Lengkap - 40+ Contoh Soal USBN Ekonomi Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru

40+ Contoh USBN Ekonomi Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru -  Sahabat bospedia dimana saja berada, pada kesempatan yang baik ini admin ingin berbagi soal USBN untuk mata pelajaran EKONOMI SMA/MA beserta dengan kunci jawabannya. Soal ini sendiri sudah admin kumpulkan menjadi satu sehingga admin ingin membagikan kepada adik adik atau guru yang membutuhkan untuk mencari refrensi soal ekonomi, atau hanya untuk pembelajaran saja sebelum USBN dilanjutkan. Soal ini sudah admin lengkapi dengan file .doc, adik adik boleh memilikinya dengan cara mendownload file dibawa ini.  Oiya Ekonomi berasal dari bahasa Yunani, “Oikos” yaitu “Rumah tangga” dan “Nomos” yang berarti “aturan”. Jadi ekonomi berarti aturan rumah tangga. Rumah tangga yang dimaksud adalah rumah tangga dalam arti luas, yaitu setiap bentuk kerjasama manusia untuk mencapai kemakmuran atas dasar prinsip ekonomi.

Misalnya: rumah tangga konsumen, rumah tangga produsen, dan rumah tangga pemerintah. Ketiga rumah tangga ini disebut Pelaku Ekonomi. Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, pertukaran dan konsumsi barang dan jasa. Karena ekonomi adalah setiap bentuk kerjasama untuk mencapai kemakmuran, maka ilmu ekonomi berarti ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam memenuhi kebutuhannya untuk mencapai kemakmuran. Kemakmuran dimaksudkan sebagai kemampuan manusia untuk memenuhi kebutuhannya dengan sebaik-baiknya melalui alat pemuas kebutuhan yang ada. Dengan kata lain seorang yang makmur adalah seorang yang relatif seluruh kebutuhannya telah terpenuhi (kebutuhan = alat pemuas kebutuhan). Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.

lmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari upaya-upaya untuk memenuhi kebutuhan guna mencapai kemakmuran. Ilmu ekonomi timbul karena masalah pemilihan (problem of choice), dimana kebutuhan manusia tidak terbatas, sedangkan terjadi kelangkaan sumber daya.

40+ Contoh Soal USBN Ekonomi Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
40+ Contoh Soal USBN Ekonomi Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru



PERKEMBANGAN EKONOMI

Situasi perekonomian Indonesia memburuk sejak awal 1998 hingga memasuki triwulan kedua. Depresiasi rupiah yang besar disertai kekeringan yang parah telah mengakibatkan inflasi yang tinggi selama lima bulan pertama tahun 1998. Selain itu kondisi keuangan sistem perbankan makin merosot seiring dengan makin dalamnya krisis ekonomi. Tekanan pada nilai tukar dan cadangan devisa juga semakin berat dengan tidak diakuinya kredit perdagangan dan kredit lainnya dari perbankan Indonesia oleh bank-bank asing. Untuk mengatasi masalah-masalah ini Kabinet Reformasi Pembangunan memprioritaskan upaya pengadaan sembilan bahan pokok dan upaya menggerakkan roda perekonomian nasional. Perkembangan ekonomi dalam negeri akan diuraikan lebih lanjut setelah pembahasan perkembangan ekonomi internasional pada bagian awal.

3. Fungsi/Tujuan

1. Prinsip Ekonomi
Prinsip ekonomi adalah dasar berpikir yang digunakan manusia dalam melakukan   kegiatan ekonomi
Dasar berpikir dalam prinsip ekonomi adalah:
  • Dengan pengorbanan tertentu diperoleh kepuasan sebesar-besarnya  atau
  • Dengan pengorbanan sekecil-kecilnya demi mendapatkan kepuasan tertentu

Misalnya Anda mempunyai perusahaan yang memproduksi sepatu. Sebelum sepatu dibuat, Anda menghitung berapa kira-kira biaya untuk memproduksi sepatu dan berapa harga jual sepatu itu. Jika Anda menerapkan prinsip ekonomi, maka Anda berusaha untuk menekan biaya pembuatan sepatu sekecil-kecilnya untuk mendapatkan laba atau keuntungan tertentu, sesuai harapan ayah.

2. Tindakan Ekonomi
Tndakan ekonomi Adalah segala tindakan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya selalu berpegang pada prinsip ekonomi senantiasa hidup hemat dan menyusun skala prioritas.
Tindakan ekonomi terdiri atas tiga kegiatan pokok ekonomi, yaitu
  1. kegiatan produksi,
  2. kegiatan konsumsi, dan
  3. kegiatan distribusi. 


3. Motif Ekonomi
Motif berasal dari bahasa Inggris, motive, yang berarti dorongan. Secara sederhana, dorongan atau alasan yang membuat orang mau melakukan tindakan ekonomi disebut motif ekonomi. Lebih jelasnya, yang dimaksud motif ekonomi adalah suatu kekuatan yang mendorong orang untuk melakukan tindakan / kegiatan ekonomi.
     
