Lengkap - 70+ Contoh Soal PG Prakarya Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru

70+ Contoh Soal PG Prakarya Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Hai adik adik, dimana saja berada, bagaimana kabarnya? semoga selalu sehat ya, pada kesempatan yang baik, pada kesempatan kali ini kakak ingin berbagi soal Pilihan ganda untuk mata pelajaran PRAKARYA bagi adik adik yang sedang duduk dibangku kelas 10 SMA/MA, soal ini sudah kakak susun beserta dengan kunci jawabannya. Oiya Pengertian Prakarya  - prakarya itu berasal dari istilah pra serta karya, pra mempunyai makna belum sedangkan karya iyalah  hasil kerja. prakarya didefinisikan sebagai hasil kerja yang belum jadi atau masih dalam bahan mentah , prakarya masih berupa proof of concept atau sebuah prototipe. Prakarya belum mempunyai target pemasaran, oleh karena  itu belum ada penggunanya ataupun konsumennya. Satu-satunya penggunanya iyalah  si developer atau desainer itu sendiri. Kualitas belum menjadi perhatian karena yang penting bentuk dasarnya saja . Harga sebuah prakarya ditentukan oleh subyektif sebab belum tahu potensi  dasar pada pasarnya.
70+ Contoh Soal PG Prakarya Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
70+ Contoh Soal PG Prakarya Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru



Agar lebih jelas, berikut dikemukakan beberapa karakteristik seorang wirausaha menurut pendapat Bygrave yang dikenal dengna istilah 10.D.

a. Dream (Mimpi)
Tidak ada wirausahawan yang tidak mempunyai mimpi, dan akan lebih sukses lagi bila mempunyai visi dan misi ke depan disertai dengan kemampuan untuk mewujudkan impiannya.

b. Decisivenes (Ketegasan)
Seorang wirausaha itu mempunyai hasrat ingin maju, tegas, energik, penuh semangat, dan tidak bekerja lambat. Setiap keputusan yang diambil selalu diperhitungkan. Kecepatan dan ketepatan merupakan faktor kunci dalam kesuksesan bisnisnya.
 
c. Doers (Bertindak)
Wirausahawan tidak suka menunda pekerjaan dan selalu menindaklanjuti keputusan yang telah dibuat,mselalu mempunyai kecepatan dan tenaga ekstra dalam bertindak di bandingkan yang lain. Seorang wirausaha tidak mau menunda-nunda kesempatan yang baik dalam bisnisnya.

d. Determination (Ketetapan Hati/ Kebulatan Tekad) Seorang wirausaha mempunyai keteguhan hati serta rasa tanggung jawab yang tinggi, sehingga tidak pernah menyerah begitu saja ketika menghadapi persoalan, walaupun dihadapkan pada halangan dan rintangan yang tidak mungkin dapat diatasi.
 
e. Dedication (Pengabdian)
Seorang wirausaha yang cerdas itu mempunyai dedikasi yang tinggi terhadap bisnisnya, karena dedikasi yang tinddi maka kesuksesan akan selalu menghampirinya. Seorang wirausaha yang berdedikasi tinggi terhadap bisnisnya. Kadang- kadang mengorbankan kepentingan keluarga untuk sementara. Wirausahawan di dalam melaksanakan pekerjaanya tidak mengenal lelah.
 
f. Devotion (Kecintaan/ Kesetiaan)
Bisnis akan menyita banyak waktu, pikiran, tenaga, energy, focus, dan semangat seorang wirausaha sehingga ia harus mencintai pekerjaanya dan pandai membagi waktu.

g. Detail (Terperinci)
Untuk mencapai kesuksesan, seseorang wirausaha harus berpikir detail (terperinci) karena ketika menjalankan usaha, aspek keuangan dan perencanaan strategi memerlukan pemikiran secara detail.

h. Destiny (Nasib)
Wirausaha wan membutuhkan keberuntungan dan ia harus mulai beusaha untuk memprediksi kapan keberuntungan itu datang menghampirinya.
 
i. Dollars (Materi/ Uang)
Seorang wirausaha tidak mengutamakan pencapaian kekayaan. Motivasinya bukan karena masalah uang. Uang di anggap sebagai ukuran kesuksesan bisnisnya. Ia berasumsi jika berhasil dalam bisnis maka ia pantas mendapat laba, bonus, atau hadiah.

j. Distribute (Menyalurkan/ Mendistribusikan)
Wirausaha yang baik selalu berorientasi untuk member dan mendefinisikan kesuksesannya filosofinya, kepemilikannya, ilmunya, uang yang dimilikinya untuk kesejahteraan para karyawan, dan tentunya mendistribusikan kemempuan, ide, saran, dan inspirasi kreatifinya untuk membantu mengembangkan bisnis agar pelanggannya senantiasa setia dan selalu membeli barang dan jasa.

