ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Ide, Peluang dan Analisa Usaha Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Materi Ide, Peluang dan Analisa Usaha Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Ide, Peluang dan Analisa Usaha dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas X SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Ide, Peluang dan Analisa Usaha Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA
Materi Ide, Peluang dan Analisa Usaha Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Budaya tradisional yang dimiliki bangsa Indonesia beraneka ragam dalam bentuk benda maupun nonbenda, dengan banyaknya budaya dimilikioleh bangsa ini diharapkan mampu memberikan inspirasi untuk perencanaan usaha  kerajinan non benda. Peserta didik diharapkan akan mampu memberi inspirasi melalui kemampuan yang mereka miliki untuk mengembangkan budaya lokal dimana mereka tinggal. Diharapkan dari inspirasi ini akan menambah variasi keaneka ragaman budaya yang dimiliki budaya lokal  dimana peserta didik tinggal. Mari disimak materi pada pertemuan ini tentang perencanaan kerajinan dengan inspirasi budaya lokal non benda.  

Istilah

  • Abstrak : Tidak berwujud; tidak berbentuk. 
  • Budaya : Sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan yang sudah sukar diubah. 
  • Estetika : Cabang filsafat yang menelaah dan membahas tentang seni dan keindahan serta tanggapan manusia terhadapnya. 
  • Etnik : Bertalian dengan kelompok sosial dalam sistem sosial atau kebudayaan yang mempunyai arti atau kedudukan tertentu karena keturunan, adat, agama, bahasa, dan sebagainya. 
  • Festival : Hari atau pekan gembira dalam rangka peringatan peristiwa penting dan bersejarah.  
  • Ide : Rancangan yang tersusun di dalam pikiran; gagasan; citacita. 
  • Investor : Penanam uang atau modal; orang yang menanamkan uangnya dalam usaha dengan tujuan mendapatkan keuntungan. 
  • Peluang : Berhenti atau senggang (tentang angin, pekerjaan, dan sebagainya) 
  • Ritual : Berkenaan dengan pemujaan 
  • Tradisi : Adat kebiasaan turun-temurun (dari nenek moyang) yang masih dijalankan dalam masyarakat; 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan peserta didik dapat: 
  1. Memahami ide dan peluang usaha berdasarkan inspirasi budaya lokal non benda 
  2. Menganalisa peluang usaha berdasarkan inspirasi budaya lokal non benda 

B. Uraian Materi 

Memahami ide dan peluang usaha berdasarkan inspirasi budaya lokal non benda       
                                                                       
Indonesia sangat kaya dengan budaya tradisional yang merupakan adat istiadat yang berlaku pada setiap kelompok etnik atau suku bangsa. Terdapat lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa di Indonesia atau tepatnya 1.340 suku bangsa menurut sensus Badan Pusat Statistik tahun 2010. Indonesia memiliki jumlah suku bangsa terbanyak di Asia Tenggara. Artinya, Indonesia memiliki keragaman budaya tradisional yang merupakan potensi luar biasa untuk menjadi sumber inspirasi (Hendriana Werdhaningsih, 2017). Berikut pengertian dan contoh kebudayaan non benda. 

Baca Juga

 
 

Kebudayaan Non Benda / Tak Benda 

Kebudayaan non benda adalah kebudayaan yang mengacu pada hasil hasil karya bersifat abstract, bukan berupa benda, diantaranya banyak yang di turunkan antar generasi. Misalnya: 
  • Tari tarian tradisional, seni pertunjukan dan panggung, ondel ondel, wayang 
  • Lagu daerah, musik angklung 
  • Puisi, pantun, bahasa, isyarat kentongan tkalian bahaya 
  • Cerita rakyat, dongeng, mitos, simbol / lambang tertentu 
  • Upacara adat, ritual, festival daerah, tradisi 
  • Teknik / kecakapan / keahlian khusus, 
Seperti teknik melukis, batik tulis, keahlian menempa keris 
 

Pengembangan cerita pewayangan 

Budaya tradisional milik Bangsa Indonesia yang beragam mampu memberikan inspirasi ide dan peluang usaha bagi kerajinan local yang dimiliki masing – masing daerah. Mari kia simak pengertian ide dan peluang usaha kerajinan tradional non benda. Dalam kamus bahasa Indonesia ide diartikan sebagai rancangan yang tersusun di pikiran. Artinya sama dengan gagasan atau cita- cita. Selama ide belum dituangkan menjadi suatu konsep dengan tulisan maupun gambar yang nyata, maka ide masih berada di dalam pikiran. Ide yang sudah dinyatakan menjadi suatu perbuatan adalah karya cipta. Untuk mengubah ide menjadi karya cipta dilakukan serangkaian proses berpikir yang logis dan seringkali realisasinya memerlukan usaha yang terus menerus sehingga antara ide awal yang muncul di pikiran dan karya cipta satu sama lain saling bersesuaian sebagai kenyataan. 
 
Berdasarkan kompetensi dasar pada pembelajaran pertama ini yaitu kerajinan dengan inspirasi budaya lokal non benda, maka kita cari tau lebih dulu pengertiannya. Kerajinan tangan dengan Budaya lokal Non Benda adalah Usaha Kerajinan (benda) yang inspirasinya/ide pembuatannya berasal atau berkaitan dengan kebudayaan lokal / tradisional dalam negeri yang bukan benda. Maka, dapat di definisikan Kerajinan Non Benda adalah Kerajinan yang hasil karyanya bukan berupa benda, misalnya tari, Puisi, Lagu/Nyanyian, Lambang lambang/Symbol. 

Ide Kerajinan budaya inspirasi budaya local dapat dikembangkan melalui belajar mengenal dan mencintai terlebih dahulu budaya tradisional dimana kita tinggal, kemudian kita mampu mengembangkannya. Kerajinan seperti ini juga membantu masyarakat untuk lebih mencintai dan mengenal kembali lebih dalam seni budaya tradisional bukan hanya hobi yang menyukai seni moderen saja yang belum tentu positif pengaruhnya. 

Berikut contoh ide pengembangan budaya tradisional non benda: 
 
 
Berikut Contoh kerajinan dengan inspirasi Budaya lokal non benda: 
  • Mebel etnis suku asmat 
  • Seni Ukir dengan aksara kuno 
  • Lukisan yang menggabungkan symbol symbol kerajaan jawa 
  • Kaos dengan gambar gambar cerita rakyat 
  • Batik modern agar lebih disuka anak muda 
  • Topeng Kelompen/Terompah kayu dengan hiasan etnik 
Kerajinan Tangan budaya lokal non benda dewasa ini cukup nge-trend dan sangat digemari masyarakat, mengingat tampilannya yang terkesan lebih unik dan memikat, meski pembuatannya dibuat dengan cara cara modern namun setelah dikombinasikan dengan sentuhan sentuhan kuno/lawas akhirnya dapat memberikan rasa tertarik atau minat tersendiri. 

Namun sebelum menganalisa peluang usaha harus lebih dulu mengetahui kapan ide atau gagasan pembuatan kerajinan tersebut dimulai. Tahapan dalam menentukan ide usaha diantaranya adalah  
  1. Ketahui Kemampuan yang miliki 
  2. Carilah sesuatu yang sedang tren 
  3. Berikan nilai tambah pada produk yang tersedia 
  4. Membuat riset dan penelitian di pasar 
  5. Menciptakan Jenis Produk atau Jasa Baru 
Setelah memahami ide usaha berikutnya adalah memahami arti peluang usaha.  Keduanyan adalah kata yang memiliki keterkaitan satu dengan yang dan memiliki makna. Peluang usaha terdiri dari dua kata, Peluang dan usaha. Peluang berarti kesempatan, dan usaha berarti upaya untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan berbagai daya atau sumber daya yang dimiliki. Secara sederhana peluang usaha merupakan suatu kesempatan yang dimiliki oleh seseorang untuk mencapai tujuan yang hendak dicapai dengan menggunakan sumber daya yang miliki. Banyaknya peluang usaha di sekitar kita, mengharuskan seorang wirausaha untuk cermat dalam mengkaji mana peluang usaha yang potensial. 
 
Ciri-ciri peluang usaha yang potensial adalah sebagai berikut. 
  1. Memiliki nilai jual 
  2. Usaha bukan hanya ambisi pribadi semata, dan bersifat nyata 
  3. Usaha tersebut mamapu bertahan lama di pasar 
  4. Tidak menghabiskan modal, karena terlalu besar investasinya 
  5. Bisa ditingkatkan skalanya menjadi industri 
Peluang usaha yang bernilai jual memiliki ciri-ciri sebagai berikut. 
  1. Mampu memenuhi kebutuhan konsumen 
  2. Memiliki keunggulan bersaing 
  3. Tidak bersifat sementara 
  4. Ada nilai uang 
  5. Memenuhi aspek kreatif dan inovatif 

Menganalisa Peluang Usaha Kerajinan Budaya Non benda 

Seperti yang telah diuraikan diatas bahwa kerajinan budaya non benda dapat dikembangkan melalui imajinasi budaya tradisional yang dimiliki. Dalam menghasilkan kerajinan seperti itu, pengrajin membutuhkan presentasi yang lebih seperti: gagasan unik, imajinasi tinggi, Estetika dan seni, serta kemampuan untuk terciptanya hasil karya kerajinan tangan budaya lokal non benda yang bernilai, sehingga dapat dengan mudah diterima dan menarik daya beli masyarakat.  

