Lengkap - Contoh Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 8 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku

Contoh Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 8 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku - Hai adik adik yang baik, kali ini kakak menyediakan soal soal untuk adik adik yang sedang duduk dibangku kelas IV SD/MI, soal ini kakak sediakan sebanyak 10 soal beserta dengan kunci jawabannya. semoga dengan adanya Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 8 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku bisa membantu adik adik. Tetap semangat ya.
Contoh Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 8 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku
Contoh Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 8 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku

Soal untuk kelas 4 SD/MI Tema 8 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku

Contoh Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 8 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 8 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 8 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut bospedia memberikan Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 8 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

Kerjakan soal-soal berikut ini !

BELAJAR DI KELAS
A. Soal I

1.
Gaya yang terjadi pada gambar di atas yaitu ......

2.
Gambar yang menunjukkan gerak yaitu ......

3.
Gaya yang ditimbulkan dari kegiatan di atas adalah .......

4.
Nada tinggi pada lagu “Yamko Rambe Yamko” terdapat pada kata .......

5.
Ibu memiliki karakteristik yang berbeda dibandang ayah dan anaknya. Perbedaan yang terlihat pada gambar tersebut adalah .......

6.
Pebedaan karakteristik yang terlihat dari gambar tersebut adalah ......
Rubah dan Kambing
(Karya Tony Ireland)
Di suatu malam yang gelap, adalah waktu yang biasa bagi Rubah untuk berjalan-jalan di sekitar hutan belantara. Malangnya, tepat malam itu rubah terjatuh ke dalam sumur yang cukup dalam. Berbagai cara dilakukan rubah untuk dapat mengeluarkan dirinya dari sumur itu seperti melompat, memanjat, bahkan meminta tolong dengan berteriak.
Sayangnya, usaha tersebut tidak ada yang berhasil. Dengan tidak adanya jalan keluar bagi si rubah, pada akhirnya ia harus menerima bermalam di dalam sumur dan menunggu pertolongan esok hari.
Esok paginya, seekor kambing melewati sumur yang dihuni rubah semalaman. Kambing yang polos tertarik untuk melihat kedalam sumur dan alangkah terkejutnya kambing melihat rubah ada di dalam sumur yang dalam itu. Kambing pun bertanya kepada rubah,
“Maaf rubah, apa yang kau lakukan di dalam sumur?”
“Aku turun ke sumur ini karena sedang haus, ternyata air yang ada dalam sumur ini adalah air terbaik yang pernah ada, kalau kau ingin mencoba merasakannya turunlah kesini”, jawab rubah dengan niat liciknya.
Dengan polosnya dan tanpa pikir panjang, kambing turun ke dalam sumur dan meminum air sebanyak-banyaknya. Namun setelah kenyang, justru kambing panik karena tidak bisa keluar dari dalam sumur tersebut. Akal licik rubah kembali muncul dan berkata, “ Kambing, aku punya ide. Cobalah berdiri dengan kaki belakangmu dan antar aku keluar setelah itu aku akan membantumu dari atas”.
Kambing pun tidak berpikir lagi dan segera menuruti ide rubah yang sebenarnya justru mencelakainya. Dia membantu rubah keluar dengan kakinya, sementara rubah malah berkata,
“Andaikan saja kau cerdas, kau tidak akan masuk ke tempat tanpa berpikir cara keluar dari tempat itu”. Rubah pun melenggang dengan meninggalkan kambing yang terjebak dalam sumur.
7. Tokoh yang ada dalam fabel di atas yaitu ......
CALON ARANG
Diceritakan bahwa Calon Arang adalah seorang janda penguasa ilmu hitam yang sering merusak hasil panen para petani dan menyebabkan datangnya penyakit. Ia mempunyai seorang ank ratna manggali, yang meskipun cantik, tidak dapat mendapatkan seorang suami karena orang-orang takut pada ibunya. Karena kesulitan yang dihadapi puterinya, Calon Arang marah dan ia pun berniat membalas dendam dengan menculik seorang gadis muda. Gadis tersebut ia bawa ke sebuah kuil untuk dikorbankan kepada Dewi durga. Hari berikutnya, banjirbesar melanda desa tersebut dan banyak orang meninggal dunia. Penyakit pun muncul. 
Raja erlangga yang mengetahui hal tersebut kemudian meminta bantuan penasehatnya, Empu barada untuk mengatasi masalah ini. Empu Baradah lalu mengirimkan seorang muridnya bernama Empu Bahula untuk dinikahkan kepada Ratna. Keduanya menikah besar-besaran dengan pesta yang berlangsung tujuh hari tujuh malam, dan keadaan pun kembali normal.
Calon Arang mempunyai sebuah buku yang berisi ilmu-ilmu sihir. Pada suatu hari, buku ini berhasil ditemukan oleh Bahula yang menyerahkannya kepada Empu Baradah. Saat Calon Arang mengetahui bahwa bukunya telah dicuri, ia menjadi marah dan memutuskan untuk melawan Empu Baradah. Tanpa bantuan Dewi Durga, Calon Arang pun kalah. Sejak ia dikalahkan, desa tersebut pun aman dari ancaman ilmu hitam Calon Arang.
8. Teks di atas termasuk salah satu teks fiksi jenis saga(sage). Ciri – ciri teks saga yaitu ........
Seperti masyarakat  lain yang menghuni daerah pegunungan, masyarakat Dieng dikaruniai tanah yang sangat subur dan air jernih yang melimpah, Pertanian adalah mata pencaharian utama yang digeluti secara turun temurun oleh masyarakatnya.  Komoditas utama yang  dibudidayakan adalah Kentang yang pernah menjadi andalan utama perekonomian masyarakat Dieng, bahkan membawa perubahan sosial ekonomi yang luar biasa dan membuka modernisasi tersendiri bagi masyarakat Dieng, mulai dari bangunan rumahnya, alat  transportasinya, peralatan pertaniannya dan sisi kehidupan lainnya.
Masyarakat Dieng  termasuk memiliki tipe pekerja keras yang dapat dilihat setiap pagi mereka berjalan kepuncak gunung untuk menggarap lahan pertaniannya, bahkan sampai puncak gunungpun diolah, membentuk garis-garis lurus hasil cangkulan mereka, dikawasan Dieng sepertinya tidak ada sejengkal tanahpun yang dibiarkan menganggur tanpa tanaman, di satu sisi hal tersebut sangat baik akan tetapi disisi lainya sangat membahayakan bagi kelangsungan hidup warganya karena fungsi lindungnya diabaikan.
9. Mata pencaharian masyarakat Dieng sebagian besar adalah ........
Mata pencaharian merupakan aktivitas manusia untuk memperoleh taraf hidup yang layak dimana antara daerah yang satu dengan daerah lainnya berbeda sesuai dengan taraf kemampuan penduduk dan keadaan demografinya. Begitupun dengan aktivitas mata pemcaharian di desa dan di kota yang berbeda. Masyarakat pedesaan dan perkotaan bukanlah dua komonitas yang terpisah sama sekali satu sama lain. Bahkan dalam keadaan yang wajar diantara keduanya terdapat hubungan yang erat serta bersifat ketergantungan, karena diantara mereka saling membutuhkan. Kota bergantung dalam memenuhi kebutuhan warganya akan bahan pangan seperti beras, sayur mayur, daging dan ikan. Sedangkan Desa juga merupakan sumber tenaga kasar bagi jenis-jenis pekerjaan tertentu dikota. Misalnya saja buruh bangunan, petugas kebersihan dsb. Di desa pembagian kerjanya tidak mempunyai batas-batas kerja yang nyata dan cenderung homogen jenis mata pencahariannya, sedangkan di Kota pembagian kerjanya memiliki batas-batas yang nyata serta cenderung beragam jenis pekerjaannya.
10. Kebanyakan orang yang tinggal di kota bermata pencaharian sebagai ......

Kunci Jawaban
A. Soal I
1. Tarikan dan dorongan
2. B
3. Tarikan dan dorongan
4. Hee
5. Ibu memiliki rambut yang panjang dibanding ayah dan anaknya
6. Perbedaan warna kulit
7. Rubah dan kambing
8. 1. Anonim (tidak diketahui siapa pengarangnya)
2. Dari segi tema relatif sama antara saga yang satu dengan saga yang lain
3. Bahasanya menunjukkan bentuk-bentuk yang tradisional
4. Berasal dari cerita mulut ke mulut (secara lisan)
5. Menjadi milik masyarakat secara umum.
6. Tidak memperhatikan perurutan waktu
7. Kejadian-kejadiannya (tidak kronologis)
8. Nama-nama tempat terjadinya perisitiwa tidak jelas.
9. Sebagian besar bersifat istana sentris (cerita seputar istana/ kerajaan)
9. Pertanian (petani)
10. Karyawan dan pedagang

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Contoh Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 8 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku  ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

#
Soal untuk kelas 4 SD/MI Tema 8 Subtema 1 File ini dalam Bentuk .pdf File Size 60kb
Diupload oleh www.bospedia.com


    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal kelas 4 tema 8 subtema 1
    • soal tema 8 subtema 1 kelas 4 sd
    • kisi kisi soal kelas 4 tema 8 subtema 1
    • soal tema 8 kelas 4 revisi 2020
    • soal tema 8 kelas 4 revisi 2021
    • soal sbdp kelas 4 tema 8 subtema 1
    • soal ulangan tema 8 kelas 4  Lingkungan Tempat Tinggalku
    • soal tema 8 kelas 4 revisi 2019
    •  pdf 2018,2019,2020,2021,2022




    Loading...

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel