Lengkap - 45+ Contoh Soal Essay Ekonomi Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru

45+ Contoh Soal Essay Ekonomi Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru -  Halo sahabat bospedia yang baik hati. Pada kesempatan kali ini admin ingin berbagi Soal Essay Ekonomi sebanyak 45 soal, Kemaren admin baru saja mempersiapkan soal UTS Ekonomi kelas 10, namun untuk kali ini hanya soal Essay saja. Soal yang admin bagikan ini sudah termasuk rangkuman dari kumpulan materi soal kelas 10 SMA/MA sehingga bisa dijadikan acuan untuk pembuatan soal. Adik adik juga bisa mempelajarinya untuk dijadikan refrensi.  Oiya Ilmu Ekonomi, yaitu ilmu yang mempelajari bagaimana orang dan masyarakat menentukan pilihan mengenai penggunaan sumber daya yang langka dan mempunyai kemungkinan penggunaan alternatif untuk menghasilkan berbagai barang dan jasa serta mendistribusikannya untuk konsumsi berbagai-bagai orang dan kelompok orang yang terdapat dalam masyarakat, baik kini maupun masa datang dan dengan menggunakan uang ataupun tidak.

45+ Contoh Soal Essay Ekonomi Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
45+ Contoh Soal Essay Ekonomi Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru



1.Pengertian Kebutuhan

Kebutuhan adalah keinginan manusia terhadap benda atau jasa yang dapat memberikan kepuasan jasmani maupun kebutuhan rohani. Kebutuhan manusia tidak terbatas pada kebutuhan yang bersifat konkret (nyata) tetapi juga bersifat abstrak (tidak nyata). Misalnya rasa aman, ingin dihargai, atau dihormati,maka
kebutuhan manusia bersifat tidak terbatas. Beberapa factor yang menyebabkan kebutuhan manusia itu tidak terbatas antara lain sebagai berikut :
  1. Makin bertambahnya jumlah penduduk.
  2. Makin maju ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Makin meluaskan lingkungan perguruan.
  4. Meningkatkan tingkat kebudayaan manusia.

Dalam pemenuhan kebutuhan manusia yang tidak terbatas dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  1. Berusaha secara individu atau kelompok dalam masyarakat atau lingkungannya.
  2. Pemenuhan kebutuhan tidak sekaligus, tetapi harus menerapkan skala prioritas yaitu mengutamakan kebutuhanmana yang harus didahulukan.

2. Macam-macam Kebutuhan

a. Kebutuhan menurut itngkat intensitasnya
  1. Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang harus dipenuhi agar manusia dapat mempertahankan hidupnya. Supaya dapat hidup manusia harus makan, minum, dan berpakaian. Selain itu manusia juga memerlukan tempat tinggal atau rumah. Kebutuhan primer juga disebut sebagai kebutuhan alamiah.
  2. Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang terjadi setelah kebutuhan primer terpenuhi.
  3. Kebutuhan tersier atau kebutuhan kemewahan adalah kebutuhan yang terjadi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Ia masih memerlukan hal-hal lain yang tingkatannya lebih tinggi. Namun kebutuhan sekunder cenderung ke arah barang prestise di dalammasyarakat, missal : berlian, mobil mewah, dan rumah megah.

b. Kebutuhan menurut sifatnya
  1. Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang berhubungan dengan jasmani. Misal : makanan, minuman, pakaian, dan olahraga.
  2. Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang merupakan upaya manusia untuk memenuhi kepuasan jiwa atau rohani seseorang. Misal : rekreasi, mendengarkan musik, dan ibadah.

c. Kebutuhan menurut subjeknya
  1. Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang dirasakan oleh seseorang dan pemenuhannya dapat dilakukan secara individu. Misalnya petani membutuhkan cangkul, siswa membutuhkan buku tulis dan pensil.
  2. Kebutuhan kelompok atau kolektif adalah kebutuhan yang diraskan oleh kelompok orang secara bersamaan dan pemenuhannya dapat dilakukan secara bersama-sama, misal : jalan, rumah sakit, dan tempat rekreasi.

d. Kebutuhan menurut waktu
  1. Kebutuhan sekarang adalha kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi saat ini dan tidak boleh ditunda-tunda, misalnya obat bagi orang sakit, makan bagi orang lapar.
  2. Kebutuhan yang akan datang adalah kebutuhan yang sifatnya tidak terdesak dan dapat ditunda sampai dengan waktu yang telah ditentukan. Kebutuhan ini berhubungan dengan persediaan atau persiapan untuk waktu yang akan datang. Misalnya orang tua menabung untuk persiapan sekolah anaknya dan asuransi.

3. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan

Ada beberapa hal yang menyebabkan kebutuhan manusia antara satu dengan yang lain berbeda-beda, di antaranya sebagia berikut :
a. Peradaban
Peradaban adalah satu faktor yang membuat kubutuhan tiap zaman berbeda. Kebutuhan manusia pada zaman dahulu hanya tertuju pada kebutuhan primer, misal nenek moyang berpakaian memakai kulit kayu dan daun-daunan, makan pun cukup ubi-ubian. Seiring perkembangan peradaban semakin berkembang pula jenis kebutuhan, manusia membutuhkan makanan lain yang bervariasi dan pakaian terbuat dari bahan yang bagus.

b. Lingkungan
Lingkungan termasuk salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. Kebutuhan masyarakat yang mendiami sebuah pesisir berbeda dengan masyarakat yang mendiami pegunungan, penduduk pesisir membutuhkan jarring, perahu, dan pancing agar dapat menangkap ikan di laut. Sedangkan penduduk pegunungan lebih membutuhkan cangkul, benih tanaman, dan pupuk untuk bercocok tanam.

c. Adat Istiadat
Adat istiadat juga mempengaruhi perbedaan kebutuhan setiap individu/kelompok. Pria Jawa memiliki tradisi untuk menggunakan blangkon, sedangkan pria di daerah lain tidak.

d. Agama
Agama termasuk salah satu faktor yang membuat kebutuhan setiap individu berbeda, misalnya penganut agama Islam membutuhkan sajadah untuk salat dan dilarang mengonsumsi daging babi, sedang penganut agama Hindu membutuhkan sesajen dalam upacara keagamaan dan dilarang mengonsumsi daging sapi.

Soal Essay Ekonomi Kelas 10 SMA/MA



45+ Contoh Soal Essay Ekonomi Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat bospedia dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Essay Ekonomi Kelas 10 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal Essay Ekonomi Kelas 10 SMA/MA.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut bospedia memberikan Soal Essay Ekonomi Kelas 10 SMA/MA


PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada Pengawas/Guru

A. Jawablah soal dibahwah ini dengan benar!

1. Pimpinan tertinggi OJK adalah....
Jawaban:  dewan komisioner

2. Verryn Stuart mengemukakan ada dua tugas bank, yaitu....
Jawaban: sebagai penyalur kredit dan sebagai pencipta kredit

3. Kegiatan usaha yagn tidak boleh dilakukan oleh BPR antara lain menghimpun dana dari masyarakat berupa....
Jawaban: giro

4. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dibentuk sebagai lembaga yang independen dengan harapan lembaga ini akan melakukan tugas pengawasan sektor jasa keuangan secara....
Jawaban: maksimal

5. Uang pertanggungan yang dibayar tertanggung kepada penanggung dalam perusahaan asuransi disebut dengan....
Jawaban: premi asuransi

6. Salah satu manfaat yang dirasakan para peserta perusahaan dana pensiun atau taspen adalah....
Jawaban: jaminan pendapatan di hari tua

7. Badan yang menyalurkan risiko disebut....
Jawaban: tertanggung

8. Manfaat perusahaan dana penisun bagi peserta, yaitu....
Jawaban: dana pensiun akan memberi jaminan pendapatan di hari tua

9. Suatu usaha yang memberikan pinjaman bagi nasabah dengan jaminan barang bergerak disebut....
Jawaban: pegadaian

10. Tempat jual beli surat-surat berharga disebut....
Jawaban: pasar modal

11. Jelaskan yang dimaksud dengan perusahaan asuransi!
Jawaban: perusahaan asuransi adalah perusahaan yang memberikan jasa-jasa dalam penanggulangan risiko atas kerugian, kehilangan manfaat, dan tanggung jawab hukum pada pihak ketiga karena peristiwa ketidakpastian.

