ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Lengkap - 30+ Contoh Soal UAS / PAS untuk kelas 6 SD/MI Tema 9 K13 plus Kunci Jawaban

30+ Contoh Soal UAS / PAS untuk kelas 6 SD/MI Tema 9 K13 plus Kunci Jawaban - Hai semuanya, masih disini bersama kakak, nah kali ini kakak menyediakan soal yang telah kakak kakak susun sebanyak 30 soal plus kunci jawabannya. Soal ini merupakan soal dari mata pelajaran TEMATIK, tentang tema 9 Kurikulum 2013, Jika ingin mendownload soalnya, silahkan klik tombol download. Semoga bermanfaat yah. Semangat!!
30+ Contoh Soal UAS / PAS untuk kelas 6 SD/MI Tema 9 K13 plus Kunci Jawaban
30+ Contoh Soal UAS / PAS untuk kelas 6 SD/MI Tema 9 K13 plus Kunci Jawaban

Soal untuk kelas 6 SD/MI Tema 9 K13 plus Kunci Jawaban

30+ Contoh Soal UAS / PAS untuk kelas 6 SD/MI Tema 9 K13 plus Kunci Jawaban - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal untuk kelas 6 SD/MI Tema 9 ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal untuk kelas 6 SD/MI Tema 9.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut bospedia memberikan Soal untuk kelas 6 SD/MI Tema 9

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

Kerjakan soal-soal berikut ini !
I. Berikan tanda silang (x) pada jawaban yang benar !
PPKN
1. Semboyan bangsa Indonesia adalah ….
a. Bhineka Tunggal Ika
b. Pancasila
c. Burung Garuda
d. UUD 1945

2. Salah satu contoh persatuan dan kesatuan dilingkungan masyarakat adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan bersama. Hal tersebut merupakan pengamalan dari Pancasila sila ke ….
a. Pertama
b. Kedua
c. ketiga
d. keempat

3. Arti penting persatuan dan kesatuan bagi diri sendiri adalah …
a. Mengembangkan sikap tenggang rasa dan saling menghargai dalam hidup bermasyarakat.
b. Menuntut untuk di prioritaskan dalam masyarakat
c. Tidak mengikuti kegiatan gotong royong
d. Tidak menjenguk tetangga yang sedang sakit

4. Salah satu contoh tradisi yang menumbuhkan persatuan dan kesatuan yaitu tradisi Ngayah. Tradisi Ngayah berasal dari daerah ….
a. Banyuwangi
b. Yogyakarta
c. Bali
d. Banten

BAHASA INDONESIA 
5. Karangan yang berisicerita rekaan atau didasari dengan angan-angan (fantasi) dan bukan berdasarkan kejadian nyata disebut ….
a. Karangan fiksi
b. Majalah
c. karangan nonfiksi
d. dongeng

6. Salah satu contoh karangan fiksi adalah, kecuali …
a. Dongeng
b. Biografi tokoh
c. Legenda
d. Cerpen

Soaluntuk no.7 dan 8
Bacalahbacaandibawahini!

Roro Jonggrang
Oleh masyarakat di daerah Yogyakarta maupun Jawa Tengah, cerita Roro Jonggrang dikaitkan dengan pembangunan Candi Prambanan. Benar atau tidaknya cerita ini tidak ada yang mengetahui secara pasti. Tapi tidak ada salahnya kita mengetahui cerita daerah mengenai Roro Jonggrang berikut ini.

Menurut legenda yogyakarta, pada zaman dahulu terdapat dua buah kerajaan sama besar yang saling bertetangga, kerajaan Prambanan & kerajaan Pengging. Kerajaan Prambanan dipimpin oleh Raja Boko yang memiliki putri sangat cantik bernama Roro Jonggrang. Sedangkan kerajaan Pengging dipimpin oleh raja Pengging. Raja Pengging terkenal sangat haus kekuasaan.

Suatu ketika, Raja Pengging yang terkenal sombong dan haus kekuasaan, memerintahkan pada ksatria perkasa bernama Bandung Bondowoso untuk menyerang kerajaan Prambanan.

"Hai Bondowoso, kau pergilah ke kerajaan Prambanan kemudian taklukan kerajaan tersebut agar mau tunduk pada kerajaan kita." kata Raja Pengging pada Bandung Bondowoso.

