ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Sumber Daya, Administrasi dan Pemasaran Hasil Produksi Budaya Lokal Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Materi Sumber Daya, Administrasi dan Pemasaran Hasil Produksi Budaya Lokal Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Sumber Daya, Administrasi dan Pemasaran Hasil Produksi Budaya Lokal  dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas X SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Sumber Daya, Administrasi dan Pemasaran Hasil Produksi Budaya Lokal Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA
Materi Sumber Daya, Administrasi dan Pemasaran Hasil Produksi Budaya Lokal Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Budaya tradisional yang dimiliki bangsa Indonesia beraneka ragam dalam bentuk benda maupun nonbenda, dengan banyaknya budaya dimilikioleh bangsa ini diharapkan mampu memberikan inspirasi untuk perencanaan usaha  kerajinan non benda. Peserta didik diharapkan akan mampu memberi inspirasi melalui kemampuan yang mereka miliki untuk mengembangkan budaya lokal dimana mereka tinggal. Diharapkan dari inspirasi ini akan menambah variasi keaneka ragaman budaya yang dimiliki budaya lokal  dimana peserta didik tinggal. Mari disimak materi pada pertemuan ini tentang perencanaan kerajinan dengan inspirasi budaya lokal non benda.  

Istilah

  • Abstrak : Tidak berwujud; tidak berbentuk. 
  • Budaya : Sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan yang sudah sukar diubah. 
  • Estetika : Cabang filsafat yang menelaah dan membahas tentang seni dan keindahan serta tanggapan manusia terhadapnya. 
  • Etnik : Bertalian dengan kelompok sosial dalam sistem sosial atau kebudayaan yang mempunyai arti atau kedudukan tertentu karena keturunan, adat, agama, bahasa, dan sebagainya. 
  • Festival : Hari atau pekan gembira dalam rangka peringatan peristiwa penting dan bersejarah.  
  • Ide : Rancangan yang tersusun di dalam pikiran; gagasan; citacita. 
  • Investor : Penanam uang atau modal; orang yang menanamkan uangnya dalam usaha dengan tujuan mendapatkan keuntungan. 
  • Peluang : Berhenti atau senggang (tentang angin, pekerjaan, dan sebagainya) 
  • Ritual : Berkenaan dengan pemujaan 
  • Tradisi : Adat kebiasaan turun-temurun (dari nenek moyang) yang masih dijalankan dalam masyarakat; 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini diharapkan peserta didik dapat  
  1. Sumber daya yang di butuhkan berdasarkan inspirasi budaya lokal non benda                       
  2. Administrasi dan pemasaran hasil produksi berdasarkan inspirasi budaya lokal non benda 

B. Uraian Materi 

Sumber daya yang di butuhkan berdasarkan inspirasi budaya lokal non benda      

Wirausaha yang dicirikan dengan pkaliani atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya. Dimana kemampuan ini harus didukung oleh sumber daya yang dibutuhkan perusahaan. 


Kegiatan wirausaha didukung oleh ketersediaan sumber daya manusia, material, peralatan, cara kerja, pasar, dan pendanaan. Sumber daya yang dikelola dalam sebuah wirausaha dikenal dengan sebutan 6 M, yakni Man (manusia), Money (uang), Material (bahan), Machine (peralatan), Method (cara kerja), dan Market (pasar). Wirausaha kerajinan dengan inspirasi budaya non benda dapat dimulai dengan melihat potensi bahan baku (Material), keterampilan produksi (Man & Machine) dan budaya lokal yang ada di daerah setempat. Wirausaha kerajinan dengan inspirasi budaya akan menawarkan karya-karya kerajinan inovatif kepada pasaran. Pasar sasaran (Market) dari produk kerajinan ini adalah orang-orang yang menghargai dan mencintai kebudayaan tradisional. Kemampuan mengatur keuangan (Money) dalam kegiatan usaha akan menjamin keberlangsungan dan pengembangan usaha (Hendriana Werdhaningsih, 2017) 

 Apabila seorang wirausahawan sudah menentukan produk kerajinan berdasarkan analisis peluang usaha, wirausahawan dapat menentukan sumber daya yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha tersebut. Dalam perencanaan proses produksi diperlukan pengelolaan yang baik untuk mencapai tujuan perusahaan. Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dapat dikategorikan atas enam tipe sumber daya (6M), sebagai berikut. 

1.  Man (Manusia) 

Dalam pendekatan ekonomi, sumber daya manusia adalah salah satu faktor produksi selain tanah, modal, dan keterampilan. Manusia merupakan unsur manajemen yang penting dalam mencapai tujuan perusahaan   

2. Money (Uang)  

Money atau uang merupakan salah satu unsur yang tidak dapat diabaikan. Uang merupakan alat tukar dan alat pengukur nilai. Besar-kecilnya hasil kegiatan dapat diukur dari jumlah uang yang beredar dalam perusahaan. Hal ini akan berhubungan dengan dana yang harus disediakan untuk membiayai gaji tenaga kerja, alat-alat yang dibutuhkan dan harus dibeli.  

3. Material (Fisik) 

Perusahaan umumnya tidak menghasilkan sendiri bahan mentah yang dibutuhkan, tetapi membeli dari pihak lain. Untuk itu manajer perusahaan berusaha untuk memperoleh bahan mentah dengan harga paling murah, menggunakan cara pengangkutan yang murah dan membuat proses pengolahan seefisien mungkin. 

4. Machine (Teknologi) 

Mesin memiliki peranan penting dalam proses produksi. Setelah revolusi industri, banyak pekerjaan manusia yang digantikan oleh mesin. Perkembangan teknologi yang begitu pesat menyebabkan penggunaan mesin semakin meningkat. Banyaknya mesin baru yang ditemukan oleh para ahli memungkinkan peningkatan produksi sangat tinggi. 

5. Method (Metode) 

Metode sangat dibutuhkan agar mekanisme kerja berjalan efektif dan efisien. Metode kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, baik yang menyangkut proses produksi maupun administrasi tidak terjadi begitu saja melainkan memerlukan waktu yang lama. 

6. Market (Pasar) 

Jika barang yang diproduksi tidak laku, proses produksi barang akan berhenti. Oleh sebab itu, penguasaan pasar dalam arti menyebarkan hasil produksi merupakan faktor menentukan dalam perusahaan. Agar pasar dapat dikuasai, kualitas barang harus sesuai dengan selera konsumen dan harga terjangkau oleh daya beli konsumen. 
 
Administrasi Keajinan usaha Terinspirasi Budaya Lokal Non benda 
 
Berikut beberapa pendapat ahli tentang pengertian administrasi usaha: 
  1. H.A. Simon: administrasi adalah suatu kegiatan dari suatu kelompok orang yang mengadakan kerja sama untuk mencapai tujuan bersama.  
  2. Prof. Dr. S prajudi atmosudirjo administrasi adalah proses dan tata kerja yang terdapat pada setiap usaha, apakah usaha kenegaraan atau swasta, usaha sipil atau militer, usaha besar atau kecil. 
Secara garis besar administrasi adalah suatu proses yang umumnya terdapat pada usaha kelompok negara, swasta, sipil, atau militer serta berbagai bentuk perkumpulan untuk mencapai tujuan bersama. 
 

Ciri-Ciri Administrasi 

Dari pengertian administrasi tersebut, dapat kita ketahui bahwa administrasi mempunyai ciri–ciri sebagai berikut: 
  1. Adanya sekolompok orang 
  2. Adanya kerja sama dari sekelompok orang 
  3. Adanya tujuan yang harus dicapai 
  4. Adanya proses kegiatan usaha 
  5. Adanya aspek bimbingan, kepemimpinan, dan pengawasan. 

Maksud Dan Tujuan Administrasi 

Maksud dan tujuan administrasi usaha adalah agar wirausaha sebagai pemilik perusahaan dapat melakukan kegiatan berikut yaitu: 
  1. Agar wirausaha sebagai pemilik perusahaan dapat memonitor kegiatan dan pengendalian usaha. 
  2. Agar wirausaha sebagai pemilik perusahaan dapat mengamankan jalannya pelaksanaan kegiatan usaha. 
  3. Agar wirausaha sebagai pemilik perusahaan dapat mengevaluasi kegiatankegiatan usaha. 
  4. Agar wirausaha sebagai pemilik perusahaan dapat menyusun program pengembangan kegiatan usaha. 
  5. Agar wirausaha sebagai pemilik perusahaan dapat menunjukkan adanya buktibukti kegiatan usaha. 
  6. Agar wirausaha sebagai pemilik perusahaan dapat mengambil keputusan dalam pengembangan dan pengendalian usaha. 
Hal – Hal yang Memerlukan Catatan 
  1. Persediaan barang, bahan mentah, barang dagangan, dan sebagainya. 
  2. Utang dan piutang dagang. 
  3. Surat –surat relasi bisnis dan tanggapannya. 
  4. Para pemesan produk, alamatnya, dan kapan harus dilayani. 
 Unsur - Unsur Bidang Administrasi 
  1. Pengorganisasian (organizing) 
  2. Keuangan (financial) 
  3. Manajemen (management) 
  4. Kepegawaian (personal) 
  5. Perbekalan (logistic) 
  6. Ketatausahaan (recording) (Wulan, 2015) 
Setelah memahami sumber daya dan administrasi yang dibuhkan dalam sebuah usaha maka kita akan berlanjut pada materi pembelajaran ke tiga, namun sebelum itu selesaikan selesaikan tugas dan latihan yang telah disediakan. 

