Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Konsep Dan Prinsip Pergaulan Sehat Pada Remaja Mapel PJOK kelas 10 SMA/MA

Materi Konsep Dan Prinsip Pergaulan Sehat Pada Remaja Mapel PJOK kelas 10 SMA/MA - Hai adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja, kebetulan pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah disusun, materi ini kakak ambil dari mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan tentang Materi Konsep Dan Prinsip Pergaulan Sehat Pada Remaja dan sudah dilengkapi dengan latihan soal serta kunci jawaban pembahasan. Semoga dengan adanya materi ini bisa membantu adik adik Semangat!!

Materi Konsep Dan Prinsip Pergaulan Sehat Pada Remaja Mapel PJOK kelas 10 SMA/MA
Materi Konsep Dan Prinsip Pergaulan Sehat Pada Remaja Mapel PJOK kelas 10 SMA/MA

Pergaulan merupakan proses interaksi yang dilakukan oleh individu dengan individu atau individu dengan kelompok. Artinya, manusia sebagai makhluk sosial tidak lepas dari kebersamaan dengan manusia lain. Dalam KBBI, sehat adalah baik seluruh badan atau bagian-bagiannya (bebas dari sakit). Sehat adalah kondisi di mana segala sesuatu berjalan normal dan bekerja sesuai fungsinya dan sebagaimana mestinya. 
Pergaulan Sehat adalah proses interaksi yang dilakukan oleh individu dengan individu, atau individu dengan kelompok dengan normal baik tubuh, jiwa dan kehidupan sosialnya.  Pergaulan tidak sehat atau pergaulan bebas adalah salah satu bentuk perilaku menyimpang. Bebas yang dimaksud adalah melewati batas-batas norma ketimuran yang ada. 

Istilah

  • Prinsip : Asas (kebenaran yang menjadi pokok dasar berpikir, bertindak, dan sebagainya); dasar.(KBBI). 
  • Konsep : Menurut KBBI : 1 rancangan atau buram surat dan sebagainya; 2 ide atau pengertian yang diabstrakkan dari peristiwa konkret: satu istilah dapat mengandung dua yang berbeda; 3 Ling gambaran mental dari objek, proses, atau apa pun yang ada di luar bahasa, yang digunakan oleh akal budi  untuk memahami hal-hal lain mengonse /me·ngon·sep/  membuat konsep (rancangan). 
  • Pergaulan : Merupakan jalinan hubungan sosial antar individu yang berlangsung relatif lama sehingga terjadi saling mempengaruhi. 
  • Pergaulan sehat: Proses interaksi yang dilakukan oleh individu dengan individu, atau individu dengan kelompok dengan normal baik tubuh, jiwa dan kehidupan sosialnya. 
  • Pergaulan tidak sehat/bebas : Salah satu bentuk perilaku menyimpang. Bebas yang dimaksud adalah melewati batas-batas norma ketimuran yang ada. 
  • Penyimpangan sosial : Menurut Paul B Horton, perilaku menyimpang adalah setiap perilaku yang dinyatakan sebagai pelanggaran terhadap norma-norma kelompok atau masyarakat. 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan mampu : 
  1. Memiliki kesadaran tentang arti penting menjaga kesehatan sebagai wujud rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa. 
  2. Memiliki disiplin dan rasa ingin tahu untuk mempelajari konsep pergaulan sehat sebagai upaya menjaga kesehatan.  
  3. Memahami konsep dan prinsip pergaulan sehat antar remaja sebagai upaya menjaga kehamilan pada usia sekolah. 
  4. Mempresentasikan konsep dan prinsip pergaulan sehat antar remaja sebagai upaya menjaga kehamilan pada usia sekolah. 

B. Uraian Materi 

1. Konsep Pergaulan Sehat Remaja 

Pergaulan berasal dari kata gaul yang diartikan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai hidup berteman (bersahabat). Pergaulan merupakan proses interaksi yang dilakukan oleh individu dengan individu lain, atau dapat juga antara individu dengan kelompok, yang artinya manusia sebagai makhluk sosial tak akan pernah lepas dari kebersamaan dengan manusia lain. Pergaulan mempunyai pengaruh yang besar dalam pembentukan kepribadian seorang individu. Pergaulan yang ia lakukan itu akan mencerminkan kepribadiannya, baik pergaulan yang positif maupun pergaulan yang negatif. Pergaulan yang positif itu dapat berupa kerja sama antarindividu atau kelompok guna melakukan hal–hal yang positif. Pergaulan yang sehat adalah pergaulan yang tidak terjebak dalam dua kutub yang ekstrem, yakni terlalu sensitif (menutup diri) atau terlalu bebas. Konsep pergaulan semestinya lebih ditekankan kepada hal-hal positif, seperti mempertegas eksistensi diri atau guna menjalin persaudaraan serta menambah wawasan yang bermanfaat.  

