ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Bukti-Bukti Transaksi Mapel Ekonomi kelas 12 SMA/MA

Materi Bukti-Bukti Transaksi Mapel Ekonomi kelas 12 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Bukti-Bukti Transaksi dari mata pelajaran Ekonomi untuk adik adik kelas XII SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Bukti-Bukti Transaksi Mapel Ekonomi kelas 12 SMA/MA
Materi Bukti-Bukti Transaksi Mapel Ekonomi kelas 12 SMA/MA

Hai !  Salam sehat dan semangat merdeka belajar ! Selamat berjumpa dalam modul ekonomi kls XII. Dalam Materi ini anda akan mempelajari persamaan dasar akuntansi yang di dalamnya membahas konsep persamaan dasar akuntansi, analisis transaksi dan pencatatan dalam persamaan  akuntansi serta membuat laporan keuangan sederhana berdasarkan persamaan dasar akuntansi. 

Materi pembelajaran tentang persamaan dasar akuntansi adalah materi dasar yang harus dikuasai dengan baik karena akan menentukan pemahaman anda untuk pembelajaran materi yang selanjutnya. Pembuatan laporan keuangan sederhana berdasarkan persamaan akuntansi bisa diterapkan dalam praktik pengelolaan uang dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk dunia usaha maupun pribadi. 

Istilah

  • Aktiva adalah sumber daya suatu perusahaan yang bermanfaat pada waktu sekarang dan waktu yang akan datang 
  • Ekuitas adalah hak pemilik perusahaan atas kekayaan perusahaan. 
  • Goodwill adalah aset tidak berwujud  yang terdapat pada laporan neraca perusahaan, yang muncul pada saat terjadi akuisisi dalam suatu perusahaan terhadap perusahaan lain. 
  • Hak cipta adalah hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya atau memberi ijin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan – pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku. 
  • Hak paten ialah hak eksklusif inventor atas invensi di bidang teknologi untuk selama waktu tertentu melaksanakam sendiri atau memberikan persetujuan kepada pihak lain untuk melaksanakan invensinya. 
  • Obligasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh pihak yang berutang kepada pihak yang berpiutang. Dalam obligasi berisi tanggal jatuh tempo pembayaran utang dan  bunganya. Bunga dlam obligasi disebut kupon. Kupon wajib diberikan oleh penerbit obligasi terhadap pemegang obligasi. 
  • Pasiva atau yang kerap juga disebut sebagai liability ialah hutang atau kewajiban yang harus dibayarka oleh perusahaan pada pihak ketiga. Hal ini bisa mencakup jangka pendek dan jangka panjang 
  • Saham yaitu tanda penyertaan modal seseorang atau pihak  (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. 
  • Utang hipotik adalah kredit yang diberikan atas dasar jaminan berupa benda tidak bergerak. 
  • Utang wesel  ialah utang jangka pendek yang menggunakan jaminan tertentu, tanpa syarat , tercantum dalam perjanjian tertulis dan bisa diperjual belikan kepada orang lain.

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 1 anda diharapkan dapat mengidentifikasi macammacam bukti transaksi keuangan, menjelaskan pengertian akun/rekening, mengklasifikasi akun/rekening, menjelaskan kode akun/rekening dengan teliti, benar, jujur dan bertanggung jawab. 

B. Uraian Materi 

1. Macam-macam bukti transaksi 

Setiap kegiatan dalam perusahaan yang bersifat keuangan harus dicatat dan dilaporkan. Pencatatan tersebut sebaiknya di dasarkan pada dokumen sumber atau bukti transaksi keuangan yang disebut sumber pencatatan. Bukti transaksi dapat dibedakan sesuai dengan kejadiannya, transaksi yang terjadi di perusahaan terdiri dari transaksi internal, dan transaksi yang terjadi dengan pihak di luar perusahaan adalah transaksi eksternal. Kedua transaksi ini secara otomatis dapat mengubah posisi aset, liabilitas dan ekuitas pada perusahaan. Perubahan ini yang akan mempengaruhi keseimbangan dalam persamaan dasar akuntansi. 

