22 Tips Ampuh Cara Bangun Pagi Dengan Mudah dan Tepat Waktu

22 Tips Ampuh Cara Bangun Pagi Dengan Mudah dan Tepat Waktu - Halo sahabat bospedia dimana saja berada pada kesempatan pagi yang cerah ini, admin ingin berbagi Tips Ampuh Cara Bangun Pagi Dengan Mudah, Tips Gampang Bangun Pagi. Oke baiklah kali ini Ide Remaja akan berbagi informasi tentang 10 Tips Ampuh Cara Bangun Pagi Dengan Mudah. Nah, Tips Bangun Pagi dengan Segar, sebenarnya setiap orang pasti bisa bangun pagi. Karena, kita semua pernah sekolah dan harus sudah berada di sekolah pukul 07.00. Aktivitas ketika dewasalah yang membuat kita terbiasa dengan jadwal yang kita atur sendiri. Sebagian orang, karena pekerjaannya, juga membuatnya harus terjaga hingga malam dan baru tidur dini hari.     

22 Tips Ampuh Cara Bangun Pagi Dengan Mudah dan Tepat Waktu
22 Tips Ampuh Cara Bangun Pagi Dengan Mudah dan Tepat Waktu

Hal ini bisa dikarenakan oleh aktivitas seperti begadang atau juga maksiat-maksiat yang dilakukannya tanpa meminta ampun dari Allah SWT sehingga hati mulai keras, telinga mulai tak peka dengan suara adzan dan badan pun berat untuk melaksanakan ibadah. Abu Shalih dari Abu Hurairah r.a, dia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda :

إِنَّ الْمُؤْمِنَ إِذَا أَذْنَبَ ذَنْبًا نُكِتَ فِي قَلْبِهِ نُكْتَةٌ سَوْدَاءُ فَإِنْ تَابَ وَنَزَعَ وَاسْتَغْفَرَ صُقِلَ قَلْبُهُ وَإِنْ زَادَ زَادَتْ حَتَّى تَعْلُوَ قَلْبَهُ فَذَلِكَ الرَّانُ الَّذِي ذَكَرَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ فِي الْقُرْآنِ: كَلَّا بَلْ رَانَ عَلَى قُلُوبِهِمْ مَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

Artinya : “Sesungguhnya apabila mukmin melakukan suatu perbuatan dosa, maka ditorehkan satu titik hitam di hatinya. Jika ia bertaubah, berhenti dna minat ampun kepada Allah, maka hatinya dibuat mengkilat (lagi). Jika ia semakin sering berbuat dosa, maka titik-titik itu bertambah sampai menutupi hatinya. Itu adalah “raan” yang disebut oleh Allah SWT bahwa ‘sekali-kali tidak akan tetapi itulah “raan” yang disebut Allah di dalam Al-Quran”

Ketika Anda harus mengubah kebiasaan itu menjadi bangun pagi setiap hari, jelas Anda merasa tersiksa. Namun, selalu ada cara untuk mengatasi hal-hal seperti ini. Oke berikut ini ada Tips Ampuh Bangun Pagi Dengan Mudah : 
 

1. Peregangan

Lakukan peregangan secara perlahan, seperti melakukan gerakan yoga atau memutar tubuh ke kanan dan ke kiri. Gerakan ini akan membantu tubuh mengumpulkan energi, dan membuat pikiran Anda fokus. Rasa melayang di kepala yang kerap terjadi akibat bangun terlalu pagi pun lenyap.       
   

2. Bergerak

Begitu Anda mampu bangkit dari tempat tidur, lakukan beberapa gerakan untuk melancarkan peredaran darah. Melakukan crunch (berbaring dengan lutut tertekuk lalu mengangkat kepala, leher, dan pundak), push-up, atau melompat-lompat ringan, juga cukup membantu. 
 