Gambar 1. Himbauan menjauhi free se*x sebagai bentuk dari  pergaulan sehat 

2. Mengidentifikasi konsep pergaulan sehat pada remaja 

a. Ciri-ciri pergaulan sehat ; 
  1. Berahlak Mulia 
  2. Senantiasa berprasangka baik 
  3. Pemaaf 
  4. Jauh dari rasa iri dengki 
  5. Memiliki sifar malu 
  6. Berusaha menepati janji 
  7. Selalu mengingat pada kebaikan 
  8. Membantu teman 
  9. Memberi nasehat yang baik 
  10. Tidak membicarakan aib teman 
    Gambar 2. Ciri-ciri pergaulan sehat 
b. Bentuk – bentuk  pergaulan sehat ;  
  1. Kelompok bermain teman sebaya 
  2. Kelompok belajar 
  3. Kegiatan pengembangan diri 
  4. Kegiatan keagamaan 
  5. Kegiatan karang taruna 
  6. Kegiatan pencinta alam 
  7. Kegiatan social kemasyarakatan 
    Gambar 3. Aktifitas yang harus dihindari oleh remaja 
c. Pengaruh positif pergaulan sehat 
  1. Lebih mengenal nilai nilai dan norma social yang berlaku sehingga mampu membedakan mana yang pantas dan mana yang tidak dalam melakukan sesuatu. 
  2. Lebih mengenal kepribadian masing-masing orang sekaligus menyadari bahwa manusia memiliki keunikan yang perlu dihargai. 
  3. Mampu menyesuaikan diri dalam berinteraksi dengan banyak orang sehingga mampu meningkatkan rasa percaya diri. 
  4. Mampu membentuk kepribadian yang baik sehingga bisa diterima diberbagai lapisan masyarakat. 
d. Tips bergaul secara sehat  
  1. Adanya kesadaran beragama bagi remaja. Bagi anak remaja, sangat diperlukan adanya pemahaman, pendalaman, serta ketaatan terhadap ajaran agama agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan tidak sehat. 
  2. Memiliki rasa setia kawan rasa setia kawan. Hal ini dibutuhkan agar dapat terjalin hubungan sosial remaja yang baik, rasa setia kawan dalam hal-hal yang positif dan bukan sebaliknya. 
  3. Memilih teman. Maksud dari memilih teman adalah untuk mengantisipasi agar kita tidak terpengaruh dengan sifat yang tidak baik/sehat. Walaupun begitu, teman yang pergaulannya buruk  tidak harus kita asingkan, melainkan kita tetap berteman dengannya tapi harus menjaga jarak. Jangan terlalu dekat/akrab dengan orang yang memiliki sifat yang tidak baik/sehat. 
  4. Mengisi waktu dengan kegiatan yang positif. Misalnya diarahkan untuk mengembangkan keterampilan atau penyaluran bakat olahraga, memperdalam kajian agama, menulis cerpen, menggambar, atau lainnya. 
  5. Laki-laki dan perempuan memiliki batasan-batasan tertentu. Remaja harus menjaga jarak dengan lawan jenisnya sesuai dengan norma agama dan norma sosial di Indonesia. Misalnya menyapa teman lawan jenis dengan sapaan yang baik, bersahabat dan berteman dengan lawan jenis dengan saling menghormati dan menghargai, memakai pakaian yang sesuai dengan situasi dan kondisi serta tidak mempertontonkan aurat. 
  6. Menstabilkan emosi. Kita harus mampu mengendalikan emosi diri kita, jangan sampai emosi yang menguasai diri kita. Sabar adalah salah satu kunci penguasaan emosi. Cobalah melatih diri dalam menyelesaikan masalah dengan komunikasi, bukan dengan amarah atau emosi. 
 