Soal PG Prakarya Kelas 10 SMA/MA 


70+ Contoh Soal PG Prakarya Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat bospedia dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal PG Prakarya Kelas 10 SMA/MA  ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal PG Prakarya Kelas 10 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut bospedia memberikan Soal PG Prakarya Kelas 10 SMA/MA

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !


1. Alat yang digunakan untuk memukul tatah agar dapat menembus kulit kerbau dalam proses pembuatan wayang kulit yaitu....
a. jangka
b. pendukan
c. paku corekan
d. ganden
e. penindih
Jawaban: d
Pembahasan:  ganden digunakan untuk memukul tatah agar dapat menembus kulit.

2. Keberadaan keris sudah hampir punah di wilayah....
a. Sumatera
b. Filipina
c. Malaysia
d. Brunei
e. Filipina
Jawaban: b
Pembahasan: Keberadaan keris sangat umum dikenal di daerah Indonesia terutama di daerah pulau Jawa dan Sumatra, Malaysia, Brunei, dan Filipina khususnya di daerah Filipinan Selatan (Pulau Mindanao). Namun, bila dibandingkan dengan Indonesia dan Malaysia, keberadaan keris dan pembuatanya di Filipina telah menjadi hal yang sangat langka dan bahkan hampir punah.

3. Penempatan keris di depan terdapat di daerah berikut, kecuali....
a. Sunda
b. Sumatra
c. Malaysia
d. Brunei
e. Filipina
Jawaban: a
Pembahasan: di daerah Jawa dan Sunda, keris ditempatkan di pinggang bagian belakang. Sementara di Sumatra, Malaysia, Brunei, dan Filipina, keris ditempatkan di depan.

4. Berikut bukan bahan yang digunakan untuk membuat batik, yaitu....
a. mori
b. plastik
c. rayon
d. sutra
e. poliester
Jawaban: b
Pembahasan: pada awalnya batik dibuat dengan menggunakan kain mori. Dewasa ini batik dibuat juga dari bahan-bahan lainnya, misalnya sutera, rayon ataupun poliester.

5. Tiruan sesuatu dalam skala yang diperkecil atau sesuatu yang kecil disebut...
a. relief
b. ukiran
c. patung
d. miniatur
e. lukisan
Jawaban: d
Pembahasan: miniatur dapat diartikan sebagai tiruan sesuatu dalam skala yang diperkecil atau sesuatu yang kecil.

6. Bahan baku yang paling bagus untuk membuat wayang kulit yaitu kulit....
a. sapi
b. kambing
c. kerbau
d. domba
e. unta
Jawaban: c
Pembahasan: bahan pokok untuk membuat wayang kulit adalah kulit kerbau. Kulit sapi dapat digunakan sebagai bahan baku namun tidak sebaik kulit kerbau.

7. Kulit yang langsung digunakan untuk proses pembuatan wayang kulit tanpa melalui proses kimiawi disebut kulit....
a. split
b. masakan
c. mentah
d. sintesis
e. campuran
Jawaban: c
Pembahasan: kulit mentah adalah kulit yang langsung digunakan untuk proses pembuatan wayang kulit tanpa melalui proses kimiawi.

8. Agar kulit kerbau lunak, maka sebelum membuat wayang kulit tersebut harus....
a. direndam
b. diberi air
c. direbus
d. dipanaskan
e. dijemur
Jawaban: a

9. Merendam kulit dengan air mendidih, dan dengan menggunakan air kapur sebelum dibentangkan merupakan teknik yang bertujuan untuk....
a. kulit mudah untuk disayat dan dipotong
b. kulit menjadi lebih elastis
c. melebarkan kulit
d. melunakkan kulit
e. mempermudah pengerokan rambut pada kulit
Jawaban: e
Pembahasan: terdapat beberapa metode yang digunakan untuk mempermudah pengerokan rambut pada kulit, seperti: merendam kulit dengan air mendidih, dan dengan menggunakan air kapur sebelum dipentangkan.

10. Berikut yang bukan termasuk kebudayaan nonbenda, yaitu....
a. dongeng
b. cerita rakyat
c. lagu
d. makanan khas
e. tarian tradisional
Jawaban: d
Pembahasan: kebudayaan nonbenda atau nonmaterial adalah ciptaan-ciptaan abstrak yang diwariskan dari generasi ke generasi, misalnya berupa dongeng, cerita rakyat dan lagu atau tarian tradisional.