Ada dua alasan mengapa orang melakukan kegiatan ekonomi, yaitu alasan ekonomi (motif ekonomi) dan alasan di luar ekonomi (motif nonekonomi).
   
Secara garis besar, motif ekonomi yang mendorong seseorang mau melakukan tindakan ekonomi karena seseorang itu ingin:
  1. mendapat laba / keuntungan.
  2. mendapat kepuasan atau kenikmatan sebesar-besarnya

4. Konsep /Teori
Banyak teori yang dipelajari dalam ilmu ekonomi diantaranya adalah teori pasar bebas, Teori lingkaran ekonomi, Teori merkantilisme,  dan sebagainya.
  1. Teori Pasar bebas adalah pasar ideal, di mana seluruh keputusan ekonomi dan aksi oleh individu yang berhubungan dengan uang, barang, dan jasa adalah sukarela,. Teori Ekonomi pasar bebas adalah ekonomi di mana pasar relatif bebas.
  2. Teori lingkaran ekonomi atau biasa disebut circle of economy. Merupakan teori yang menjelaskan hubungan sosio-ekonomi dalam sebuah masyarakat dan negara. Sebagai bagian dari pemahaman ekonomi modern atau biasa disebut modern economics yang meliputi batas-batas kegiatan ekonomi dunia modern yaitu setelah 1990 an. Teori lingkaran ekonomi bersumber dari pemahaman mengenai knowledge economics yang populer pada tahun 1997, kemudian diturunkan menjadi bagian dari sosio historical ekonomi. Dalam teori ini dianalisa aspek-aspek yang memengaruhi individu dalam memilih dan menjalankan kegiatan ekonominya masing-masing. Teori ini menjelaskan bahwa aktivitas ekonomi individu baik sebagai pekerja, profesional, ataupun pengusaha baik besar maupun kecil dipengaruhi oleh lingkungannya ataupun keluarganya yang membentuk suatu lingkaran "circle" yg berputar-putar dan sifatnya menurun. Sebagai contoh jika seseorang dilahirkan di keluarga pengusaha atau iasa disebut Historical Family Unit maka ia akan condong bekerja sebagai pengusaha dan sebaliknya pekerja juga demikian. Untuk seseorang keluar atau berpindah dari lingkaran atau 'circle' ini, maka ada hal-hal khusus yang harus dipenuhi , atara lain keberanian atau kenekatan, keberuntungan, keterpaksaan ekonomi, faktor-faktor eksternal seperti bencana alam, perang, dan sebagainya yang dapat mengubah orientasi cara seseorang menjalankan aktivitas ekonominya.
  3. Teori Merkantilisme adalah suatu teori ekonomi yang menyatakan bahwa kesejahteraan suatu negara hanya ditentukan oleh banyaknya asset atau modal yang disimpan oleh negara yang bersangkutan, dan bahwa besarnya volum  perdagangan global teramat sangat penting. Aset ekonomi atau modal negara dapat digambarkan secara nyata dengan jumlah kapital (mineral berharga, terutama emas maupun komoditas lainnya) yang ekspor dimiliki oleh negara dan modal ini bisa diperbesar jumlahnya dengan meningkatkan dan mencegah (sebisanya) impor sehingga neraca perdagangan dengan negara lain akan selalu positif. Merkantilisme mengajarkan bahwa pemerintahan suatu negara harus mencapai tujuan ini dengan melakukan perlindungan terhadap perekonomiannya, dengan mendorong eksport (dengan banyak insentif) dan mengurangi import (biasanya dengan pemberlakuan tarif yang besar). Kebijakan ekonomi yang bekerja dengan mekanisme seperti inilah yang dinamakan dengan sistem ekonomi merkantilisme. Ajaran merkantilisme dominan sekali diajarkan di seluruh sekolah Eropa pada awal periode modern (dari abad ke-16 sampai ke-18, era dimana kesadaran bernegara sudah mulai timbul). Peristiwa ini memicu, untuk pertama kalinya, intervensi suatu negara dalam mengatur perekonomiannya yang akhirnya pada zaman ini pula sistem kapitalisme mulai lahir. Kebutuhan akan pasar yang diajarkan oleh teori merkantilisme akhirnya mendorong terjadinya banyak peperangan dikalangan negara Eropa dan era imperialisme Eropa akhirnya dimulai. Sistem ekonomi merkantilisme mulai menghilang pada akhir abad ke-18, seiring dengan munculnya teori ekonomi baru yang diajukan oleh Adam Smith dalam bukunya The Wealth Of Nation, ketika sistem ekonomi baru diadopsi oleh Inggris, yang notabene saat itu adalah negara industri terbesar di dunia.