Dokumen sumber yang merupakan bukti pencatatan dapat dibedakan menjadi dua , sebagai berikut : 

a. Bukti pencatatan intern atau transaksi internal ada

lah bukti pencatatan yang dibuat perusahaan untuk kepentingan perusahaan sendiri dan tidak berhubungan dengan pihak luar perusahaan , dan biasanya berbentuk  memo.  
Misalnya : 
  • Penyusutan aset tetap 
  • Pemakaian bahan baku 
  • Pemakaian perlengkapan 
b. Bukti pencatatan ekstern atau transaksi eksternal adalah bukti pencatatan yang terjadi antara perusahaan dengan pihak di luar perusahaan.  
Misalnya : 
  • Faktur 
  • Nota 
  • Kuitansi 
Untuk lebih jelasnya, di bawah ini diuraikan tentang macam-macam bukti transaksi yang sering digunakan dalam proses pencatatan akuntansi. 

1) Kwitansi 

Adalah tanda bukti pembayaran yang dibuat dan ditanda tangani oleh pihak penerima uang. Pada jumlah tertentu kuitansi harus dilampiri materai sesuai dengan peraturan yang berlaku. Contoh kwitansi 

2) Nota  

Nota atau nota kontan adalah bukti penjualan atau pembelian tunai. Contoh nota 

3) Cek (Cheque) 

Adalah perintah yang diterima dari pihak lain sebagai alat untuk melakukan pembayaran melalui bank. Contoh Cek 

4) Faktur 

Adalah bukti transaksi untuk pembelian dan penjualan kredit yang dibuat pihak penjual kepada pihak pembeli. Pembeli akan menerima faktur asli sebagai bukti pencatatannya, sedangkan penjual akan menerima faktur tembusan sebagai bukti pencatatannya.  Contoh Faktur 

5) Nota Debit 

Adalah nota yang yang berisikan dokumen transaksi sebagai permintaan pengurangan harga kepada pihak penjual atau bukti yang berisi informasi yang menyatakan tentang pengiriman kembali barang yang tidak sesuai dengan pesanan (rusak). Contoh Nota Debit 

6) Nota Kredit 

Adalah bukti transaksi penerimaan barang yang telah dijual atau pengambilan barang. Nota kredit yang dikeluarkan oleh penjual ini berfungsi sebagai alat persetujuan dari penjual atas permohonan pengurangan harga yang diminta oleh pembeli karena barang yang diterima mengalami kerusakan atau tidak sesuai dengan apa yang dipesan oleh pembeli. Contoh Nota Kredit 


7) Memo/Memorial 

Adalah bukti yang dibuat toleh pimpinan perusahaan atau pihak yang diberi wewenang untuk  bagian akuntansi atau urusan akuntansi. 


2. Pengertian Akun/Rekening 

 Akun atau rekening adalah suatu alat yang digunakan untuk mencatat transaksitransaksi keuangan yang bersangkutan dengan aset, kewajiban, ekuitas, pendapatan, dan beban. Akun atau rekening memberikan informasi tentang operasional perusahaan setiap hari, sehingga dapat diketahui besarnya perubahan aset, liabilitas, ekuitas, pendapatan, dan beban.  

 Jumlah akun yang perlu diadakan dalam pembukuan suatu perusahaan tergantung pada kebutuhan , kumpulan akun yang digunakan suatu perusahaan disebut buku besar atau ledger. 
 

3. Klasifikasi Akun/Rekening 

 Pada dasarnya akun atau rekening diklasifikasikan menjadi dua, yaitu akun riil (posisi keuangan) dan akun nominal (laba-rugi). 

a. Akun Riil ( Posisi Keuangan) 

adalah akun yang pada akhir periode dilaporkan dalam laporan posisi keuangan. Akun ini meliputi akun aset, liabilitas, dan ekuitas (modal). 

