Lengkap - 60+ Contoh Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru

60+ Contoh Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya - Halo adik adik yang sedang yang baik hati, pada kesempatan kali ini admin ingin berbagi soal PG untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia pada kelas 11 SMA/MA. Oiya  Mengidentifikasi pokok perintah dan merencanakan tindak lanjut perintah berdasarkan catatan_ Sebagai seorang calon karyawan atau pegawai pada sebuah instansi tertentu, kecepatan memahami isi perintah kerja dari atasan atau pimpinan menjadi sesuatu yang sangat penting. Salah satu perintah kerja yang penting dipahami dengan cepat adalah perintah kerja dalam bentuk tertulis. Memahami perintah kerja tertulis bermakna mengetahui benar tentang suatu perintah yang disampaikan secara tertulis untuk dilaksanakan sesuai dengan isi perintah. Perintah kerja tertulis biasanya dituangkan dalam bentuk surat perintah. Surat perintah adalah surat yang dikeluarkan oleh suatu instansi atau pihak yang lebih tinggi dan ditujukan kepada instansi atau pihak yang lebih rendah untuk melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu sesuai dengan yang tertulis dalam surat perintah.

 60+ Contoh Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
 60+ Contoh Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru



A. Mengenal Bentuk Perintah Kerja Tertulis

Bentuk perintah tertulis dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu
1)      Himbauan/larangan, misalnya himbauan menjadi akseptor RB, larangan membuang sampah;
2)      Petunjuk, misalnya petunjuk penggunaan suatu barang;
3)      Peraturan, misalnya peraturan berlalu lintas, peraturan waktu berkunjung;
4)      Pedoman, misalnya pedoman penulisan karya ilmiah;
5)      Undang-undang, misalnya undang-undang tentang penyalahgunaan narkoba, undang-undang pendidikan.

B. Model-Model Surat Berisi Perintah Kerja

Surat adalah suatu alat atau sarana komunikasi tertulis. Surat yang berhubungan dengan pekerjaan disebut surat dinas atau surat resmi.
Model surat yang berisi informasi kerja atau perintah kerja, antara lain:

1.  Surat Perintah
Surat perintah adalah surat yang berisi perintah dari pimpinan kepada bawahan yang berisi petunjuk yang harus dilakukannya. Surat perintah berlaku sementara dan berakhir setelah tugas yang diperintahkannya selesai dilaksanakan serta melaporkan hasil pekerjaan tersebut kepada pimpinan.

2. Surat edaran, yang terdiri atas surat edaran umum dan surat edaran khusus.
Surat edaran adalah surat pemberitahuan tertulis yang ditujukan kepada pejabat/pegawai. Surat edaran ini berisi penjelasan mengenai sesuatu hal, misalnya kebijakan pimpinan, petunjuk mengenai tata cara pelaksanaan, atau peraturan perundang-undangan.

3. Surat Pengumuman yang dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:
(1) Pengumuman lisan
(2) Pengumuman tertulis
(3) Pengumuman dari instansi dan surat pengumuman bukan dari instansi.

4. Memo atau Memorandum

5. Disposisi yang dibedakan menjadi disposisi langsung dan disposisi tidak langsung.
Lembaran disposisi adalah lembaran kertas yang disediakan oleh agendaris untuk diisi oleh pimpinan tentang tindak lanjut surat yang masuk. Dengan kata lain, disposisi adalah catatan berupa saran /tanggapan/ instruksi setelah surat dibaca oleh pimpinan.

C. Perintah Kerja Berbentuk Manual

Petunjuk penggunaan yang disebut juga manual kerja merupakan perintah bagaimana melakukan pekerjaan atau perbuatan terhadap suatu objek atau alat. Petunjuk penggunaan umumnya disediakan oleh produsen barang untuk memberi petunjuk penggunaan barang yang bersangkutan, seperti barang-barang elektronik TV, kulkas, VCD, atau HP.

D. Menindak Lanjuti Perintah Kerja Tertulis
Setiap menerima perintah kerja secara tertulis dalam bentuk surat atau instruksi kedinasan lainnya yang berkaitan dengan pekerjaan, kita harus dapat menindaklanjutinya. Tindak lanjut tersebut mulai dari membaca perintah kerja secara teliti sampai dengan meminta konfirmasi
kepada pemberi perintah akan ketepatan rencana kerja.

Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA



60+ Contoh Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya - Bagi sahabat bospedia dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut bospedia memberikan Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !


1. Seorang ketua OSIS ditugaskan untuk memberi sambutan dalam acara perpisahan kelas XII. Kalimat pembuka yang tepat adalah ….
a. Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya. Saat ini, saya berdiri di sini untuk menyampaikan sepatah dua patah kata.
b. Salam jumpa saya ucapkan kepada hadirin sekalian. Kita berjumpa lagi dalam acara yang sama.
c. Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan karena berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul untuk melaksanakan acara perpisahan ini.
d. Inilah acara yang rutim kita lakukan dari tahun ke tahun. Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan beberapa kesan dan pesan untuk kakak-kakak kita.
e. Terima kasih atas waktu dan tempat yang telah disedikan untuk saya menyampaikan sambutan dalam acara perpisahan ini.
Jawaban: c

2. Berikut ini cotoh pembuka sambutan dalam sebuah acara, kecuali ….
a. Pertama-tama marilah kita oanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa.
b. Bapak Kepala SMA 2,Bapak dan Ibu Guru wali siswa, rekan-rekan siswa SMA 2 yang berbahagia.
c. Selamat pagi teman-teman yang berbahagia. Pada hari in kita akan mengadakan lomba lari.
d. Atas dasar itu, maka kita hendaknya selalu waspada akan bahaya Narkoba.
e. Selamat sianag, Saudara sekalian. Senang sekali saya bisa berdiri di sini untuk memberikan sambutan.
Jawaban: d

3. Bacalah teks pidato berikut dengan saksama!
Hadirin yang berbahagia,
Saat ini, intensitas curah hujan sangat tinggi. Sebagimana kita ketahuim sejak beberapa hari terakhir, hujan deras mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya. Tak pelak lagi, banjir pun datang tanpa permisi. Menurut data Badan Meteorologi dan Geofisika, curah hujan yang tinggi masih akan berlagsung selama sepekan ke depan.
Seiring datangnya bencana banjir, wabah penyakit pun biasanya akan muncul. Wabah penyakit yang dimaksud adalah leptospirosis dan diare. Leptospirosis  merupakan penyakit hewan yang dapat menjangkiti manusia. Penyebabnya adalah bakteri berbentuk spiral bernama leptospira. Sementara itu, diare akan muncul karena wilayah yang tergenang banjir menjadi kotor.
Jiak terjangkit penyakit leptospirosis, penderita akan mengalami demam tinggi, mual, muntah, sekujur tubuh badan akan terasa sakit, air kencing berwarna merah tua, dan timbul bercak kemerahan di bola mata karena pecahnya pembuluh darah.
Isi pokok naskah pidato tersebut adalah ….
a. Intensitas curah hujan saat ini sangat tinggi.
b. Mewaspadai turunnya curah hujan yang sangat tinggi.
c. Bahaya yang timbul akibat curah hujan tinggi.
d. Perlunya kewaspadaan terhadap berbagai penyakit pada saat banjir.
e. Perlunya meningkatkan kewaspadaan penyakit leptospirosis dan diare tatkala banjir datang.
Jawaban: e

4. Kalimat pesan yang terdapat dalam naskah pidato tersebut adalah ….
a. Berhati-hatilah terhadap curah hujan yang tinggi.
b. Perlunya kewaspadaan masyarakat terhadap berbagai penyakit.
c. Perlunya memakai sepatu boot dan sarung tangan karet.
d. Jaga kebersihan lingkungan dengan menggalakan bersih-bersih lingkungan .
e. Meghindari bersih-bersih lingkungan jika terdapat bagian tubuh yang terluka.
Jawaban: d

5. Hadirin yang terhormat, dalam kesempatan ini saya akan mencoba membahas bahaya merokok (1). Perokok atau bukan perokok pada dasarnya sama-sama mengakui bahwa merokok adalah kebiasaan berbahaya (2). Namun, kalangan industri rokok dan pecandu rokok selalu mengajukan alasan klise, bahwa merokok adalah pilihan pribadi dan risikonya ditanggung sendiri (3).
Alasan tersebut dibatah oleh kelompok anti merokok, bahwa alasan itu tidak ilmiah (4). Untuk mengatasi pertentangan pendapat tersebut hendaknya perokok menyadari tentang apa keuntungan merokok itu (5).
Kalimat yang menyatakan imbuhan dalam penggalan naskah pidato di atas terdapat pada nomor ….
a. satu
b. dua
c. tiga
d. empat
e. lima
Jawaban: e

6. Seiring dengan semakin meningkatnya minat anak lulusan SMA melanjutkan ke perguruan tiggi tanpa disertai tempat penampungan lulusan perguruan tinggi yang memadai, maka jauh-jauh hari para orang tua serta para pendidik barusaha memberi bekal atau pengarahan kepada para pelajar SMA.
Kalimat pembuka pidato pengarahan yang paling tepat untuk ilustrasi di atas adalah ….
a. Untuk manjaga supaya begitu lulus dari perguruan tinggi para siswa tidak hanya menjadi sarjana pengangguran, maka pada kesempatan ini saya selaku kepala sekolah akan memberi pengarahan.
b. Selamat datang kami ucapkan atas kedatangan anak-anak pada kesempatan ini.
c. Anak-anak seklian, pada kesempatan ini Bapak akan memberi pengarahan tentang perlunya pertimbangan antara pemilihan jurusan di perguruan tinggi dengan lapangan kerja yang memungkinkan.
d. Acara ini kami awali dengan pembacaan doa.
e. Pada kesempatan ini para siswa disuruh berkumpul di sini bersama-sama untuk menerima penjelasan tentang pemilihan jurusan di perguruan tinggi.
Jawaban: c