5. Manfaat Ilmu Ekonomi

Manfaat dari mempelajari ilmu ekonomi sebagaimana yang dikemukakan oleh Mankiw dan memang demikian kenyataannya adalah :
  1. Ilmu ekonomi dapat membantu memahami wujud perilaku ekonomi dalam dunia nyata secara lebih baik. Dalam hal ini berlaku prinsip “Mengetahui lebih baik dari pada tidak mengetahui.
  2. Dengan mempelajari ilmu ekonomi akan membuat yang mempelajarinya lebih mahir atau lihai dalam perekonomian. Dalam hal ini berlaku prinsip “Bersedia dan waspada serta berjaga lebih baik dan aman dari pada tidak sama sekali.
  3. Dengan menguasai ilmu ekonomi maka akan memberikan pemahaman atau potensi dan keterbatasan kebijakan ekonomi.
  4. Ilmu ekonomi dapat membantu anda mempelajari dan memahami perilaku manusia(lembaga swasta/ pemerintah)disekitar anda dalam memanfaatkan sumbedayanya, dan caranya dalam mengambil keputusan.
  5. Ilmu ekonomi dapat membuat anda efesien dan efektif dalam berperan di berbagai kegiatan ekonomi.
  6. Ilmu ekonomi akan mendorong anda menjadi masyarakat yang cerdas di berbagai bidang pekerjaan.

 Soal USBN Ekonomi Kelas 12 SMA/MA



40+ Contoh USBN Ekonomi Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat bospedia dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal USBN Ekonomi Kelas 12 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal USBN Ekonomi Kelas 12 SMA/MA.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut bospedia memberikan Soal USBN Ekonomi Kelas 12 SMA/MA


PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada Pengawas/Guru

A. Jawablah soal dibahwah ini dengan benar!

1. Chandra seorang pelajar kelas 12 SMA selama beberapa bulan menyisihkan uang saku  untuk ditabung, saat ini tabungan Chandra berjumlah Rp  400.000,00.  Menjelang Ujian Sekolah Ia ingin membeli beberapa kebutuhan seperti; buku persiapan ujian sebesar Rp. 250.000,00, sepatu baru sebesar Rp 150.000,00, tas sekolah dikarenakan tas yang dimilikinya sudah  usang sebesar Rp 135.000,00, buku novel kegemarannya sebesar Rp 65.000,00.
Berdasarkan kepentingan kebutuhannya ,  maka cara terbaik  yang dapat dilakukan Chandra adalah….
A. membeli tas sekolah, dan sepatu baru serta buku persiapan ujian dengan tabungan yang dimilikinya, kekurangannya akan meminta orangtuanya
B. mengutamakan membeli sepatu baru dan buku persiapan ujian dengan tabungan yang dimilikinya sedangkan lainnya tidak jadi ia beli
C. mengutamakan membeli tas dan buku persiapan ujian dengan tabungan yang dimilikinya sementara sepatu ia akan menggunakan yang lama dan menunda memberli novel kegemarannya
D. meminta kepada orang tuanya untuk membelikan semua kebutuhannya
E. membeli tas sekolah, dan sepatu baru serta buku novel kegemarannya dengan tabungan yang dimilikinya, sedangkan buku ujian ia akan pinjam dari temannya
Jawaban: C

2. Persediaan sumber daya alam di negara kita semakin langka banyak hutan yang rusak karena pembakaran liar. Tindakan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah ....
A. menggunakan sumber daya alam yang ada secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam rangka mencapai kemakmuran
B. memanfaatkan sumber daya alam secara selektif dengan mempertimbangkan kelestariannya agar anak cucu kita dapat menikmatinya
C. berupaya tidak menggunakan sumber daya alam dalam memenuhi kebutuhan manusia karena sumber daya alam harus di lestarikan
D. sumber daya alam dapat di manfaatkan secara besar-besaran mengingat kebutuhan manusia selalu berkembang terus
E. sumber daya alam dapat kita manfaatkan secara besar-besaran karena memang diciptakan tuhan untuk kebutuhan manusia
Jawaban: B

3. Pak Harun mempunyai sebidang tanah untuk membuka usaha ada 2 pilihan yang dapat dilakukan  untuk lahan pertanian atau lokasi perumahan, kebutuhan yang paling mendesak  didaerah tersebut adalah pengadaan bahan makanan, maka tanah tersebut digunakan untuk lahan pertanian. Apa yang harus dilakukan  Pak Harun untu menyelesaikan masalah pilihannya tersebut ....
A. barang apa yang diproduksi
B. siapa yang akan memproduksi
C. untuk siapa barang diproduksi
D. bagaimana cara memproduksi
E. kapan barang diproduksi
Jawaban: A

4. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Semakin rendah harga suatu barang, semakin banyak jumlah barang yang diminta
(2) Garis kurva bergerak dari kiri bawah ke kanan atas
(3) Garis kurva bergerak dari kiri atas ke kanan bawah
(4) Semakin rendah harga barang, semakin sedikit jumlah barang yang ditawarkan
(5) Bentuk dasar fungsi Q = a – bP
Pernyataan yang tepat berhubungan dengan kurva permintaan adalah ….
A. (1), (2), dan (4)
B. (1), (3), dan (5)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
Jawaban: B



