Lengkap - 45+ Contoh Soal USBN Geografi SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru

45+ Contoh Soal USBN Geografi SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru -  Halo sahabat bospedia dimana saja berada, pada kesempatan yang berbahagia ini, admin bospedia ingin berbagi soal USBN GEOGRAFI untuk adik adik yang sedang menempuh Ujian Nasioan pada jenjang SMA/MA. untuk itu adik adik jangan kawatir ya tentang soal yang akan dipersiapkan admin, karena admin sendiri sudah menyiapkan file link download. sehingga adik adik bisa mendownloadnya ya.  Oiya Pengertian Geografi – Apa itu geografi? Banyak yang kurang paham dan hanya tahu bahwa geografi adalah cabang ilmu pengetahuan tentang bumi. Tentu pengertian dan definisi geografi lebih dari itu karena mencakup prinsip geografi, ruang lingkup geografi serta aspek-aspek geografi lain dalam hubungannya dengan kehidupan manusia. Untuk itu kali ini akan dibahas mengenai pengertian geografi menurut para ahli beserta definisi, penjelasan dan contoh konsepnya lengkap.

Secara umum, geografi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan dan perbedaan keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi. Kata geografi sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu geo yang berarti Bumi dan graphein yang berarti tulisan atau menjelaskan. Ilmu geografi pun diajarkan sebagai pengetahuan di sekolah dan jenjang pendidikan lainnya.

45+ Contoh Soal USBN Geografi SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
45+ Contoh Soal USBN Geografi SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru



Pengertian Geografi

Apa pengertian geografi? Terdapat banyak tafsir dan pendapat mengenai pengertian geografi. Beberapa penjelasan pengertian geografi memang hampir sama dan identik, meski ada juga pendapat yang berbeda dan tidak selaras. Kali ini akan dijelaskan pengertian geografi beserta definisi dan penjelasannya lengkap.

Definisi Geografi

Apa sebenarnya definisi geografi? Untuk menjawabnya bisa dilihat dari pengertian geografi menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia. Berdasarkan KBBI, definisi geografi adalah ilmu tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta hasil yang diperoleh dari bumi.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Berikut merupakan pengertian geografi menurut para ahli termasuk menurut Ikatan Geografi Indonesia (IGI) dan para ahli lain, baik ahli dari Indonesia atau ahli dari luar negeri dari berbagai era.

Eratosthenes
Menurut Eratosthenes yang berpendapat pada abad ke-1, istilah geografi berasal dari kata geographica yang berarti penulisan atau penggambaran mengenai bentuk muka bumi.

Claudius Ptolomaeus
Pengertian geografi menurut Claudius Ptolomaeus adalah suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi.

Preston E. James
Pengertian geografi menurut Preston E. James dapat diungkapkan sebagai induk dari segala ilmu pengetahuan, hal ini karena bidang ilmu pengetahuan selalu di mulai dari keadaan muka bumi yang kemudian beralih pada studi ilmu pengetahuan masing-masing.

Karl Rither
Geografi merupakan suatu telaah tentang bumi sebagai tempat hidup manusia. Studi geografi dapat mencakup berbagai macam fenomena yang terdapat di permukaan bumi, baik itu alam organik maupun alam anorganik yang masih terkait dengan kehidupan manusia, termasuk aktivitas manusia itu sendiri juga dibahas.

Lobeck
Pendapat Lobeck tentang pengertian geografi ini dikemukakan pada tahun 1939. Geografi merupakan suatu studi yang membahas tentang hubungan–hubungan yang ada di antara kehidupan dengan lingkungan fisik.

Frank Debenham
Di tahun 1950, Frank Debenham berpendapat bahwa geografi adalah ilmu yang memiliki tugas untuk mengadakan penafsiran mengenai persebaran fakta, menemukan hubungan di antara kehidupan manusia dengan lingkungan fisik, serta menjelaskan kekuatan interaksi antara manusia dan alam.

Ullman
Pengertian geografi menurut Ullman adalah interaksi antar ruang. Pendapat mengenai definisi geografi dari Ullman ini dikemukakan di tahun 1954.

Alexander
Menurut Alexander pada tahun 1958, geografi merupakan sebuah studi mengenai pengaruh lingkungan alam terhadap berbagai aktivitas manusia. Dalam pandangannya inilah mulai dibahas mengenai hubungan timbal balik yang terjadi antara aktivitas manusia serta pengaruhnya yang terjadi terhadap lingkungan alam.