3. Mengidentifikasi pergaulan tidak sehat pada remaja 

Pergaulan tidak sehat atau biasa disebut pergaulan bebas adalah salah satu bentuk perilaku menyimpang. “bebas” yang dimaksud adalah melewati batas-batas norma ketimuran yang ada.  

a. Ciri-ciri pergaulan tidak sehat 
  1. Suka menghamburkan harta untuk hal yang tidak baik 
  2. Sering menghalalkan segala cara termasuk dari jalan yang haram dan keji. 
  3. Munafik ( Kalau berkata dusta; Kalau berjanji ingkar ; Kalau diberiamanat Khianat; Kalau bersumpah palsu) 
  4. Rasa ingin mencoba dan merasakan 
  5. Perubahan emosi 
  6. Perubahan pikiran 
  7. Perubahan lingkungan pergaulan 
  8. Perubahan tanggung jawab 
  9. Mudah mengalami kegelisahan,tidak sabar . 
  10. Emosional, selalu ingin melawan. 
  11. Rasa malas, perubahan dalam keinginan, ingin menunjukkan eksistensi dan kebanggaan diri 
  12. selalu ingin mencoba hal negatif 
b. Bentuk-bentuk perilaku menyimpang / pergaulan tidak sehat
Jenis penyimpangan sosial yang terjadi ditengah masyarakat antara lain: 
  1. Penyimpangan seksual. Penyimpangan seksual adalah perilaku seksual yang tidak seharusnya dilakukan. Misalnya, perzinahan, suka sesama jenis, kumpul kebo, pemerkosaan. 
  2. Penyalahgunaan narkotika Zat yang seharusnya diberikan kepada orang sakit untuk mengurangi rasa sakit justru dikonsumsi orang sehat. Obat penenang yang seharusnya untuk pasien jiwa, justru digunakan orang sehat.  
  3. Perkelahian pelajar Perkelahian menjadi suatu masalah yang serius karena peserta tawuran cenderung mengabaikan norma yang ada dan merusak apa saja yang ada di sekitarnya.  
  4. Alkohol Minuman alkohol memiliki efek negatif terhadap saraf. Selain membuat mabuk, juga berdampak pada otak tidak bisa berpikir secara normal. Akibatnya tidak bisa mengendalikan fisik, sosial, maupun psikologis. 
  5. Tindakan kriminal Suatu bentuk pelanggaran norma hukum yang menyangkut pidana dan perdata, serta merugikan orang lain.  
  6. Penyimpangan dalam gaya hidup Sikap arogansi merupakan kesombongan terhadap sesuatu yang dimiliki. Sikap ini masuk dalam penyimpangan sosial. Sikap arogansi biasanya dilakukan untuk menutupi kekurangan yang dimiliki.  
  7. Sikap eksentrik merupakan perbuatan yang menyimpang dari biasanya sehingga dianggap aneh. 
c. Dampak penyimpangan social/pergaulan tidak sehat terhadap diri pribadi adalah:  
  1. Pergaulan bebas 
  2. Bentuk perbuatan dosa yang dapat mencelakakan dirinya sendiri Merusak akal sehat 
  3. Ketergantungan obat 
  4. Menurunnya derajat kesehatan 
  5. Menyebarkan penyakit 
  6. Menurunnya prestasi 
d. Dampak penyimpangan social/pergaulan tidak sehat terhadap  keluarga adalah:  
  1. Menghancurkan masa depannya sendiri dan keluarga 
  2. Merenggangkan hubungan keluarga 
  3. Menimbulkan beban sosial, psikologis, dan ekonomi keluarga  
e. Dampak penyimpangan social/pergaulan tidak sehat terhadap  masyarakat adalah:  
  1. Dikucilkan dalam kehidupan masyarakat 
  2. Dijauhi oleh pergaulan Mengganggu keamanan dan ketertiban lingkungan sosial  
  3. Meningkatkan kriminalitas 
  4. Merusak tatanan nilai, norma, dan moral masyarakat bangsa. 
Gambar 4.  penyimoangan pada remaja 

f. Analisis Penyebab Pergaulan Tidak Sehat Pada Remaja 
1) Agama dan Iman 
Agama dan keimanan merupakan landasan hidup seorang individu. Tanpa agama, hidup mereka akan kacau karena mereka tidak mempunyai landasan hidup. Agama dan keimanan dapat membentuk kepribadian individu. Dengan agama, individu dapat membedakan mana yang baik dan mana yang tidak baik. Remaja yang ikut ke dalam pergaulan tidak sehat ini biasanya tidak mengetahui mana yang baik dan  tidak baik. 

2) Perubahan zaman         
Seiring dengan perkembangan zaman, kebudayaan pun ikut berkembang atau yang lebih sering dikenal dengan globalisasi. Remaja biasanya lebih tertarik untuk meniru kebudayaan barat yang berbeda dengan kebudayaan kita, sehingga memicu mereka untuk bergaul seperti orang barat yang lebih bebas. 

3) Kesenjangan 
Kesenjangan ekonomi dan pertunjukan kemewahan di media masa memungkinkan seseorang terpicu untuk ikut bermewah mewahan tanpa melihat kemampuan ekonominya. Akibatnya, tidak jarang yang menempuh jalan sesat guna memenuhi kehidupan mewahnya. Kesenjangan pendapat antara orang tua dan remaja mengandung arti bahwa sebagian remaja Indonesia masih memiliki pandangan bahwa orang tua mereka ketinggalan zaman dalam urusan orang muda. Remaja cenderung meninggalkan orang tua dalam menentukan bagaimana mereka akan bergaul.  

4) Kurang Kontrol 
Berkurangnya kontrol terhadap remaja dapat mengakibatkan lepas kontrol sehingga tidak jarang sesuatu sudah terlambat. Remaja menganggap bahwa masalah pergaulan adalah urusan anak-anak muda, nanti orang tua akan campur tangan ketika telah terjadi sesuatu. Padahal, ketika sesuatu itu telah terjadi, segala sesuatu sudah terlambat. 
 
g. Analisis Pencegahan Pergaulan Tidak Sehat Pada Remaja 

Untuk menumbuhkan kesadaran akan bahaya pergaulan tidak sehat, remaja perlu diberi pendidikan mengenai dampak pergaulan tidak sehat dan memberi pendidikan kerokhanian agar mereka sadar tentang apa akibat yang akan ditimbulkan dari pergaulan tidak sehat, baik bagi diri sendiri, keluarga, maupun lingkungan. Pembentuk jati diri yang utama adalah lingkungan.  Lingkungan yang sehat akan melahirkan remaja yang sehat pula, tetapi sebaliknya lingkungan yang kurang baik akan membentuk pribadi remaja yang kurang sehat. Lingkungan yang kurang baik juga bisa menjerumuskan remaja kepada pergaulan tidak sehat. 

Remaja yang sudah masuk ke dalam lingkungan yang salah akan sulit sekali untuk kembali ke dalam lingkungan yang baik karena anak usia remaja memilki jiwa dan pikiran yang masih labil. Untuk itu, peran orang tua dan lingkungan terdekat sangat diperlukan dalam menciptakan remaja yang baik dan memiliki pergaulan yang sehat.  Berikut ini adalah faktor faktor pencegahan pergaulan tidak sehat pada remaja; 
1) Keluarga 
Kepribadian seseorang mulai terbentuk dengan baik jika lahir dan tumbuh berkembang dengan lingkungan keluarga yang baik, begitu sebaliknya. 

2) Sekolah 
Faktor sekolah adalah tempat menimba ilmu yang memberikan pendidikan moral selain dari pendidikan umum. 

3) Lingkungan dan teman 
Faktor lingkungan dan teman adalah tempat yang sangat memengaruhi watak seseorang. Hal ini karena dalam pergaulan, dituntut agar mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan 4) Informasi 
Setiap orang harus dapat membedakan informasi yang bersifat baik dan tidak untuk menghindari arus penyimpangan sosial.  
 
4. Prinsip Pergaulan Sehat Remaja 
  • Menyadari adanya perkembangan diri bertumbuh, sehingga melahirkan kebutuhan untuk berelasi dengan teman sejenis maupun dengan lawan jenis. 
  • Relasi yang dibangun hendaknya memberi nilai positif pada kedua belah pihak. Relasi yang dibangun hendaknya sama-sama menyenangkan, menciptakan rasa aman, mengatasi masalah yang mungkin muncul, dan membangun simpati sehingga memberi makna bagi remaja dalam bergaul tetap di tingkatan yang wajar. 
  • Mau belajar untuk mengerti, menghargai, serta bersikap dengan tepat terhadap sahabat, khususnya lawan jenis. Hak ini bertujuan untuk menciptakan keseimbangan. 
  • Tidak berprasangka bahwa bersahabat dengan lawan jenis pasti akan memunculkan masalah “perasaan suka”. Persahabatan antara laki-laki dan perempuan tidak harus menjadikan mereka “saling suka”. Mereka tetap dapat berteman dengan baik dan wajar. 
  • Apabila dalam persahabatan antar lawan jenis timbul “perasaan suka”, hal itu wajar saja dan seharusnya tidak mengurangi arti persahabatan. 
  • Persahabatan antara lawan jenis sering berlanjut pada proses pacaran. Apabila demikian, diantara keduanya harus ada komitmen untuk saling terbuka, menghormati kelebihan dan kekurangan, dan membuat kesepakatan-kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak. 