5.Kehidupan di Desa Bonjol sangat memprihatinkan. Hal ini disebabkan tenaga kerja sangat banyak sementara sumber daya alam yang bisa diolah kurang memadai karena tanahnya tandus. Apabila keadaan ini dibiarkan berlanjut terus, maka akan menimbulkan musibah yang merugikan masyarakat.
Proyeksi terbaik yang dapat dilakukan terhadap keadaan Desa Bonjol adalah ….
A. melakukan relokasi penduduk Desa Bonjol ke wilayah yang lebih subur sehingga mereka dapat bekerja dan menghasilkan barang dan/atau jasa yang diharapkan
B. melatih tenaga kerja dengan berbagai keterampilan atau keahlian sesuai minat sehingga tidak hanya mengandalkan sumber daya alam untuk kesejahteraan
C. berusaha mengolah lahan tandus dengan berbagai cara agar bisa menghasilkan barang dan jasa sehingga para tenaga kerja tidak menganggur
D. menggunakan lahan yang tandus untuk membangun pabrik dan perumahan sementara tenaga kerja yang ada dipekerjakan di proyek tersebut
E. melakukan studi banding ke desa lain yang memiliki kasus yang sama tetapi telah berhasil mengatasi masalah untuk diterapkan di Desa Bonjol
Jawaban: B

6. Fitra telah bekerja  di sebuah Kantor Akuntan Publik  dengan gaji  Rp 4.600.00,00 per bulan. Ia ingin keluar dari pekerjaannya agar dapat lebih banyak meluangkan waktu dengan keluarga. Dari tabungan dan pesangon  yang diperolehnya berniat membuka bisnis. Ada beberapa  usaha yang direncanakan,  pertama ia ingin membuka toko kelontongan dengan perkiraan keuntungan sebesar Rp 5.000.000,00. Kedua ingin membuka catering, dengan perkiraan keuntungan sebesar Rp 4.800.000,00. Dan ketiga menjual pakaian online  dengan perkiraan keuntungan sebesar Rp 4.700.000,00 Apabila Fitra memilih membuka usaha Catering, maka biaya peluangnya adalah....
A. Rp    200.000,00
B. Rp 4.700.000,00
C. Rp 4.800.000,00
D. Rp 5.000.000,00
E. Rp 9.700.000,00
Jawaban: D

7. Perhatikan diagram di bawah ini!


Berdasarkan diagram tersebut, nomor 4 menunjukan arus ….

A. rumah tangga produsen mengirim barang/jasa ke rumah tangga konsumen
B. rumah tangga konsumen mengirim faktor produksi ke rumah tangga negara
C. rumah tangga produsen mengekspor barang/jasa ke masyarakat luar negeri
D. rumah tangga produsen membayar kewajiban pajak ke rumah tangga negara
E. rumah tangga konsumen mengeksport faktor produksi ke masyarakat luar negeri
Jawaban: E

8. Pada saat fungsi permintaan suatu barang Pd = -2,5Q + 500  mengalami perubahan harga dari Rp. 200,00 menjadi Rp. 300,00 yang mengakibatkan adanya perubahan penawaran dari 48 unit menjadi 88 unit.
Berdasarkan data di atas, titik keseimbangan pasar yang terjadi adalah ….
A. (36, 170)
B. (84, 290)
C. (116, 370)
D. (170, 36)
E. (290, 84)
Jawaban: B

9. Fungsi permintaan  suatu barang adalah Qd = -2P + 4.000.  Jika terjadi perubahan harga dari      Rp. 100,00 menjadi Rp. 200,00. Berdasarkan data tersebut, bagaimanakah jenis elastisitas pada barang tersebut....
A. elastis
B. in elastis
C. uniteri
D. eastis sempurna
E. in elastis sempurna
Jawaban: C

10. Bank Indonesia melalui bidang moneter mendapat informasi bahwa jumlah uang yang beredar sebesar Rp 150 Milyar dan kecepatan peredaran uang 2 kali. Jika jumlah barang yang diperdagangkan saat ini 4.000.000 unit, maka besarnya harga barang menurut Teori Irving Fisher adalah ...
A. Rp 12.000,00
B. Rp 18.750,00
C. Rp 30.000,00
D. Rp 75.000,00
E. Rp 85.000,00
Jawaban: D

11. Pada keadaan jumlah uang yang beredar melebihi persediaan barang dan jasa, maka yang dilakukan oleh pemerintah menaikkan cadangan kas bank.
Dari ilustrasi di atas, dampak terhadap perekonomian adalah ....
A. kegiatan ekonomi semakin berkembang pesat
B. jumlah uang yang beredar semakin bertambah
C. masyarakat semakin sulit mendapat kredit bank
D. peredaran uang berkurang sehingga menekan inflasi
E. pemerintah mudah mendapat pembiayaan pembangunan
Jawaban: D

12. Kurangnya jumlah uang beredar dalam masyarakat menyebabkan lesunya perekonomian negara. Oleh karena itu, diperlukan peran pemerintah dalam mengambil kebijakan moneter untuk mengatur jumlah uang beredar agar tingkat harga menjadi stabil. Kebijakan  moneter yang akan diambil untuk menambah jumlah uang beredar adalah....
A. menurunkan tingkat bunga
B. menaikkan cadangan kas
C. mengatur persyaratan kredit secara ketat
D. menaikkan tarif pajak penjualan agar perekonomian stabil
E. menjual surat-surat berharga kepada masyarakat
Jawaban: A