Hartshorne
Menurut Hartshorne pada tahun 1960, geografi merupakan sebuah ilmu yang berkepentingan dalam memberikan deskripsi yang teliti, beraturan, serta rasional mengenai sifat variabel dari permukaan bumi.

Strabo
Geografi erat kaitannya dengan faktor lokasi, karakterisitik tertentu dan hubungan antar wilayah secara keseluruhan. Pendapat dari Strabo di tahun 1970 ini kemudian disebut konsep Natural Attribute of Place.

Ekblaw dan Mulkerne 
Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari bumi, dan kehidupannnya, mempengaruhi pandangan hidup kita, makanan yang kita konsumsi, pakaian yang kita gunakan sehari-hari, rumah yang kita huni dan tempat rekreasi yang kita nikmati.

Paul Vidal de La Blance
Berdasarkan Paul Vidal de La Blance, geografi adalah studi tentang kualitas negara-negara, di mana penentuan suatu kehidupan tergantung bagaimana manusia mengelola alam ini.

Bintarto
Prof. Bintarto berpendapat di tahun 1981 bahwa geografi mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi, baik yang bersifat fisik maupun yang menyangkut kehidupan makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, kelingkungan, dan regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan.



Soal USBN Geografi SMA/MA 



45+ Contoh Soal USBN Geografi SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat bospedia dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal USBN Geografi SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal USBN Geografi SMA/MA.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut bospedia memberikan Soal USBN Geografi SMA/MA


PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada Pengawas/Guru

A. Jawablah soal dibahwah ini dengan benar!

1. Kota-kota di sekitar Jakarta mengalami perkembangan wilayah sangat cepat sementara perkembangan wilayah Tasikmalaya yang jauh dari Jakarta perkembangannya relatif lambat dibandingkan kota di sekitar Jakarta.

Konsep geografi yang berkaitan dengan uraian tersebut adalah ....
A. konsep aglomerasi
B. konsep diferensiasi area
C. konsep interdependensi
D. konsep lokasi relatif
E. konsep morfologi
Jawaban: D

2. Keterbatasan daerah resapan air di wilayah perkotaan merupakan salah satu penyebab terjadi banjir pada musim penghujan serta saluran got kurang lancar menyebabkan banjir atau genangan air.

Pendekatan geografi yang berkaitan dengan fenomena tersebut adalah ....
A. pendekatan keruangan
B. pendekatan kelingkungan
C. pendekatan regional
D. pendekatan ekologi
E. pendekatan kompleks wilayah
Jawaban: A

3. Pernyataan :
(1) hujan orografis;
(2) gempa bumi;
(3) transmigrasi;
(4) urbanisasi;
(5) slum area;
(6) tanah longsor;

Berikut ini yang termasuk aspek sosial dalam kajian geografi adalah nomor ….
A. (1), (2), dan (5)
B. (1), (2), dan (6)
C. (2), (3), dan (4)
D. (3), (4), dan (5)
E. (4), (5), dan (6)
Jawaban: D

4. Ilmu yang mempelajari relief permukaan bumi, dan segala proses yang menghasilkan bentuk-bentuk yang ada di atasnya adalah ....
A. geomorfologi
B. geologi
C. geodesi
D. klimatologi
E. kartografi
Jawaban: A

5. Akibat dari letak astronomis Filipina, maka tahun ini badai tropis yang melanda negara tersebut diprediksi akan berdampak terhadap 3,5 juta jiwa penduduknya. Prinsip geografi yang berkaitan dengan pernyataan tersebut adalah .…
A. prinsip korologi
B. prinsip kronologi
C. prinsip interelasi
D. prinsip deskripsi
E. prinsip distribusi
Jawaban: C
6. Perhatikan jenis peta berikut !
1) Peta geologi
2) Peta topografi
3) Peta pedologi
4) Peta hidrologi

Informasi dari peta –peta tersebut sangat diperlukan dalam kegiatan ....
A. pembangunan perkantoran
B. agrowisata tanaman hortikultura
C. strategi pemerataan penduduk
D. perluasan kawasan industri
E. pembangunan terminal
Jawaban: B