7. Salah satu program pemerintah dalam masa pembangunan adalah usaha penyabaran penduduk Jawa, Bali, dan Lombok (Jambal). Untuk lebih memperjelas keprihatinan disebutlah penyebaran itu dengan nama khusus, yaitu transmigrasi. Bahkan dalam kaitan itu, Bung Hatta berkata dalam kongres ahli-ahli ekonomi (Yogya, 3 Februari 1946). “Suatu masalah yang mahapenting dalam rangkaian politik kemakmuran adalah transmigrasi. Kalau ini tidak dipecahkan, Indonesia tidak akan makmur.”
Gagasan utama paragraf di atas terdapat dala kalimat ….
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
e. kelima
Jawaban: a

8. Dari 13 sungai yang masuk ke wilayah DKI Jakarta, tiga sungai besar menyababkan banjir. Ketiga sungai tersebut berhulu di tempat yang berdekatan, yaitu di Puncak dan Bogor. Ketiga sungai besar itu sekarang sedang “sakit”. Untuk menentukan sebuah sungai sehat atau sakit, dipakai parameter perbedaan angka debit maksimum dan debit minimum sungai tersebut. Pikiran utama dalam paragraf di atas adalah kalimat ….
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
e. kelima
Jawaban: a

9. Setiap warga pedesaan dapat menjadi anggota KUD. Hal ini berarti anggota KUD terdiri atas berbagai golongan atau lapisan, seperti petani, pedagang, peternak, dan pengrajin. Untuk menjadi anggota KUD, orang harus memenuhi kriteria yang telah ditentukan oleh Anggaran Dasar (AD) dan perundangan koperasi.
Paragraf di atas termasuk ….
a. induktif
b. deduktif
c. naratif
d. deskriptif
e. induktif-deduktif
Jawaban: b

10. Hanya selang tiga pekan, banjir dan longsor kembali melanda Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, dan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (29/9), akibat hujan deras sejak Rabu malam. Banjir yang menggenang kelima desa Kecamatan Watulimo ini, tidak memakan korban jiwa. Namun, akibat tanah longsor hubungan darat dan transportasi antara Trenggalek dan Watulimo putus total.
Pikiran utama paragraf di atas adalah ….
a. Banjir dan tanah longsor melanda Kabupaten Tulungagung.
b. Banjir dan tanah longsor melanda Kabupaten Trenggalek.
c. Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Tulungagung dilanda banjir dan tanah longsor.
d. Hubungan darat antara Watulimo dan Trenggalek putus.
e. Banjir yang melanda Trenggalek tidak memakan korban.
Jawaban: c

11. Semua orang bisa mengusahakan kebun sederhana di atas atap. Prinsip dasarnya sama dengan bertanam dalam pot. Ayah melakukan hal yang sama. Atap rumah dibuat seperti bak atau pot raksasa setinggi satu meter, kemudian dicor. Atap itu kemudian dijadikan tempat untuk menenam sayur-sayuran.
Paragraf di atas dikembangkan dengan pola ….
a. deduktif
b. induktif
c. campuran
d. naratif
e. deskriptif
Jawaban: a

12. (1) Membudayakan kegemaran membaca bukanlah hal yang mudah. (2) Banyak tantangan yang melatari pembudayaan kegemaran membaca. (3) Pertama, kurangnya pemahaman masyarakat sendiri terhadap pentingnya buku. (4) Buku masih dianggap kebutuhan nomor sekian. (5) Kenyataan ini terlihat ketika kebutuhan pokok sudah terpenuhi, orang jarang menyisihkan uangnya untuk membeli buku. (6) Sulit sekali menjadikan sebuah buku sebagai sebagai kebutuhan utama (7) akan tetapi, untuk mendengarkan sebuah kaset atau menonton film, banyak orang yang tak sungkan mengeluarkan uang.
Pernyataan yang merupakan alasan dalam paragraf di atas adalah ….
a. Kebudayaan membaca di kalangan masyarakat tertentu.
b. Banyak tantangan yang melatari pembudayaan gemar membaca.
c. Kenyataan ini terlihat jetika kebutuhan pokok sudah terpenuhi.
d. Buku masih dianggap kebutuhan nomor sekian.
e. Untuk mendengarkan sebuah kaset atau menonton film, banyak orang yang tak sungkan mengeluarkan uang.
Jawaban: d

13. Jadi soal kesejahteraan ini sangat berkaitan dengan beban ekonomi yang ditanggung. Semakin besar tanggungan, kalau tidak diimbangi dengan peningkatan penghasilan, akan semakin tidak sejahteralah keluarga tersebut. Para ahli ekonomi berkata bahwa laju pertumbuhan ekonomi tidak berarti bila laju pertumbuhan penduduk tetap tinggi. Oleh karena itu, meningkatkan kesejahteraan keluarga berkaitan erat dengan jumlah anggota keluarga yang di tanggung. Keluarga dengan banyak anak tentu akan menimbulkan kesulitan ekonomi bila pencari nafkah hanyalah satu orang. Harus diingat mencari pekerjaan sekarang ini sangat sulit.
Pernyataan di bawah ini yang bukan merupakan pikiran penjelas dari paragraf di atas adalah ….
a. Kesulitan ekonomi akan bertambah dengan banyaknya anak.
b. Laju pertumbuhan ekonomi diikuti oleh laju pertumbuhan penduduk.
c. Semakin besar tanggungan, semakin besar pula penghasilan.
d. Masalah kesejahteraan berkaitan dengan beban ekonomi.
e. Mencari pekerjaan sekarang ini sangat sulit.
Jawaban: e

