ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Komponen Dan Langkah-Langkah Perencanaan Usaha Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Materi Komponen Dan Langkah-Langkah Perencanaan Usaha Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Komponen Dan Langkah-Langkah Perencanaan Usaha dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas X SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Komponen Dan Langkah-Langkah Perencanaan Usaha Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA
Materi Komponen Dan Langkah-Langkah Perencanaan Usaha Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Budaya tradisional yang dimiliki bangsa Indonesia beraneka ragam dalam bentuk benda maupun nonbenda, dengan banyaknya budaya dimilikioleh bangsa ini diharapkan mampu memberikan inspirasi untuk perencanaan usaha  kerajinan non benda. Peserta didik diharapkan akan mampu memberi inspirasi melalui kemampuan yang mereka miliki untuk mengembangkan budaya lokal dimana mereka tinggal. Diharapkan dari inspirasi ini akan menambah variasi keaneka ragaman budaya yang dimiliki budaya lokal  dimana peserta didik tinggal. Mari disimak materi pada pertemuan ini tentang perencanaan kerajinan dengan inspirasi budaya lokal non benda.  

Istilah

  • Abstrak : Tidak berwujud; tidak berbentuk. 
  • Budaya : Sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan yang sudah sukar diubah. 
  • Estetika : Cabang filsafat yang menelaah dan membahas tentang seni dan keindahan serta tanggapan manusia terhadapnya. 
  • Etnik : Bertalian dengan kelompok sosial dalam sistem sosial atau kebudayaan yang mempunyai arti atau kedudukan tertentu karena keturunan, adat, agama, bahasa, dan sebagainya. 
  • Festival : Hari atau pekan gembira dalam rangka peringatan peristiwa penting dan bersejarah.  
  • Ide : Rancangan yang tersusun di dalam pikiran; gagasan; citacita. 
  • Investor : Penanam uang atau modal; orang yang menanamkan uangnya dalam usaha dengan tujuan mendapatkan keuntungan. 
  • Peluang : Berhenti atau senggang (tentang angin, pekerjaan, dan sebagainya) 
  • Ritual : Berkenaan dengan pemujaan 
  • Tradisi : Adat kebiasaan turun-temurun (dari nenek moyang) yang masih dijalankan dalam masyarakat; 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 3 ini diharapkan peserta didik dapat 
  1. Mengidentifikasi Komponen perencanaan usaha berdasarkan inspirasi budaya lokal non benda
  2. Menyusun langkah-langkah perencanaan usaha berdasarkan inspirasi budaya lokal non benda 

B. Uraian Materi 

Pengertian Komponen Perencanaan 

Komponen perencanaan usaha diperlukan bagi setiap wirausahawan agar perusahaan dapat berjalan sesuai dengan harapan. Istilah ini lebih dikenal dengan bisnis plan. Rencana bisnis menjadi alat untuk menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis dalam memperkenalkan brand atau merek, menghasilkan keuntungan yang memuaskan, dan menarik bagi penykalianng dana (investor). 
Komponen perencanaan usaha akan menjadi acuan bagi manajemen bisnis yang dibangun mulai tahap perencanaan produksi hingga pemasaran. Maka dari itu, setiap wirausahawan harus memperdalam wawasan dan melakukan pertimbangan dalam bisnis plan sebelum memulai usaha, baik bisnis plan usaha kerajinan, usaha jasa, usaha makanan, atau usaha apapun. (Priharto, 2019) 


Berikut ini, komponen perencanaan usaha yang harus kalian ketahui dan segera dipersiapkan ketika memulai sebuah usaha: 

Deskripsi Bisnis 

Deskripsi bisnis merupakan komponen perencanaan usaha yang bertujuan untuk menjelaskan secara singkat mengenai bidang usaha yang akan dijalankan beserta potensi produk dan kemungkinannya untuk bertahan dan berkembang di masa depan. 

Melalui deskripsi bisnis, diharapkan semua pihak yang akan terlibat dalam bisnis akan mengetahui potensi dan arah pengembangan dari bisnis tersebut. Mungkin sebelum menjelaskan deskripsi bisnis. 

Strategi pemasaran dalam perencanaan usaha 

Strategi pemasaran akan diambil dari hasil analisa pasar yang telah dilakukan dengan cermat. Analisa pasar menjadi kunci dan kekuatan yang harus digunakan untuk menciptakan target pembeli yang maksimal.  

Jenis analisa yang dapat digunakan misalnya adalah analisa SWOT, yang berfungsi untuk mengetahui keunggulan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi suatu produk. 

Selain itu, analisa SWOT akan menghasilkan keputusan untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat tanpa membuang waktu, tenaga, dan biaya yang besar. Strategi pemasaran dapat dilakukan dengan cara: 

1. Analisa Pesaing Menjadi Komponen Perencanaan Usaha 

Analisa pesaing merupakan digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing (kompetitor) dalam satu pasar yang sama. Setelah menemukan kekuatan dan kelemahan dari produk kompetitor, maka perusahaan dapat mencari strategi untuk memasarkan produk dengan cara yang berbeda, namun lebih efektif. 

2. Desain pngembangan 

Desain pengembangan diperlukan oleh perusahaan untuk menunjukkan tahap perencanaan produk, grafik pengembangan dalam konteks produksi, dan penjualan. Selain itu, desain pengembangan juga akan digunakan untuk mengetahui rencana usaha ke depan dan sebagai alat mengambil keputusan yang akan mempengaruhi rencana pembiayaan usaha. 