7. Titik Y sesuai ilustrasi gambar terletak di ketinggian ... dan dimanfaatkan untuk ....



A. 100 m, pertanian padi
B. 125 m, perkebunan jagung
C. 150 m, tanaman kina
D. 175 m, tanaman kelapa sawit
E. 200 m, perkebunan tembakau
Jawaban: B

8. Untuk mengenali obyek berdasarkan tingkat kegelapan dan kecerahan obyek pada citra, maka menggunakan unsur . . . .
A. Rona
B. Ukuran
C. Pola
D. Situs
E. Assosiasi
Jawaban: A

9. Ciri hasil Inderaja:
– tampak bentuk persegi panjang;
– bisa juga tampak bujur sangkar;
– berbentuk kotak-kotak kecil.

Benda sesuai ciri tersebut dapat diinterpretasikan sebagai ....
A. gedung
B. sekolah
C. taman
D. mobil
E. atap rumah
Jawaban: E

10. Manfaat Sistem Informasi Geografis (SIG):
(1) memprediksi dampak gunung api;
(2) memprediksi tingkat kekeringan lahan;
(3) pendataan dan pengembangan jaringan transportasi;
(4) data kepadatan dan persebaran penduduk;
(5) mengetahui luas dan persebaran lahan pertanian.

Pemanfaatan SIG dalam bidang sosial terdapat pada angka ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
Jawaban: E


11. Daratan besar yang akan menjadi Amerika Selatan pada gambar adalah angka ....



A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
Jawaban: E

12. Gerak transfom (sesar mendatar) seperti gambar menghasilkan bentuk permukaan Bumi berupa....



A. fleksur
B. dekstral
C. slenk
D. graben
E. horst
Jawaban: C

13. Proses pembentukan tata surya:
(1) massa gas bentuk cerutu pecah dengan ukuran berbeda;
(2) bagian tengah lama-kelamaan menjadi gumpalam gas yang kemudian menjadi matahari;
(3) terjadi ledakan besar,  kemudian mengembang dengan sangat cepat menjauhi pusat ledakan;
(4) dua bintang kembar bergerak menuju pusat gravitasi;
(5) galaksi bergerak saling menjauh.

Pernyataan yang sesuai dengan teori pembentukan tatasurya adalah ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (3), dan (4)
E. (3), (4), dan (5)
Jawaban: B

14. Ciri-ciri planet:
(1) dikenal sebagai bintang merah;
(2) memiliki jarak dengan matahari sekitar 226 juta km;
(3) memiliki satelit Deimis dan Phobos.

Planet yang sesuai dengan ciri-ciri tersebut adalah ….
A. Venus
B. Mars
C. Merkurius
D. Saturnus
E. Uranus
Jawaban: B

15. Gambar lapisan atmosfer:



 Dari gambar lapisan–lapisan atmosfer tersebut, yang berfungsi sebagai penyaring sinar ultra violet adalah ....
A. troposfer
B. stratosfer
C. mesosfer
D. thermosfer
E. eksosfer
Jawaban: B

16. Skema siklus hidrologi:



Siklus air yang ditunjukkan oleh angka 1 pada  gambar merupakan ….
A. evaporasi
B. perkolasi
C. kondensasi
D. presipitasi
E. infiltrasi
Jawaban: A

17. Kerusakan tanah yang disebabkan oleh kombinasi air hujan dan aliran air permukaan secara merata, sehingga partikel-partikel tanah hilang dengan ketebalan lapisan yang sama, disebut dengan…
A. erosi percikan (splash erosion)
B. erosi lembar (sheet erosion)
C. erosi alur (riil erosion)
D. erosi parit (gully erosion)
E. erosi air terjun (water fall erosion)
Jawaban: B

18. Jenis-jenis batuan:
(1) ruby;
(2) topaz;
(3) turmalin;
(4) konglomerat;
(5) gypsum.

Batuan yang bernilai ekonomi tinggi terdapat pada angka ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
Jawaban: A

