c. Gugus asam fosfat (fosfat terikat pada C kelima dari gula), Basa nitrogen dapat digolongkan menjadi dua, yaitu basa purin dan basa oirimidin. Basa purin terdiri atas adenin (A) dan guanin (G), sedangkan basa pirimidin terdiri atas sitosin (S)  dan timin (T).

49. Secara garis besar, proses sintesis protein terjadi 2 tahap, sebutkan dan jelaskan!
Jawaban: - Tahap pertama dari sintesis protein adalah transkripsi. Proses ini berlangsung di dalam inti sel. Transkripsi merupakan proses sintesis langsung RNA dari DNA. Pada saat ini sel memerintahkan perlunya sintesis protein, informasi DNA dialihkan melalui RNA pembawa pesan yang disebut RNA messenger (mRNA). mRNA berisikan salinan langsung pasangan basa dari DNA. Tahap inilah yang dinamakan dengan transkripsi. Transkripsi berarti salinan.
- mRNA mengandung urutan basa yang akan diterjemahkan menjadi protein (asam amino). Kode genetic, yang dibawa di dalamnya (kodon) dibaca dalam urutan tiga basa (triplet) menjadi protein. Proses penerjemahan kodon menjadi protein atau yang disebut dengan translasi.

50. Sebutkan fungsi DNA!
Jawaban: Berhubungan erat dengan penurunan sifat dan sintesis protein.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 50+ Contoh Soal Essay BIOLOGI Kelas 12 SMA/MA Semester Ganjil Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

#
Soal Essay BIOLOGI Kelas 12 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc
Diupload oleh www.bospedia.com

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • kumpulan soal biologi kelas 12 dan kunci jawaban
    • soal biologi kelas 12 dan kunci jawaban pdf
    • soal biologi kelas 12 semester 2 dan pembahasannya
    • soal biologi kelas 12 semester 1 dan pembahasannya
    • kunci jawaban biologi kelas xii kurikulum 2013
    • soal uas biologi kelas 12 semester 1 dan jawabannya
    • soal biologi kelas 12 pdf tahun 2018/2019/2020/2021
    • soal essay biologi kelas 12 semester 1