ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Pengertian, Ide, Peluang Dan Sumber Daya Usaha Pengolahan Makanan Awetan Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Materi Pengertian, Ide, Peluang Dan Sumber Daya Usaha Pengolahan Makanan Awetan Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Pengertian, Ide, Peluang Dan Sumber Daya Usaha Pengolahan Makanan Awetan Dari Bahan Pangan Hewani dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas X SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Pengertian, Ide, Peluang Dan Sumber Daya Usaha Pengolahan Makanan Awetan Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA
Materi Pengertian, Ide, Peluang Dan Sumber Daya Usaha Pengolahan Makanan Awetan Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Modul ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE) sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang proses perencanaan usaha pengolahan makanan awetan dari bahan pangan hewani meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran.  

Materi perencanaan usaha pengolahan makanan awetan dari bahan pangan hewani meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran ini adalah materi yang sangat penting dan harus kalian kuasai karena berguna dalam kehidupan sehari-hari sebagai perencanaan awal untuk memulai suatu usaha yang berkaitan dengan usaha usaha pengolahan makanan awetan dari bahan pangan hewani. 

Dalam mempelajari modul ini kalian harus membaca dengan cermat kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi disertai refleksi. 

Semoga Materi ini bermanfaat, kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya. 

Istilah

  • Administrasi : suatu proses yang umumnya terdapat pada usaha kelompok negara, swasta, sipil, atau militer serta berbagai bentuk perkumpulan untuk mencapai tujuan bersama. 
  • Pemasaran : suatu cara yang dilakukan oleh individu atau organisasi atau produsen untuk menyebarluaskan informasi seputar produk atau jasa yang dihasilkan kepada konsumen demi memperoleh keuntungan dengan melalui beberapa strategi yang diterapkan dalam perusahaan tersebut. 
  • Peluang Usaha : kesempatan yang dimiliki seseorang untuk mencapai tujuan (keuntungan, uang, kekayaan) dengan cara melakukan usaha yang memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki. 
  • Perencanaan : proses yang mendefinisikan tujuan dari organisasi, membuat strategi digunakan untuk mencapai tujuan dari organisasi, serta mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. 
  • Sumber Daya Usaha : segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya. 
  • Kongjungtur : pertukaran naik turunnya kemajuan dan kemunduran ekonomi yang terjadi secara bergantiganti. 
  • Resiko Usaha : sebuah tindakan yang dihubungkan dengan suatu kemungkinan munculnya kerugian yang tak terduga dan memang tidak diharapkan terjadi. 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini, kalian diharapkan dapat: 
  1. Menjelaskan tentang pengolahan makanan dari bahan hewani. 
  2. Menjelaskan ide dan peluang usaha pegolahan makanan dari bahan hewani. 

B. Uraian Materi 

Kewirausahaan makanan akan selalu menarik dan mempunyai prospek yang cukup baik untuk terus dikembangkan. Seperti sumber daya alam dari nabati, begitupun sumber daya alam dari hewani di negeri ini cukup beragam dan melimpah. Seperti dari bidang peternakan ada sapi, kambing, ayam, bebek, dan lainnya. Sumber lainnya dari bidang perikanan juga cukup besar, baik perikanan laut maupun darat. 

Pengolahan Makanan Awetan dari Bahan Pangan Hewani 

Produk makanan awetan adalah produk makanan dan minuman yang sudah mengalami proses pengolahan sehingga mempunyai keawetan yang lebih tinggi.  Makanan awetan tidak identik dengan makanan yang menggunakan pengawet, karena untuk mengawetkan makanan dan minuman, banyak proses yang bisa dilakukan. Proses pengolahan yang baik juga dapat mengawetkan produk makanan dan minuman. 
 
Bahan pangan hewani merupakan bahan-bahan makanan yang berasal dari hewan atau olahan yang bahan dasarnya dari hasil hewan.  
 
Contoh makanan awetan dari bahan pangan hewani, antara lain: 

1. Dendeng 

Makanan awetan dari bahan baku seperti dendeng ini merupakan daging yang dipotong-potong tipis menjadi serpihan lemak. Rasa dari daging dendeng ini adalah asin dan setengah manis dan tidak perlu disimpan di lemari es.  