19. Di Indonesia banyak kota yang berada di atas pegunungan patahan aktif, seperti kota Bandung yang berada dekat dengan patahan  Lembang. Kota Banda Aceh, Kuta Cane dan Bukit Tinggi berada di atas patahan Semangko. Kota Palu dibangun di atas patahan Palu- Karo. Semua kota tersebut sangat rawan terhadap gempa bumi yang besar akibat bergeraknya patahan-patahan tersebut. Tindakan yang paling tepat bagi masyarakat yang sudah terlanjur tinggal di kota-kota tersebut adalah....
A. membuat bangunan berbentuk panggung
B. tidak membangun gedung -gedung bertingkat
C. membuat semua bangunan yang berkonstruksi tahan getaran
D. membuat pemetaan daerah-daerah yang dilalui jalur patahan aktif dan menghindarinya
E. melakukan sosialisasi mitigasi bencana secara terus menerus dan berkala
Jawaban: B

20. Ciri-ciri hutan:
1) jenis tumbuhan beragam;
2) daunnya selalu hijau dan membentuk kanopi;
3) kelembapan daerah sangat tinggi dan suhu relatif tetap.

Jenis hutan sesuai ciri-ciri tersebut adalah hutan ….
A. taiga
B. stepa
C. musim
D. sabana
E. hujan tropis
Jawaban: E


21. Bentang alam yang menjadi pemisah antara zona fauna Paleartik dengan zona fauna Ethopian adalah….
A. Pegunungan Himalaya
B. Gurun Sahara
C. Samudera pasifik
D. Pegunungan Rocky
E. Laut Merah
Jawaban: E

22. Tabel sumber data penduduk:


NO.
Sensus
Survei
1.
Dilaksanakan setiap 10 tahun
Dilaksanakan secara periodik
2.
Hanya sebagian penduduk yang dihitung (sampel)
Seluruh penduduk dicacah
3.
Dilaksanakan oleh catatan sipil
Dilaksanakan serentak oleh masyarakat
4.
Seluruh penduduk dicacah
Hanya sebagian penduduk yang dihitung  (sampel)
5.
Penduduk mendatangi petugas
Petugas mendatangi penduduk

Perbedaan antara sensus dan survey dilihat dari sumber datanya adalah nomor .…
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
Jawaban: E

23. Dampak yang terjadi jika rasio ketergantungan di suatu negara besar adalah .…
A. masyarakatnya  mampu menabung
B. pendapatan perkapita rendah
C. pertumbuhan ekonomi stabil
D. mortalitas rendah
E. natalitas tinggi
Jawaban: B

24. Jumlah penduduk di Kecamatan Curug pada tahun 2016 sebanyak 10.000 jiwa. Jika pertumbuhan penduduk  2,0 % maka jumlah penduduk Kecamatan Curug akan menjadi dua kali lipat pada tahun…
A. 2050
B. 2051
C. 2052
D. 2053
E. 2054
Jawaban: B

25. Bahan galian yang mempunyai formula satu unsur, yaitu unsur karbon (C), terbentuk bersamaan dengan pembentukan batuan ultrabasa, kristalisasi bahan ini terbentuk pada kedalaman 95 km dibawah permukaan bumi dengan temperatur antara 1500 – 2000 derajat C, adalah ... .
A. minyak bumi
B. belerang
C. tembaga
D. timah putih
E. intan
Jawaban: E

26. Pernyataan:
1) reklamasi
2) regionalisasi
3) revegetasi
4) optimalisasi
5) rehabilitasi

Dari pernyataan tersebut, upaya untuk memperbaiki lahan akibat penambangan bahan galian adalah…
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (5)
C. (1), (4), dan (5)
D. (2), (3) dan (5)
E. (2), (4), dan (5)
Jawaban: C

27. Berdasarkan pembentukan, Sumber Daya Alam (SDA) klasifikasi menjadi SDA dapat di perbarui dan SDA tidak dapat di perbarui.
Contoh- contoh SDA yang tidak dapat di perbaharui adalah ….
A. kesuburan tanah, hewan dan hutan.
B. hutan,batubara dan tanah.
C. mineral,minyakbumi dan batubara.
D. minyak bumi, hutan dan hewan
E. air,udara dan minyak bumi.
Jawaban: A

28. Pemanfaatan lingkungan hidup yang tidak bertentangan dengan pembangunan berkelanjutan adalah .…
A. menjadikan hutan sebagai areal penggembalaan ternak
B. menanami lereng gunung dengan tanaman buah
C. menimbun rawa tidak produktif untuk pemukiman
D. mereklamasi pantai untuk kawasan industri
E. memanfaatkan lahan kritis untuk real estate
Jawaban: E

29. Pernyataan:
(1)  prinsip pemanfaatan;
(2)  pemakaian sumberdaya alam yang berlebihan;
(3)  melakukan daur ulang agar dapat dimanfaatkan untuk fungsi lain;
(4)  memakai sumberdaya alam yang memiliki nilai guna;
(5)  memperbanyak penggunaan pupuk buatan.

