Lengkap - Contoh Soal UH / PH untuk kelas 5 SD/MI Tema 8 Subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan

Contoh Soal UH / PH untuk kelas 5 SD/MI Tema 8 Subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan - Adik adik yang baik, bagaimana nih kabarnya, semoga sehat selalu ya, nah pastinya adik adik sedang mencari soal soal, dan ketemu dengan soal ini, nah kakak kebetulan menyediakan contoh soal Ulangan Harian/Penialain Harian untuk adik adik kelas V SD/MI, soal ini kakak susun dari pembahasan soal tematik dengan tema 8 tentang Lingkungan Sahabat Kita dan subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan, Semoga bisa membantu adik adik ya, tetap semangat!!
Contoh Soal UH / PH untuk kelas 5 SD/MI Tema 8 Subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan
Contoh Soal UH / PH untuk kelas 5 SD/MI Tema 8 Subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan

Soal UH / PH untuk kelas 5 SD/MI Tema 8 Subtema 3

Contoh Soal UH / PH untuk kelas 5 SD/MI Tema 8 Subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan  - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UH / PH untuk kelas 5 SD/MI Tema 8 Subtema 3 ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal UH / PH untuk kelas 5 SD/MI Tema 8 Subtema 3 .. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut bospedia memberikan Soal UH / PH untuk kelas 5 SD/MI Tema 8 Subtema 3

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b,c atau d didepan jawaban yang benar !

BELAJAR DI KELAS
A. Soal I

1. Perbedaan budaya yang ada akan menciptakan rasa cinta tanah air, karena keanekaragam budaya adalah suatu kekayaan yang dimiliki suatu bangsa. Tidak hanya hasil tambang, komoditi ekspor yang mempengaruhi pendapatan negara. Faktor budaya juga menjadi daya tarik dan kekayaan yang bisa dimiliki suatu bangsa. Budaya mengajarkan kita akan nilai-nilai leluhur yang memiliki keunikan dan kegunaannya masing-masing.

Ketika kita memandang bahwa keanekaragaman budaya adalah suatu kekayaan, maka dengan sendirinya kita akan berusaha menjaga kekayaan kita tersebut. Sehingga rasa nasionalisme, sikap memiliki dan menghargai kekayaan bangsa akan timbul di dalam diri.

Salah satu manfaat adanya keberagaman budaya di Indonesia ialah dapat menumbuhkan sikap ........

2.
Keanekaragaman budaya jangan dijadikan sebagai perbedaan, tetapi hendaknya dijadikan sebagai kekayaan bangsa Indonesia. Kita selaku bangsa Indonesia mempunyai kewajiban untuk selalu melestarikan kebudayaan yang beraneka ragam tersebut. Di samping itu, dengan mendalami kebudayaan yang beraneka ragam tersebut, wawasan kita akan bertambah sehingga kita tidak akan menjadi bangsa yang kerdil. Kita dapat menjadi bangsa yang mau dan mampu menghargai kekayaan yang kita miliki, yang berupa keanekaragaman kebudayaan tersebut. Sikap saling menghormati budaya perlu dikembangkan agar kebudayaan kita yang terkenal tinggi nilainya itu tetap lestari, tidak terkena arus yang datang dari luar. Melestarikan kebudayaan nasional harus didasari dengan rasa kesadaran yang tingi tanpa adanya paksaan dari siapapun. 

Karena itu, pentingnya memahami keragaman sosial budaya dapat mempererat ..... dan ...... Negara kita

