ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Pengertian, Karakteristik, Bahan Dan Alat Makanan Internasional Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Materi Pengertian, Karakteristik, Bahan Dan Alat Makanan Internasional Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Pengertian, Karakteristik, Bahan Dan Alat Makanan Internasional dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Pengertian, Karakteristik, Bahan Dan Alat Makanan Internasional Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA
Materi Pengertian, Karakteristik, Bahan Dan Alat Makanan Internasional Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Di era globalisasi saat ini makanan semakin banyak jenis, bentuk dan rasanya. Para penggiat kuliner terus berinovasi menciptakan makanan-makanan baru atau berkreasi dengan resep makanan yang sudah ada. Makanan dari luar negri sekarang sangat mudah dijumpai disekitar kita misalnya makanan khas Jepang seperti sushi, ramen, kue mochi, Makanan Italia, misalanya sphageti dan Pizza, makanan Amerika seperti fried chicken dan berbagai makanan internasional lainnya. 

Materi sistem pengolahan makanan internasional ini adalah materi yang sangat penting dan harus kalian kuasai karena berguna dalam kehidupan sehari-hari sebagai inspirasi membuat usaha kuliner cita rasa internasional 

Modul ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE) sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang penjualan produk unggas petelur sistem konsinyasi. 

Dalam mempelajari modul ini kalian harus membaca modul ini dengan cermat. melalui kegiatan membaca dan mempelajari materi, kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi disertai refleksi. 

Semoga modul ini bermanfaat, kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya. 

Istilah

  • Makanan Internasional : Makanan yang biasa di konsumsi di suatu Negara yang biasanya  mencerminkan karakter suatu bangsa atau masyarakatnya. 
  • Masakan Kontintal : Masakan yang berasal dari Negara yang mempunyai dataran luas. 
  • Masakan Oriental : Perpaduan beberapa resep masakan di asia yang mudah dikenali dari tampilan, aroma dan rasanya karena masakan oriental selalu menggunakan bumbu utama seperti bawang putih, kecap asin, saus tiram, saus tomat, minyak wijen, ang chiu, dll 
  • Pengolahan Makanan : Sebuah proses penerapan panas pada bahan makanan untuk tujuan tertentu agar makanan menjadi masak 
  • Bahan Nabati : Bahan makanan yang berasal dari tumbuhan 
  • Bahan Hewani : Bahan makanan yang berasal dari hewan 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah mempelajari modul ini, kalian dapat: 
  1. Memahami pengertian makanan Internasional 
  2. Menelaah jenis dan karaktistik makanan Internasional 
  3. Menyimpulkan karakteristik bahan dan alat pengolahan makanan Internasional  

B. Uraian Materi 

1. Pengertian Makanan Internasional 

Di era globalisasi saat ini makanan semakin banyak jenis, bentuk dan rasanya. Para penggiat kuliner terus berinovasi menciptakan makanan-makanan baru atau berkreasi dengan resep makanan yang sudah ada. Makanan dari luar negri sekarang sangat mudah dijumpai disekitar kita misalnya makanan khas Jepang seperti sushi, ramen, kue mochi, Makanan Italia, misalanya sphageti dan pizza, makanan Amerika seperti fried chicken dan berbagai makanan Internasional lainnya. 

Lalu apa itu pengertian makanan Internasional itu? Makanan Internasional adalah makanan yang sumber-sumber bahan makanannya berasal dari negara tersebut dan mempunyai karakter makanan yang identik dengan negara asalnya. 

Makanan Internasional itu harus diakui oleh negara yang lain. makanan Internasional memiliki ciri khas dari negara tersebut.  

Makanan Internasional itu dibedakan menjadi 2 jenis yaitu makanan oriental dan makanan kontinental, pengertian makanan oriental itu sendiri adalah makanan yang berasal dari Asia (negara kepulauan) seperti Indonesia, Thailand, Cina dan lain-lain. sedangkan makanan kontinental adalah makanan yang berasal dari benua Eropa (memiliki dataran yang luas).  