11. Kerajinan yang hanya mengutamakan keindahan tanpa memerhatikan guna barang tersebut merupakan definisi fungsi....
a. pakai
b. hias
c. ekonomis
d. budaya
e. estetis
Jawaban: b
Pembahasan: fungsi hias adalah kerajinan yang hanya mengutamakan keindahan tanpa memerhatikan guna dari barang tersebut, contoh kerajinan ini seperti miniatur, patung, dan lain-lain yang hanya menjadi kenikmatan bagi siapa saja yang melihatnya.

12. Motif gambar batik dibentuk/ditulis dengan cairan lilin dengan menggunakan alat yang dinamakan.....
a. canting
b. kuas
c. lilin
d. malam
e. mori
Jawaban: a
Pembahasan: motif gambar batik dibentuk/ditulis dengan cairan lilin dengan menggunakan alat yang dinamakan canting untuk motif halus, atau kuas untuk motif berukuran besar

13. Suatu hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan disebut....
a. kerajinan tangan
b. seni pahat
c. teknik ukir
d. kerajinan tradisional
e. kerajinan lokal
Jawaban: a
Pembahasan: pengertian kerajinan tangan merupakan hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan (kerajinan tangan). Kerajinan yang dibuat biasanya terbuat dari berbagai bahan.

14. Kerajinan tangan yang terinspirasi dari kebudayaan lokal nonbenda yang memiliki bagian mata, hulu, dan sarung, yaitu....
a. gamelan
b. wayang kulit
c. batik
d. miniatur
e. keris
Jawaban: e
Pembahasan: keris terbagi menjadi tiga bagian yaitu mata, hulu, dan sarung.

15. Sepotong besi atau benda berat lainnya yang berfungsi agar wayang tidak bergeser pada waktu ditatah, yaitu....
a. paku corekan
b. ganden
c. jangka
d. pandukan
e. penindih
Jawaban: e
Pembahasan: penindih biasanya berupa sepotong besi atau benda berat lainnya. Fungsinya adalah membuat wayang tidak bergeser pada waktu ditatah.

16. Dua fungsi kerajinan tangan, yaitu fungsi..... dan ....
a. jual dan pakai
b. pakai dan hias
c. hias dan jual
d. budaya dan ekonomi
e. budaya dan pariwisata
Jawaban: b
Pembahasan: kerajinan tangan memiliki dua fungsi yaitu sebagai berikut:
a. fungsi pakai
b. fungsi hias

17. Paku corekan digunakan untuk membuat....
a. warna wayang
b. supit wayang
c. pola pada wayang
d. wayang putihan
e. wayang agar kaku
Jawaban: c

18. Kulit yang sudah melalui proses kimiawi, di pabrik disebut kulit....
a. split
b. mentah
c. olahan
d. plastik
e. sintesis
Jawaban: a
Pembahasan: kulit split adalah kulit yang sudah melalui proses kimiawi di pabrik.

19. Ciptaan-ciptaan abstrak yang diwariskan dari generasi ke generasi disebut....
a. kerajinan tangan
b. kebudayaan material
c. kebudayaan nonbenda
d. kebudayaan lokal
e. kebudayaan tradisional
Jawaban: c
Pembahasan: kebudayaan nonbenda atau nonmaterial adalah ciptaan-ciptaan abstrak yang diwariskan dari generasi ke generasi, misalnya berupa dongeng, cerita rakyat dan lagu atau tarian tradisional.

20. Orang yang membuat patung disebut.....
a. pemahat
b. pengukir
c. pematung
d. pengrajin
e. penatah
Jawaban: c

21.  Pemrosesan pesanan, transportasi, persediaan, penanganan barang, struktur fasilitas, serta sistem informasi  dan komunikasi merupakan bagian dari kegiatan ….
a. transportasi
b. logistik
c. komunikasi
d. informasi
e. negosiasi
Jawaban: b. logistik
Pembahasan:
Secara umum kegiatan logistik terdiri dari dua kegiatan, yaitu kegiatan pergerakan (move) yang bersifat dinamis dan keinginan penyimpanan (store) yang bersifat statis. Dua kegiatan utama tersebut diurai menjadi beberapa kegiatan yaitu sebagai berikut:
1. Pemrosesan pesanan, transportasi, persediaan, penanganan barang, struktur fasilitas, serta sistem informasi dan komunikasi.
2. Kegiatan-kegiatan tersebut disebut sebagai bauran kegiatan logistik dimana semua kegiatan tersebut tidak dapat dihindarkan keberadannya dalam sebuah rantai pasok.

