ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Lengkap - 20+ Contoh Soal UH / PH untuk kelas 6 SD/MI Tema 4 Subtema 3 Pengetahuan

20+ Contoh Soal untuk kelas 6 SD/MI Tema 4 Subtema 3 Pengetahuan - Adik adik kelas VI SD/MI, yang sedang mencari soal soal untuk dijadikan sebagai latihan, nah kebetulan kali ini kakak menyediakan soal tersebut untuk adik adik, soal ini kakak ambil dari mata pelajaran Tematik tentang tema 4 dan subtema 3 yang pembahasannya adalah "PENGETAHUAN", soal ini kakak sediakan sebanyak 20 soal termasuk dengan kunci jawabannya. Semoga bermanfat ya.
20+ Contoh Soal UH / PH untuk kelas 6 SD/MI Tema 4 Subtema 3 Pengetahuan
20+ Contoh Soal UH / PH untuk kelas 6 SD/MI Tema 4 Subtema 3 Pengetahuan

Soal untuk kelas 6 SD/MI Tema 4 Subtema 3 Pengetahuan

20+ Contoh Soal untuk kelas 6 SD/MI Tema 4 Subtema 3 Pengetahuan - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal untuk kelas 6 SD/MI Tema 4 Subtema 3 Pengetahuan ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal untuk kelas 6 SD/MI Tema 4 Subtema 3 Pengetahuan.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut bospedia memberikan Soal untuk kelas 6 SD/MI Tema 4 Subtema 3 Pengetahuan

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

Kerjakan soal-soal berikut ini !

1. Apa contoh tindakan dari cinta produk Indonesia?
2. Bagaimana sikap kita dengan adanya berbagai macam kebudayaan di Indonesia?
3. Bagaimana mewujudkan persatuan dalam keragaman budaya?
4. Sikap untuk mewujudkan persatuan dalam keragaman budaya

Perhatikan bacaan berikut !
Indonesia Luncurkan Program Akademi Energi Surya Pertama di Asia Tenggara

Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) meluncurkan “Solar Academy” pertama di Asia Tenggara, yaitu institusi pendidikan dan pelatihan tenaga surya. Peluncuran ini ditandai dengan penyelenggaraan seminar “Solar Energy for Our Future”  pada Selasa 24 Juli 2012 di  Universitas Indonesia. Seminar dihadiri oleh para pakar energi dari Jerman,  wakil dari ASEAN, serta pemerintah selaku penentu kebijakan energi nasional. Seminar membahas tentang potensi, perkembangan, serta penggunaan energi terbarukan  tenaga surya di Indonesia dan di Asia Tenggara. Indonesia  dan negara-negara di Asia Tenggara merupakan negara kaya potensi sumber energi terbarukan, khususnya tenaga surya. Namun potensi pemanfaatan tenaga surya tersebut belum optimal.   

Sel surya merupakan lempengan tipis terbuat dari silikon yang dapat mengubah langsung cahaya matahari menjadi energi listrik. Lempengan sel surya tersebut diberi muatan postif dan muatan negatif. Saat cahaya mengenai lempengan tersebut, kemudian akan memicu muatan positif untuk bertemu dengan muatan negatif sehingga terjadilah arus listrik. Saat ini penggunaan sel surya masih terbatas hanya dalam skala kecil seperti pada barang-barang elektronik dan sebagai pembangkit listrik pada daerah-daerah  yang masih sulit dijangkau oleh jaringan listrik. Terbatasnya pengguna sel surya dikarenakan biaya untuk membuat lempengan silikon cukup tinggi. Dengan perkembangan teknologi, diharapkan dapat ditemukan cara untuk meningkatkan efisiensi kerja dari sel surya.