2. Udang Ebi 

Makanan awetan dari bahan hewani dari Indonesia lainnya yaitu, udang ebi. Udang ebi adalah produk makanan awetan yang berbahan baku udang yang diolah dengan cara dikeringkan. Selain bergizi, makanan awetan ini juga tahan lama.  

3. Ikan Asin 

Makanan awetan dari bahan hewani ikan asin yang melakukan dua metode pengawetan. Yaitu, penambahan garam dan pengeringan. Peluang bisnisnya sangat terbuka besar karena ada banyak sekali orang yang menyukai ikan asin. 

4. Mentega 

Pengolahan makanan awetan hewani seperti mentega ini berasal dari susu. Kemudian, susu difermentasi sehingga menjadi krim. 

5. Sosis, Makanan Awetan dari Bahan Hewani 

Sosis terbuat dari daging ayam atau sapi yang digiling halus dan dicapur dengan bahan lainnya. Makanan awetan ini bisa bertahan cukup lama untuk dikonsumsi.  

6. Kornet 

Contoh makanan awetan hewani selanjutnya ialah, kornet. Kornet terbuat dari campuran daging sapi ini bisa diolah menjadi berbagai macam sajian. 

7. Keju, Makanan Awetan dari Bahan Hewani 

Keju berasal dari susu sapi atau kambing yang difermentasi oleh jamur, seperti Penicillium camemberti dan Penicillium roqueforti.  

8. Nugget Ayam 

Nugget ayam adalah salah satu makanan awetan hewani hasil olahan ayam yang memiliki cita rasa tertentu, biasanya berwarna kuning keemasan. Saat ini, nugget ayam menjadi salah satu produk olahan daging ayam yang berkembang pesat.  

9. Bakso 

Selanjutnya, makanan awetan berbahan hewani yang mudah dibuat adalah bakso. Bakso umumnya terbuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka. 

10. Telur Asin, Makanan Awetan dari Bahan Hewani 

Telur asin biasanya menggunakan telur bebek. Dalam proses pengawetannya telur asin akan direndam dengan garam hingga matang.  

11. Makanan Awetan Daging atau Ikan Asap 

Contoh makanan awetan seperti daging dan ikan asap ini pengolahannya dengan cara menempatkannya di suatu wadah lalu diasapi. 

Ide dan Peluang Usaha 

Kegiatan pengolahan produk masakan awetan bahan baku hewani merupakan salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan bagi masyarakat. Potensi sumber daya alam hewani di Indonesia cukup potensial untuk diolah menjadi masakan awetan. propinsi Jawa Tengah di daerah Semarang terkenal dengan makanan olahan awetan bandeng prestonya, tau di propinsi Banten   yang mempunyai potensi hasil perikanan ikan bandeng yang dimanfaatkan menjadi masakan awetan seperti sate bandeng, sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat tersebut, untuk itu kita harus selalu bersyukur atas karunia yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Negara Indonesia mempunyai berbagai ragam hasil bumi yang melimpah baik yang berasal dari bahan nabati maupun hewani.  

Beberapa jenis ikan bandeng di Indonesia, antara lain: 
Habitat tempat hidup bandeng adalah pada air tawar, payau hingga laut, dengan kisaran kadar garam antara 0-140 promil. Atau ikan ini dapat dilakukan di kolam/sawah, air payau (tambak), dan menggunakan keramba di laut.  
 
Selain pertumbuhannya yang cepat, ikan ini juga sangat diminati pasar karena memiliki rasa yang nikmat, bergizi tinggi, dan mudah diolah menjadi berbagai macam makanan. Mulai dari otak-otak bandeng, bandeng presto, bandeng goreng, dan masih banyak lagi.  
 
Menciptakan peluang usaha sangat erat hubungannya dengan Ide Usaha. Ide Usaha dapat diperoleh dari pengalaman atau dari sumber lainnya, seperti penyuluhan atau diklat materi yang berkaitan tentang bagaimana membuat pengolahan bahan baku yang berawasal dari bahan Hewani.  
 
Ide dapat diubah menjadi peluang usaha. Peluang usaha adalah suatu ide yang menarik atau usulan usaha yang memberi kemungkinan untuk memberikan hasil bagi investor atau yang mengambil resiko. Peluang usaha digambarkan oleh persyaratan dan mengarah ke penyediaan suatu usaha produk yang dibuat atau ditambahkan nilainya untuk keperluan pembeli. 
 
Suatu peluang usaha yang baik mampu memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut: 

1. Permintaan yang nyata 

Merespon kebutuhan yang tidak dipenuhi atau mensyaratkan pelanggan yang mempunyai kemampuan untuk membeli dan bisa memilih. 

2. Pengembalian investasi 

Memberikan hasil dalam jangka waktu yang cepat dan tepat waktu. 

3. Kompetitif 

Dapat mengimbangi sudut pkalianng pelanggan dengan produk yang tersedia 

4. Mencapai tujuan 

Memenuhi tujuan dan aspirasi dari orang atau organisasi yang mengambil resiko. 

5. Ketersediaan sumber daya dan keterampilan 

Terjangkau oleh pengusaha dari segi sumber daya, kompetensi dan persyaratan hukum. 
 
Sumber Daya Dalam Perencanaan Usaha  
 
Dalam menjalankan usaha makanan awetan, bukan hanya modal dan produk berkualitas saja yang dibutuhkan, tetapi memerlukan sumber daya yang mampu untuk mengembangkan usaha tersebut agar tetap berjalan sesuai tujuan yang ingin tercapai. Sumber daya merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam berwirausaha. Apapun bidang yang kita lakukan, seperti membuka usaha pengolahan awetan dari bahan baku ikan bandeng.  
 
Sumber daya yang dibutuhkan dalam hal kegiatan penunjang perencanaan usaha antara lain: 

1. Man (Manusia)  

Man berupa tenaga kerja. Ini merupakan hal yang sangat vital dalam sebuah usaha. 
Contoh: dalam bidang pengolahan ikan bandeng, sumber daya man yang dimaksud adalah orang yang mengolah ikan bandeng yang mampu melakukan pengolahan ikan tersebut. 

2. Money (Uang) 

Money berupa modal usaha atau biasanyan berupa uang. Pada dasarnya semua kegiatan membutuhkan modal awal dimana kita bisa melakukan hal-hal berupa pengorbanan yang akan membuat modal tersebut akan kembali menjadi modal dan memiliki tambahan yang kita sebut untung. 
Contoh: Pada saat membuka usaha pengolahan ikan bandeng harus ada modal usaha untuk membeli peralatan dan juga bahan bakunya yaitu ikan. 

3. Material (Bahan) 

Material yang dimaksud adalah bahan yang dibutuhkan selama berkegiatan atau membuka usaha. 
Contoh: dalam usaha pengolahan ikan bandeng dibutuhkan bahan-bahan yang akan diolah.  

4. Machine (Mesin) 

Machine yang dimaksud adalah berupa peralatan yang digunakan. 
Contoh: dalam pengolahan bahan awetan ikan bandeng kita membutuhkan alatalat seperti kolam sebagai media hidup ikan dan aerator sebagai alat untuk menyaring kotoran yang terdapat pada air.  

5. Method (Metode) 

Method disini adalah cara kerja atau sistem kerja yang dapat dilakukan untuk mewujudkan tujuan dalam melakukan suatu usaha. 
Contoh: Metode pengawetan ikan bandeng yang dapat dilakukan untuk mendapatkan banyak hasil ataupun metode pemilihan ikan sebagai bahan bakunya.  

6. Market (Pasar)  

Market disini adalah berupa pemasaran. Tentunya pada akhir usaha diperlukan pemasaran yang berguna untuk menghasilkan keuntungan terhadap modal awal yang dibutuhkan untuk suatu barang tersebut. 
Contoh: Setelah ikan bandeng diproses untuk dijual, maka produsen mencari pasar terdekat yang dijadikan sebagai pusat penjualan hasil olahan ikan bandeng tersebut.  

C. Rangkuman 

Produk makanan awetan adalah produk makanan dan minuman yang sudah mengalami proses pengolahan sehingga mempunyai keawetan yang lebih tinggi.   
 