12. Jelaskan tujuan pembentukan OJK!
Jawaban:
a. Agar keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan terselenggara secara teratur, adil, transparan, dan akuntabel
b. Mampu mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil
c. Mampu melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat

13. Jelaskan definisi bank menurut Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Bank Indonesia!
Jawaban: badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan dana tersebut kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

14. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis bank berdasarkan kepemilikannya!
Jawaban:
a. Bank pemerintah
Bank pemerintah adalah bank yang modalnya dan keuntungannya dimiliki oleh pemerintah
b. Bank swasta nasional
Bank milik swasta nasional seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh swasta nasional dan keuntungannya untuk swasta pula
c. Bank milik koperasi
Bank jenis ini kepemilikan sahamnya dimiliki oleh perusahaan yang berbadan hukum koperasi.
d. Bank milik asing
Bank jenis ini merupakan cabang dari bank yang ada di luar negeri.

15. Sebutkan dan jelaskan tiga jenis lembaga keuangan bukan bank!
Jawaban:
a. Perusahaan asuransi adalah perusahaan yang memberikan jasa-jasa dalam penanggulangan risiko atas kerugian, kehilangan manfaat, dan tanggung jawab hukum pada pihak ketiga karena peristiwa ketidakpastian.
b. Perusahaan dana pensiun adalah badan hukum yang mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun.
c. Koperasi simpan pinjam adalah lembaga yang menghimpun dana dari anggota dan meminjamkan kembali kepada anggota atau masyarakat.

16. Sistem yang mencakup seperangkat aturan, lembaga, dan mekanisme yang dipakai untuk pemindahan dana untuk memenuhi suatu kewajiban yang ditimbulkan dari satu kegiatan ekonomi disebut....
Jawaban: sistem pembayaran

17. Peraturan Bank Indonesia yagn membahas tentang sistem pengamanan uang rupiah tercantum dalam....
Jawaban: pasal 1 Undang-Undang nomor 6 Tahun 2004

18. Peraturan Bank Indonesia Nomor 14/7/PBI/2012 mengatur tentang....
Jawaban: ciri uang rupiah

19. Pelaksana pencetakan uang rupiah adalah....
Jawaban: Bank Indonesia

20. Pencabutan mata uang rupiah menjadi wewenang....
Jawaban: Bank Indonesia

21. Transaksi pembayaran nontunai dengan nilai besar diselenggarakan Bank Indonesia melalui sistem....
Jawaban: BI-RTGS  (Real Time Gross Settlement) dan BI-SKRI (sistem kliring nasional).

22. Mata uang resmi yang digunakan Indonesia sebelum mengenal rupiah adalah....
Jawaban: ORI (Oeang Repoeblik Indonesia).

23. Bank Indonesia sebagai satu-satunya pemegang pengelolaan uang di Indonesia sebelumnya bernama....
Jawaban: De Javasche Bank

24. Undang-undang yang mengatur tentang mata uang rupiah adalah....
Jawaban: UU No. 7 Tahun 2011

25. Uang yang nilai intrinsiknya sama dengan nilai nominalnya disebut....
Jawaban: full boeadied money

26. Jelaskan yang dimaksud dengan Bank Sentral!
Jawaban: Bank Sentral adalah lembaga negara yang memiliki wewenang mengeluarkan alat pembayaran yang sah di suatu negara, merumuskan, dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur, dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, mengatur, dan mengawasi perbankan, serta menjalankan fungsi sebagai lender of the last resort (pemberi pinjaman terakhir).

27. Jelaskan pengertian sistem pembayaran!
Jawaban: sistem pembayaran adalah sistem yang mencangkup seperangkat aturan, lembaga, dan mekanisme yang dipakai untuk melaksanakan pemindahan dana untuk memenuhi suatu kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi.

28. Mengapa uang yang kita gunakan haruslah tahan lama dan tidak mudah dipalsukan?
Jawaban: agar uang yang dikeluarkan dan diedarkan memiliki ciri-ciri dan unsur pengaman yang mudah dikenali oleh masyarakat

29. Jelaskan peran Bank Indonesia dalam sistem pembayaran!
Jawaban: mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran.

30. Sebutkan fungsi turunan uang!
Jawaban:
a. Sebagai alat pembayaran yang sah. Artinya, uang dapat digunakan untuk membeli barang atau jasa tnpa ada keraguan.
b. Sebagai standar atau ukuran pembayaran masa depan. Artinya, uang dapat digunan untuk membayar utang atau kredit dengan mudah
c. Sebagai alat penyimpanan kekayaan. Artinya, seseorang dapat menyimpan kekayaannya dalam bentuk uang tunai muapun investasi. Terlebih lagi menyimpan kekayaan dalam bentuk uang kerap kali dianggap lebih fleksibel dibanding menyimpan dalam bentuk benda bergerak karena nilainya tidak pasti.
d. Sebagai penunjuk harga. Artinya, perbedaan harga suatu barang dapat diukur dengan mudah karena adanya uang.