Pendirian Akademi Surya ini merupakan wujud nyata kepedulian UI yang diharapkan dapat menjawab permasalahan bangsa Indonesia mengenai krisis energi saat ini. Usaha mencari sumber energi alternatif yang bersih, tidak berpolusi, aman, dan dengan persediaan yang tidak terbatas, sebagai 99 Subtema 3: Globalisasi dan Cinta Tanah Air pengganti bahan bakar fosil perlu terus diupayakan, di antaranya adalah energi surya. Di era globalisasi ini,  dengan adanya kebutuhan energi yang makin besar, penggunaan sumber energi listrik yang beragam tampaknya tidak bisa dihindari
5. Apa topik masalah pada teks diatas?
6. Apa kesimpuan dari teks diatas?
7. Jangan lupakan Pasar Tradisional
Hai, kawan-kawan di seluruh Indonesia. Dalam artikel ini, kita akan membahas seputar pasar tradisional. Kita tidak boleh melupakan pasar tradisional dalam maraknya era globalisasi. Seperti contoh, kita pasti lebih senang berbelanja ke supermarket atau mall. Karena, suasananya tidak pengap dan lebih nyaman untuk berbelanja dibandingkan dengan berbelanja di pasar tradisional.

Apakah kalian lupa, Indonesia dari zaman dulu terkenal karena pemasaran sumber daya alamnya. Dulu, hanya ada pasar tradisional yang telah memperjualbelikan berbagai barang. Sehingga, pasar tradisional merupakan warisan budaya leuhur kita terdahulu. Mungkin, pasar tradisional sudah ada sebelum masa penjajahan di Indonesia. Banyak kapal-kapal asing berlayar ke Indonesia, karena ingin membeli rempah-rempah yang terjual pasar-pasar (tradisional). Pasar tradisional tidak akan berubah ciri khasnya secara total. Pasar tradisional tak boleh dilupakan.
Apa kesimpulan paragraf diatas?
8. Apa dampak cinta produk Indonesia bagi para pengrajin dalam negeri?
9. Apa yang terjadi jika kita lebih banyak membeli barang dari luar negeri?
10. Sebutkan barang yang di ekspor oleh Indonesia?
11. Bagaimana sejarah berdirinya ASEAN?
12. Sebutkan tujuan dari dibentuknya ASEAN?
13.

Pesan apa yang disampaikan pada poster tersebut?
14. Jenis reklame yang berisi gambar/ tulisan menarik dan informatif dengan ukuran besar, ditempatkan di tempat umum dan strategis menggunakan tiang besar dan kuat dan bersifat semi permanen adalah
15.

Gambar diatas merupak jenis reklame …..
16. Sebutkan kriteria brosur yang baik?
17. Berikan contoh sumber energi listrik!
18. Berikan contoh sumber energi listrik disekitar kita !
19. Alat yang digunakan untuk mengukur kuat arus listrik baik untuk arus  DC maupun AC yang terdapat dalam rangkaian tertutup.
20. Alat yang digunakan untuk mengukur besar tegangan listrik pada sebuah rangkaian listrik tertutup

Kunci Jawaban 
1. Membeli dan menggunakan produk buatan negeri sendiri
Bangga akan produk buatan negeri sendiri
Memberdayakan pabrik pabrik di negeri sendiri
Meminimalisir pengguanan barang impor"
2. Sadar bahwa setiap manusia di ciptakan berbeda .
Sadar bahwa semua manusia tidak bisa menentukan akan terlahir sebagai suku apa dan bangsa apa.
Menjadikan perbedaan sebagai kekayaan bukan kekurangan .
Membicarakan baik-baik jika ada perselisihan.
3. Kehidupan yang serasi, selaras dan seimbang Pergaulan antarsesama yang lebih akrab Perbedaan yang ada tidak menjadi sumber masalah Pembangunan berjalan lancer.
4. Tidak memandang rendah suku atau budaya yang lain
Tidak menganggap suku dan budayanya paling tinggi dan paling baik
Menerima keragaman suku bangsa dan budaya sebagai kekayaan bangsa yang tak ternilai harganya.
Lebih mengutamakan negara daripada kepentingan daerah atau suku masing-masing.
5. Di era globalisasi  dengan adanya kebutuhan energi yang makin besar, penggunaan sumber energi listrik yang beragam tampaknya tidak bisa dihindari. Untuk menghindari krisis energi maka dubutuhkan energi alternatif
6. Pendirian Akademi Surya ini merupakan wujud nyata kepedulian UI yang diharapkan dapat menjawab permasalahan bangsa Indonesia mengenai krisis energi saat ini
7. Pasar tradisional merupakan warisan budaya leluhur kita terdahulu. Pasar tradisional mempunyai ciri yang khas. Sehingga di era globalisasi ini pasar tradisional tidak boleh berubah
8. Meningkatkan pendapatan masyarakat
Membuka lebih luas pemasaran produk dari pengrajin.
9. Melemahkan perekonomian masyarakat lokal
Negara tidak produktif hanya konsumtif
Negara tidak bisa maju.
10. Hasil PertanianContoh karet, kopi kelapa sawit, cengkeh, teh, lada, kina, tembakau dan cokelat. Hasil Hutan Contoh kayu dan rotan. Hasil Perikanan Hasil perikanan yang banyak di ekspor merupakan hasil dari laut produk ekspor hasil perikanan, antara lain ikan tuna, cakalang, udang dan bandeng.
11. ASEAN berdiri pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok dan hal yang mendasari berdirinya organisasi tersebut adalah Deklarasi Bangkok yang ditandatangi oleh lima menteri luar negri negara-negara di Asia tenggara seperti Adam Malik (Indonesia), Tun Abdul Razak (Malaysia), Narsisco Ramos (Filiphina), Thanat Koman (Thailand), dan S. Rajaratnam (Singapura)
12. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, serta pengembangan kebudayan di wilayah Asia Tenggara

Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional
Peningkatan kerjasama yang aktif serta saling bantu membantu diantara negara-negara anggota dalam memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan kepentingan bersama yang mencakup bidang ekonomi, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, administrasi, dan juga teknik Saling bantu membantu baik itu dalam bidang sarana-sarana latihan dan juga penelitian dalam bidang pendidikan, profesional, administrasi, dan teknik.

Membina dan menjalin kerjasama yang lebih efektif dalam rangka meningkatkan hasil pertanian, industri, perluasan perdagangan komoditi internasional, perbaikan sarana dan prasarana pengangkutan dan komunikasi, serta peningkatan taraf hidup rakyat dari negara-negara anggota.
Meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan diantara negara-negara anggota
Memelihara kerjasama yang erat dengan organisasi-organisasi internasional maupun regional lainnya dengan tujuan yang sama, serta untuk lebih menjajaki kemungkinan-kemungkinan diadakannya kerjasama yang lebih erat lagi satu sama lainnya."

13. Masa depan bumi yang sedang kita tinggali berada ditanggan kita. Jadi selama kita tetap melestarikan bumi kedepannya bumi masih dapat memberikan manfaat kepada kita, begitu sebaliknya jika kita senantiasa merusak bumi, kedepan sumber daya bumi akan habis, kepunahan, pencemaran dll, dan kita tidak bisa hidup tanpa itu semua.
14. Baliho.
15. Billboard
16. Slogan jelas dan mudah dimengerti. Bahasa baik dan menarik dengan ukuran huruf yang sesuai. Ilustrasi menarik dan mudah diingat, Tata letak gambar dan tulisan baik.
17. Minyak, angin, Nuklir, Gelombang air, panas bumi, batu bara, tenaga matahari, Hidro elektrik, Biomass.
18. Baterai, Akkumulator (Aki), Dinamo.
19. Amperemeter.
20. Voltmeter.


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 20+ Contoh Soal untuk kelas 6 SD/MI Tema 4 Subtema 3 Pengetahuan ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

#
Soal untuk kelas 6 SD/MI Tema 4 Subtema 3 Pengetahuan   File ini dalam Bentuk .pdf File Size 60kb
Diupload oleh www.bospedia.com


    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal kelas 6 tema 4 subtema 3
    • soal tema 4 subtema 3 kelas 6 sd
    • kisi kisi soal kelas 6 tema 4 subtema 3
    • soal tema 4 kelas 6 revisi 2020
    • soal tema 4 kelas 6 revisi 2021
    • soal sbdp kelas 6 tema 4 subtema 3
    • soal ulangan tema 4 kelas 6 organ gerak hewan dan manusia
    • soal tema 4 kelas 6 revisi 2019
    •  pdf 2018,2019,2020,2021,2022


    Post a Comment

    Post a Comment