13. Salah satu masalah ketenagakerjaan yang dihadapi Indonesia adalah tingginya angkatan kerja dimana 73% lulusan SD dan 27 % lulusan Perguruan Tinggi. Upaya yang harus dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah ....           
A. memberikan pelatihan dan ketrampilan kepada masyarakat di semua sektor
B. memberikan pendidikan formal secara gratis
C. memberikan pemenuhan gizi yang baik kepada setiap warga
D. memberikan beasiswa bagi warga yang berprestasi atau berinovasi
E. mengirim tenaga kerja ahli ke luar negeri untuk mengembangkan keahliannya
Jawaban: A

14. Berikut adalah tolok ukur pertumbuhan dan pembangunan ekonomi :
1. Kenaikan jumlah hasil produksi berupa barang dan jasa
2. Peningkatan GNP disertai dengan meningkatnya kesejahteraan rakyat dan pemerataan pendapatan
3. Proses peningkatan kesejahteraan rakyat dalam mencapai tujuan nasional
4. Proses kenaikan produktifitas yang berlangsung terus-menerus
5. Kenaikan GNP tidak disertai pemerataan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat
Yang merupakan tolok ukur pertumbuhan ekonomi adalah ….
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 4
C. 1, 3 dan 5
D. 2, 3 dan 4
E. 3, 4 dan 5
Jawaban: C

15. Manfaat pasar modal sebagai berikut
(1) Alternatif tabungan dengan bunga tetap
(2) Sarana peningkatan kapasitas produksi
(3) Ikut serta memiliki usaha
(4) Mengurangi resiko menyimpan uang secara tunai
(5) Memperoleh dana dalam jumlah yang besar
Dari pernyataan tersebut yang termasuk manfaat pasar modal bagi investor adalah ....
A. (1), (2) dan (3)
B. (1), (3) dan (4)
C. (2), (3) dan (4)
D. (2), (3) dan (5)
E. (3), (4) dan (5)
Jawaban: B

16. Berikut ini tabel yang menunjukan pendapatan nasional dan jumlah penduduk beberapa negara pada tahun 2016:


Dari data di tersebut, negara yang memiliki pendapatan perkapita tertinggi dan terendah adalah...
A. Bahagia  dan Lentera
B. Sejahtera dan Lentera
C. Bahagia dan Ceria
D. Lentera dan Damai
E. Damai dan Ceria
Jawaban: E



17. Data harga-harga barang kebutuhan petani (dalam rupiah) tahun 2015 dan 2016:



Diketahui indeks penerimaan petani sebagai berikut:
Daerah Alenda  122%
Daerah Amalenda 114%
Daerah Abalenda  121%
Daerah Asalenda 115%
Daerah Agalenda 115%

Berdasarkan data tersebut, daerah yang mengalami kenaikan paling tinggi tingkat kemakmurannya adalah daerah ….
A. Alenda
B. Amalenda
C. Abalenda
D. Asalenda
E. Agalenda
Jawaban: E

18. Data untuk perhitungan pendapatan nasional suatu negara sebagai berikut:
* Pengeluaran pemerintah Rp1.500 milyar
* Gaji/upah   Rp850 milyar
* Pendapatan bunga  Rp750 milyar
* Ekspor    Rp450 milyar
* Sewa tanah   Rp900 milyar
* Investasi   Rp1.200 milyar
* Import    Rp400 milyar
* Laba pengusaha  Rp900 milyar

Jika pendapatan nasional dengan pendekatan pengeluaran Rp5.000 milyar, besar konsumsi masyarakat adalah ....
A. Rp1.350 milyar
B. Rp1.400 milyar
C. Rp1.450 milyar
D. Rp2.250 milyar
E. Rp2.300 milyar
Jawaban: D

19. Indonesia melakukan kerja sama perdagangan internasional dengan Jepang. Indonesia mengekspor gas alam cair dan hasil bumi, sedangkan dari Jepang, Indonesia mengimpor kendaraan karena lebih murah dibandingkan memproduksi sendiri. Faktor yang melandasi perdagangan Indonesia dengan Jepang adalah....
A. perbedaan penggunaan bahan baku produksi
B. perbedaan selera konsumsi masyarakat
C. kerja sama kawasan negara tetangga
D. penghematan biaya produksi/efisiensi
E. perbedaan sumber daya manusia
Jawaban: D

20. Dewan Komisaris “PT Anugerah” mengalami kesulitan untuk memilih stafnya untuk menduduki jabatan sebagai direktur pemasaran perusahaan. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka Dewan Komisaris memerlukan analisis tentang ....
A. kebijakan pimpinan dan perkembangan perusahaan yang akan datang
B. dirapatkan dan hasil rapat umum pemegang saham sebagai acuan
C. kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan staf perusahaan
D. kemampuan dan efektivitas staf perusahaan di masa depan
E. menambah kemampuan staf melalui pendidikan/pelatihan
Jawaban: C