14. Rencana kegiatan akan lebih tepat jika disusun dalam bentuk karangan….
a. narasi
b. deskripsi
c. eksposisi
d. argumentasi
e. persuasi
Jawaban: c

15. Hal-hal yang tidak dicantumkan dalam proposal rapat adalah ….
a. susunan panitia
b. tema kegiatan
c. keputusan kegiatan
d. biaya yang diperlukan
e. jadwal kegiatan
Jawaban: b

16. Dengan banyaknya penderita penyakit demam berdarah di Desa Sukatani, diperlukan adanya program kebersihan secara menyeluruh, terutama terhadap tempat-tempat pembuangan air yang ada di desa tersebut.
Rumusan tersebut biasanya ditempatkan dalam proposal pada bagian ….
a. latar belakang masalah
b. tujuan kegiatan
c. ruang lingkup kegiatan
d. jenis-jenis kegiatan
e. fasilitas yang dimiliki
Jawaban: a

17. Proposal pada intinya merupakan ….
a. usulan yang menyelenggarakan suatu kegiatan
b. masukan untuk terselenggaranya suatu kegiatan
c. permohonan dana bagi penyelenggaraan kegiatan
d. cara-cara untuk melakukan suatu pekrjaan
e. permohonan untuk diberikannya suatu pekerjaan
Jawaban: a

18. Berikut komponen-komponen yang terdapat dalam proposal kegiatan, kecuali ….
a. waktu dan tempat pelaksanaan
b. biaya kegiatan
c. panitia pelaksanaan
d. proses pengolahan data
e. jadwal kegiatan
Jawaban: d

19. Suatu proposal berbunyi “Dengan kegiatan ini dimaksudkan agar para pesera memiliki jiwa apresiasi seni yang tinggi”.
Uraian di atas merupakan begian dari format proposal ….
a. dasar pemikiran
b. rencana kegiatan
c. tujuan kegiatan
d. acara kegiatan
e. sasaran kegiatan
Jawaban: c

20. Ciri proposal yang baik adalah ….
a. disusun secara jelas dan lengkap
b. dikembangkan terurai
c. bahasanya haruslah tegas
d. ditulis secara deskripsi
e. sistematikanya disusun secara naratif
Jawaban: a

21. Tujuan wawancara    : mengetahui persiapan pelaksanaan, dan sumber dana kegiatan pentas seni
Narasumber        : guru kesenian
Pewawancara        : Andi (seksi majalah dinding sekolah)
Salah satu kalimat tanya yang tepat diajukan pewawancara adalah ….
a. Apakah pelaksanaan pentas seni sudah Anda pikirkan masak-masak?
b. Bagaimana dampak pentas seni terhadap kreativitas siswa ini, Bu?
c. Bagaimana cara Ibu mendapatkan dana untuk pembiayaan pentas seni ini?
d. Bagimana pendapat Ibu terhadap pentas seni ini?
e. Apakah Ibu senang dan selalu termotivasi untuk melaksanakan pentas seni di sekolah ini?
Jawaban: c

22. A    : Begini ya, Bu. Kami sedang mengadakan penelitian di desa ini. Kedatangan kami di sini ingin mendapatkan keterangan dari Ibu. Ibu tidak keberatan, bukan?
B    : Oh, tidak! Tapi, apa yang dapat saya bantu?
A    : Kalau begitu, Ibu jawab saja pertanyaan-pertanyaan saya.
B    : Oh, ya baik, Jeng!
A    : Berapa lama Pak sareno sakit, lalu …. Sampai tidak ada, Bu?
B    : Kira-kira, ya duabulanan atau dua setengah bulan.
A    : Sudah diusahakan berobat ke mana saja, Bu?
B    : Ya, ke dokter; ada empat dukun, tapi, semua tidak ada yang cocok. Mungkin Tuhan menghendaki begini.
Ide pokok wawancara tersebut adalah ….
a. Sebab-sebab Pak Sareno meninggal dunia.
b. Sebab-sebab Pak Sareno sakit.
c. Usaha yang dilakukan Pak Sareno sembuh.
d. Usaha para dukun untuk menyembuhkan Pak Sareno.
e. Meninggalkan Pak Sareno sudah kehendak Tuhan.
Jawaban: c

23. Berikut ini hal-ha yang perlu diperhatikan seorang wawancara, kecuali ….
a. gunakan bahsa yang sopan, baik bahasa verbal maupun non verbal
b. diawali wawancara dengan ucapan selamat
c. arahkan pandangan ke narasumber
d. diakhir wawancara dengan ucapan terima kasih
e. menyanjung tinggi narasumber
Jawaban: e

24. Apabila kamu seorang siswa SMA akan mewawancarai seorang mahasiswa teladan secara resmi, maka kalimat pembuka yang baik adalah ….
a. Kenalan dulu dong. Saya siswa SMA. Bolehkah saya nanya dikit prestasi Anda di bidang studi?
b. Bolehkah saya berkenalan? Saya siswa SMA. Jika Anda tidak keberatan, saya ingin ngobrol dikit tentang prestasi Anda di bidang studi?
c.  Kenalan dulu Mas, saya siswa SMA. Ngomong-ngomong jika Anda ada waktu saya ingin nanya dikit tentang prestasi Anda di bidang studi.
d. Bolehkah saya memperkenalkan diri saya kepada Anda? Saya siswa SMA. Jika Anda berkenan, saya ingin berbincang-bincang seputar prestasi Anda di bidang studi.
e. Bolehkah saya perkenalkan diri? Saya siswa SMA. Jika Anda tidak keberatan, jika saya akan nanya dikit tentang persoalan seputar prestasi Anda di bidang studi?
Jawaban: d

25. Saya bercita-cita ingin menjadi seorang ahli dalam bidang kelautan. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut saya memiliki berbagai alasan, yakni karena (1) adanya dorongan dari pihak keluarga, (2) ahli di bidang kelautan masih jarang, (3) sejak kecil saya senang berenang di laut, (4) flora dan fauna di laut sangat menarik perhatian saya, (5) saya akan memilih teknik kelautan di ITB.
Alasan yang kurang logis dalam pengungkapan cita-cita di atas terdapat pada nomor ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
Jawaban: c

26. Salah satu hal yang snagat penting dan harus diperhatikan seorang calon pemeran ialah memahami ciri-ciri tokoh yang hendak diperankan. Berikut adalah ciri-ciri tokoh yang hendak diperankan, kecuali ….
a. biologis
b. sosiologis
c. psikologis
d. estetika
e. estika
Jawaban: d

27. Berikut adalah berkaitan dengan pementasa drama, kecuali ….
a. tata rias
b. tata lampu
c. tata musik
d. tata busana
e. tata busana
Jawaban: e

28. Tita        : Arok, sembunyilah kau!
Ken Arok    : Tidak. Sembunyi kalian! (Terdengar suara rombongan datang. Ken Arok berdiri di tengah jalan).
Dari penggalan drama di atas, tampaklah bahwa tokoh Ken Arok memiliki sifat ….
a. angkuh
b. pemberani
c. pemberang
d. menantang
e. sombong
Jawaban: b

29. Istri    : Pagarnya memang terlalu rapat ke nisan, tidak ada tempat menaruh.
Suami    : Bisa tambahkan. Gambar ini sempurna. Ya  tidak Mas Ibrahim? (Ibrahim senyum-seyum terus sambil mengunyah kue). Apa sulit mengerjakannya?
Terjadinya perbincangan dalam drama tersebut adalah ….
a. di halaman rumah
b. di kebun
c. di perkuburan
d. di ruang tunggu
e. di kantor
Jawaban: d

30. Dalam kegiatan Gelar Satra Riau akan tambil beberapa budayawan dan penyiar nasional asal Riau, seperti Sutardji Calzum Bachri, Taufik Ikram Hami, Idrus Tintin, Edi Ruslan, dan beberapa penyiar lain. Acara Gelar Satra Riau akan dilaksanakan hari Kamis tanggal 6 April 2000 di Gedung Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta.
Berita di atas berisi tentang ….
a. rencana Gelar Satra Riau
b. pentas Gelar Satra Riau
c. Kamis, 6 April 2000, TIM dijadikan ajang pentas sastra
d. banyak penyiar dari Riau
e. TIM sebagai pusat kegiatan sastra
Jawaban: c

Untuk menjawab soal nomor 31-33, bacalah teks berikut!

    Sekitar 300 dari 400-an kios jongko (los) di Pasar Inpres Sayati, Kota Bandung, Sabtu (26/8) dini hari, musnah terbakar. Dalam peristiwa itu seorang perempuan pedagang ayam potong, Fatimah bin Yusuf (50-an), tewas terbakar karena terkurung api dalam kiosnya.
    Keterangan yang dihimpun Sabtu siang menyebutkan, api mulai berkobar sekitar pukul 02.30 ketika para pedagang masih tertidur lelap.
    Karena kencangnya tiupan angin kemarau dan terbakarnya tenda-tenda plastik, api dengan cepat menjalar ke hampir semua bagian pasar yang terletak di Jalan Kopo itu.
    Api baru berhasil diatasi sekitar pukul 07.30, setelah sekitar sepuluh mobil pemadam kebakaran dari kota dan Kabupaten Bandung dikerahkan ke lokasi kejadian. Namun, akibat luapan massa, Jalan Poros Kopo Soreang semoat macet total selama beberapa jam.