1) Rekening Aset (Harta) 

Harta perusahaan yang terdapat dalam akun meliputi aset lancar atau harta lancar, investasi jangka panjang, aset tetap atau harta tetap, dan aktiva/harta tidak berwujud. 
  • Aset Lancar ( Current  Asset) yaitu aset yang mudah dicairkan dan habis dipakai dalam satu periode akuntansi. Contoh : kas, piutang usaha,piutang wesel, surat berharga, perlengkapan,      asuransi dibayar di muka, sewa dibayar di muka, dan lain-lain. 
  • Investasi jangka panjang (Long Terms Investment) adalah investasi yang dilakukan perusahaan dalam jangka waktu lebih  dari satu tahun. Contoh : investasi saham dan investasi obligasi 
  • Aset tetap (fixed asset)   adalah aset berwujud yang digunakan untuk operasi perusahaan dan mempunyai masa manfaat satu tahun atau lebih. Contoh : Tanah atau hak atas tanah, bangunan, mesin, peralatan , kendaraan. 
  • Aset tidak berwujud (intangible asset) adalah aset yang berupa hak-hak istimewa yang dapat menguntungkan perusahaan. Contoh : Goodwill, hak paten, hak cipta, dsb. 

2) Rekening  Liabilitas (utang). 

Dikelompokan menjadi utang lancar dan utang jangka panjang. 
  • Liabilitas lancar (current liability) adalah liabilitas yang harus dilunasi dalam jangka waktu kurang dari 1 tahun. Contoh : utang usaha, utang wesel, utang gaji, pendapatan dterima di muka, beban yang terutang. 
  • Liabilitas jangka panjang (long term liability) adalah liabilitas kepada pihak lain ayau kreditur yang harus dilunasi dalam jangka waktu lebih dari 1 tahun. Contoh : utang obligasi, utang hipotik, utang bank, KIK, KMKP. 

3) Rekening Ekuitas (modal ) 

adalah bagian hak pemilik terhadap kekyaan 
perusahaan, yaitu selisih  antara aset dikurangi dengan liabilitas. 
 

B. Akun Nominal (Laba-Rugi) 

Adalah akun yang pada akhir perode dilaporkan dalam laporan laba-rugi. Meliputi akun : 

1) Pendapatan atau penghasilan adalah hasil bruto yang diterima perusahaan dalam melakukan operasionalnya. 
  • Pendapatan usaha : pendapatan jasa, penjualan barang dagangan. 
  • Penapatan di luar usaha : pendapatan bunga, pendapatan dari laba penjualan aset tetap. 
2) Beban adalah biaya-biaya yang dikeluarkan perusahaan dan yang harus diakui selama usaha untuk memperoleh pendapatan. 
  • Beban usaha : beban gaji, beban sewa, beban listrik, dll 
  • Beban di luar usaha : beban bunga, rugi penjualan aset, dsb 

4. Kode Akun Atau Rekening 

Pemberian nomor kode akun dalam pencatatan transaksi keuangan sangat diperlukan. Kegunaannya adalah : 
  • Menyediakan identifikasi ringkas 
  • Mempermudah pencarian rekening yang diinginkan 
  • Mempermudah pencatatan dan penyimpanan data 
  • Mempermudsh untuk melakukan proses selanjutnya 
Penyusunan nomor kode akun harus disesuiakan dengan kebutuhan unit usaha (perusahaan) yang bersangkutan. Pemberian nomor kode akun dalam suatu perusahaan dapat dilakukan dengan empat cara, yaitu : 

a. Sistem Numerial (Numerical) 

Yaitu sistem pemberian nomor kode akun dengan menggunakan angka. Penyusunananya sebagai berikut : 

Contoh   
101 Kas 
102 Piutang dagang 
103 Piutang Wesel 
104 Perlengkapan 
121 Peralatan 
122 Akumulasi penyusutan 
peralatan dan seterusnya 
 

b. Sistem Desimal  

Adalah pemberian kode akun dengan menggunakan dasarangka sepuluh digit, yaitu angka 0 sampai dengan 9. 
Contoh : 
121.         Gedung 
121.1. Akumulasi penyusutan gedung 
122.         Inventaris 
122.1. Akumulasi penyusutan inventaris 

c. Sistem Mnemonic  

Adalah pemberian kode dengan menggunakan huruf . 
Contoh ; 

   

d. Sistem Kombinasi Huruf dan Angka 

Pada sistem ini setiap akun diberi kode dengan menggunakan  huruf dan angka. 