21. Tingginya nilai impor Indonesia dibandingkan aktivitas ekspor dalam neraca pembayaran menyebabkan berkurangnya devisa untuk pembayaran keluar negeri. Bagaimana upaya pemerintah untuk menutupi kekurangan devisa tersebut....
A. meningkatkan ekspor agar neraca pembayaran surplus
B. diberlakukan larangan impor untuk barang kebutuhan pokok
C. mengambil kebijkakan kuota ekspor terhadap barang komoditas
D. menaikan tarif bea masuk terhadap barang impor
E. menambah investasi dalam negeri
Jawaban: A

22. Dibawah ini disajikan beberapa  ciri ciri Badan Usaha diantaranya
1) Bersifat public service
2) Modal berasal dari kekayaan Negara yang dipisahkan
3) Tujuan mencari keuntungan
4) Karyawan berstatus pegawai swasta
5) Kedudukan pemerintah sebagai pemegang saham
Dari data di atas yang termasuk ciri-ciri persero adalah … .
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 4
C. 2, 3, dan 4
D. 2, 4, dan 5
E. 3, 4, dan 5
Jawaban: C

23. Sudah satu minggu karyawan pabrik tahu melakukan aksi mogok kerja, mereka meminta perusahaan untuk menaikan upah kerja, sementara perusahaan memiliki masalah produksi yang menurun.
Upaya wirausahawan yang paling tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah ....
A. berusaha menaikan produksi dengan menerima karyawan baru
B. memecat karyawan yang mogok kerja dan menerima karyawan baru
C. melakukan dialog antara pemilik dan karyawan guna memecahkan masalah
D. memenuhi semua tuntutan karyawan agar mereka kembali bekerja dengan giat
E.  mempertahan karyawan dengan mengurangi beban kerja/mengurangi jam kerja
Jawaban: C

24. Koperasi “Berkah Abadi” memiliki data keuangan sebagai berikut

Simpanan pokok tiap anggota RRp5.000.000,00
Simpanan wajib seluruh anggota Rp30.000.000,00
SHU yang diperoleh sebesar Rp75.000.000,00 dan omzet penjualan selama setahun sebesar Rp300.000.000,00
Pembagian SHU menurut rapat anggota:
Jasa modal/simpanan 25%
Jasa anggota 30%

Jika Ilona adalah anggota aktif koperasi yang telah membayar simpanan pokok dan simpanan wajibnya Rp700.000,00 dan jumlah pembelian yang dilakukan ke koperasi sebesar Rp9.000.000,00 maka SHU yang diterima adalah....
A. Rp1.005.000
B. Rp1.050.000
C. Rp1.012.500
D. Rp1.100.000
E. Rp1.112.500
Jawaban: B

25. Akuntansi sering disebut bahasa dunia usaha. Hal  ini berarti akuntansi merupakan …
A. Alat pertanggungjawaban kepada pemerintah.
B. Alat untuk menghitung laba.
C. Alat komunikasi dan informasi kepada pihak pemilik perusahaan.
D. Alat komunikasi dalam menyampaikan informasi yang penting kepada karyawan.
E. Alat komunikasi dalam menyampaikan informasi yang penting kepada pihak-pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan.
Jawaban: E

26. Servis Mobil Aryaduta  mempunyai data keuangan berupa transaksi berikut ini :
Mei 5        Diterima dari pelanggan Rp500.000,00 jasa perbaikan sebuah mobil  sebesar                                          Rp1.800.000,00 kekurangannya akan dibayar kemudian
Mei 10 Dibeli peralatan servis Rp3.000.000,00 dari Toko Nico Motor, jumlah tersebut baru                             dibayar  Rp1.000.000,00 sisanya akhir bulan.
Mei 15 Dibayar gaji karyawan Rp1.500.000,00
Mei 20     Diterima dari pelanggan pelunasan transaksi tgl 5 Mei yang lalu
Mei 25   Dibayar kepada Toko Nico Motor  pelunasan transaksi tgl 10 Mei yang lalu

Transaksi tersebut akan berakibat :
Mei 5 Kas Rp 500.000,00, (D) Piutang Usaha Rp1.300.000,00(D), Pendapatan Jasa                                        Rp1.800.00,00 (K)
Mei 10  Peralatan Rp 3.000.00,00, (D) Kas Rp1.000.000,00 (K), Utang Usaha Rp 2.000.000,00 (K)
Mei 15     Utang Usaha Rp1. 500.000,00,(D)  Kas Rp1. 500.000,00 (K)
Mei 20     Kas Rp1.300.00,00, (D) Piutang Usaha Rp1.300.00,00(K)
Mei 25     Peralatan Rp 2.000.00,00, (D)   Kas Rp 2.000.00,00, (K)
Mekanisme pencatatan debit dan  kredit yang benar adalah tanggal ….
A. (5), (10) dan (15)
B. (5), (10) dan (20)
C. (5), (15) dan (20)
D. (10), (20) dan (25)
E. (15), (20) dan (25)
Jawaban: B