31. Pertanyaan yang sesuai dengan isi teks berita tersebut adalah ….
a. Berapa rupiah kerugian atas kebakaran Pasar Inpres Sayati?
b. Di manakah Fatimah, korban kebakaran tersebut dimakamkan?
c. Siapa yang menjadi korban kebakaran Pasar Inpres Sayati?
d. Dari mana datangnya tiupan angin kencang ke lokasi kebakaran?
e. Mengapa para pedagang terlelap tidur ketika terjadi kebakaran?
Jawaban: c

32. Jawaban yang tepat atas pernyataan “Bagaimana cara mengatasi korban api dalam peristiwa kebakaran Pasar Inpres Sayati tersebut?” adalah ….
a. Mengoperasikan mobil pemadam kebakaran ke lokasi kebakaran.
b. Mengarahkan para penduduk di sekitar lokasi kebakaran.
c. Membangunkan para pedagang yang masih terlelap tidur.
d. Mengerahkan aparat keamanan kota dan Kabupaten Bandung.
e. Membangunkan masyarakat yang sedang terlelap tidur.
Jawaban: a

33. Pokok-pokok penting dalam teks berita di atas adalah ….
a. Pasar Inpres Sayati terbakar pada tanggal 28 Agustus, pukul 02.30 dini hari.
b. Pasar Inpres Sayati terbakar, satu oarang tewas, dan Jalan Kopo Soreang macet.
c. Api mulai berkobar pukul 02.30 dan baru dapat diatasi pukul 07.30.
d. Jalan Kopo Soreang macet total karena Pasar Inpres Sayati kebakaran.
e. Angin kencang kemarau mengakibatkan cepatnya api menjalar kekios-kios.
Jawaban: b

34. Berikut adalah hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan pembacaan naskah berita, adalah ….
a. naskah berita
b. penyiar
c. membaca nyaring
d. mental
e. pendengar
Jawaban: e

35. Di anatara kalimat-kalimat berikut yang berisi permintaan penawaran barang ialah ….
a. Surat Saudara bertanggal 1 April lalu telah kami terima, maka dengan ini ….
b. Dapatlah kiranya Anda mengirim daftar harga terbaru barang produksi Anda?
c. Dengan penuh rasa gembira kami menyampaikan kabar bahwa kiriman Saudara telah kami terima.
d. Klaim Saudara telah kami terima dan mohon bersabar.
e. Terima kasih atas kiriman Saudara bulan Maret yang lalu ….
Jawaban: b

36. Kami yang bertanda tangan di bawah ini, Ir. Anis, Direktur PT Maju, Jalan Honggowongso 10 Jakarta, (1) …. dan Drs. Andry, Direktur PT Sekar Asih, Jalan Taman Asri 12 Bandung, (2) …., mengadakan perjanjian jual beli dengan ketentuan sebagai berikut.
Isian yang tepat untuk melengkapi bagian yang dirumpangkan pada alinea pembuka surat perjanjian jual beli di atas adalah ….
a. (1) selaku pihak pertama, (2) selaku pihak kedua
b. (1) adalah pihak pertama, (2) adalah pihak kedua
c. (1) sebagai pihak pertama, (2) sebagai pihak kedua
d. (1) lebih lanjut sebagai pihak pertama, (2) lebih lanjut sebagai pihak kedua
e. (1) yang selanjut disebut pihak pertama, (2) yang selanjut disebut pihak kedua.
Jawaban: e

37. Kalimat pembuka suarat niaga berikut yang berisi penawaran barang adalah ….
a. Kami mohon penawaran Saudara segera dikirimkan.
b. Siapa pun dapat mengirimkan contoh barang kemari.
c. Kami menawarkan TV Sony berkualitas ekspor dengan pembayaran cicilan dan barang segera dapat dikirim.
d. Semoga Anda senang dengan order ini.
e. Kami tetap emnunggu penawaran Anda.
Jawaban: c

38. Hal-hal yang tidak perlu dicantumkan dalam surat perjanjian jual beli tanah adalah ….
a. luas tanah
b. harga tanah
c. pengesahan oleh pejabat
d. cara pembayaran
e. kepala desa
Jawaban: e

39. Pasal 4
Penyerahan rumah tinggal sesuai dengan keadaannya, pada waktu ini akan diselenggarakan lima belas hari setelah penandatanganan perjanjian ini, yaitu dengan jalan menyerahkan kunci-kunci rumah tinggal tersebut oleh pihak penjual kepada pembeli.
Isi perjanjian jual beli pasal 4 di atas tentang ….
a. kewajiban pembeli
b. hak pembeli
c. hak/kewajiban penjual
d. hak penjual
e. kewajiban penjual
Jawaban: e

40. Kabar gembira bagi Saudara yang mempunyai kegiatan terjadwal dalam mengadakan studi tour. Kami telah hadir di kota Saudara untuk melayani jasa angkutan khusus untuk wisata. Yang menulis surat penawaran tersebut adalah perusahaan ….
a. jasa
b. travel
c. asuransi
d. bus
e. wisata
Jawaban: d