22. Usaha pemindahan orang atau barang dari lokasi asal (origin) ke lokasi tujuan (destination) untuk keperluan tertentu dan dengan menggunakan alat tertentu pula tersebut ….
a. komunikasi
b. informasi
c. logistik
d. transportasi
e. bongkar muat
Jawaban: d. transportasi
Pembahasan:
Transportasi ialah usaha pemindahan orang atau barang dari lokasi asal (origin) ke lokasi tujuan (destination) untuk keperluan tertentu dan dengan menggunakan alat tertentu pula.

23. Dalam pengangkutan minyak mentah, produk minyak olahan, dan gas alam diperlukan moda ….
a. truk
b. bus
c. pipeline
d. kereta api
e. air freight
Jawaban: c. pipeline
Pembahasan:
Pipeline digunakan terutama untuk pengangkutan minyak mentah, produk minyak olahan dan gas bumi.

24. Untuk barang-barang ukuran relatif kecil, bernilai tinggi, dan jarak jauh sebaiknya menggunakan moda …
a. air freight
b. sea freight
c. kereta api
d. pipeline
e. truk
Jawaban: a. air freight
Pembahasan:
Penggunaan  air freight lebih tepat untuk barang-barang ukuran relatif kecil dan bernilai tinggi atau pengiriman barang yang memerlukan waktu cepat dan jarak yang jauh.

25. Penyediaan infrastruktur yang dibutuhkan, seperti pembangunan jalan raya, pelabuhan, Bandar udara, jaringan kereta api, kebijakan regulasi transportasi, dan pelayanan merupakan peran dari ….
a. pengirim
b. penerima
c. carrier
d. pemerintah
e. publik
Jawaban: d. pemerintah
Pembahasan:
Pemerintah berperan dalam transportasi melalui penyediaan infrastruktur yang dibutuhkan, seperti pembangunan jalan raya, pelabuhan, Bandar udara, jaringan kereta api, kebijakan regulasi transportasi, dan pelayanan pemerintah untuk menyelenggarakan transportasi dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, dan peningkatan kinerja logistik nasional.

26. Fasilitas bongkar muat dalam pergerakan angkutan multimedia yang disesuaikan dengan besarnya…
a. biaya transport
b. muatan yang diangkut
c. biaya jasa sopir
d. biaya bahan bakar
e. penyedia jasa
Jawaban: b. muatan yang diangkut
Pembahasan:
Prasarana yang paling penting untuk mendorong pergerakan angkutan multimoda adalah fasilitas bongkar muat yang disesuaikan dengan besarnya muatan yang diangkut.

27. Harga pokok produksi produk transportasi dan logistik sama halnya dengan harga pokok …
a. semua perusahaan
b. perusahaan perbankan
c. perusahaan jasa
d. perusahaan dagang
e. perusahaan manufaktur
Jawaban: c. perusahaan jasa
Pembahasan:
Harga pokok produksi produk transportasi dan logistik sama halnya dengan harga pokok perusahaan jasa lainnya, hanya saja komponen-komponen nya disesuaikan dengan jenis jasa yang dihasilkan atau diberikan.

28. Berikut biaya produksi transportasi logistik, terutama dalam kaitannya ketersediaan, kecuali …
a. tenaga kerja
b. upah buruh
c. bahan bakar
d. daerah produksi
e. daerah pemasaran
Jawaban: e. daerah pemasaran
Pembahasan:
Biaya produksi transportasi logistik, berkaitan dengan ketersediaan tenaga kerja, upah buruh, bahan bakar, dan daerah produksi.

29. Berikut yang diperlukan untiuk menemukan dan berkomunikasi dengan calon pembelian adalah…
a. kontak
b. negosiasi
c. penyesuaian
d. promosi
e. informasi
Jawaban: a. kontak
Pembahasan:
Kontak menemukan dan berkomunikasi dengan calon pembeli.

30. Oleh karena siklus produksi dan konsumsi jarang seiring, maka diperlukan fungsi ….
a. komunikasi
b. transportasi
c. gudang
d. sediaan
e. pemrosesan pesanan
Jawaban: c. gudang
Pembahasan:
Fungsi gudang diperlukan karena siklus produksi dan konsumsi jarang seiring.

31. Hal yang diperlukan untuk membentuk dan menyesuaikan tawaran dengan kebutuhan pembeli dalam hubungannya dengan transportasi logistik adalah ….
a. penyesuaian
b. informasi
c. promosi
d. negosiasi
e. kontak
Jawaban: a. penyesuaian
Pembahasan:
Penyesuaian, yaitu membentuk dan menyesuaikan tawaran dengan kebutuhan pembeli, meliputi aktifitas seperti pembuatan, pemilahan, perakitan dan pengemasan.