3. Rencana Operasional dan Manajemen 

Rencana operasional dan manajemen dibuat dalam komponen perencanaan usaha untuk menjelaskan suatu usaha akan berjalan dan berkelanjutan. Rencana operasional dan manajemen berfokus pada kebutuhan logistik perusahaan seperti bermacam tugas dan tanggung jawab tim manajemen. Selain itu, rencana operasional dan manajemen menunjukkan cara dan prosedur penugasan antar divisi dalam perusahaan, kebutuhan anggaran, dan pengeluaran yang berkaitan dengan operasional perusahaan. 

4. Rencana Pembiayaan 

Faktor pembiayaan membutuhkan beberapa unsur keuangan seperti laporan keuangan perencanaan usaha, laporan arus kas perencanaan usaha, laporan neraca perencanaan usaha, analisis pengembalian modal untuk usaha, dan lain sebagainya.  (business, April 2020) 

C. Rangkuman 

Komponen perencanaan usaha biasa dikenal busness Plan. 
  1. Deskripsi Bisnis usaha 
  2. Strategi Pemasaran Dalam Perencanaan Usaha 
  3. Analisa Pesaing Menjadi Komponen Perencanaan Usaha 
  4. Desain Pengembangan 
  5. Rencana Operasional dan ManajemenTop of Form 
  6. Rencana Pembiayaan 

D. Penugasan Mandiri  

Penugasan mandiri kali ini kalian diajak untuk menjadi seorang wirausahwan muda, silahkan kalian isi kolom dibawah ini tentang rencana usaha yang akan dijalankan apabila kalian menjadi seorang wirausahawan kerajinan mulai barang belum produksi sampai pada siap dipasarkan. 

E. Latihan Soal 

Selesaikan latihan soal berikut ini : 
  1. Jelaskan yang dimaksud dengan desain bisnis ? 
  2. Apakah yang dimaksud dengan starategi usaha ? 
  3. Tuliskan alsan sebuah strategi dibutuhkan dalamsebuah usaha ? 
  4. Tuliskan kegiatan produksi yang masuk dalam daftar  perencanaan biaya ? 
  5. Tuliskan macam – macam laporan keuangan yang dibuat perusahaan untuk penilaian keberhasilan sebuah usaha ? 


Baca Juga

 

Kunci Jawaban dan Pembahasan 

  1. Perencanaan usaha yang bertujuan untuk menjelaskan secara singkat mengenai bidang usaha yang akan dijalankan beserta potensi produk dan kemungkinannya untuk bertahan dan berkembang di masa depan. 
  2. Strategi bisnis dapat diartikan sebagai arah tindakan atau serangkaian keputusan yang membantu pengusaha dalam mencapai tujuan tertentu dan merupakan kombinasi dari semua keputusan yang diambil dari tindakan yang dilakukan oleh pengusaha untuk mencapai tujuan bisnis dan untuk mengamankan posisi kompetitif di pasar. 
  3. Berikut adalah lima alasan mengapa strategi diperlukan untuk usaha adalah: 
    • Perencanaan,Strategi bisnis adalah bagian dari rencana bisnis. Sementara rencana bisnis menetapkan tujuan dan sasaran, strategi memberi Kalian cara untuk memenuhi tujuan itu. Ini adalah rencana untuk mencapai tempat yang Kalian inginkan. 
    • Kekuatan KelemahanKalian harus mengetahui tentang kekuatan dan kelemahan Kalian yang sebenarnya sambil merumuskan strategi. Selain itu, ini juga membantu Kalian dalam memanfaatkan apa yang Kalian kuasai dan menggunakannya untuk menutupi kelemahan Kalian atau menghilangkannya. 
    • Efisiensi & EfektivitasKetika setiap langkah direncanakan, setiap sumber daya dialokasikan, dan semua orang tahu apa yang harus dilakukan, kegiatan bisnis menjadi lebih efisien dan efektif secara otomatis. 
    • Keunggulan kompetitifStrategi bisnis berfokus pada memanfaatkan kekuatan bisnis dan menggunakannya sebagai keunggulan kompetitif untuk memposisikan merek dengan cara yang benar. Ini memberikan identitas pada bisnis dan membuatnya unik di mata pelanggan. 
    • KontrolSecara bersamaan, strategi bisnis juga memutuskan rencana yang harus diikuti dan tujuan sementara yang harus dicapai. Tentunya ini akan membuat Kalian lebih mudah untuk mengontrol kegiatan dan melihat apakah semua berjalan sesuai rencana. 
  4. Kegiatan produksi yang masuk dalam daftar perencanaan biaya 
    • Biaya produksi  
    • Biaya gaji karyawan 
    • Biaya ongkos kirim 
    • Biaya sewa gedung atau ruang 
    • Biaya listrik dan telpon 
  5. Laporan keuangn yang dibuat perusahaan adalah : 
    • Laporan arus kas 
    • Laporan laba rugi perusahaan 
    • Laporan Neraca 
    • Laporan perubahan modal 

F. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 


Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Kalian dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Komponen Dan Langkah-Langkah Perencanaan Usaha Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
 Komponen Dan Langkah-Langkah Perencanaan Usaha File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • ikan konsumsi air tawar
    • contoh menganalisa kerajinan usaha yang terinspirasi budaya lokal
    • perencanaan usaha budidaya ikan hias
    • untuk mengetahui kelebihan atau kekurangan usaha yang dijalankan dapat diketahui melalui
    • berikan contoh menganalisa kerajinan usaha yang terinspirasi budaya lokal
    • sebutkan komponen perencanaan usaha kerajinan
    • cara untuk mengembangkan kerajinan yang terinspirasinbudaya local non benda adalah
    • budidaya pembenihan ikan hias
    •