ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Cara Beli Cryptocurrency untuk Pemula

Cara Beli Cryptocurrency untuk Pemula - Salah satu instrumen investasi yang plaing menarik saat ini yaitu investasi cryptocurrency atau mata uang kripto. Bukan tanpa alasan, mengingat potensi uang digital di masa depan, harga crypto di akhir 2020 hingga tahun 2021 meningkat gila-gilaan, ada yang bahkan terapresiasi hingga ribuan persen. Beberapa aset kripto paling populer seperti Bitcoin (BTC), Ripple (XRP), Dogecoin (DOGE), Ethereum (ETH), Cardano (ADA), Binance Coin (BNB), dan beberapa altcoin baru terbaik seperti Shiba Inu (SHIB) dan sebagainya. Banyak masyarakat Indonesia, khususnya tertarik untuk beli crypto, tapi mereka masih bingung tentang apa itu crypto dan bagaimana cara beli cryptocurrency di tahun 2021 ini. Jangan khawatir, kami menyediakan panduan investasi mata uang kripto dari edusaham.

Cara Beli Cryptocurrency untuk Pemula
Cara Beli Cryptocurrency untuk Pemula

Apa itu Cryptocurrency?

Cara paling sederhana untuk memahami cryptocurrency adalah dapat digunakan untuk pembayaran tetapi tidak dikeluarkan oleh bank sentral, seperti Bank Indonesia. Sebaliknya, crypto dihasilkan melalui perangkat lunak (software) yang mengenkripsi data transaksi untuk dikendalikan dan disimpan oleh pemiliknya.

Tujuan cryptocurrency adalah untuk membangun sebuah sistem keuangan yang independen dari sistem perbankan; suatu bentuk uang yang tidak bisa diambil tanpa seizin pemiliknya. Dengan kata lain, mata uang kripto tidak dapat dengan mudah dibekukan, disita, atau digelembungkan, dan di luar campur tangan pemerintah atau perusahaan mana pun. Ini sebenarnya yang menjadi tujuan awal Bitcoin — cryptocurrency pertama dan yang paling terkenal di dunia.

Cryptocurrency seperti Bitcoin sangat kebal dari inflasi yang sewenang-wenang. Pasokan Bitcoin adalah tetap dan tentunya transparan (dapat diketahui): siapa pun dapat memeriksa jumlah bitcoin yang beredar, dan yakin bahwa total pasokan terjadwal – 21 juta koin dalam kasus Bitcoin – yang tidak akan pernah melebihan persediaan (pasokan). Ini karena adanya aturan yang mengatur cryptocurrency untuk ditegakkan oleh kode daripada hanya sekadar keinginan para pemimpin dunia. Tak heran, korporasi besar, seperti Tesla, BNY Mellon, dan sebagainya berinvestasi dan mendukung Bitcoin, khususnya.

Mengapa Investasi di Cryptocurrency? Ini Alasannya.

Selain potensi investasi yang membuat cryptocurrency begitu populer hingga saat ini, ada banyak lagi alasan yang kami yakini setiap orang berhak memilikinya.

Masyarakat

Salah satu hal terbesar tentang cryptocurrency adalah komunitas yang terbentuk di sekitarnya dan orang-orang yang tertarik padanya. Apakah Anda bagian dari 1% atau 99%, ada nilai yang bisa didapat dalam memiliki uang tunai digital yang tidak dapat disita dan memiliki kelangkaan yang dapat diprogram, menciptakan permintaan untuk itu dan mendorong orang untuk menahannya sebagai jangka panjang. investasi jangka.

Transformasi Digital

Dunia telah menjadi digital, dengan peristiwa seperti pandemi virus corona, dan perubahan perilaku sosial dan kerja yang dipicunya, mempercepat tren ini. Kami dengan cepat bergerak ke masyarakat tanpa uang tunai di mana sebagian besar aktivitas kami, dari bekerja hingga berbelanja, dilakukan secara online. Pada saat yang sama, warga semakin khawatir dengan intrusi ke dalam kehidupan digital mereka oleh pemerintah dan perusahaan teknologi, yang tampaknya berniat menggunakan kendali atas cara kita berinteraksi dan bertransaksi.