Untuk menganalisa peluang usaha kerajinan, menggunakanPendekatan yang digunakan adalah analisa SWOT, berikut penjelasannya: 

Analisis SWOT merupakan analisis untuk mengetahui faktor internal (Strenght dan Weaknes) dan eksternal (Opportunity dan Threats) perusahaan. SWOT sangat penting untuk mengetahui kelebihan, kelemahan, peluang dan ancaman, sehingga wirausaha bisa melakukan strategi yang tepat. Analisis SWOT digunakan untuk mengetahui: 
  1. Strenght yaitu kekuatan atau kelebihan yang dimiliki perusahaan yang dapat digunakan untuk mendukung usaha. contoh: memiliki produk yang berkualitas dan sudah dikenal masyarakat, memiliki tenaga kerja (SDM) yang kompeten dan loyal. 
  2. Weakness yaitu kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan, bila tidak diatasi akan menghambat kinerja usaha, contoh: karyawan yang kurang pengalaman. 
  3. Opportunity: Peluang atau kesempatan untuk mengembangkan usaha. 
  4. Threat: Ancaman, gangguan, hambatan 
Setelah kalian melakukan analisa peluang usaha, kalian akan mengetahui kelebihan dan kekurang dari usaha kerajinan yang dibuat. Berikutnya untuk lebih memahami pelajaran ini silahkan kalian selesaikan tugas mandiri berikut! 
 

C. Penugasan Mandiri  

Sebelum kalian mengerjakan tugasnya, saya harap kalian membaca tahapan dalam membuat produk pada link berikut ini: 
  1. Setelah kalian mempelajari uraian materi diatas, silahkan kalian membuat sketsa produk kalian. 
  2. Buat Ide usaha yang didalamnya terdapat unsur budaya local yang terdapat diwilayah kalian. 
  3. Buatlah Gambar sketsa pada kertas folio. 
  4. Silahkan kalian aplikasikan gambar kalian pada ide kerajinan yang akan dibuat. 
  5. Kemudian kalian harus membuat sketsa kemasan untuk produk tersebut. Dalam membuat kemasan kalian harus memperhatikan produk yang kalian buat. Jadi jangan asal membuat kemasan. Buat kemasan yang praktis dan mudah untuk dibawa oleh pembeli. 
  6. Jangan lupa sketsa produk dan kemasan diberikan keterangan nama bahannya. 
  7. Saya akan lampirkan contoh sketsa dan contoh kemasan yang bisa kalian jadikan motivasi. 

Baca Juga

 
Perhatikan contoh berikut 

D. Latihan Soal 

  1. Apa yang dimaksud dengan kerajinan dengan inspirasi budaya local non benda? 
  2. Berikan contoh budaya local yang dapat mengispirasi kerajinan usaha! 
  3. Berikan contoh kerajinana yang terinspirasi dari budaya local non benda? 
  4. Bagaimana cara memulai sebuah ide atau gagasan usaha? 
  5. Berikan contoh menganalisa kerajinan usaha yang terinpirasi budaya local? 

Kunci Jawaban dan Pembahasan 

  1. Usaha Kerajinan (benda) yang inspirasinya / ide pembuatannya berasal atau berkaitan dengan kebudayaan lokal / tradisional dalam negeri yang bukan benda. 
  2. Tari tarian tradisional, seni pertunjukan dan panggung, ondel ondel, wayang 
    • lagu daerah, musik angklung 
    • puisi, pantun, bahasa, isyarat kentongan tkalian bahaya 
    • cerita rakyat, dongeng, mitos, simbol / lambang tertentu 
    • upacara adat, ritual, festival daerah, tradisi 
    • teknik / kecakapan / keahlian khusus seperti pengrajin keris 
  3. Contoh kerajinan yang terinspirasi dari budaya lokal non benda: 
    • Kaos dengan gambar gambar cerita rakyat 
    • Batik modern agar lebih disuka anak muda 
    • Topeng 
    • Terompah kayu dengan hiasan etnik 
    • Gantungan kunci dll. 
  4. Tahapan dalam menentukan ide usaha diantaranya adalah  
    • Ketahui kemampuan yang kalian miliki 
    • Carilah sesuatu yang sedang trend 
    • Berikan nilai tambah pada produk yang tersedia 
    • Membuat riset dan penelitian di pasar 
    • Menciptakan jenis produk atau jasa baru 
  5. Contoh analisis SWOT untuk produk kaos dengan motif karakter local 
    • Strenght kekuatan atau kelebihan yang dimiliki perusahaan, Contohnya adalah Bahan pakaian terbuat dari bahan berkualitas baik, Motif bervariasi dll. 
    • Weakness yaitu kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan, bahan dasar painting langka, Kondisi pada pasar lebih menginginkan kualitas barang stkalianr rata – rata. 
    • Opportunity : Peluang atau kesempatan untuk mengembangkan usaha, Nyaman saat dipakai, karena bahan berkualitas baik Pemakai merasa percaya diri karena motif tidak pasaran. 
    • Threat: Ancaman, gangguan, hambatan, Ada perusahaan sejenis yang melakukan hal yang sama namun kualitas rendah.  
 

E. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 

   
Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Kalian dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Ide, Peluang dan Analisa Usaha Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
 Ide, Peluang dan Analisa Usaha File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • peluang usaha adalah
    • ide usaha adalah
    • analisis peluang usaha adalah
    • apa perbedaan ide dan peluang usaha
    • contoh peluang usaha adalah
    • contoh analisis peluang usaha makanan
    • 3.2 menganalisis peluang usaha produk barang/jasa ppt
    • peluang usaha yang potensial adalah
    •