Baca Juga

 
 

C. Rangkuman 

  1. Sumber daya yang dimiliki oleh seorang wirausaha kerajinan yang terinspirasi dari budaya local harus memiliki 6 sumber daya berikut ini:
    • Man (Manusia) 
    • Money (Uang) 
    • Material (Fisik) 
    • Machine (Teknologi) 
    • Method (Metode) 
    • Market (Pasar) 
  2. Administrasi adalah suatu proses yang umumnya terdapat pada usaha kelompok negara, swasta, sipil, atau militer serta berbagai bentuk perkumpulan untuk mencapai tujuan bersama. 

D. Penugasan Mandiri  

Identifikasi Ragam Material dan Teknik Produksi di Lingkungan Sekitar 
Buatlah table yang berisi tentang jenis usaha kerajinan dan bahan material yang digunakan 
  • Amati lingkunganmu. Perhatikan produk kerajinan dan ragam material yang digunakan atau bahan baku kerajian yang tersedia di lingkungan sekitarmu. 
  • Carilah informasi dari buku, internet, maupun dari perajin yang ada di daerahmu tentang ragam material dan teknik produksi yang dapat digunakan untuk kerajinan tersebut. 
  • Tuliskan sebanyak-banyak tentang ragam bahan baku/material dan teknik produksi yang ada di lingkungan sekitarmu 

E. Latihan Soal 

  1. Tuliskan sember daya yang dimiki oleh seorang wirausaha? 
  2. Tuliskan mengapa manusia dikatan menjadi sumber utama dari 6 sumber yang ada? 
  3. Berikan contoh atas 6 sumber daya pendukung pembuatan kerajinan gantungan kunci ! 
  4. Tuliskan pengetian administras menurut beberapa karyawan  ! 
  5. Tuliskan kegiatan yang diperlukan administrasi yang kerajinan ! 
Kunci Jawaban dan Pembahasan 
 
  1. Sumber daya yang dimiliki oleh seorang wirausaha kerajinan yang terinspirasi dari budaya local harus memiliki  6 sumber daya berikut ini : 
    • Man (Manusia) 
    • Money (Uang) 
    • Material (Fisik) 
    • Machine (Teknologi) 
    • Method (Metode) 
    • Market (Pasar) 
  2.  Karena 5 sumber daya dapat dijalankan dengan baik apabila sumber daya manusianya juga baik, artinya manusia memiliki akal dan pengetahuan yang mampu menggerakkan ke 5 sumber daya yang dibutuhkan dalam dunia usaha. 
  3. Penjelasan, 
    • Man (Manusia), sebagai pemilik ide dan gagasan, manusia yang memilih tema yang akan ditungkan atau aplikasikan dalam kerajinan. Manusia ini juga yang akan berfikir bagaimana mengelola 5 sumber daya yang lain. 
    • Money (Uang) yaitu besarnya modal atau dana yang dibutuh dalam menjalankan usaha kerajinan 
    • Material (Fisik), yaitu menentukan jenis bahan yang akan digunakan, diutamakan gukanan bahan yang berkualitas baik untuk kenyamanan pelanggan. 
    • Machine (Teknologi), yaitu alat yang digunakan untuk memberi kemudahan manusia dalam produksi kerajinan agar lebih efesien waktu. 
    • Method (Metode), adalah cara atau metode untuk proses sebuah produksi agar lebih efektif bahan dan efesien waktu pemuatan.  
    • Market (Pasar) adalah tempat yang dipakai untuk memasakkan barang, dibutuhkan kemampuan manusia hebat untuk memasarkan barang dan banyak terjual kepada konsumen. Dibutuhkan trik dan cara jitu dalam memasarkan produk.  
  4. Administrasi adalah  suatu proses yang umumnya terdapat pada usaha kelompok negara, swasta, sipil, atau militer serta berbagai bentuk perkumpulan untuk mencapai tujuan bersama. 
  5. Hal – Hal yang Memerlukan Catatan Administrasi 
    • Persediaan barang, bahan mentah, barang dagangan, dan sebagainya. 
    • Utang dan piutang dagang. 
    • Surat –surat relasi bisnis dan tanggapannya. 
    • Para pemesan produk, alamatnya, dan kapan harus dilayani. 

F. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 

 
Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Kalian dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Sumber Daya, Administrasi dan Pemasaran Hasil Produksi Budaya Lokal Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
 Ide, Peluang dan Analisa Usaha File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • memahami komponen perencanaan usaha berdasarkan inspirasi budaya lokal non benda
    • contoh menganalisa kerajinan usaha yang terinspirasi budaya lokal
    • berikan contoh menganalisa kerajinan usaha yang terinspirasi budaya lokal
    • sebuah usaha yang terealisasi dalam bentuk karya cipta adalah pengertian dari
    • administrasi dan pemasaran hasil produksi berdasarkan inspirasi budaya lokal non benda
    • bagaimana cara memulai sebuah ide atau gagasan usaha?
    • untuk mengetahui kelebihan atau kekurangan usaha yang dijalankan dapat dikeahui melalui
    • berikut adalah contoh budaya lokal non benda
    •