Pemberdayaan

Cryptocurrency menyediakan cara untuk memanfaatkan pergeseran ke digital sambil mengurangi banyak kerugiannya; hilangnya privasi, sensor, dan deplatforming. Sama seperti tidak ada yang bisa memaksa Anda untuk menggunakan Bitcoin, tidak ada yang bisa mencegah Anda menggunakannya juga. Ini adalah teknologi opt-in: dan sejauh ini, ratusan juta orang telah membuat keputusan untuk berpartisipasi dalam ekonomi cryptocurrency.

Alternatif Keuangan

Memiliki cryptocurrency tidak berarti meninggalkan mata uang nasional Anda dan memotong kartu kredit Anda: Anda masih dapat berinteraksi dengan jalur keuangan dan platform yang Anda kenal dan gunakan setiap hari. Sebaliknya, cryptocurrency memberikan pilihan alternatif bagi mereka yang tidak mempercayai sistem keuangan yang mapan dan orang-orang yang mengaturnya, dan yang lebih suka menempatkan kepercayaan mereka pada matematika daripada pada pemimpin politik dan bankir.

Cara Membeli Cryptocurrency Online Pertama Kali

Jika Anda belum membeli mata uang kripto/cryptocurrency pertama, memulai lebih sederhana dari yang dipikirkan. Platform pembayaran, neobank, bursa, pasar P2P, e-wallet, dan pemroses pembayaran populer memungkinkan Anda untuk membeli dan menjual kripto secara langsung. Namun, metode paling umum dan populer sebagai cara beli cryptocurrency yaitu melalui perusahaan crypto exchange. Di Indonesia, ada 13 perusahaan cryptocurrency exchange terdaftar di Bappebti, seperti Tokocrypto, Indodax, Rekeningku, Pintu, Luno, dan sebagainya. Di dunia, platform crypto terbaik dan terpopuler, seperti eToro, Binance, Coinbase, Capital, Kraken, dan sebagainya. Berikut tahapan beli crypto untuk pemula.

  1. Memilih platform crypto exchange. Seperti yang telah dijelaskan, ada beberapa crypto exchange terbaik di dunia yang bisa Anda manfaatkan. Yang pasti, beberapa yang disebutkan di atas legal dan memiliki izin dari lembaga tertentu.
  2. Registrasi di platform exchange. Setelah menentukan crypto exchange, Anda bisa melakukan pendaftaran atau registrasi secara online. Biasanya mereka menyediakan platform tersendiri yang dapat di download via Google Playstore dan AppStore.
  3. Deposit. Beberapa crypto exchange biasanya menetapkan minimal uang setoran awal (deposit) sebagai persyaratan. Nantinya, uang deposit bisa Anda pakai untuk beli cryptocurrency terbaik 2021.
  4. Transaksi pembelian (buy). Melalui patform yang disediakan, Anda dapat memanfaatkan menu “buy” untuk beli crypto dan “sell” untuk menjualnya.

Cara Beli Cryptocurrency untuk Pemula - Well, itulah cara beli cryptocurrency untuk pemula yang kami rangkum dari website edusaham. Untuk belajar mengenai investasi crypto, investasi saham, dan forex, Anda bisa belajar secara gratis di edusaham. Dengan demikian, Anda memiliki pengetahuan yang cukup sebelum benar-benar terjun ke dunai investasi. Jika Anda telah ahli, mungkin Anda juga bisa menjadi trader yang berfokus pada trading jangka pendek untuk memperoleh profit. Apapun itu, pastikan Anda berinvestasi dengan cerdas, pakai uang dingin, siapkan dana darurat, dan berhentilah untuk mendengar “kata orang”. Miliki kepribadian yang tangguh untuk mengambil langkah terbaik.