41. Cerita berbingkai berasal dari….
a. India
b. Melayu
c. Pakistan
d. Mesir
e. Arab
Jawaban: a

42. ”Selesaikan pelajaranmu dulu, Manen. Zaman sekarang, seorang wanita sebaiknya dapat berdiri sendiri, apalagi kalau ia dapat membangun masyarakat.”
Amanat yang paling tepat untuk penggalan novel diatas adalah….
a. wanita sebaiknya dapat mandiri
b. wanita harus bermasyarakat
c. pendidikan suami istri harus seimbang
d. wanita tidak boleh kalah oleh pria
e. cita-cita jangan sampai gagal
Jawaban: e

43. Untuk mengetahui watak seorang tokoh cerita, maka pertanyaan yang dapat diajukan adalah sebagai berikut, kecuali….
a. Mengapa pelaku mengalami nasib itu?
b. Bagaimana sikap sang tokoh dalam menghadapi suatu situasi?
c. Berapa umur sang tokoh?
d. Siapa nama tokoh tersebut?
e. Apa saja hobi tokoh tersebut?
Jawaban: d
Pembahasan: nama tokoh tidak dapat menggambarkan watak tokoh

44. Berikut merupakan unsur intrinsik novel, kecuali….
a. tema
b. alur
c. setting
d. agama
e. sudut pandang
Jawaban: d

45. Penggambaran watak tokoh dapat terungkap melalui berikut ini, kecuali….
a. lakuan
b. ucapan
c. penampilan fisik
d. pikiran
e. tujuan
Jawaban: c
Pembahasan: penampilan fisik tidak dapat mengungkapkan watak tokoh

46. Nilai yang terkandung dalam cerita sikabayana dalah….
a. ketakwaan
b. kebersahajaan
c. kemandirian
d. kerja keras
e. kerjasama
Jawaban: a

47. Berikut termasuk puisi lama, kecuali….
a. gurindam
b. karmina
c. syair
d. mithe
e. talibun
Jawaban: d
Pembahasan: mithe merupakan karya sastra berbentuk prosa

48. Prabawati beberapa hari tinggal bersedih karena kepergian suaminya untuk mencari nafkah tetapi, sahabat-sahabatnya membujuknya dengan menyuruhnya mencari seorang kekasih. Prabawati menetapkan untuk mencoba berbuat demkian, lalu berhias lah ia. Burung bayan betina mencoba mencegah perbuatan itu dengan memperlihatkan betapa salahnya kelakuan demikian. Tetapi, hasilnya ia hampir dipatahkan lehernya oleh prabawati. Untunglah ia menghindarinya.
Pesan moral yang tersirat  dari penggalan cerita di atas adalah….
a. Sayangilah binatang peliharaan.
b. Jangan turuti bujukan menyesatkan.
c. Jangan menyakitipihak yang mau memperingati kesalahan kita.
d. Jadilah seorang suami yang mau bekerja keras.
e. Bersabarlah dengan siapa pun.
Jawaban: b
Pembahasan: dari penggalan cerita itu, pengarang hendak berpesan bahwa kita jangan seperti tokoh Prabawati yang begitu mudahnya terhasut oleh bujukan menyesatkan dari sahabat-sahabatnya.

49. “Tuhan, berikan aku kerendahan hati untuk mengakui bahwa aku punya masa lalu” bisik hatinya. Mata Lestari menerawang. Laju kereta seperti tertahan. Yogyakarta, masih empat jam lagi….
Pesan yang tersirat dalam cuplikan cerita di atas adalah….
a. pentingnya kesadaran akan masa lalu
b. pentingnya pengakuan atas kehadiran Tuhan
c. masa lalu lebih baik daripada masa sekarang
d. setiap orang mempunyai masa lalu yang patut disyukuri
e. perlunya berdoa dalam segala kesulitan agar Tuhan dapat menolong
Jawaban: a
Pembahasan: pesan yang tersirat adalah pentingnya kesadaran akan masa lalu.

50. Rumah idaman di kampong Melayu yang tidak dapat dinamakan besar, sudah disambung dengan pelampan ke muka, lalu dihiasi dengan daun-daun beringin dan bunga-bungateratai. Bungakertas yang berumbai-umbai pun tidak pula ketinggalan, sebagai lazim diperbuat di kampong tiap-tiap ada perhelatan.
Unsur intrinsik yang dominan pada penggalan novel diatas adalah….
a. alurcerita
b. perwatakan
c. latar
d. tema
e. sudut pandang
Jawaban: c
Pembahasan: unsur intinsik terdiri dari tema, plot, latar, penokohan, gaya bahasa, sudut pandang, dan amanat. Unsur intrinsik yang dominan adalah cerita itu adalah latar.

51. Yah, bukan tugas orang tua untuk mengkuliahi. Yuliani dan suaminya hanya dapat berdoa dan menyerahkan perjalanan hidup anak-anaknya kepada kemahaarifan Tuhan. Tugas orang tua tidak berbeda dari apa yang dikerjakanTuhan Yang Mahabijaksana: member iklim, member syarat-syarat kehidupan, dan selanjutnya merestui kemerdekaan mereka. Ah, mungkin kebajikan ikhlas manusia di usia senja ialah Sumarah, percaya bahwa Tuhan jauh lebih menjaga dan menuntun anak daripada orang tuanya.
Nilai agama dalam kutipan diatas adalah….
a. orang tua sangat bertanggung jawab kepada anaknya
b. ikhlas dalam menghadapi percobaan hidup
c. menyerahkan segala-galanya kepadaTuhan
d. bukan tugas orang tua menyekolahkan anaknya
e. peribadatan yang dilakukan keluarganya
Jawaban: c

52. Hatta maka dengan takdir Allah menganugrahi kepada hambanya, maka si miskin pun menggali tanah hendak berbuat tempatnya tiga beranak itu. Maka digalinya tanah itu hendak mendirikan tiang teratak itumaka tergalilah kepada sebuah tajau yang besar berisi emas terlalu banyak. Maka istri itu pun datanglah melihat akan emas itu, seraya berkata suaminya: “Adapun akan emas ini, sampai kepada anak cucu kita habis dibuat belanja”.
Pesan yang terkandung dalam penggalan di atas adalah….
a. Hendaklah kita selalu tabah dan sabar dalam penderitaan.
b. Hendaklah kita bertakwa kepadaTuhan.
c. Kemiskinan tidak menjadikan putus asa.
d. Kita harus percaya bahwa Tuhanlah yang menentukan nasib manusia.
e. Bekerja keras pasti akan mendatangkan kebahagiaan.
Jawaban: d

53. Kegiatan drama di atas panggung meliputi hal-hal berikut, kecuali….
a. berdialog
b. bermonolog
c. berekspresi
d. kompetisi
e. bergairah
Jawaban: d

54. Berikut ini yang bukan merupakan perlengkapan panggung adalah….
a. sound system
b. penerangan
c. dekorasi
d. bahan kosmetika
e. microphone
Jawaban: d

55. Tujuan penggunaan tata pakaian dalam pementasan drama adalah sebagai berikut, kecuali….
a. menunjukan status sosialtokoh yang diperankan
b. mengekspresikan usia orang itu
c. menimbulkan efek bayangan
d. membantu mengindividualisasikan pemain
e. menunjukan latar waktu
Jawaban: c
Pembahasan: menimbulkan efek bayangan merupakan penggunaan tata lampu.

56. Hal yang perlu dicantumkan dalam bab pendahuluan sebuah karya tulis adalah….
a. perumusan masalah
b. daftar isi
c. daftar grafik/tabel
d. lembar pengesahan
e. kata penghantar
Jawaban: a
Pembahasan: bagian dari bab pendahuluan dalam karya tulis ilmiah adalah latar belakang masalah, tujuan, perumusan masalah, landasan teori.

57. Berikut ini deretan kata yang tidak layak digunakan dalam karya tulis ilmiah, kecuali….
a. merobah – nabung
b. ketawa – bikin
c. ngetik – nulis
d. utang – dipersilahkan
e. pihak – disahkan
Jawaban: e
Pembahasan: kata yang digunakan dalam karya tulis ilmiah harus baku. Deretan kata yang baku adalah pihak – disahkan

58. 1) Latarbelakang
2) Pendahuluan
3) Kesimpulan
4) Tujuan
5) Pembahasan

Sistematika yang tepat unsur-unsur karya tulis di atas adalah….
a. 1, 2, 3, 4, dan 5
b. 2, 3, 4, 5, dan 1
c. 3, 4, 5, 1, dan 2
d. 2, 1, 4, 5, dan 3
e. 1, 3, 5, 2, dan 4
Jawaban: d
Pembahasan: dalam sistematika penulisan karya tulis, kesimpulan berada diposisi akhir.

59. Unsur berikut yang tidak terdapat pada kata pengantar adalah….
a. alasan pemilihan judul
b. ucapan terimakasih
c. penjelasan maksud penulisan
d. ucapan syukur kepada Tuhan
e. harapan penulis karangan
Jawaban: a
Pembahasan: alasan pemilihan judul hanya terdapat di latar belakang masalah

60. Hal-hal yang tidak perlu ditulis dalam penulisan daftar pustaka adalah….
a. nama pengarang
b. halaman buku
c. judul buku
d. nama penerbit
e. tahun penerbit
Jawaban: b
Pembahasan: hal yang ditulis dalam penulisan daftar pustaka dari sumber berupa buku adalah dengan urutan sebagai berikut: nama pengarang, tahun terbit, judul buku, kota penerbit, dan nama penerbit. Halaman buku dicantumkan apabila mengutip.


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 60+ Contoh Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

#
Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc File Size 42Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal bahasa indonesia kelas 11 semester 2 kurikulum 2013
    • soal essay bahasa indonesia kelas 11 semester 2
    • soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 11 semester 2
    • contoh soal bahasa indonesia kelas 11 beserta jawabannya
    • soal bahasa indonesia kelas xi semester 2 dan kunci jawaban
    • soal bahasa indonesia kelas 11 semester 1 beserta jawaban
    • soal bahasa indonesia kelas xi kurikulum 2013 dan jawabannya
    • soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 11 semester 1 2018,2019,2020,2021,2022