 

C. Rangkuman 

  • Sumber pencatatan adalah  transaksi yang merupakan data yang relevan yang terjadi dalam perusahaan. 
  • Pengertian akun adalah suatu alat yang digunakan untuk mencatat transaksitransaksi keuangan yang bersangkutan dengan aset, kewajiban, ekuitas, pendapatan, dan beban. Klasifikasi akun  atau rekening terdiri atas akun riil dan akun nominal. 
  • Akun Riil terdiri : 
    • Aset (Harta) 
    • Liabilitas ( Utang) 
    • Ekuitas (Modal) 
  • Akun Nominal terdiri dari : 
    • Pendapatan atau penghasilan 
    • Beban 
  • Pemberian nomor akun dalam suatu perusahaan dapat dilakukan dengan empat cara , yaitu : 
    • Sistem numerial 
    • Sistem desimal 
    • Sistem mnemonic 
    • Sistem kombinasi huruf dan angka 

D. Latihan Soal 

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !   

1. Manakah akun-akun dibawah ini yang termasuk akun-akun nominal. 
A. Pendapatan, beban, ikhtisar laba-rugi 
B. Pendapatan, beban dibayar dimuka, dan ikhtisar laba-rugi 
C. Pendapatan diterima dimuka, beban, dan ikhtisar laba-rugi 
D. Pendapatan diterima dimuka, modal, dan ikhtisar laba-rugi 
E. Modal, beban, prive, dan ikhtisar laba-rugi 
  
2. Transaksi pembelian secara kredit didukung dengan bukti transaksi …. 
A. Nota kontan 
B. Faktur 
C. Nota debet 
D. Nota kredit 
E. Kwitansi 
 
3. Dibawah ini yang termasuk transaksi eksternal adalah .... 
A. Penggunaan perlengkapan 
B. Penggunaan peralatan 
C. Pembelian peralatan 
D. Pemanfaatan gedung 
E. Pemakaian harta oleh pemilik  
 
4. Pengertian harta lancar perusahaan adalah …. 
A. Harta yang dimiliki perusahaan yang nilai gunanya diatas 1 tahun 
B. Harta yang dimiliki perusahaan yang nilai gunanya hanya dibawah 1  tahun 
C. Harta yang dimiliki perusahaan yang dapat digunakan untuk operasional  perusahaan 
D. Harta yang dimilliki perusahaan yang cepat dijadikan uang tunai 
E. Uang perusahaan yang diinvestasikan ke perusahaan lain lebih dari 1 tahun  
 
5. Nota pemberitahuan mengenai barang yang dikembalikan, karena tidak sesuai dengan yang dipesan atau tuntutan pengurangan harga yang dikirim pembeli kepada penjual disebut …. 
A. Nota debet  
B. Faktur pembelian  
C. Nota kredit  
D. Faktur penjualan  
E. Memo 
 
6. Pemberian  nomor  kode  rekening  atau akun dengan cara mnemonic yang benar adalah …. 
A. 115 Perlengkapan  
B. 11e Perlengkapan  
C. 511 Beban gaji 
D. Ae   Perlengkapan  
E. B5   Beban gaji 
 
7. Akun berikut yang termasuk akun riil adalah…. 
A. sewa dibayar di muka, perlengkapan kantor, dan gaji yang akan dibayar 
B. kas, piutang usaha, bunga diterima di muka, wesel tagih, dan  pendapatan giro 
C. piutang usaha, utang usaha, gedung kantor, beban asuransi, dan peralatan 
D. kas, piutang, utang usaha, pendapatan sewa, peralatan kantor, dan gedung 
E. wesel tagih, wesel bayar, penjualan karcis, kas, piutang, dan perlengkapan 
 
8. Hasil  bruto yang diterima perusahaan dalam melakukan operasionalnya disebut.... 
A. Piutang 
B. Equitas 
C. Kas 
D. Liabilitas 
E. Pendapatan 
 
9. Pengertian akun atau rekening ialah .... 
A. Catatan operasional perusahaan 
B. Daftar aktivitas setiap bagian dalam perusahaan 
C. Catatan peristiwa penting yang terjadi dalam perusahaan 
D. Suatu daftar yang mencatat kejadian-kejadian dalam perusahaan 
E. Suatu alat yang digunakan untuk mencatat transaksi-transaksi keuangan yang bersangkutan dengan aset, kewajiban, ekuitas, pendapatan, dan beban. 
 
