Dampak Corona Virus dalam Dunia Pendidikan

Dampak Corona Virus dalam Dunia Pendidikan - Virus corona lebih dikenal dengan covid-19 yang akhir-akhir ini menjadi trending topik dunia. Koronavirus atau coronavirus adalah sekumpulan virus dari subfamili Orthocoronavirinae dalam keluarga Coronaviridae dan ordo Nidovirales. Dengan coronavirus menyebar dengan cepat di seluruh Asia, Eropa, Timur Tengah, Amerika Serikat dan Indonesia negara-negara telah mengambil tindakan cepat dan tegas untuk mengurangi perkembangan pandemi yang meluas. Dalam beberapa minggu terakhir, ada beberapa pengumuman yang menunda kehadiran di sekolah dan universitas. Pada 16 Maret, Presiden mengumumkan bahwa Kerja dari Rumah, Belajar dari Rumah, Ibadah di Rumah Perlu Digencarkan.
Nuriza Nazira Putri - Dampak Corona Virus dalam Dunia Pendidikan
Perpanjangan Libur bagi Siswa dan Mahasiswa diprediksi hingga setelah lebaran, ini membuktikan bahwa Pelajar harus belajar dirumah dengan cara guru memberikan tugas-tugas agar berada dirumah masih terkait dengan proses belajar belajar. Dengan cara ini membuat siswa tidak boleh terlena akan masa liburan. Namun para guru juga menyiapkan proses belajar secara online dengan aplikasi Whatshap, ZOOM dll.

Melalui Surat Edaran Mendikbud nomor 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa darurat Penyebaran Covid-19 Coronavirus Disease (covid-2019), Mendikbud menjelaskan tentang aturan lebih rinci masalah pon-poin pembelajaran jarak jauh.

Dalam poin 2 surat edaran tersebut dijelaskan, Proses Pembelajaran belajar dari Rumah untuk siswa dan mahasiswa dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Belajar dari Rumah Merupakan pembelajaran daring/jarak jauh dilaksanakan agar memberikan pengalaman belajar yang lebih terkesan bagi siswa maupun mahasiswa, tanpa terbebani tuntutan di seluruh capaian pada kurikulum agar  kenaikan kelas maupun kelulusan nantinya.
  • Belajar dari Rumah harusnya difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini.
  • Aktivitas dan tugas pembelajaran yang diberika untuk Belajar dari Rumah dapat bervariasi antarsiswa maupun mahasiswa, sesuai minat dan kondisi masing-masing sekolah maupun universitas, termasuk mempertimbangkan untuk kesenjangan akses/ fasilitas belajar di rumah.
  • Bukti atau produk aktivitas proses Belajar dari Rumah diberi umpan balik agar mendapat lebih baik dan bersifat kualitatif dan berguna dari guru dan dosen, tanpa diharuskan memberi skor/ nilai kuantitatif.
Berikut ini merupakan daftar mitra layanan pembelajaran proses daring yang memberikan akses belajar online secara gratis:
  1. Bospedia
  2. Google Indonesia 
  3. Kelas Pintar 
  4. Microsoft Quipper
  5. Sekolahmu
  6. Ruangguru 
  7. Zenius
  8. IndonesiaX
  9. MejaKita
  10. Cisco System Indonesia
  11. ICANDO
  12. Udemy dan
Metode belajar di rumah bagi siswa dan mahasiswa, menurut salah satu peneliti dijepang yaitu Toyoizumi. Belajar dirumah juga bermanfaat bagi orang tua karena bisa melihat langsung Proses perkembangan belajar anak.  Agar Siswa maupun mahasiswa aman, proses pelajaran yang dilaksanakan di rumah merupakan tempat aman bagi mereka. Maka Diagram tentang virus ini semakin lama akan menurun. Berikut beberapa tips agar Belajar dirumah tidak membosankan.
  1. Buat suasana tempat belajar semenarik mungkin.
  2. Tetap melakukan aktivitas seperti biasa bila berada dirumah.
  3. Agar lebih Focus bikin jadwal belajar seperti jadwal belajar dikampus ataupun di sekolah.
  4. Biar lebih seru dalam belajar, coba buat permainan/ games agar proses belajar lebih menarik.
  5. Untuk lebih aktif, Beri tugas kepada Siswa maupun mahasiswa.
Sekian dulu dari saya, Semoga bermanfaat untuk kita semua. Yang bertanda tangan dibawah ini Nurisa Nazira Putri.

Tentang Penulis
Nama : Nurisa Nazira Putri
NIM : 190565201005
Jurusan : Ilmu Pemerintahan
Mata Kuliah : Bahasa Indonesia
Universitas Maritim Raja Ali Haji

Sumber : Kompasiana, cnn, dan kemendikbud


Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel