Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lengkap - Contoh Soal UH / PH untuk kelas 5 SD/MI Tema 8 Subtema 2 Perubahan Lingkungan

Contoh Soal UH / PH untuk kelas 5 SD/MI Tema 8 Subtema 2 Perubahan Lingkungan - Hai adik adik yang baik, kabarnya sehatkan, semoga ya, nah kali ini kita dipertemukan lagi pastinya adik adik sedang mencari beberapa contoh soal khususnya untuk adik adik kelas V SD/MI, soal ini kakak ambil dari materi tematik dengan pembahasan tema 8 tentang Lingkungan Sahabat Kita dan subtema 2 Perubahan Lingkungan, semoga dengan adanya soal Ulangan Harian atau Penilaian Harian ini bisa membantu adik adik, semangat yah.
Contoh Soal UH / PH untuk kelas 5 SD/MI Tema 8 Subtema 2 Perubahan Lingkungan
Contoh Soal UH / PH untuk kelas 5 SD/MI Tema 8 Subtema 2 Perubahan Lingkungan

Soal UH / PH untuk kelas 5 SD/MI Tema 8 Subtema 2

Contoh Soal UH / PH untuk kelas 5 SD/MI Tema 8 Subtema 2 Perubahan Lingkungan  - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UH / PH untuk kelas 5 SD/MI Tema 8 Subtema 2 ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal UH / PH untuk kelas 5 SD/MI Tema 8 Subtema 2 .. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut bospedia memberikan Soal UH / PH untuk kelas 5 SD/MI Tema 8 Subtema 2

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b,c atau d didepan jawaban yang benar !

BELAJAR DI KELAS
A. Soal I

Di Kalimantan Tengah terdapat tradisi khusus yang dilakukan untuk orang yang sudah lama meninggal. Upacara Tiwah ini biasa dilakukan oleh suku Dayak untuk pengantaran tulang orang yang sudah meninggal ke sebuah rumah yang disebut Sandung. Ritual ini bertujuan untuk meluruskan perjalanan arwah menuju Lewu Tatau atau surga. Selain itu ritual unik ini juga bertujuan untuk melepaskan kesialan bagi keluarga yang sudah ditinggalkan.

1. Keunikan yang terjadi berdasarkan paragraf di atas ialah ........
Untuk lebih menjaga keamanan dan ketertiban sekitar, kita juga bisa ikut kegiatan siskamling yang diadakan oleh masyarakat setempat. Jika kita bisa ikut, maka sangat asyik tentunya. Akan tetapi, jika kalian masih terlalu kecil, tidak perlu ikut, cukup mendukung gerakan yang positif ini saja juga sudah bisa dikatakan sebagai salah satu hal yang baik.Dengan adanya kegiatan seperti siskamling ini, maka bisa mengurangi angka kejahatan, dan juga bisa menciptakan lingkungan masyarakat setempat yang aman, damai dan sejahtera.

2. Berdasarkan paragraf di atas, cara kita untuk menjaga keamanan dan ketertiban sekitar, hal yang bisa dilakukan ialah ......

(soal untuk nomor 3 dan 4)

Siklus Air dan Bencana Kekeringan

Peristiwa siklus air merupakan peristiwa sehari-hari yang sering tidak disadari oleh manusia. Siklus air menghasilkan air bersih yang berguna untuk kehidupan manusia. Manusia memerlukan air bersih antara lain untuk keperluan rumah tangga, keperluan industri, dan juga pertanian. 

Siklus air menghasilkan air bersih. Pada saat proses penguapan, kotoran pada air tidak ikut menguap. Uap air yang menguap adalah uap air yang bersih. Pada saat turun hujan, air yang dihasilkan pun adalah air bersih dan siap digunakan untuk berbagai keperluan.

Air hujan yang jatuh, sebagian akan diserap oleh tanah, lalu menjadi air tanah. Air tanah adalah air yang mengalir di bawah permukaan tanah. Air ini biasanya lebih jernih dan bersih, karena sudah tersaring oleh lapisan tanah dan akar tumbuhan. Untuk mendapatkan air tanah, manusia membuat sumur dengan cara menggali lubang.

Air hujan yang tidak terserap oleh tanah, akan terus mengalir menjadi air permukaan. Lalu, air itu menuju tempat yang lebih rendah seperti sungai, danau, dan laut. Air permukaan adalah air hujan yang tak dapat diserap oleh tanah tetapi diserap oleh permukaan tanah, sehingga mengalir di atas permukaan tanah dan kemudian menguap kembali. Air ini biasanya lebih kotor, karena mengandung lumpur. Air ini juga biasanya membawa berbagai macam material dari proses erosi. 