3. Hindari terlalu banyak kafein

Kafein memang bisa membuat Anda melek sepanjang hari, namun mengonsumsinya secara berlebihan (lebih dari dua cangkir pada pagi hari) bisa membuat Anda lemas pada tengah hari. Satu cangkir saja sudah cukup membuat kadar energi Anda stabil.     
   

4. Minum

Ketika tidur, tubuh Anda menggunakan simpanan air dan karenanya akan kehilangan cairan saat Anda bangun. Rehidrasi tubuh Anda dengan beberapa gelas air dingin tak hanya akan menyegarkan tubuh, tetapi juga membantu menstimulasi sistem saraf dan pencernaan Anda. Minumlah air putih sebelum tubuh Anda terisi apa pun.     
 

5. Buat jadwal teratur

Tubuh kita menyukai konsistensi. Mengikuti jadwal tidur dan bangun yang sama setiap hari akan membuat tubuh lebih mudah terbangun pada pagi hari. Anda pun akan merasa lebih bertenaga sepanjang hari.

6. Pilih alarm dengan musik lembut

Siapa pun tak akan suka terbangun karena suara weker yang memekakkan telinga. Anda juga bisa meningkatkan risiko terkena serangan jantung, karena suara yang mengagetkan bisa memperburuk kondisi orang dengan masalah jantung. Pilih ringtone pada ponsel yang memperdengarkan musik yang lembut, yang membangunkan Anda secara perlahan. Bila perlu, letakkan ponsel sedikit lebih jauh sehingga Anda harus bangkit untuk menonaktifkannya.

7. Redupkan cahaya

Matikan komputer atau TV satu jam sebelum Anda tidur. Cahaya terang bisa mengalihkan perhatian Anda, sehingga otak lebih sulit beristirahat. Dengan membangun suasana tidur yang lebih tenang, Anda bisa tidur lebih lelap, dan tubuh menyesuaikan diri untuk bangun lebih awal.

8. Segera mandi

Tahukah Anda, hal paling sulit dilakukan saat bangun pagi adalah mandi? Namun di situlah kuncinya. Segeralah mandi dengan air dingin untuk membangunkan sistem saraf Anda, dan membantu menyadarkan Anda. Usai mandi, tak ada lagi rasa malas karena pikiran dan tubuh Anda sudah “bangun”.

9. Sarapan

Setelah “berpuasa” sepanjang malam, tubuh perlu energi untuk bergerak. Sarapan setiap pagi (meskipun hanya setangkup roti dengan selai atau buah-buahan) akan membuat Anda merasa lebih siap menghadapi aktivitas lebih awal.

10. Bernafas dalam-dalam

Bagi sebagian orang, bangun pagi bisa menjadi momen paling mencemaskan. Bayangan mengenai apa yang harus dihadapi di kantor, atau bagaimana mengatasi problem dengan pasangan, akan segera memenuhi pikiran. Maka segera setelah Anda bangun, ambil waktu untuk bernafas dalam-dalam untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Awali hari dengan tenang, agar segala aktivitas berjalan sesuai dengan mood baik Anda. Demikianlah informasi tentang Tips Ampuh Cara Bangun Pagi Dengan Mudah.

11. Kurangi aktifitas malam anda

Dengan cara anda mengurangi aktifitas di malam hari, hal demikian memang suatu cara agar anda tidak bangun kesiangan. Karena bila anda terlalu menyibukkan diri di malam hari, maka kemungkinan besar anda akan kesulitan bangun tepat waktu di pagi hari. Oleh karena itu, hendaknya anda paling tidak bisa mengurangi aktivitas malam yang anda rasa tidak terlalu penting, seperti begadang yang berlebihan, yang mana akan bisa menguras tenaga sehingga anda bisa telat untuk bangun di pagi hari.

