ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Teknik Pengemaasan Dan Keselamatan Kerja Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Materi Teknik Pengemaasan Dan Keselamatan Kerja Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Teknik Pengemaasan Dan Keselamatan Kerja dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Teknik Pengemaasan Dan Keselamatan Kerja Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA
Materi Teknik Pengemaasan Dan Keselamatan Kerja Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Produk kerajinan Indonesia sudah banyak dikenal di luar negeri. Menciptakan kerajinan memerlukan jiwa inovatif dan kreatif yang tinggi. Kualitas karya kerajinan ditentukan oleh kualitas bahan, teknik pengerjaan, desain, dan nilai fungsi. Pemilihan bahan memiliki kekuatan dan bentuk yang bervariasi, tekstur, serat, pori-pori, yang semua ini dapat dimanfaatkan untuk menunjang kualitas bentuk dan estetik karya kerajinan.  

Teknik penciptaan yang baik dapat menentukan kesempurnaan bentuk karya. Sedangkan aspek fungsi dapat menambah kenyamanan dan keamanan penggunaan produk kerajinan (ergonomis). Nilai estetika karya kerajinan dapat menambah kepuasan rasa indah bagi pemilik atau pemakai. Kerajinan mempunyai fungsi ganda yaitu fungsi praktis dan sebagai fungsi hiasan.  

Kerajinan terbagi atas dua yaitu kerajinaan berbentuk bangun datar dan berbentuk bangun ruang. Untuk pembahasan modul kali ini kita akan mempelajari tentang proses sistem produksi kerajinan bangun ruang.  

Istilah

  • Produksi : Untuk menciptakan nilai tambah suatu produk dengan mengubah input menjadi output berupa barang atau jasa.       
  • Sistem produksi : Suatu rangkaian dari beberapa elemen yang saling berhubungan dan saling menunjang satu sama lain untuk mencapai tujuan tertentu. 
  • Ergonomis : Peraturan tentang bagaimana melakukan kerja, termasuk sikap kerja. 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 3 ini diharapkan siswa dapat : 
  1. Memahami proses produksi kerajinan dari limbah berbentuk bangun ruang. 
  2. Memahami pentingnya K3 dalam proses produksi kerajinan dari limbah bentuk bangun ruang. 
  3. Memahami Teknik pengemasan proses produksi kerajinan dari limbah bentuk bangun ruang. 

B. Uraian Materi 

Kualitas karya kerajinan ditentukan oleh kualitas bahan, teknik pengerjaan, desain, dan nilai fungsi. Pemilihan bahan sangat penting karena bahan memiliki kekuatan, bentuk yang bervariasi, tekstur, serat, pori-pori, yang semua ini dapat dimanfaatkan untuk menunjang kualitas bentuk dan estetik karya kerajinan. Teknik penciptaan yang baik dapat menentukan kesempurnaan bentuk karya. Sedangkan aspek fungsi dapat menambah kenyamanan dan keamanan penggunaan produk kerajinan (ergonomis). Nilai estetik karya kerajinan dapat menambah kepuasan rasa indah bagi pemilik atau pemakai. Kerajinan mempunyai fungsi ganda selain fungsi praktis sekaligus sebagai fungsi hiasan. 
 
Berikut ini akan dibahas proses produksi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang, yaitu pembuatan kerajinan lampu hias dari limbah botol minuman. Proses pembuatan karya kerajinan lampu hias dari limbah botol minuman plastik berikut ini merupakan alternatif dalam berkarya kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang, kalian diharapkan mencari alternatif lain disesuaikan dengan aneka ragam limbah yang ada di daerahmu. 

Produksi kerajinan lampu hias dari bahan limbah botol minuman plastik di bawah ini merupakan contoh untuk menambah pengetahuanmu, tentunya masih banyak produk kerajinan dari bahan limbah lainnya yang merupakan kekayaan budaya Indonesia.  
 

Berikut ini bahan yang dapat digunakan untuk membuat kerajinan lampu hias : 
  1. Botol bekas 
  2. Sendok plastik 
  3. Lampu lengkap 
  4. Pisau 
  5. Obeng 
  6. Lem 
  7. Cat 
  8. Tiang untuk tempat berdirinya lampu 
Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Berbentuk Lampu Hias 
  1. Siapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan. 
  2. Langkah Selanjutnya, potong botol plastik sesuai dengan gambar di atas. 
  3. Potong-potong sendok plastik sesuai pada gambar. 
  4. Satukan botol dengan sendok agar terlihat indah menggunakan lem. 
  5. Cat sendok yang sudah ditempelkan. 
  6. Potong-potong botol membentuk seperti daun nanas seperti gambar di atas, lalu dicat. 
  7. Pasang lampunya dan tiang untuk berdiri. 
  8. Lampu hias dari botol bekas siap untuk digunakan. 

Keselamatan Kerja 

Keselamatan kerja merupakan sikap pada saat kita bekerja. Hal ini berhubungan dengan cara memperlakukan alat dan bahan kerja, serta bagaimana mengatur alat dan benda kerja yang baik dan aman. 

Jangan lupa setelah proses pekerjaan selesai, bersihkan semua peralatan dan simpan pada tempat semestinya. Pastikan ruang kerja supaya tetap bersih, rapi dan sehat. 

Pengemasan Produk Kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang 

Pada materi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar, kalian sudah mempelajari tentang pengemasan produk kerajinan. Diharapkan kalian dapat mengeksplorasi lebih jauh berbagai macam pengemasan produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang yang ada di daerahmu serta di wilayah nusantara. 

Pengemasan merupakan sistem yang terkoordinasi untuk menyiapkan barang menjadi siap untuk ditransportasikan, didistribusikan, disimpan, dijual, dan dipakai. Adanya wadah atau pembungkus dapat membantu mencegah atau mengurangi kerusakan, melindungi produk yang ada di dalamnya, melindungi dari bahaya pencemaran serta gangguan fisik (gesekan, benturan, getaran). Di samping itu pengemasan berfungsi untuk menempatkan suatu hasil pengolahan atau produk industri agar mempunyai bentukbentuk yang memudahkan dalam penyimpanan, pengangkutan dan distribusi. Dari segi promosi wadah atau pembungkus berfungsi sebagai perangsang atau daya tarik pembeli. Karena itu bentuk, warna dan dekorasi dari kemasan perlu diperhatikan dalam perencanaannya. 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perancangan kemasan, antara lain pertama kemasan harus menarik. Kalau kemasan tidak atau kurang menarik maka ia akan kehilangan fungsinya, karena suatu produk harus bersaing dengan berpuluh-puluh produk lainnya dalam kategori yang sama di tempat penjualan. Salah satu cara adalah dengan penggunaan warna yang cermat, karena konsumen melihat warna jauh lebih cepat daripada melihat bentuk atau rupa. Dan warnalah yang pertama kali terlihat bila produk berada di tempat penjualan. Warna yang terang akan lebih terlihat dari jarak jauh, karena memiliki daya tarik dan dampak yang lebih besar. Kedua, contents (isi) kemasan harus dapat memberikan informasi dan daya tarik tentang barang yang dikemas. 

Pengemasan untuk produk kerajinan dengan tingkat mobilitas/transportasi yang jauh harus dirancang agar produk kerajinan tersebut tidak rusak. Berikut contoh kotak pengemasan untuk produk kerajinan yang akan dikirim. 

C. Rangkuman 

  1. Kreatifitas menuntut kita untuk terus berkembang. Seringlah bertemu dengan orang-orang yang mempunyai inspirasi berbeda dengan kita karena dengan hal tersebut kita bisa menemukan ide dan kreatif yang kita bangun sendiri. 
  2. Langkah dalam penjaringan ide dapat dilakukan dengan cara menciptakan produk baru dan berbeda, mengamati pintu peluang, menganalisi produk dan proses produksi secara mendalam. 
  3. Meskipun dengan bahan baku dari limbah dengan sedikit ide yang kita punya dan kreatifitas tinggi kita maka produk kerajinan akan dengan mudah mengalir kita buat, sesuaikan dengan fungsinya dan manfaatnya.  
  4. Pembuatan kerajinan hiasan lampu dari limbah merupakan salah satu contoh sederhana dari pengolahan limbah menjadi hasil kerajinan. 
  5. Alat dan bahan dalam membuat kerajinan dari limbah berbentuk bangun ruang sangatlah beraneka ragam, tergantung bagaimana kita bisa menggunakan dengan Teknik yang akan kita pakai. 
  6. Mengutamakan K3 dalam setiap proses produksi adalah hal yang paling tepat untuk membuat kita aman dari kecelakaan kerja. 
  7. Desain pengemasan haruslah menarik dengan berbagai pertimbangan kategori seperti pemilihan warna, isi konten kemasan yang harus memberikan informasi dan daya Tarik tentang barang yang di kemas. 

D. Penugasan Mandiri (optional) 

  1. Buatlah rancangan kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang dengan memanfaatkan potensi yang ada di daerahmu! 
  2. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan! 3. Siapkan peralatan keselamatan kerja! 
  3. Lakukan proses pembuatan karya kerajinan tersebut! 

E. Latihan Soal 

  1. Apa saja yang perlu diperhatikan ketika mempelajari aneka produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang? 
  2. Materi apa yang masih sulit untuk difahami? 
  3. Kesulitan apa yang dihadapi pada saat merancang karya kerajinan? 
  4. Kesulitan apa yang dihadapi ketika menggunakan bahan dan alat? 
  5. Kesulitan apa yang dihadapi ketika membuat karya kerajinan? 

F. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 


Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Teknik Pengemaasan Dan Keselamatan Kerja Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Teknik Pengemaasan Dan Keselamatan Kerja  File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • pengemasan artinya
    • pengemasan produk
    • tujuan pengemasan
    • contoh kemasan
    • mengapa proses pengemasan susu kedelai dilakukan pada saat panas menggunakan sealer
    • kemasan berikut yang tepat untuk mengemas susu kedelai yang akan dijual
    Post a Comment

    Post a Comment