2. Jenis dan Karakteristik Makanan Internasional  

Masakan Internasional dibagi menjadi dua yakni masakan kontinental dan oriental perbedaan antara masakan kontinental dan oriental dapat dijumpai dalam beberapa hal seperti dalam susunan makanan utama, teknik pengolahan dan tata cara penyajian. Perbedaan kedua jenis masakan ini adalah: 

1) Masakan Kontintal 

Masakan yang berasal dari negara yang mempunyai dataran luas seperti Prancis, Inggris, Amerika, Australia dan negara-negara Eropa lainnya. Sejarah masakan kontinental dimulai ketika bangsa Romawi jaya melawan Eropa, untuk merayakanya diadakanlah pesta, orang tidak puas lagi dengan hidanganhidangan yang sederhana. Sekitar abad ke-14 mulailah dikenal penggunaan berbagai macam saos, seluruh Eropa membuat pesta dimana-mana termasuk di Prancis, negara inilah yang kemudian mengembangkan seni memasak sampai saat ini hingga dapat diterima diseluruh dunia.  
 
Sewaktu bangsa Eropa pada abad ke-13 menjelajahi dunia timur mulailah penggunaan dan penggunaan mie dan kemudian dikembangkan mejadi spaghetti, macaroni dan vermicelli yang menjadi terkenal sebagai makanan khas Italia. Pada zaman Napoleon karena perang yang berkesinambungan, cadangan bahan makanan menipis, timbulah gagasan untuk menganti mentega dengan margarine. Masakan kontinental biasanya menggunakan bumbu instan atau bumbu siap pakai berupa bumbu kering. Makanan kontinental merupakan makanan dari benua Eropa yang ciri-cirinya sebagai berikut : 
  • Eropa barat wilayahnya Perancis, Belgia, Swis, Belanda dan Jerman selera makan yang sama. Bumbu yang sering dipakia adalah merica dan garam 
  • Eropa timur wilayahnya Chekoslovakia, Hongaria, Yugoslavia, Yunani, Romawi dan Rumania mempunyai selera makan yang menggunakan bumbu-bumbu tajam dari rempah-rempah seperti lada. 
  • Eropa selatan wilayahnya Italia, Portugal, Spanyol selera makan pada umumnya berbumbu tajam pula yaitu pala, lada dan kayu manis. 

2) Masakan Oriental 

Masakan oriental merupakan jenis makanan yang berasal dari negara kepulauan daerah Asia seperti Indonesia, Cina, Jepang, India, Arab, Pakistan dan negara timur lainnya. Masakan oriental adalah perpaduan beberapa resep masakan di Asia yang mudah dikenali dari tampilan, aroma dan rasanya karena masakan oriental selalu menggunakan bumbu utama seperti bawang putih, kecap asin, saus tiram, saus tomat, minyak wijen, angchiu, dll. Bumbu yang digunakan biasanya merupakan bumbu segar yang langsung diracik.  
 
Negara-negara oriental biasanya menggunakan bumbu yang mencolok dengan aroma tajam adalah India, Pakistan dan Birma. Sedangkan Jepang, Korea dan Vietnam mengikuti selera masakan Cina pada umumnya. Selera masakan Muangthay, Philipina dan Malaysia lebih mendekati selera masakan Indonesia.  
 
Masakan oriental selalu dihidangkan sebagai makanan pokok seperti nasi, mie, ataupun jagung sehingga mengandung lebih banyak karbohidrat daripada protein hewani dan nabati. Masakan oriental cukup berfariatif dalam menggunakan bahan makanan dari mulai sayur mayur, daging dagingan seperti daging sapi dan daging ayam serta berbagai sea food yang diolah baik dibakar maupun digoreng.  
 
Dalam makanan oriental tidak dikenal susunan menu. Penyajian menu berdiri sendiri karena belum ada standarisasi susunan menu. Teknik pengolahan makananan oriental kompleks dan lama namun penyajian lebih simple, dihidangkan bersamaan dengan alat makan yang sama untuk jenis makanan yang berbeda dan dilaksanakan sekaligus terdiri dari makanan pokok, lauk dan sayuran.  
 