12. Ganti dering alarm dengan lagu favorit

Tahukah anda, bahwa bunyi alarm itu juga bisa mempengaruhi suasana hati dalam tidur anda. Dan biasanya bunyi alarm dari jam weker, terkadang juga bisa membuat anda terbangun dari tidur dalam keadaan yang kurang mood. Oleh karena itu, agar suasana hati anda merasa lebih nyaman, maka hendaknya anda bisa menggunakan fitur alarm yang terdapat pada ponsel anda. Sehingga hal demikian bisa anda atur untuk mengganti dering alarm tersebut dengan lagu favorit anda. Yang semuanya itu bisa menjadikan bangun tidur anda bisa terasa lebih menyenangkan.

13. Berolahraga

Kenapa berolahraga bisa dijadikan untuk mendukung agar bisa bangun pagi...?, Ya, karena dengan cara anda melakukan olahraga, layaknya gerakan-gerakan senam yang simpel di rumah, maka hal demikian akan bisa membuat tubuh menjadi lebih cepat aktif kembali. Sehingga hal ini bisa menyuplai agar anda bisa lebih cepat untuk bangun pagi setiap hari.

14. Hindari makanan berat sebelum tidur malam

Hendaknya anda bisa menghindari untuk mengkonsumsi makanan terlalu banyak sebelum tidur. Hal demikian karena bila anda langsung tidur setelah makan, ini bisa memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh anda. Yang mana beberapa makanan dan minuman yang anda konsumsi, bisa membuat sistem pencernaan terpaksa bekerja keras di saat anda sedang tidur. Sehingga dari situ semua akan membuat tidur anda tidak bisa nyenyak, bahkan kebiasaan yang semacam ini akan memicu terjadinya insomnia dalam diri anda. Usahakan waktu untuk tidur kurang lebih 3 jam setelah anda makan, sehingga pencernaan tidak lagi memproses makanan yang sedang anda konsumsi.

15. Melakukan adab untuk memudahkan bangun pagi

Selain tidak begadang, melakukan adab yang baik sebelum tidur di malam hari dapat memudahkan kita untuk bangun shalat malam dan tidak kelewatan shalat shubuh, seperti amalan rasulullah sebelum tidur diantaranya :
  1. Melaksanakan shalat Maghrib dan ‘Isya di masjid
  2. Melaksanakan shalat Witir sebelum tidur
  3. Berwudhu sebelum tidur
  4. Membaca Surah As-Sajadah dan Surah Al-Mulk
  5. Membaca zikir-zikir sunnah dan ayat kursi
  6. Membaca tasbih (Subhanallah) 33 kali, tahmid (Alhamdulillah) 33 kali dan takbir (Allahu Akbar) 34 kali
  7. Meniup kedua telapak tangan dengan membaca Surah Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas masing-masing satu kali. Kemudian, usap kedua tangan ke wajah dan seluruh bagian tubuh yang bisa dijangkau. Lakukan hal ini tiga kali
  8. Membaca doa sebelum tidur

Setelah itu niatkan dalam hati bahwa kita berkeinginan bisa shalat malam atau minimal tidak terlambat bangun pagi untuk shalat shubuh. Jadikan keinginan shalat shubuh sebagai motivasi Anda untuk giat bangun pagi.

16. Tidur dengan posisi badan miring ke kanan

Salah satu sunnah Rasulullah SAW adalah memiringkan badan ke kanan ketika tidur. Bahkan pakar kesehatan pun menyatakan bahwa tidur dengan memiringkan badan ke kanan sangat bermanfaat yakni mengurangi beban jantung, mengistirahatkan lambung, penyerapan gizi lebih maksimal, saluran pernafasan menjadi lancar dan beberapa manfaat lain. Apabila manfaat ini bisa kita ambil, maka kita akan lebih mudah bangun pagi.

17. Hindari minum kopi

Meminum kopi memang sah-sah saja, namun jika minum kopi sebelum tidur dapat membuat kita begadang kemudian susah bangun pagi, buat apa? Para peneliti menyebutkan bahwa meminum kafein dapat mempengaruhi proses tidur kita. Jika proses tidur kita tidak berjalam maksimal, maka sudah dipastikan kita akan menjadi susah untuk bangun pagi. Apabila kita termasuk orang yang susah tidur setelah minum kopi, usahakan untuk tidak meminumnya malam hari.