3.
Setiap harinya, sebanyak 775 ton polutan mencemari air di Indonesia. Indonesia merupakan negara urutan nomor 6 dalam hal ini. Urutan pertama adalah China, kedua Amerika Serikat, dan ketiga India (semua negara ini memiliki industri besar-besaran). Di Yogyakarta sendiri, sebagai contohnya: industri-industri kecil, terutama industri sablon, merupakan salah satu industri penghasil limbah cair. Pada umumnya pembuangan limbahnya dilakukan langsung ke selokan air tanpa pengolahan terlebih dahulu. Hal ini dapat menyebabkan pencemaran air karena limbah tersebut mengandung unsur toksik yang tinggi. Bahan pencemar industri sablon berasal dari proses pewarnaan, proses produksi film dan pelat processor. Bahan pencemar ini terdapat di tinta warna, bahan pelarut, bahan pencair dan bahan pengering. Bahan pencemar mengandung unsur/bahan kimia berbahaya seperti alkohol/aseton dan esternya serta logam berat seperti krom, cobalt, mangan dan timah. Industri sablon di daerah Monjali Yogyakarta adalah salah satu penghasil limbah cair sablon yang cukup tinggi.

Kasus yang terjadi di atas yaitu ........

4.
Terjadinya banyak kasus alih fungsi hutan menjadi area perumahan dan perindustrian membuat daerah resapan air menjadi berkurang. Ketika daerah resapan air ini menjadi berkurang, maka air hujan, yang seharusnya bisa menjadi sumber air dalam tanah, justru menjadi air larian (run off). Banyaknya air larian dalam setiap musim hujan inilah yang menjadi penyebab banjir, terutama kawasan di sekitar aliran sungai-sungai besar, terutama Sungai Brantas. Selain menyebabkan banjir, berkurangnya daya resap tanah terhadap air itu pun mengurangi cadangan air bersih dalam tanah. Menurut data BPLH, dari 2.000 juta per meter kubik air hujan yang rata-rata turun tiap tahun, hanya 26,6 % yang terserap ke dalam tanah. Sementara sisanya, 73,4%, menjadi air larian yang berpotensi menimbulkan terjadinya banjir.

Cara kita untuk mencegah terjadinya banjir yaitu dengan cara ...... sebagai sarana resapan yang baik


5. 

Ciri di atas merupakan syarat air bersih secara ......... 

6. 

Kegiatan di atas adalah salah satu contoh untuk menjaga ....... air bersih 

7.
Petani menanam padi di sawah, lalu memberi pupuk, dan menyiangi rumput yang tumbuh di sela-sela tanaman padi. Setelah bulir-bulir padi mulai bernas, petani mengusir burung-burung yang berusaha makan bulir-bulir padi itu. Saat padi menguning, itulah saatnya petani memanen. Hasil panen lalu dijual.

Kegiatan ekonomi yang terjadi ialah ..........


8. 

Gambar di atas menunjukkan sikap yang tidak baik, yaitu tidak menghargai jasa .......
(soal untuk nomor 9)

9. 
Yang dimaksud dengan cerita gambar ialah .......

10. 
Tema dari gambar di atas ialah .........


Kunci Jawaban
A. Soal I
1. Nasionalisme
2. Persatuan dan kesatuan 
3. Pencemaran sungai yang dilakukan industri pabrikan
4. Menanam pohon/reboisasi 
5. Fisik 
6. Persediaan 
7. Petani menjual hasil panennya
8. Petani 
9. Hasil dari suatu tulisan dalam bentuk lukisan, drawing, fotografi atau teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subyek dengan tulisan yang dimaksud dibandingkan dengan bentuknya
10. Lingkungan pedesaan 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Contoh Soal UH / PH untuk kelas 5 SD/MI Tema 8 Subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

#
 Soal UH / PH untuk kelas 5 SD/MI Tema 8   File ini dalam Bentuk .pdf File Size 414kb
Diupload oleh www.bospedia.com

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal kelas 5 tema 8 subtema 3
    • soal tema 8 subtema 3 kelas 5 sd
    • kisi kisi soal kelas 5 tema 8 subtema 3
    • soal tema 8 kelas 5 revisi 2020
    • soal tema 8 kelas 5 revisi 2021
    • soal sbdp kelas 5 tema 8 subtema 3
    • soal ulangan tema 8 kelas 5 organ gerak hewan dan manusia
    • soal tema 8 kelas 5 revisi 2019
    •  pdf 2018,2019,2020,2021,2022