Pelaksanaan pembanggunan berkelanjutan terdapat pada angka ....
A. (1), (2), dan (5)
B. (1), (3), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (3), dan (4)
E. (2), (4), dan (5)
Jawaban: B

30. Ketahanan pangan merupakan salah satu prioritas bagi pemerintah. Oleh karena itu sektor pangan sangat berkontribusi besar terhadap sektor pertanian. Penyelesaian masalah dalam pembangunan pertanian pada masa sekarang, adalah .…
A. meningkatkan kemandirian petani, dengan cara mendistribusikan hasil pertanian melalui tengkulak.
B. peningkatan kualitas petani, agar dapat bekerja diluar sektor pertanian.
C. memberikan kesempatan bekerja di kota bagi  anggota keluarga petani.
D. alih fungsi lahan pertanian untuk permukiman dan industri
E. intensifikasi pertanian pada lahan yang sempit
Jawaban: E


31 Industri garmen sesuai grafis tataguna lahan cocok di daerah ....



A. 1, dekat dengan bahan baku
B. 2, dekat pembuangan limbah
C. 3, mudah sarana transportasi
D. 4, dekat dengan konsumen
E. 5, mudah mencapai pemasaran
Jawaban: E

32. Pernyataan:
(1) masyarakat menjadi konsumtif.
(2) meminimalisir biaya angkut yang tinggi.
(3) meningkatkan pinjaman luar negeri.
(4) adanya keterkaitan dalam hal produksi.
(5) terkonsentrasinya beberapa faktor produksi pada suatu lokasi.
(6) kebutuhan akan sarana dan prasarana yang lengkap

Alasan aglomerasi industri adalah ....
A. (1), (2), (5), dan (6)
B. (1), (3), (5), dan (6)
C. (2), (3), (5), dan (6)
D. (2), (4), (5), dan (6)
E. (3), (4), (5), dan (6)
Jawaban: D

33.Potensi geotermal di Indonesia memiliki prospek yang sangat baik. Hal ini disebabkan karena .…
A. iklim tropis dan memiliki keanekaragaman hayati
B. banyak terdapat aktivitas vulkanik dan curah hujan tinggi
C. curah hujan tinggi dan permeabilitas rendah
D. pertemuan dua jalur pegunungan muda, sirkum pasifik dan sirkum mediterania
E. terletak di antara dua samudra dan dua benua
Jawaban: B

34. Desa yang berada pada daerah yang bertopografi pegunungan kapur pada umumnya pola pesebaran pemukimannya bersifat ….
A. tersebar (scaterred)
B. cincin (mengelilingi pusat)
C. linier (memanjang)
D. radial (melingkar)
E. mengelompok
Jawaban: A

35. Skema tata guna lahan kota menurut Harris dan Ullman



Angka yang menunjukkan zona pusat kegiatan atau loop  adalah....
A. 1
B. 3
C. 6
D. 7
E. 8
Jawaban: A

36. Berdasarkan tingkat perkembangan negara Indonesia, kota yang dominan sebagai ciri agraris dan tingkat kemacetan serta krimitalitas tinggi adalah ….
A. agropolis dan metropolis
B. polis dan tryanopolis
C. eopolis dan polis
D. mengapolis dan metropolis
E. nekropolis dan metropolis
Jawaban: B

37. Seorang pengusaha ingin membangun pusat perbelanjaan di jalan antara kota “P” dengan kota “R”. Jarak kedua kota 12 km, dengan jumlah penduduk kota “P” 6.000.000 jiwa dan penduduk kota “R” 24.000.000 jiwa.
Berdasarkan data tersebut pusat perbelanjaan sangat cocok dibangun pada ....
A. 8 km dari P ke R
B. 5 km dari R ke P
C. 5 km dari P ke R
D. 4 km dari P ke R
E. 4 km dari R ke P
Jawaban: D

38. Pernyataan:
(1) hutan mangrove
(2) terumbu karang
(3) pertambangan
(4) transportasi laut
(5) keindahan pantai

Potensi maritim yang memiliki manfaat ekologis dan sosial ekonomi ditunjukkan oleh angka ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
E. (3) dan (5)
Jawaban: A

39. Arah pembangunan wilayah seperti gambar lebih pesat berkembang ke arah ....



A. I, aktivitas utama penduduk di sektor pertanian
B. II, wilayah padat penduduk hingga mudah tenaga kerja
C. III, sebagian penduduk bekerja di sektor industri
D. IV, merupakan daerah rawa hingga mudah dikembangkan
E. V, merupakan pusat pertumbuhan yang telah berkembang
Jawaban: C

40. Pernyataan:
(1) angka kematian tinggi
(2) angka harapan hidup tinggi
(3) pertumbuhan penduduk tinggi
(4) pendapatan per kapita tinggi
(5) angka pengangguran tinggi

Pernyataan yang menunjukkan indikator negara berkembang adalah ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (5)
C. (1), (2), dan (4)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
Jawaban: B

41.Gambar siklus batuan.



Sebutkan jenis batuan  pada angka  1, 2, 3, 4a, 4b dan 5 pada gambar  tersebut!
Jawaban:
1. magma
2. batuan beku
3. batuan sedimen klastis
4a. batuan sedimen kimiawi
4b. batuan sedimen organis
5. batuan metamorf


42. Jelaskan mengapa wilayah nomor 1 disebut sebagai wilayah persebaran hewan khas Asiatis dan berikan 3 contoh jenis hewan di wilayah tersebut!



Jawaban: Fauna wilayah ini memiliki kesamaan dengan tipe asia (asiatis). Fauna Indonesia bagian barat disebut juga fauna dangkalan sunda yang pernah menyatu dengan daratan Asia. Jenis fauna Indonesia bagian barat, yaitu :
a. Mamalia, meliputi : gajah, badak bercula batu, tapir, rusa, banteng, kerbau, monyet, orang utan, harimau, bajing, kijang, kelelawar, dan babi hutan.
b. Reptil, meliputi : buaya, kura-kura, kadal, ular, tokek, biawak, bunglon, dan trenggiling.
c. Burung, meliputi : burung hantu, elang, jalak, kutilang, dan merak
d. Serangga, misalnya : kumbang badak
e. Ikan air tawar, seperti : ikan pesut

43. Suatu wilayah kota mengalami pertumbuhan penduduk tinggi, penduduk mengelompok di pusat kota, dan tingkat pendidikan rendah. Uraikan upaya mengatasi dan dampak permasalahan tersebut!
Jawaban: untuk mengatasi masalah ini, bisa dengan cara meningkatkan pembangunan di daerah agar terjadi pemerataan pembangunan, sehingga penduduk tidak lagi mengelompok di pusat kota.

44. Tabel Data penduduk daerah X

Umur (tahun)
Jumlah (jiwa)
0-14
30.000
15-64
100.000
65 ke atas
20.000
Jumlah
150.000


Berdasarkan data di atas, berapa angka ketergantungan daerah X dan berikan penjelasannya!
Jawaban:

Angka ketergantungan
 
= (𝑈𝑠𝑖𝑎 𝑁𝑜𝑛 𝑃𝑟𝑜𝑑𝑢𝑘𝑡𝑖𝑓/𝑈𝑠𝑖𝑎 𝑃𝑟𝑜𝑑𝑢𝑘𝑡𝑖𝑓) 𝑥 100%

=30+20100 𝑥 100%

=50/100 𝑥 100%

=50


45. Kota A berpenduduk 25.000 jiwa, kota B berpenduduk 10.000 jiwa. Jika jarak A-B 50 km. Berapa kekuatan interaksi kota A ke B?
Jawaban:



Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 45+ Contoh Soal USBN Geografi SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

#
Soal USBN Geografi SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc Siza 347kb.
Diupload oleh www.bospedia.com

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • download soal usbn geografi
    • soal usbn geografi dan pembahasannya
    • soal usbn geografi sma 2018
    • soal usbn geografi sma 2016
    • soal usbn geografi 2018
    • soal usbn geografi 2017 pdf
    • materi usbn geografi sma
    • usbn sma geografi 2018, 2019,2020,2021