10. Perhatikan akun dibawah ini 
  1. Kas 
  2. Utang 
  3. Piutang 
  4. Saham 
  5. Perlengkapan 
  6. Ekuitas 
Yang  termasuk dalam akun aset (harta) lancar adalah : 
A. 1,2.3  
B. 1,3,5   
C. 2,3,4   
D. 2,3,5  
E. 3,4,6 
 
KUNCI JAWABAN
  
1. A
Akun nominal adalah adalah akun yang pada akhir perode dilaporkan dalam laporan laba-rugi. Contoh akun nominal adalah pendapatan, beban dan ikhtisar laba-rugi 

2. B
Faktur adalah  bukti transaksi untuk pembelian dan penjualan kredit yang dibuat pihak penjual kepada pihak pembeli. Pembeli akan menerima faktur asli sebagai bukti pencatatannya, sedangkan penjual akan menerima faktur tembusan sebagai bukti pencatatannya 

3. C
Transaksi eksternal adalah transaksi yang terjadi antara perusahaan dengan pihak di luar perusahaan 

4. D
Harta lancar adalah yaitu harta yang dimiliki perusahaan dan mudah dicairkan atau dijadikan uang tunai  

5. A
Nota debit adalah nota yang yang berisikan dokumen transaksi sebagai permintaan pengurangan harga kepada pihak penjual atau bukti yang berisi informasi yang menyatakan tentang pengiriman kembali barang yang tidak sesuai dengan pesanan (rusak) 

6. D
Sistem Mnemonic adalah pemberian kode dengan menggunakan huruf. Contohnya Ae Perlengkapan 

7. A
Akun riil ( posisi keuangan) adalah akun yang pada akhir periode dilaporkan dalam laporan posisi keuangan. Akun ini meliputi akun aset, liabilitas, dan ekuitas (modal). Contohnya sewa dibayar di muka, perlengkapan kantor, dan gaji yang akan dibayar 

8. E
Pendapatan atau penghasilan adalah hasil bruto yang diterima perusahaan dalam melakukan operasionalnya. Pendapatan dibedakan menjadi pendapatan operasional dan non operasional 

9. E 
Akun atau rekening adalah suatu alat yang digunakan untuk mencatat transaksi-transaksi keuangan yang bersangkutan dengan aset, kewajiban, ekuitas, pendapatan, dan beban. Akun atau rekening memberikan informasi tentang operasional perusahaan setiap hari, sehingga dapat diketahui besarnya perubahan aset, liabilitas, ekuitas, pendapatan, dan beban. 

10. B
Harta lancar adalah harta yang mudah dicairkan dan habis  dipakai   dalam satu periode akuntansi. Contoh : kas, piutang usaha,piutang wesel, surat berharga, perlengkapan,   asuransi dibayar di muka, sewa dibayar di muka 
 

E. Penilaian Diri 

Setelah anda mempelajari materi dan mengerjakan  latihan soal, bagaimanakah penguasaan anda terhadap materi-materi berikut ? Yang harus anda lakukan adalah melakukan penilaian diri dengan menjawab pertanyan-pertanyaan berikut  secara jujur dan bertanggungjawab. Caranya dengan memberi tanda ceklist (✓)pada kolom YA atau TIDAK. 
  • terdapat jawaban “Tidak”, maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada materi yang masih dijawab “Tidak”. 
  • Bila semua jawaban anda “Ya’ , maka anda dapat melanjutkan kegiatan pembelajaran berikutnya. 
 Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Bukti-Bukti Transaksi Mapel Ekonomi kelas 12 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Bukti-Bukti Transaksi File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • materi administrasi transaksi kelas 11 semester 1
    • pendokumentasian bukti-bukti penggunaan anggaran
    • bagaimanakah prosedur dalam pengumpulan bukti pembayaran transaksi
    • pendokumentasian bukti transaksi penting dalam suatu instansi atau perusahaan mengapa
    • jelaskan cara penyimpanan bukti-bukti transaksi pada ordner
    • apa tujuan dari pendokumentasian bukti transaksi sebutkan
    • tuliskan prosedur dalam mengelola bukti transaksi
    • nota debit adalah
    •  
    Post a Comment

    Post a Comment