27. Siska  Salon mempunyai bukti transaksi sebagai berikut:



Berdasarkan bukti tersebut pencatatan  yang dibuat oleh  Siska  Salon adalah....
A. Perlengkapan   Rp2.000.000,00
                     Kas    Rp2.000.000,00
B. Pembelian   Rp2.000.000,00
                   Kas    Rp2.000.000,00
C. Kas    Rp2.000.000,00
              Penjualan         Rp2.000.000,00
D. Utang   Rp2.000.000,00
                  Kas    Rp2.000.000,00
E. Peralatan Rp2.000.000,00
                  Kas    Rp2.000.000,00

Jawaban: A

28. Sebagian jurnal umum yang dibuat oleh Bengkel Surya pada bulan Desember 2016:



Data saldo per 1 Desember  2016 diketahui sebagai berikut:
Saldo kas    Rp   5.000.000,00
Saldo utang usaha   Rp   3.500.000,00
Berdasarkan data di atas maka posting ke buku besar yang benar adalah....


Jawaban: B

29. Berikut data keuangan dari Bengkel “Best” per 31 Desember 2016:
 - Modal Ray    Rp20.000.000,00
 - Pendapatan Jasa   Rp40.000.000,00
 - Pendapatan komisi   Rp10.000.000,00
 - Pendapatan diterima di muka  Rp10.000.000,00
 - Beban asuransi    Rp5.000.000,00
 - Beban perlengkapan   Rp10.000.000,00
 - Prive     Rp1.000.000,00

Berdasarkan data keuangan di atas, besar laba bersih adalah ....
A. Rp34.000.000,00
B. Rp35.000.000,00
C. Rp44.000.000,00
D. Rp45.000.000,00
E. Rp55.000.000,00
Jawaban: B

30. Berikut ini merupakan data neraca saldo sebagian dari Salon “Assoy”  per 31 Desember 2016 dalam ribuan rupiah :

Data penyesuaian sebagai berikut :
1. Perlengkapan yang tersisa sebesar Rp 900.000,00
2. Sewa dibayar tanggal 1 September 2016 untuk 1 tahun
Berdasarkan data di atas, penyusunan kertas kerja (dalam ribuan rupiah)




Penyelesaian kertas kerja yang benar adalah... .
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (4), dan (5)
C. (2), (3), dan (5)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (5), dan (6)
Jawaban: D

31. Toko Bangunan” Megah”  mempunyai bukti transaksi sebagai berikut


Dari bukti transaksi di atas maka dicatat ke dalam jurnal khusus oleh  Toko Bangunan” Megah”  ... .



Jawaban: D

32. Jurnal Penjualan PD ”Abadi” pada bulan Desember 2016 terlihat sebagai berikut :


Jurnal penjualan di atas akan diposting ke buku besar pembantu Toko Merapi oleh PD Abadi  yang benar adalah ...




Jawaban: E

33. Data sebagian Neraca Saldo disesuaikan milik PD Jaya AL-Faraby



Apabila perusahaan tersebut mengalami kerugian sebesar Rp410.000,00, maka pencatatan Neraca Saldo setelah penutupan yang benar adalah ....






Jawaban: D

34. Di neraca saldo per 1 Januari 2016, akun persediaan barang dagang sebesar Rp4.000.000,00 Persediaan barang dagang  per 31 Desember 2016 dari hasil stock opname sebesar Rp5.000.000,00. Jurnal penyesuaian  untuk persediaan barang dagang akhir dengan pendekatan ikhtisar laba/rugi adalah….
A. Persediaan Barang  Dagang  Rp4.000.000,00
 Harga Pokok Penjualan                  Rp4.000.000,00
B. Harga Pokok Penjualan   Rp5.000.000,00
 Persediaan Barang Dagang       Rp5.000.000,00
C. Persediaan Barang Dagang   Rp5.000.000,00
 Ikhtisar  Laba/Rugi        Rp5.000.000,00
D.Ikhtisar  Laba/Rugi    Rp5.000.000,00
 Persediaan Barang Dagang       Rp5.000.000,00
E. Persediaan Barang Dagang   Rp4.000.000,00
 Ikhtisar Laba/Rugi                   Rp4.000.000,00
Jawaban: C

35. PD “Diva “ pada tanggal 31 Desember 2016 mempunyai data sebagai berikut  :
- Modal awal                 Rp   22.900.000,00
- Penjualan               Rp   19.000.000,00
-  HPP                Rp    10.000.000,00
- Beban usaha               Rp     4.450.000,00
- Modal akhir                 Rp   20.650.000,00

Berdasarkan data diatas maka besarnya pengambilan prive adalah ……….
A. Rp 5.800.000, 00
B. Rp 6.800,000,00                                           
C. Rp 7.000.000,00                                           
D. Rp 7.800.000,00
E. Rp 8.700.000,00
Jawaban: B

36. Jelaskan 2 kelebihan dan 2 kelemahan sistem ekonomi komando dan ekonomi pasar berikut!
Jawaban:
Kelemahan sistem ekonomi pasar (liberal)
1. Muncul kesenjangan yg besar antara yang kaya dan yang miskin
2. Kebebasan mudah disalahgunakan yang kuat memeras yg lemah
3. (dst kebijaka guru)