18. Menetapkan waktu tidur

Menetapkan waktu tidur juga bisa kita jadikan sebagai usaha untuk bangun pagi lebih awal. Jadilah orang yang sama sekali tidak melengahkan waktu tidur.

Tetapkan setiap hari, jam berapa kita harus tidur kemudian taati benar-benar. Jangan melengahkan waktu tidur. Jika kita ingin bangun lebih awal, maka waktu tidur kita juga harus awal. Kita bisa mengatur alarm dengan jarak 30 menit sebelum waktu tidur kita sehingga kita bisa mempersiapkan diri bahwa sudah waktunya badan untuk beristirahat.

19. Buat sebab untuk bangun pagi

Selain penyebab ingin bangun pagi adalah sholat shubuh, coba buat atau siapkan penyebab lainnya. Wujudkan salah satu pekerjaan yang mungkin kita perlu selesaikan sebagai motivasi tambahan untuk bangun pagi lebih awal. Seperti mengerjakan tugas, memasak untuk keluarga, menyiapkan keperluan anak dan sebaginya. Kita bisa menuliskan sebuah pengingat di gadget alasan kenapa kita ingin bangun pagi lebih awal, sehingga saat alarm pada gadget berbunyi, kita dapat melihat motovasi kita untuk bangun pagi.

20. Lakukan perubahan secara bertahap

Lakukan perubahan jadwal bangun pagi kita sedikit demi sedikit. Jangan kemudian langsung menargetkan hal-hal yang terlalu berlebihan, tetapi kita menjadi berat untuk melakukannya. Ubah sedikit demi sedikit waktu bangun kita mislanya 15 menit lebih awal dari bangun pagi biasanya. Jika sudah terbiasa, maka lama kelamaan kita akn terbiasa untuk bangun pagi lebih awal.

21. Meminta tolong Allah SWT

Meminta pertolongan Allah agar dimudahkan untuk bangun pagi lebih awal. Allah tidak akan pernah membiarkan hambaNya yang meminta pertolonganNya untuk dimudahkan bangun pagi lebih awal. Nabi Muhammad SAW bersabda,

إِنَّ رَبَّكُمْ تَبَارَكَ وَتَعَالَى حَيِىٌّ كَرِيمٌ يَسْتَحْيِى مِنْ عَبْدِهِ إِذَا رَفَعَ يَدَيْهِ إِلَيْهِ أَنْ يَرُدَّهُمَا صِفْرًا



Artinya : “Sesunguhnya Rabb kalian tabaroka wa ta’ala Maha Pemalu lagi Maha Mulia. Dia malu terhadap hamba-Nya, apabila hambaNya  menengadahkan tangan kepada-Nya , lalu kedua tangan tersebut kembali dalam keadaan hampa.” (HR. Abu Daud no. 1488 dan Tirmidzi no. 3556. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

22. Istiqomah atau konsisten

Apabila kita sudah terbiasa melakukannya, maka lakukan secara konsisten, meskipun hari itu adalah hari libur. Jangan pada saat hari kerja kita berusaha untuk bangun pagi lebih awal, namun ketik hari libur kita membiarkan tubuh kita untk bermalas-malasan. Maka lakukan perubahan ini secara istiqomah atau konsisten sehingga bangun pagi menjadi hal yang mudah.


Pencarian yang sama
  • cara bangun pagi walaupun begadang
  • cara efektif bangun pagi
  • cara bangun pagi walau tidur malam
  • cara agar bangun pagi tidak ngantuk
  • cara agar bisa bangun pagi walau tidur larut malam
  • cara agar bangun pagi terasa segar
  • penyakit susah bangun pagi
  • cara jitu bangun pagi
#Juknis, #sd, #SMP, #SMK, #smp, #pip #2019, #2020, #2021, #pip2022

Sumber : ideremaja.blogspot.com/