32. Berikut bukan termasuk unsur-unsur dari logistik, yaitu ….
a. manufaktur
b. pemasok
c. pemerintah
d. distribusi
e. pelanggan/customer
Jawaban: c. pemerintah
Pembahasan:
Logistik akan selalu melibatkan unsur pemasok, manufaktur, distribusi dan para pelanggan.

33. Fungsi penting transportasi memberikan solusi layanan logistik dalam hal pergerakan produk (product movement) dan penyimpanan barang (product storage) yang termuat dalam ….
a. waktu singgah
b. bongkar barang
c. pengiriman barang
d. manajemen rantai pasok
e. aktivitas pergudangan
Jawaban: d. manajemen rantai pasok
Pembahasan:
Dalam konteks manajemen rantai pasok, fungsi penting transportasi memberikan solusi layanan logistik di antaranya pergerakan produk (product movement) dan penyimpanan barang (product storage).

34. Berikut pihak yang terlibat dalam manajemen transportasi, kecuali ….
a. shipper
b. receiver
c. government
d. producent
e. agent
Jawaban: d. producent
Pembahasan:
Setidaknya ada enam pihak dalam manajemen transportasi (Bowersox, 2013), yaitu pengirim (shipper), seringkali disebut sebagai consignor, penerima (receiver), dikenal sebagai consignee; perusahaan penyedia jasa transportasi (carrier dan agent); pemerintah (govermment); teknologi informasi dan komunikasi (ICT); dan masyarakat (public).

35. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat fiberglass, kecuali …
a. resin bening
b. kuas
c. katalis
d. matt
e. serat kaca
Jawaban: b. kuas
Pembahasan:
Membeli bahan-bahannya di toko kimia, yaitu sebagai berikut:
1. Resin bening/bukan bening sama saja = 1 kilo 40 ribu – 50 ribu.
2. Katalisnya = 2 ribu.
3. Pipet tetes (untuk meneteskan katalis ke adonan resin) = 2 ribu.
4. Matt atau serat kaca = setengah kilo 18000.
5. Bahan-bahan disana pasti lebih mudah didapatkan dan para pemilik toko kimia pun mengerti apabila anda menanyakan bahan untuk membuat fiberglass.
6. Cetakan customnya
Kuas bukan bahan, tetapi kuas termasuk dalam peralatan.

36. Hal yang diperlukan untuk menciptakan lingkungan usaha yang fair dan kompetitif, mencegah monopoli, keseimbangan lingkungan dan hemat energi adalah ….
a. sarana transportasi
b. sarana bongkar muat
c. kebijakan transportasi
d. biaya transportasi
e. produk transportasi
Jawaban: c. kebijakan transportasi
Pembahasan:
Kebijakan transportasi diarahkan untuk  menciptakan lingkungan usaha yang fair dan dan kompetitif, mencegah monopoli, keseimbangan lingkungan dan hemat energi.

37. Hal yang diperlukan untuk menyediakan informasi yang akurat dan real-time antara pelanggan dan pemasok atau antara pengirim dan penerima adalah ….
a. transportation management system
b. web
c. cloud
d. information communication technology
e. flett management system
Jawaban: d. information communication technology
Pembahasan:
ICT diperlukan untuk menyediakan informasi yang akurat dan real-time antara pelanggan dan pemasok atau antara pengirim dan penerima.

38. Moda yang tepat untuk transportasi barang-barang yang memerlukan kapasitas besar, berat, densitas tinggi, dan jarak jauh, yaitu ….
a. truk
b. kereta api
c. pipeline
d. air freight
e. sea freight
Jawaban: b. kereta api
Pembahasan:
Mode kereta api tepat untuk transportasi barang-barang yang memerlukan kapasitas besar, berat, densitas tinggi, dan jarak jauh.

39. Transportasi dengan moda pipeline memerlukan insfrastruktur dengan investasi yang besar dalam hal ….
a.  biaya tetap
b. biaya perolehan
c. harga pokok produksi
d. biaya operasional
e. biaya penyusutan
Jawaban: a.  biaya tetap
Pembahasan:
Transportasi dengan mode pipeline memerlukan infrastruktur dengan investasi biaya tetap yang besar.

40. Proses pengolahan yang strategis terhadap pemindahan dan penyimpanan barang, suku cadang, barang jadi dari supplier di antara fasilitas-fasilitas perusahaan dan para pelanggan disebut ….
a. transportasi
b. bongkar muat
c. logistik
d. manajemen logistik
e. misi logistik
Jawaban: c. logistik
Pembahasan:
Logistik adalah proses pengolahan yang strategis terhadap pemindahan dan penyimpanan barang, saku cadangan, barang jadi dari supplier di antara fasilitas-fasilitas perusahaan dan para pelanggan.