Alat-alat memasak dalam dapur oriental mirip dengan alat memasak yang ada dalam dapur Indonesia sebagai contoh, kecuali untuk menggoreng martabak India, maka wajan atau kuali atau penggorengan yang biasa digunakan dalam dapur oriental adalah cekung, baik itu kecil, sedang maupun besar, bertangkai satu, bertangkai dua sama besarnya. Alat penghalus bumbu dikenal adanya cobek dan muntu, pipisan dan anak pipisan, serta lumpang dan alu disamping menggunakan blender elektrik bagi yang memiliki alat modern, nyiru dan alatalat lain dari bambu juga banyak dipergunakan.  
 
Makananan oriental merupakan makanan dari benua Asia yang sangat kaya akan rempah-rempah yang menonjol serta variasi yang sangat unik. Makanan oriental ini terdiri dari negara India, Cina, Jepang dan Korea serta Asia Tenggara termasuk Indonesia yang dikaitkan dengan budaya dan tradisi sejarah yang sangat menonjol.  
 
Makanan oriental dari masing-masing negara tersebut memiliki ciri khas yang pada umumnya mereka banyak menggunakan bahan rempah. Ramuan rempah yang beragam menjadi ciri khas sekaligus keistimewaannya. Rempah yang digunakan untuk meramu makanan khas negara seperti cabe, jinten, jahe, kunyit, kayu manis, ketumbar, bawang putih dan rempah-rempah khas India seperti klabet, ajwain, dan asafetida. Selain itu digunakan pula daun herbal seperti daun ketumbar, daun mint, daun klabet, daun cassia atau tejpat. Juga ada pula bumbu paprika merah, daun salam, koja hingga air mawar. Untuk menumis masyarakat Asia biasa menggunakan minyak kacang, minyak kedelai, minyak bunga matahari, minyak wijen dan minyak sayur.  
 
Contoh makanan Internasional yang paling terkenal di dunia berdasarkan data CNN: 
  1. Rendang, Indonesia 
  2. Nasi goreng, Indonesia 
  3. Sushi, Jepang 
  4. Tom yam goong, Thailand 
  5. Pad thai, Thailand 
  6. Som tam, Thailand 
  7. Dim sum, Hongkong 
  8. Ramen, Jepang 
  9. Bebek peking, China 
  10. Massaman curry, Thailand 
  11. Lasagna, Italia 
  12. Kimchi, Korea 
  13. Chicken rice, Singapura 
  14. Sate, Indonesia 
  15. Es krim, Amerika serikat 
  16. Kebab, Turki 
  17. Gelato, Italia 
  18. Croissant, Prancis 
  19. Green curry, Thailand 
  20. Pho, Vietnam 
  21. Fish n chips, Inggris 
  22. Egg tart, Hongkong 
  23. Bulgogi, Korea 
  24. Fried rice, Thailand 
  25. Cokelat, Meksiko 
  26. Penang assam laksa, Malaysia 
  27. Tacos, Meksiko 
  28. Barbecue pork, Hongkong 
  29. Chili crab, Singapura 
  30. Cheeseburger, AS 
  31. Fried chicken, AS 
  32. Lobster (global) 
  33. Seafood paella, Spanyol 
  34. Shrimp dumpling, Hongkong 
  35. Neapolitan pizza, Italia 
  36. Moo nam to, Thailand 
  37. Potato chips, AS 
  38. Warm brownie and vanilla ice cream (Global) 
  39. Masala dosa, India 
  40. Bibimbap, India 
  41. Galbi, Korea 
  42. Hamburger, Jerman 
  43. Fajita, Meksiko 
  44. Laksa, Singapura 
  45. Roti prata, Singapura 
  46. Maple syrup, Kanada 
  47. Fettucini alfredo, Italia 
  48. Parma ham, Italia 
  49. Lechon, Filipina 
  50. Goi cuon, Vietnam 

C. Rangkuman 

Makanan Internasional adalah makanan yang sumber-sumber bahan makanannya berasal dari negara tersebut dan mempunyai karakter makanan yang identik dengan negara asalnya. 
 
