10 Tips Mudah agar Lulus Ujian Pratest PPG Terbaru

Tips agar Lulus Ujian Pratest PPG 2019 - Pernahkan anda mendengar istilah PPG? Sederhananya, pengertian PPG adalah Pendidikan Profesi Guru, yakni program dari pemerintah yang dikhususkan bagi Guru yang mengabdi di Sekolah dasar hingga Sekolah Menangah Atas. Tujuan PPG sendiri adalah upaya dalam meningkatkan kompetensi para guru, terutama di bidang studinya masing-masing.
10 Tips Mudah agar Lulus  Ujian Pratest PPG Terbaru
10 Tips Mudah agar Lulus  Ujian Pratest PPG Terbaru 

Nah, Syarat untuk bisa mengikuti PPG adalah berhasil lulus pada tahap Pratest-nya. Ujian ini selalu diselenggarakan tiap tahun oleh pemerintah. Sejatinya, ujian pratest PPG ini bertujuan untuk melihat dan memberikan gambaran apakah guru tersebut layak atau tidak.
Karena setelah lulus Pratest PPG, masih banyak tahap-tahap yang harus dilalui didepannya. Namun bagaimanapun, anda harus melalui ujian ini terlebih dahulu. Untuk itu, perlu sekali rasanya mengetahui Tips agar Lulus Pratest PPG 2019 yang akan saja uraikan di bawah ini.

Namun sebelum lanjut, anda harus mengetahui satu hal terlebih dahulu, yakni saya bukanlah seorang guru. Jika terdapat kesalahan fatal dalam uraian ini, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Baiklah, berikut ini adalah beberapa Tips supaya Lulus Ujian PPG 2019 , silakan disimak hingga selesai.

10 Tips agar Lulus Ujian Pratest PPG 2019


1. Niat dan Optimis
Yang pertama sekali tentulah niat dan rasa optimis yang kuat, serta percaya bahwa segala udaha yang akan anda lakukan ini akan berbuah hasil yang manis. Niat yang baik juga harus disertai kerja keras, disiplin, bersungguh-sungguh dan tidak mudah putus asa.

Tapi meskipun sudah berusaha semampunya, dan ternyata hasil yang diterima malah mengecewakan, jangan langsung menyalakan apapun, cukup sadar diri dan berpikiran positif, mungkin ini belum saatnya, anda harus mencobanya pada kesempatan yang lain.

Sadari bahwa kesempatan tidak datang sekali. Sebelum memulai ujian Pratest PPG tersebut, persiapkan diri sematang mungkin dengan segala perbekalan yang bisa diandalkan, baik dari segi penguasaan materi hingga kesehatan fisik anda saat itu.

2. Gali banyak informasi Pratest PPG
Dapatkan informasi-informasi terkait ujian PPG untuk tahun ini, anda bisa mendapatkannya di instansi atau dinas terkait, melalui browsing di internet, serta dari Organisasi Persatuan Guru Indonesia (PGRI), yang pastinya selalu Up to Date mengeluarkan informasi mengenai guru.

Baca juga : 7 Tips agar Lulus ke PTN Favorit

Selain itu, juga bisa dengan mengikuti atau memfollow berbagai akun media sosial resmi terkait informasi PPG, Kemendikbud dan sejenisnya.

Intinya, jangan pernah ketinggalan dari setiap informasi yang diunggah, karena akan ada banyak berita-berita penting yang harus didapatkan setiap harinya.

3. Pelajari dan Analisa Kisi-kisi PPG
Setelah anda melakukan pendaftaran di website resminya, serta seluruh data anda telah terverifikasi dengan valid, maka langkah berikutnya ialah mempersiapkan berbagai materi, yakni dengan cara mempelajari dan mendalami kisi-kisi PPG 2019 atau contoh soal ujian PPG tahun sebelumnya.

Selain itu, buka dan pelajari kembali contoh soal UKG (Ujian Kompetensi Guru), karena pada umumnya, soal-soal yang akan keluar di ujian PPG tidak akan jauh berbeda dengan yang dikeluarkan di UKG.

Semakin sering Anda membahas dan mengulas Kisi-kisi seperti ini, maka semakin mudah pula menjawab soal-soal PPG nantinya.

4. Perhatikan tata cara pengerjaan Soal Ujian PPG
Anggap saja saat ini ujian akan berlangsung. Sebelum memulai, pastinya panitia akan memberikan beberapa arahan dan peraturan dalam mengerjakan soal.

Terlebih lagi, ujian ini dilakukan dengan berbasis komputerisasi, maka peluang terjadinya kesalahan teknis akan semakin besar.