41. Tanaman konsumsi disebut juga tanaman ….
a. pangan
b. serealia
c. pertanian
d. budi daya
e. perkebunan
Jawaban: a. pangan

42. Kedelai, kacang tanah, dan kacang hijau merupakan tanaman pangan jenis ….
a. umbi-umbian
b. serealia
c. biji-bijian
d. polong-polongan
e. koro-koroan
Jawaban: c. biji-bijian
Pembahasan:
Tanaman biji-bijian yang sering kita konsumsi antara lain kedelai, kacang tanah,dan kacang hijau.

43. Tanaman sagu menyimpan produk pngannya di bagian …..
a. buah
b. umbi
c. biji
d. batang
e. akar
Jawaban: d. batang
Pembahasan:
Tanaman pangan tidak hanya berasal dari jenis serelia, lainya seperti sagu yang diambil batangnya dari sukun yang merupakan buah.

44. Tanaman yang ditanam untuk dipanen umbinya karena di dalam umbi terdapat kandungan karbohidrat sebagai sumber nutrisi bagi tubuh disebut tanaman …
a. kacang-kacangan
b. serealia
c. umbi-umbian
d. biji-bijian
e. buah-buahan
Jawaban: c. umbi-umbian
Pembahasan:
Tanaman umbi-umbian merupakan tanaman yang ditanam untuk dipanen umbinya karena di dalam umbi terdapat kandungan karbohidrat untuk sumber nutrisi bagi tubuh.

45. Berikut contoh tanaman serealia, keculi ….
a. padi ketan
b. jelai
c. haver
d. jagung
e. gandum
Jawaban: a. padi ketan
Pembahasan:
Tanaman serelia yang banyak dikonsumsi manusia antara lain, padi, jagung, gandum, gandum durum, jelai, haver, dan gandum hitam.

46. Tanaman harus dijaga agar terlindungi dari gangguan hewan ternak, binatang liar, dan/atau hewan lainnya. Hal tersebut merupakan bagian dari standar …. Tanaman.
a. pengendalian
b. pemupukan
c. pemeliharaan
d. penanaman
e. persiapan benih
Jawaban: c. pemeliharaan
Pembahasan:
Standar pemeliharaan tanaman, yaitu sebagai berikut.
1). Tanaman pangan harus dipelihara sesuai karakteristik dan kebutuhan spesik tanaman agar dapat tumbuh dan berproduksi optimal serta menghasilkan produk pangan bermutu tinggi.
2). Tanaman harus dijaga agar terlindung dari gangguan hewan ternak, binatang liar, dan /atau hewan lainnya.

47. Mengutamakan penggunaan pupuk organik serta disesuaikan dengan kebutuhan tanaman dan kondisi fisik tanah. Hal tersebut merupakan hal yang berhubungan dengan ….
a. pemupukan
b. pengendalian
c. pengolahan lahan
d. pembibitan
e. pengairan
Jawaban: a. pemupukan
Pembahasan:
Pemberian pupuk mengacu pada hasil analisis kesuburan tanah dan kebutuhan tanaman yang dilakukan oelh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), yaitu sebagai berikut:
1). Penyemprotan pupuk cair pada tajuk tanaman (foliar sprays) tidak boleh meninggalkan residu zat-zat kimia berbahaya pada saat tanaman dipanen.
2). Mengutamakan penggunaan pupuk organik serta disesuaikan dengan kebutuhan tanaman dan kondisi fisik tanah.
3) Penggunaan pupuk tidak boleh mengakibatkan terjadinya pencemaran air baku (waduk, telaga, embung, empang), atau air tanah dan sumber air.
4). Tidak boleh menggunakan limbah kotoran manusia yang tidak diberikan perlakuan.

48. Salah satu standar pemupukan, yaitu disesuaikan dengan jenis pupuk, tanaman dan kondisi lapangan. Artinya, dalam pemupukan harus tepat …
a. dosis
b. konsentrasi
c. cara aplikasi
d. waktu
e. sasaran
Jawaban: c. cara aplikasi
Pembahasan:
Salah satu tandar pemupukan, yaitu tepat cara aplikasi, yaitu disesuaikan dengan jenis pupuk, tanaman, dan kondisi lapangan.

49. Catatan penggunaan pestisida minimal digunakan …. Tahun
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
Jawaban: c. 3
Pembahasan:
Catatan penggunaan pestisida minimal digunakan 3 tahun.

50. Besarnya nilai korbanan (biaya) yang dikeluarkan untuk menghasilkan satu unit produk tertentu disebut …
a. biaya operasional
b. beban operasional
c. harga pokok
d. harga pokok produk
e. harga pokok produksi
Jawaban: e. harga pokok produksi
Pembahasan:
Harga Pokok Produksi (HPP) merupakan besarnya niai korbanan (biaya) yang dikeluarkan untuk menghasilkan satu unit produk tertentu.