C. Rangkuman 

Pergaulan Sehat adalah proses interaksi yang dilakukan oleh individu dengan individu, atau individu dengan kelompok dengan normal baik tubuh, jiwa dan kehidupan sosialnya.Pergaulan tidak sehat biasa disebut dengan pergaulan bebas adalah salah satu bentuk perilaku menyimpang, “bebas” yang dimaksud adalah melewati batas-batas norma ketimuran yang ada.. Dari segi bahasa pergaulan artinya proses bergaul, sedangkan bebas artinya terlepas dari ikatan. Jadi pergaulan bebas artinya proses bergaul dengan orang lain terlepas dari ikatan yang mengatur pergaulan. 
 
Bentuk-bentuk pergaulan sehat, Kelompok belajar/bermain teman sebaya.  
Kegiatan keagamaan, karang taruna,pengembangan diri, pencinta alam, sosial masyarakat. Bentuk-bentuk pergaulan tidak sehat, Penyimpangan seksual/pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba, perkelahaian pelajar, minumminuman keras alkohol ,tindakan kriminal dll. 
 
Remaja sangat perlu diberi pendidikan mengenai dampak pergaulan tidak sehat dan memberi pendidikan kerokhanian agar mereka sadar tentang apa akibat yang akan ditimbulkan dari pergaulan tidak sehat, baik bagi diri sendiri,keluarga, maupun lingkungan. 
 

D. Penugasan Mandiri  

1. Identifikasi tanda-tanda pergaulan sehat dan pergaulan tidak sehat pada remaja kemudian golongkan dengan tanda (√) hasilnya, dengan format sebagai berikut :    

2. Membuat Identifikasi Bahaya pergaulan tidak sehat dan Akibat pergaulan tidak sehat pada remaja kemudian golongkan dengan tanda (√) hasilnya, dengan format sebagai berikut : 


E. Latihan Soal   

Kerjakan dan jawablah soal-soal latihan di bawah ini dengan cara memberikan uraian singkat dengan jelas! 

1. Pengertian dari pergaulan sehat adalah….  
2. Pengertian dari pergaulan tidak sehat adalah… 
3. Buatlah analisa sederhana penyebab pergaulan tidak sehat pada remaja… 
4. Sebutkan bentuk-bentuk pergaulan sehat… 
5. Jelaskan upaya -upaya untuk mencegah pergaulan tidak sehat…. 

 
Pembahasan Latihan Soal
1. Pergaulan sehat adalah pergaulan yang tidak terjebak dalam dua kutub yang ekstrem, yakni terlalu sensitif (menutup diri) atau terlalu bebas. 

2. Pergaulan tidak sehat yaitu salah satu bentuk perilaku menyimpang. “Bebas” yang dimaksud adalah melewati batasbatas norma ketimuran yang ada.  

3. Penyebab pergaulan tidak sehat pada remaja :   
a) Tidak memiliki landasan agama dan iman yang kuat 
b) Meniru budaya buruk dari luar yang bertentangan dengan norma 
c) Kesenjangan ekonomi keluarga 
d) Kurangnya pengawasan orang tua  

4. Bentuk-bentuk pergaulan tidak sehat pada remaja    
a) Penyimpangan seksual   
b) Penyalahgunaan narkoba   
c) Perkelahian antar remaja   
d) Konsumsi minuman beralkohol   
e) Tindakan kriminal  
f) Penyimpangan gaya hidup 
g) Sikap eksentrik    

5. Upaya-upaya untuk mencegah pergaulan tidak sehat   
a) Kondisi keluarga yang kondusif    
b) Menjadi pelajar yang fokus dengan segala aktifitas belajar baik disekolah atau luar sekolah   
c) Memiliki lingkungan dan teman yang memiliki pengaruh positif    
d) Mampu menyaring informasi    

F. Penilaian Diri 

Berilah tanda ceklis (√) pada kolom ‘Ya’ jika kalian sudah menguasai materi/melakukan hal tersebut dan pada kolom ‘Tidak’ jika kalian belum menguasai materi/melakukan hal tersebut! 


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Konsep Dan Prinsip Pergaulan Sehat Pada Remaja Mapel PJOK kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Materi Konsep Dan Prinsip Pergaulan Sehat File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • pergaulan sehat adalah
      • contoh pergaulan sehat
      • penyebab pergaulan tidak sehat
      • pengertian pergaulan tidak sehat
      • pergaulan sehat pjok
      • ciri ciri pergaulan sehat
      • bahaya pergaulan bebas
      • manfaat pergaulan sehat
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022