Makanan Internasional itu harus diakui oleh negara yang lain. Makanan Internasional memiliki ciri khas dari negara tersebut. 
 
Makanan Internasional itu dibedakan menjadi 2 jenis yaitu makanan oriental dan makanan kontinental, pengertian makanan oriental itu sendiri adalah makanan yang berasal dari Asia (negara kepulauan) seperti Indonesia, Thailand, Cina dan lain-lain. sedangkan makanan kontinental adalah makanan yang berasal dari benua Eropa (memiliki dataran yang luas).  
 
Masakan kontinental biasanya menggunakan bumbu instan atau bumbu siap pakai berupa bumbu kering. Makanan kontinental merupakan makanan dari benua Eropa yang ciri-cirinya sebagai berikut : 
  • Eropa barat wilayahnya Perancis, Belgia, Swis, Belanda dan Jerman selera makan yang sama. Bumbu yang sering dipakia adalah merica dan garam 
  • Eropa timur wilayahnya Chekoslovakia, Hongaria, Yugoslavia, Yunani, Romawi dan Rumania mempunyai selera makan yang menggunakan bumbu-bumbu tajam dari rempah-rempah seperti lada. 
  • Eropa selatan wilayahnya Italia, Portugal, Spanyol selera makan pada umumnya berbumbu tajam pula yaitu pala, lada dan kayu manis. 
Masakan oriental selalu dihidangkan sebagai makanan pokok seperti nasi, mie, ataupun jagung sehingga mengandung lebih banyak karbohidrat daripada protein hewani dan nabati.  

D. Latihan Soal 

Pilihlah salah satu jawawaban dibawah ini yang paling benar! 
1. Berikut yang dimaksud dengan makanan internasional adalah….. 
A. makanan yang biasa dikonsumsi di suatu daerah 
B. makanan yang dijual di semua daerah 
C. makanan modern 
D. makanan yang berasal dari luar negeri 
E. makanan yang sumber bahan makanannya berasal dari negara tertentu 

2. Ikan mentah yang dijadikan bahan masakan sushi dinamakan…. 
A. wasabi 
B. ebi 
C. sashimi 
D. onigiri 
E. tuna 

3. Sushi merupakan makanan yang bahan dasarnya adalah….. 
A. kentang 
B. sagu 
C. nasi 
D. ikan 
E. ayam 

4. Berikut makanan yang bukan berasal dari Italia adalah…. 
A. pizza 
B. spaghetti 
C. lasagna 
D. tom yum 
E. pasta 

5. Makanan yang berasal dari Asia (negara kepulauan) seperti Indonesia, Thailand, Cina dan sekitarnya disebut makanan ... 
A. kontinental 
B. orinetal 
C. chines 
D. melayu 
E. asia 

6. makanan yang berasal dari benua Eropa (memiliki dataran yang luas) disebut makanan ... 
A. kontinental 
B. orinetal 
C. chines 
D. aristokrat 
E. eropa 

Kunci Jawaban Latihan Soal Pembelajaran 1 

1. E 
2. C 
3. C 
4. A 
5. B 
6. A 

E. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 


Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran. Bila semua jawaban "Ya", maka Kalian dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Pengertian, Karakteristik, Bahan Dan Alat Makanan Internasional Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Pengertian, Karakteristik, Bahan Dan Alat Makanan Internasional File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • pengertian makanan internasional
    • contoh makanan kontinental dan oriental
    • karakteristik makanan oriental
    • makanan oriental adalah
    • pengertian dan karakteristik makanan internasional (kontinental dan oriental)
    • makanan kontinental adalah
    • karakteristik makanan internasional brainly
    • teknik pengolahan makanan internasional
    Post a Comment

    Post a Comment