51. Kegiatan promosi harus memerhatikan beberapa hal, yaitu sebagai berikut, kecuali …
a. masa tahapan siklus produksi
b. jumlah dana yang tersedia untuk promosi
c. sifat konsumen yang akan dilayani
d. konsumen yang ingin dituju
e. sifat atau ciri khusus produk yang dihasilkan
Jawaban: c. sifat konsumen yang akan dilayani
Pembahasan:
Kegiatan promosi harus memerhatikan beberapa hal, yaitu sebagai berikut:
1). Jumlah dana yang tersedia untuk promosi.
2). Masa tahapan siklus promosi.
3). Konsumen yang ingin dituju.
4). Sifat atau ciri khusus produk yang dihasilkan.

52. Berikut bukan termasuk jenis tanaman umbi-umbian, yaitu ….
a. singkong
b. blewah
c. ganyong
d. talas
e. muntul
Jawaban: b. blewah
Pembahasan:
Tanaman umbi-umbian yang bisa dimanfaatkan manusia antara lain seperti ubi kayu (singkong), ubi jalar (muntul), talas, wortel, kentang, ganyong, dan sebagainya.

53. Teknik budi daya tanaman pangan jika menggunakan pestisida harus memerhatikan hal-hal tersebut, kecuali …
a. tepat harga
b. tepat mutu
c. alat aplikasi
d. tepat konsentrasi
e. tepat sasaran
Jawaban: a. tepat harga
Pembahasan:
Jika menggunakan pestisida, pengendalian harus dilakukan dengan tepat jenis, tepat mutu, tepat dosis, tepat konsentrasi/dosis, tepat waktu, tepat sasaran (OPT, target dan komoditi), serta tepat cara dan alat aplikasi.

54. Segala tanaman penghasil biji-bijian yang didalamnya terkandung karbohidrat dan protein disebut….
a. serealia
b. biji-bijian
c. umbi-umbian
d. buah-buahan
e. sayur-mayur
Jawaban: b. biji-bijian
Pembahasan:
Biji-bijian merupakan segala tanaman penghasil biji-bijian yang didalamnya terkandung karbohidrat dan protein.

55. Memberikan nutrisi yang cukup bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman merupakan tujuan dari ….
a. pembibitan
b. pengolahan tanah
c. pemupukan
d. pembumbunan
e. penyulaman
Jawaban: c. pemupukan
Pembahasan:
Pemupukan bertujuan memberikan nutrisi yang cukup bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

56. Penyulaman, penyiraman, dan pembubunan dalam budi daya tanaman pangan termasuk kegiatan…
a. pemupukan
b. persiapan benih
c. pemeliharaan
d. penanaman
e. pengolahan lahan
Jawaban: c. pemeliharaan
Pembahasan:
Kegiatan pemeliharaan meliputi penyulaman, penyiraman, dan pembumbunan.

57. Pemberian pestisida harus diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan, standar tumbuh tanaman , serta kondisi lapangan yang tepat. Artinya, harus memenuhi standar tepat ….
a. waktu
b. dosis
c. sasaran
d. konsentrasi
e. cara aplikasi
Jawaban: a. waktu
Pembahasan:
Standar pemupukan harus tepat waktu, yiatu diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan, standar tumbuh tanaman serta kondisi lapangan yang tepat.

58. Agar struktur tanah menjadi gembur, beraerasi baik, dan penakaran dapat berkembang secara optimal, hal yang perlu diperhatikan, yaitu ….
a. pembibitan
b. penyiapan media tanam
c. pengairan
d. pemupukan
e. pengendalian hama terpadu
Jawaban: b. penyiapan media tanam
Pembahasan:
Penyiapan lahan/media tanam dilakukan dengan baik agar struktur tanah menjadi gembur dan beraerasi baik sehingga perakaran dapat berkembangsecara optimal.

59. Ada beberapa alasan pengusaha memilih perantara dalam mendistribusikan produk budi daya tanaman pangan antara lain sebagai berikut, kecuali …
a. efisiensi kerja
b. pertimbangan dana dan personalia penjualan
c. sarana transportasi dan komunikasi
d. keadaan prasarana daerah pemasaran setempat
e. pengetahuan dan pengalaman menangani daerah pemasaran setempat
Jawaban: c. sarana transportasi dan komunikasi
Pembahasan:
Ada beberapa alasan pengusaha memilih perantara dalam mendistribusikan produk budi daya tanaman pangan antara lain sebagai berikut:
1). Pertimbangan dana dan personalia penjualan.
2). Efisien kerja
3). Keadaan prasarana daerah pemasaran setempat.
4). Pengetahuan dan pengalaman menangani daerah pemasaran setempat.