Suatu peluang usaha yang baik mampu memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut: 
  1. Permintaan yang nyata 
  2. Pengembalian investasi 
  3. Kompetitif 
  4. Mencapai tujuan 
  5. Ketersediaan sumber daya dan keterampilan 
Sumber daya yang dibutuhkan dalam hal kegiatan penunjang perencanaan usaha antara lain: 
  1. Man (Manusia)  
  2. Money (Uang) 
  3. Material (Bahan) 
  4. Machine (Mesin) 
  5. Method (Metode) 
  6. Market (Pasar) 

D. Penugasan Mandiri 

  1. Perhatikan lingkungan sekitarmu! Identifikasikan jenis pengolahan awetan dari bahan pangan hewani! 
  2. Carilah ide peluang usaha pengolahan awetan dari bahan pangan hewani berdasarkan potensi yang ada di daerahmu! 

E. Latihan Soal 

  1. Apa yang dimaksud dengan produk makanan awetan? 
  2. Sebutkan contoh produk olahan makanan awetan dari bahan pangan hewani! 
  3. Jelaskan peluang usaha produk makanan awetan dari bahan baku hewani! 
  4. Sebutkan kriteria yang baik dalam peluang usaha! 
  5. Sebutkan sumber daya yang dibutuhkan dalam hal kegiatan penunjang perencanaan usaha!  

Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal 

1.Produk makanan awetan adalah produk makanan dan minuman yang sudah mengalami proses pengolahan sehingga mempunyai keawetan yang lebih tinggi.  
 
2. Contoh makanan awetan antara lain: 
  • Dendeng 
  • Udang Ebi 
  • Ikan Asin 
  • Mentega 
  • Sosis 
  • Kornet 
  • Keju 
  • Nugget Ayam 
  • Bakso 
  • Telur Asin 
  • Daging atau Ikan Asap 
3. Pengawetan merupakan salah satu teknik pengolahan bahan pangan. Pengawetan dapat dilakukan dengan beragam cara. Beberapa di antaranya adalah pemvakuman kemasan, pengasapan, pengawetan, hingga pembekuan. Usaha ini menekankan pada cara yang unik dan berbeda dalam menyantap makanan. Alih-alih menggunakan bahan mentah, usaha ini menggunakan bahan yang telah siap saji, hanya perlu dihangatkan. Selain itu, cara makannya juga unik, bisa langsung dari kemasan kaleng. Dengan demikian peluang usahanya akan lebih tinggi karena makanan menjadi lebih tahan lama. 
 
4. Suatu peluang usaha yang baik mampu memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut: 
a. Permintaan yang nyata 
b. Pengembalian investasi 
c. Kompetitif 
d. Mencapai tujuan 
e. Ketersediaan sumber daya dan keterampilan 
 
5. Sumber daya yang dibutuhkan dalam hal kegiatan penunjang perencanaan usaha antara lain: 
a. Man (Manusia)  
b. Money (Uang) 
c. Material (Bahan) 
d. Machine (Mesin) 
e. Method (Metode) 
f. Market (Pasar) 
 

F. Penilaian Diri 

Tabel Refleksi Diri Pemahaman Materi  


Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Kalian dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Pengertian, Ide, Peluang Dan Sumber Daya Usaha Pengolahan Makanan Awetan Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
 Pengertian, Ide, Peluang Dan Sumber Daya Usaha Pengolahan Makanan Awetan File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • contoh perencanaan usaha pengolahan makanan awetan dari bahan nabati
    • apakah peranan analisis sumber daya dalam sebuah perencanaan usaha
    • tentukan peluang usaha jenis makanan yang telah kalian ciptakan/ hasilkan
    • jelaskan kriteria peluang usaha!
    • biaya produksi suatu usaha pengolahan makanan dapat ditentukan dengan memperhatikan
    • tuliskan jenis makanan awetan yang berasal dari nabati minimal 5 jenis
    • perencanaan bisnis
    • sasaran pasar yang paling tepat untuk produk awetan kripik buah dari malang adalah
    Post a Comment

    Post a Comment