Untuk itu, jangan terburu-buru mengerjakan soal, dengarkan dan pahami terlebih dahulu arahan-arahan yang diberikan.

Jangan sampai nantinya hasil ujian tidak keluar karena ada kesalahan. Setelah semuanya siap, kerjakan soal yang anda di depan anda dengan baik dan teliti.

5. Pahami jenis soal yang disuguhkan
Tips Lulus Pratest PPG berikutnya adalah memahami jenis-jenis soal yang diberikan. Dari berbagai informasi yang saya dapat, katanya ujian PPG kali ini mengusung 4 jenis soal, yakni :
Tes Potensi Akademik (TPA)
Tes Pedagogik
Tes Bidang Studi (TBS)
Tes Bakat dan Minat (TBM)

Silakan anda kumpulkan informasi mengenai 4 jenis soal diatas, lakukan penganalisaan dan pembahasan-pembahasan terkait, di beberapa hari sebelum ujian dilangsungkan. Setiap jenis soal PPG diatas punya jumlah dan waktu pengerjaan yang bervariasi.

6. Gunakan sisa waktu sebaik mungkin
Waktu yang diberikan dalam ujian tentulah terbatas, maka dari itu manfaatkan sisa waktu semaksimal mungkin, usahakan semua soal bisa terjawab dengan baik dan diyakini benar adanya.

Semakin sedikit waktu yang tersisa, umumnya orang akan mulai panik. Nah, kalau bisa, tidak perlu panik, karena akan berpengaruh terhadap konsentrasi dan pikiran anda saat menjawab soal.

Baca juga : 110 Daftar Nama PTN dan PTS Terbaik di Indonesia

Tetap tenang dan enjoy, biarkan saja waktu berjalan, yang jelas anda tahun berapa lagi sisa waktu yang ada, sehingga tidak perlu kaget saat waktu sudah mepet atau tinggal sedikit.

7. Kerjakan dengan Cermat dan Seksama
Poin ke-7 ini erat kaitannya dengan poin no. 6, dimana banyak orang yang menghabiskan waktu karena terpatok pada jenis soal yang sulit, atau tidak anda ketahui jawabannya. Sementara, soal-soal yang mudah akhirnya tidak sempat terselesaikan.

Kerjakan ujian ini dengan cermat dan seksama, salah satu triknya yakni mengerjakan soal-soal yang dirasa mudah dan bisa langsung di jawab.

Setelah selesai, baru beranjak ke jenis soal yang sulit, supaya saat waktu mulai habis, anda tidak terburu-buru lagi untuk mengerjakan soal yang mudah tadi.

8. Fokus
Tips agar Lulus Ujian Pratest PPG berikutnya adalah menjaga kefokusan terhadap soal yang diberikan. Seperti biasanya, akan banyak jenis-jenis soal yang bersifat menjebak atau menipu.

Untuk itu, anda harus lebih teliti lagi mengenai poin ini. Kadang ada soal yang terkesan mudah, padahal jawabannya tidak sejalan dengan perkiraan kita.

9. Periksa ulang jawaban anda
Jika masih tersisa banyak waktu, manfaatkan untuk memeriksa kembali jawaban anda, tapi usahakan di 15-10 menit terakhir. Ini lebih baik daripada bingung atau melamun saja.

Siapa tahu masih ada soal yang belum terjawab, atau jawaban yang dirasa masih meragukan, maka dari itu silakan koreksi kembali sebelum waktu habis dan ujian berakhir.

10. Berdo'a kepada Allah SWT.
Tips supaya Lulus Pratest PPG 2019 yang terakhir adalah poin utama sekaligus terpenting. Selalu dan jangan pernah berhenti untuk berdo'a kepada Allah SWT sebelum memulai, serta berserah diri dan bertawakal saat ujian telah selesai.

Biarkan Dia yang mengatur dan menentukan hasil yang akan anda terima. Yang jelas, anda telah berusaha semaksimal mungkin.

Kita hanya berusaha, namun Allah lah yang menentukan. Perbanyak berdo'a agar apapun yang dilakukan mendapat Ridho dari Allah SWT.

Demikianlah, ulasan mengenai Tips Lulus Ujian Pratest PPG 2019. Lakukan dan pahami secara keseluruhan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah semuanya selesai, serahkan kepada Allah SWT. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Pencarian yang paling banyak dicari
  • apa tindak lanjut jika tidak lulus pretest 2018
  • pretest ppg 2019
  • jadwal pretest ppg 2019
  • soal pretest ppg
  • pretest ppg 2018 tahap 2
  • soal pretest ppg 2018
  • nasib guru yang tidak lulus pretest ppg
  • soal pretest ppg kemenag 2018