Kelebihan sistem ekonomi liberal
1. Setiap individu diberi kebebasan memiliki kekayaan dan sumber daya
2. Adanya persaingan menyebabkankreativitas individu
3. (dst )

Kelemahan sistem ekonomi komando
1. Mematikan inisiatif individu untuk maju
2. Masyarakat tdk memiliki kebebasan memiliki sumber daya
3. (dst)

Kelebihan sistem ekonomi komando
1. Jarang terjadi krisis ekonomi
2. Relatif mudah melakukan distribusi pendapatan
3. (dst)

37. Pemerintah menetapkan dalam APBN akan mengurangi penggunaan belanja subsidi terhadap bahan bakar minyak. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan pengunaan modal dalam upaya pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum. Jika APBN digunakan untuk membiayai subsidi untuk kepentingan masyarakat, maka tergolong sebagai fungsi APBN apakah hal tersebut?
Jawaban: Fungsi APBN sesuai ilustrasi disoal merupakan fungsi distribusi, karena subsidi merupakan belanja negara yang diperuntukan untuk mengurangi kepentingan rakyat secara keseluruhan dalam rangka pemerataan kesejahteraan.

38. Tuan Bambang pergi ke Mekah untuk menunaikan ibadah umroh pada tanggal 21 Maret 2015 selama 10 hari. Ia menukarkan uangnya di money changer senilai Rp 14.750.000,00 dengan mata uang real. Kurs beli  1 Real = Rp2.800,00 dan kurs jual 1 Real = Rp2.950,00. Selama di Mekah tuan Bambang menghabiskan uangnya sebesar 4.000,00 real. Pada tanggal 30 Maret 2015 Tuan Abdullah tiba di Indonesia, seminggu kemudian dia menukarkan sisa uangnya ke money changer. Kurs yang berlaku di bulan April sebagai berikut



Berapakah rupiahkah uang yang diterima tuan Bambang
Jawaban:
Tuan Bambang berangkat
Kurs jual 21 maret :
1 real = Rp2.950,00
= Rp 14.750.000,00
   Rp2.950,00
= 5.000 real

Sisa uang = 5.000-4.000 = 1.000 real

Ketika pulang kembali:
Kurs beli tgl 5 April
1 real = Rp2.900,00
= Rp2.900,00 X1.000
= Rp 2.900.000,00


39. Laundry Wangi mempunyai neraca saldo sebagian sebagai berikut:
- Perlengkapan   Rp   250.000,00
- Asuransi dibayar dimuka Rp   600.000,00
- Beban sewa   Rp  6.000.000,00
Data penyesuaian 31 Desember 2016 adalah sebagai berikut:
1. Perlengkapan yang tersisa Rp50.000,00
2. Premi asuransi untuk 6 bulan dibayar tanggal 1 Oktober 2016
3.  Sewa gedung dibayar tanggal 2 September 2016 untuk 1 tahun
Berdasarkan data di atas, susunlah jurnal penyesuaiannya!
Jawaban:
Jurnal Penyesuaian:



40. PD” Kembang  Raya” mempunyai data per 31 Desember 2016 sebagai berikut:
       Pembelian barang dagang   Rp100.000.000,00
       Penjualan      Rp120.000.000,00
       Persediaan barang dagang per 1 Januari 2016 Rp 40.000.000,00 
       Beban Angkut pembelian    Rp 3.000,000,00
       Potongan penjualan    Rp 8.000.000,00
       Potongan penjualan  Rp 4.000.000,00
       Retur pembelian   Rp 5.000.000,00
       Persediaan barang dagang per 31 Desember 2016  Rp  25.000.000,00.
       Dari data tersebut tentukan besarnya Harga Pokok Penjualan PD” Kembang Raya ” !
Jawaban:
Persediaan barang dagang per 1 Januari 2016              Rp.40.000.000,00
Pembelian barang dagang    Rp. 100.000.000,00
Beban Angkut Pembelian                                     Rp.     3.000.000,00  +
                              Rp. 103.000.000,00

Retur Pembelian             Rp      5.000.000,00 –
Pembelian bersih                                            Rp.   98.000.000 ,00  +
Barang tersedia untuk dijual                                   Rp. 138.000.000 ,00
Persediaan barang dagang per 31 Desember 2016          Rp.     25.000.000,00  -
                                                              HPP     Rp. 113.000.000,00


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 40+ Contoh USBN Ekonomi Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

#
Soal USBN Ekonomi Kelas 12 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc
Diupload oleh www.bospedia.com

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • download soal usbn ekonomi sma 2018,2019,2020,2021
    • soal usbn ekonomi sma dan pembahasannya
    • soal usbn ekonomi sma 2018/2019
    • soal usbn 2018 ekonomi
    • contoh soal usbn ekonomi 2018
    • soal usbn ekonomi sma 2018
    • soal usbn ekonomi kurikulum 2013
    • soal usbn ekonomi sma 2018,2019,2020,2021 pdf