60. Berikut bukan termasuk ciri-ciri tanaman pangan, yaitu ….
a.  dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan lain-lain
b. buah atau hasilnya dapat dimakan
c. dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat tubuh sebagai sumber tenaga
d. masa tumbuhnya singkat
e. merupakan tumbuhan tahunan
Jawaban: e. merupakan tumbuhan tahunan
Pembahasan:
Ciri-ciri tanaman pangan yaitu dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat tubuh sebagai sumber tenaga, buah dan hasil dapat dimakan, rata-rata tanaman pangan merupakan tanaman semusim yang masa tumbuhnya singkat dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan lain-lain.

61. Bahan pangan nabati yang dihasilkan oleh batang suatu tumbuhan, yaitu ….
a. sagu
b. aren
c. wortel
d. kelapa
e. kentang
Jawaban: a. sagu

62. Bahan pangan nabati yang mempunyai pigmen klorofil akan menghasilkan warna ….
a. kuning
b. hijau
c. merah
d. merah
e. jingga
Jawaban: b. hijau

63. Salah satu bahan pangan nabati yang rasanya pahit, yaitu …
a. palm
b. wortel
c. pare
d. markisa
e. akar teratai
Jawaban: c. pare

64. Fermentasi dan penambahan enzim merupakan contoh pengawetan secara ….
a. kimiawi
b. anorganik
c. fisik
d. biologi
e. modern
Jawaban: d. biologi
Pembahasan:
Proses pengawetan secara biologis dikenal dikenal dengan 2 cara yaitu fermentasi dan penambahan enzim.

65. Berikut contoh bahan pangan nabati bertekstur lunak, kecuali …
a. apel
b. papaya
c. pisang
d. jeruk
e. stroberi
Jawaban: a. apel
Pembahasan:
Bahan pangan nabati bertekstur lunak, contohnya: sayuran dan ebberapa jenis buah-buahan seperti papaya, jeruk, stroberi, dan lain-lain.

66. Tujuan pemberian gula dengan kadar yang tinggi pada manisan buah, yaitu ….
a. buah menjadi menarik
b. agar tidak asam
c. mencegah tumbuhnya mikroorganisme
d. manisan enak disantap
e. mudah pemasarannya
Jawaban: c. mencegah tumbuhnya mikroorganisme
Pembahasan:
Tujuan pemberian gula dengan kadar yang tinggi pada manisan buah, selain untuk memberikan rasa manis, juga untuk mencegah tumbuhnya mikroorganisme (jamur kupang).

67. Bahan untuk mengemas manisan mangga di antaranya sebagai berikut, kecuali …
a. plastik
b. toples
c. botol
d. vacuum
e. daun
Jawaban: e. daun
Pembahasan:
Manisan mangga dikemas serbagai cara mulai toples, plastik, vacuum sampai botol.

68. Penirisan buah mangga dari lautan gula akan menghasilkan …
A. jus mangga
b. manisan kering
c. manisan basah
d. selai
e. sari mangga
Jawaban: c. manisan basah
Pembahasan:
Manisan basah diperoleh setelah penirisan buah mangga dari larutan gula.

69. Manisan mangga dibuat dengan memilih mangga dalam keadaan ….
a. matang
b. muda
c. setengah matang
d. segar
e. sangat matang
Jawaban: c. setengah matang

70. Hal-hal yang diperhatikan dalam pemasaran dari sudut pandang konsumen, kecuali ….
a. kebutuhan dan keinginan konsumen
b. biaya konsumen
c. komunikasi
d. tempat yang strategis
e. kenyamanan
Jawaban: d. tempat yang strategis
Pembahasan:
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemasaran dari sudut pandang konsumen.
1. kebutuhan dan keinginan (customer needs and wants).
2. Biaya konsumen (cost to the customer).
3. Kenyamanan (convenience)
4. Komunikasi (communication)




Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 70+ Contoh Soal PG Prakarya Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

#
Soal PG Prakarya Kelas 10 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc File Size 42Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal prakarya kelas 10 semester 2 pilihan ganda
    • soal essay prakarya kelas 10
    • soal prakarya kelas 10 semester 2 dan jawabannya
    • soal prakarya kelas 10 semester 1 dan jawabannya
    • soal prakarya kelas 10 kurikulum 2013
    • soal prakarya kelas 10 beserta jawaban
    • soal pilihan ganda prakarya dan kewirausahaan beserta jawaban
    • contoh soal prakarya kelas 10 semester 2
    •  pdf 2018,2019,2020,2021,2022