Pada musim kemarau, air hujan yang turun menjadi berkurang. Air hujan yang turun biasanya langsung diserap oleh tanah menjadi air tanah. Jika air sungai dan danau surut akan menyebabkan berkurangnya penguapan air sebagai pembentuk titik-titik air di awan. Akibat dari semakin sedikitnya awan adalah semakin berkurangnya curah hujan. Oleh karena itu, sumur-sumur penduduk pun menjadi kering. Di saat inilah biasanya terjadi kelangkaan air bersih. Jika kelangkaan air bersih terjadi dalam waktu yang panjang, bencana kekeringan akan terjadi. Mari kita biasakan menghemat penggunaan air dalam kehidupan sehari-hari.

3. Teks di atas menjelaskan tentang .......

4. Akibat dari semakin sedikitnya awan adalah ......

(soal untuk nomor 5)

Air tanah adalah semua air yang terdapat di bawah permukaan tanah pada lajur/zona jenuh air (zone of saturation). Air tanah terbentuk dari air hujan dan air permukan , yang meresap (infiltrate) mula-mula ke zona tak jenuh (zone of aeration) dan kemudian meresap makin dalam (percolate) hingga mencapai zona jenuh air dan menjadi air tanah.

Air tanah adalah salah satu faset dalam daur hidrologi , yakni suatu peristiwa yang selalu berulang dari urutan tahap yang dilalui air dari atmosfer ke bumi dan kembali ke atmosfer; penguapan dari darat atau laut atau air pedalaman, pengembunan membentuk awan, pencurahan, pelonggokan dalam tanih atau badan air dan penguapan kembali (Kamus Hidrologi, 1987). Dari daur hidrologi tersebut dapat dipahami bahwa air tanah berinteraksi dengan air permukaan serta komponen-komponen lain yang terlibat dalam daur hidrologi termasuk bentuk topografi, jenis batuan penutup, penggunaan lahan, tetumbuhan penutup, serta manusia yang berada di permiukaan.

Air tanah dan air permukaan saling berkaitan dan berinteraksi. Setiap aksi (pemompaan, pencemaran dll) terhadap air tanah akan memberikan reaksi terhadap air permukaan, demikian sebaliknya.

5. Berdasarkan teks di atas, air tanah terbentuk dari ......

6. 
Gambar tersebut menggambarkan siklus ...... bagi kehidupan manusia 

7. 
Gambar di atas menunjukkan salah satu jenis usaha yang dikelola secara ......


8.  
Gambar tersebut menunjukkan jenis usaha dalam bidang .......

  
9. 

Pola lantai yang ditunjukkan oleh gambar di atas adalah ......

10. 

Dalam menyajikan sebuah tarian akan lebih lengkap bila diiringi dengan musik. Alat musik di atas bernama ......


Kunci Jawaban
A. Soal I
1. Pengantaran tulang orang yang sudah meninggal ke sebuah rumah yang disebut Sandung
2. Melakukan siskamling
3. Siklus air dan bencana kekeringan 
4. Semakin berkurangnya curah hujan
5. Air hujan dan air permukan , yang meresap (infiltrate) mula-mula ke zona tak jenuh (zone of aeration) dan kemudian meresap makin dalam (percolate) hingga mencapai zona jenuh air dan menjadi air tanah
6. Air 
7. Individu/sendiri
8. Jasa 
9. Pola lantai zig-zag
10. Gamelan 


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Contoh Soal UH / PH untuk kelas 5 SD/MI Tema 8 Subtema 2 Perubahan Lingkungan  ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

#
 Soal UH / PH untuk kelas 5 SD/MI Tema 8   File ini dalam Bentuk .pdf File Size 414kb
Diupload oleh www.bospedia.com

Pencarian yang paling banyak dicari
  • soal kelas 5 tema 8 subtema 2
  • soal tema 8 subtema 2 kelas 5 sd
  • kisi kisi soal kelas 5 tema 8 subtema 2
  • soal tema 8 kelas 5 revisi 2020
  • soal tema 8 kelas 5 revisi 2021
  • soal sbdp kelas 5 tema 8 subtema 2
  • soal ulangan tema 8 kelas 5 organ gerak hewan dan manusia
  • soal tema 8 kelas 5 revisi 2019
  •  pdf 2018,2019,2020,2021,2022


Loading...