ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Tips Persiapan Sebelum Membuat Blog dengan Blogger.com

Tips Persiapan Sebelum Membuat Blog dengan Blogger.com - Cara membuat blog sangat mudah namun jika membuat blog yang sukses itu tidak mudah - sebagai orang yang suka berselancar di internet istilah blog atau website mungkin sudah tidak asing lagi, tapi jika ada yang masih kurang tau apa itu blog berikut sedikit pengertianya:

Apa Itu Blog...?
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuannya yang di cari. Konten atau postingan blog diperbarui secara berkala, dan biasanya dikelola oleh satu atau sekelompok user yang disebut blogger.

Tips Persiapan Sebelum Membuat Blog dengan Blogger.com
Tips Persiapan Sebelum Membuat Blog dengan Blogger.com

Apa Itu Blogger...?
Blogger adalah sebutan bagi orang yang menulis di suatu blog.
Blogger itu bukannya nama plarform blog? Ya betul tetapi sekarang orang yang menulis di suatu blog dinamakan blogger, pemilik blog dengan platform wordpress atau platfom joomla juga disebut blogger.

Nah! Bagaiaman cara membuat blog dan menjadi seorang blogger?
Seperti yang saya katakan di atas untuk cara membuat blog itu sangat mudah namun menjadi seorang blogger sukses itu tidak mudah. Saya tidak bilang menjadi blogger sukses itu mestahil karena banyak di indonesia blogger blogger sukses yang menghasilkan ratusan juta dari blog yang mereka kelola.

Untuk mengelola blog sampai menjadi blog besar bukan hal yang mudah apa lagi anda adalah orang yang baru kenal dunia blogger, karena biasanya seseorang yang ingin menjadi blogger hanya memikirkan hasil (uang).

Seperti Blog Bospedia.com ini admin kelola dari nol sampai saat ini dan bukan perjuangan yang singkat untuk membangun Bospedia hingga seperti sekarang banyak hal yang dilalui, dan mungkin anda adalah orang beruntung yang mulai mengenal dunia Internet dan dunia blogger dari sekarang, karena admin merasa telat kenal dengan dunia Internet dan dunia blogger.

Jika anda ingin belajar ngblog dan semoga menjadi blogger sukses di masa depan (Aamiin), saya akan memberikan tips persiapan apa aja sebelum membuat blog:


Tips Persiapan Sebelum Membuat Blog


Berikut adalah hal yang perlu di siapkan sebelum membuat blog:

1. Baca tentang hal yang berkaitan dengan Blogger
Banyak hal yang harus di pelajari sebelum membuat blog jangan sampai setelah membuat blog anda benging mau apa.

Pentingnya membaca untuk bekal anda menjadi seorang blogger, baca hal hal yang berkaitan dengan blog, blogger, cara menulis artikel berkualitas, teknik SEO dan lain lain.

2. Pilih Platform Blog
Patform untuk blogging di internet sangat lah banyak namun disini saya sebutkan 2 saja yang paling populer di indonesia yaitu: blogger.com dan wordpress.

Blogger.com adalah pilihan nomor 1 untuk pemula yang ingin belajar ngblog, namun bukan pemula saja yang menggunkan platform bloger.com karena gratis, namun banyak juga blogger yang sukses dan masih menggunkan platorm blogger.com.

Pilihan nomor 2 wordpress, platform wordpress yang tidak diperuntukan bagi orang baru belajar ngblog, karena harganya yang lumayan mahal untuk menyewa hosting perbulanya, beda dengan blogger.com yang gak perlu sewa hosting karena sudah disediakan gratis oleh Google.

3. Pilih Niche Blog
Pilih Niche atau jensi blog yang akan anda kelola, karena banyak sekali pilihan niche untuk andn pilih seperti niche blog teknologi, blog otomotif, blog kesehatan, blog kecantikan, blog bisnis online, blog travelling dan tempat wisata, blog review produk, blog game, blog download atau blog gado gado (Membahas semua niche) silahkan jika kuat.

Tapi saran saya pilih dengan satu niche saja yang sama dengan minat atau hoby anda, contoh anda suka dengan game dan hoby main game ini bisa menjadi peluang untuk membuat blog dengan niche game, bahas tentang kumpulan game, script cheat, trik & tips bermain game dan lain lain.

4. Pilih nama domain
Memilih dan menentukan nama domain atau judul blog anda juga sangat penting, jangan sampai membuat blog dengan nama domain yang asal asallan. Buat brand yang unik dan menarik yang mencirikhaskan anda sendiri dan mudah diingat mudah diketik maupun diucapkan olah orang.

Contoh bagus: Bospedia (bospedia.com)

Atau juga bingung gunakan nama anda sendiri untuk nama domain dan judul blog anda, namun pastikan dulu jangan terburu buru, jangan sampai anda setelah membuat blog malah masih memikirkan nama blog and.

5. Nulis artikel dulu
Loh kok nulis dulu artikel, kan buat blognya juga belum..?
Nah! Jika anda mengikuti poin poin di atas mungkin anda sudah belajar sedikitnya tentang cara menulis artikel berkualitas untuk blog sekaligus dengan teknik SEO nya.

Jika memang sudah tau cara menulis artike yang berkualitas sempatkan untuk membuat artikel sebelum membuat blog minimal 20 sampai 30 artikel tapi lebih banyak lebih bagus.

Wah banyak amat...?
Tenang tenang, ini juga untuk kepentingan blog yang anda buat. Jika anda sudah membuat artikel sedikitnya 20 artikel anda gak perlu khawati 10 / 20 hari setelah membuat blog karena ada stok artikel yang tinggal di publikasikan saja dan tinggal lanjut memikirkan atikel lain dan hal lainya.

Jika anda males membuat arikel dulu ya silahkan lewat saya cuman menyarankan saja karena kadang seseorang yang baru belajar membuat blog suka ke bingungan untuk menulis artikel jadi saya sarankan buat dulu artikel baru buat blog agar setelah membuat blog tinggal posting posting aja dan tinggal memikirkan hal hal lain.

6. Memilih Template atau Tema
Jika sudah membuat artikel hal yang perlu anda persiapkan adalah template atau tema buat tampilan blog anda.

Template yang bagus itu seperti apa...?
  • SEO Friendly
  • Fast Loading
  • esponsive
  • Mobile-friendly

Gunakan template yang masuk kriteria di atas dan gunkan yang premium (Perbayar) atau jika belum bisa silahkan cari yang masuk kriteria di atas dan yang gratis sembari menambung untuk membeli template premium dan domain TLD.

7. Pilih prangkat dan layanan internet 
Hal yang perlu anda persiapkan selanjutnya adalah memilih prangkat dan layanan internret, pilih prangkat seperti laptop atau komputer untuk blogging.

Bagaimana jika tidak punya...?
Silahkan gunakan smartphone android untuk ngblog namun akan sedikit kesulita tapi itu tidak menutup kemungkinan anda sukses menjadi blogger walau pun bermodalkan hp android saja, karena banya juga blogger yang awalnya bermodalkan hp android sampai bisa membeli laptop atau komputer.

Selanjutnya layanan internet, gunkan layanan internet yang stabil di tempa anda berada dan harganya tidak terlalu mahal hal ini juga penting anda perhatikan.

8. Tips dari anda di sini…
Silahkan komentar di kolom komentar di bawah untuk mengisi poin nomor 8 ini.

Dan jika sudah mempersiapkan tips tips dari saya silahkan untuk segera membuat blog sampai menghasilkan uang.

Pencarian yang sama
  • cara membuat blog di wordpress
  • bagaimana langkah-langkah membuat blog ?
  • sebutkan perencanaan sebelum membuat blog
  • cara membuat blog di wordpress bagi pemula
  • cara membuat alamat blog
  • persiapan membuat blog
  • bagaimana langkah-langkah mendaftar blog ?
  • blogger
Post a Comment

Post a Comment