31. Pelaku ekonomi adalah individu-individu atau lembaga-lembaga yang terlibat dalam proses....
Jawaban: kegiatan ekonomi

32. Pemerintah selain sebagai pelaku ekonomi juga berperan aktif sebagai....
Jawaban: pengawas dan koordinator dalam kegiatan ekonomi

33. Undang-undang Nomor 19 Tahun 2003 mengatur tentang....
Jawaban: BUMN

34. Pasal 33 ayat (3) UUD 1945 menyatakan tentang....
Jawaban: “Bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat”.

35. Pendapatan daerah nantinya akan menjadi salah satu sumber penerimaan bagi....
Jawaban: negara

36. UU No. 5 Tahun 1962 sebagai dasar untuk pendirian....
Jawaban: BUMD

37. Perseroan terbatas (PT) sebagai salah satu bentuk perusahaan dari badan usaha milik....
Jawaban: swasta

38. Perusahaan yang pemiliknya perorangan atau individu disebut....
Jawaban: BUMS

39. Serangkaian kegiatan untuk meneliti kelayakan usaha yang menyangkut berbagai aspek disebut....
Jawaban: studi kelayakan usaha

40. BUMN yang seluruh modalnya dimiliki oleh negara dan tidak terbagi atas saham disebut....
Jawaban: perusahaan umum

41. Jelaskan yang dimaksud dengan BUMN!
Jawaban: BUMN adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan.

42. Jelaskan yang dimaksud dengan BUMD!
Jawaban: BUMD adalah perusahaan yang didirikan dan dimiliki oleh pemerintah daerah.

43. Jelaskan yang dimaksud dengan BUMS!
Jawaban: BUMS adalah usaha yang didirikan dan dimiliki oleh pihak swasta yang berorientasi pada laba.

44. Sebutkan peranan BUMD terhadap perekonomian Indonesia!
Jawaban: peran utama BUMD dalam perekonomian Indonesia, yaitu:
a. Melaksanakan kebijakan pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan daerah
b. Pemupukan dana bagi pembiayaan pembangunan daerah
c. Mendorong peran serta masyarakat dalam bidang usaha
d. Memenuhi kebutuhan barang dan jasa bagi kepentingan publik
e. Menjadi perintis kegiatan dan usaha yang kurang diminati swasta.

45. Sebutkan kelebihan dan kelemahan BUMS!
Jawaban:
a. Kelebihan BUMS
1) Cepat dalam pengambilan keputusan, karena pemilik modal juga kadang kala menjadi pengelola
2) Sebagai penyumbang pajak pada kas pemerintah.
3) Memberi kontribusi dalam menaikkan Produk Domestik Brtuo (PDB).
4)Sebagai penyedia barang dan jasa
5) Cepat dalam mendapatkan modal, karena dalam pengelola umumnya juga pemilik
6) Banyak menampung tenaga kerja

b. Kelemahan BUMS
1) Terlalu mementingkan laba sehingga sering kali tidak memperhatikan lingkungan
2) Sering mengalami kesulitan dalam mendapat pinjaman
3) Sering terjadinya silang pendapat antara perusahaan dengan para serikat buruh
4) Menimbulkan persaingan tidak sehat
5) Mengalirnya devisa ke luar negeri.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 45+ Contoh Soal Essay Ekonomi Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

#
Soal Essay Ekonomi Kelas 10 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc Siza 31kb.
Diupload oleh www.bospedia.com


    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal Essay Ekonomi kelas 10 semester 2 beserta jawabannya
    • soal Essay Ekonomi kelas 10 semester 2 kurikulum 2013
    • soal Ekonomi kelas 10 semester 2 beserta jawabannya kurikulum 2013
    • soal Essay Ekonomi kelas 10 semester 1 kurikulum 2013
    • soal dan jawaban uts Ekonomi kelas 10 semester 2
    • soal pilihan ganda Ekonomi kelas 10 semester 2 beserta jawabannya kurikulum 2013
    • kisi kisi uts Ekonomi kelas 10 2018/2019/2020/2021
    • soal Ekonomi kelas 10 semester 2 kurikulum 2013