"Baik raja. Hamba akan segera berangkat. Hamba berjanji akan menaklukan kerajaan Prambanan." Bandung Bondowoso menerima perintah raja.

Segerasaja pasukan Bandung Bondowoso pergi menyerang kerajaan Prambanan. Dalam waktu singkat mereka berhasil memasuki istana Raja Boko. Karena kurangnya persiapan pasukan kerajaan Prambanan, dalam waktu singkat kerajaan Prambanan berhasil ditaklukan. Raja Boko sendiri tewas dalam peperangan tersebut.

Setelah kematian Raja Boko, Bandung Bondowoso kini memerintah kerajaan Prambanan sambil menunggu perintah selanjutnya dari raja Pengging. Tertarik pada kecantikan putri raja Boko, Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso memintanya untuk menjadi istrinya.

"Roro Jonggrang, maukah engkau menjadi istriku?" kata Bandung Bondowoso.

Roro Jonggrang tentu saja dalam hatinya menolak. Ia membenci Bandung Bondowoso yang sangat sombong & telah membunuh ayahandanya. Tapi bagaimanapun Bandung Bondowoso adalah penguasa kerajaan Prambanan saat itu. Bagaimana mungkin Roro Jonggrang menolaknya? Akhirnya Roro Jonggrang bersedia menerima lamarannya dengan mengajukan syarat bahwa Bandung Bondowoso harus membangun seribu candi serta dua buah sumur hanya dalam waktu satu malam.

"Aku bersedia menerima lamaranmu, tapi syaratnya engkau harus mampu membuatkan aku seribu candi dan dua buah sumur hanya dalam satu malam saja." kata Roro Jonggrang pada Bandung Bondowoso.

"Baiklah jika memang begitu permintaanmu, aku menyanggupinya." tak disangka Bandung Bondowoso menyanggupi syarat yang diajukan Roro Jonggrang.

Segera saja Bandung Bondowoso mengerahkan ribuan pasukan jin untuk membangun seribu candi dan dua buah sumur agar bisa diselesaikan dalam waktu satu malam. Melihat hal ini Roro Jonggrang menjadi cemas. Ia benar-benar tidak sudi dinikahi Bandung Bondowoso, pembunuh ayahnya. Dua pertiga malam telah berlalu, telah banyak candi selesai dibuat. Hanya tersisa tiga buah candi & satu buah sumur.

Dalam keadaan panik Roro Jonggrang memiliki gagasan untuk mengelabui Bandung Bondowoso. Ia segera memanggil para dayang-dayang. Ia kemudian menyuruh mereka untuk membakar jerami serta memukul lesung.

"Para dayang cepatlah kemari. Bakarlah jerami, pukulah lesung dan sebarkan wewangian agar para jin pasukan Bandung Bondowoso mengira hari telah pagi." Roro Jonggrang memberikan perintah pada para dayangnya yang setia.

"Baik Roro, kami akan segera melakukan perintah Roro." para dayang pun segera melakukan apa yang diperintahkan Roro Jonggrang.

Ribuan jin pasukan Bandung Bondowoso segera menghentikan pekerjaan mereka, kemudian berhamburan pergi setelah mendengar suara lesung bertalu-talu dan melihat warna kemerahan di langit ditambah lagi suara ayam berkokok bersahutan. Melihat keadaan tersebut, Bandung Bondowoso merasa panik. Demi cintanya pada Roro Jonggrang, ia melanjutkan pekerjaan pembangunan candi seorang sendiri.

Pada pagi harinya hanya tersisa satu buah patung yang belum selesai. Roro Jonggrang pun berkata pada Bandung Bondowoso bahwa syarat yang ia berikan gagal dipenuhi. Dengan demikian Bandung Bondowoso tidak berhak menikahinya.

"Bandung Bondowoso, engkau gagal memenuhi syarat yang aku minta untuk membangun seribu candi dan dua buah sumur. Engkau tak bisa menikahiku." kata Roro Jonggrang.

Bandung Bondowoso merasa sangat kesal dan marah. Ia tahu Roro Jonggrang telah mengelabuinya. Bandung Bondowoso kemudian mengutuk Roro Jonggrang menjadi patung.

"Roro Jonggrang, kamu berlaku curang padaku. Aku kutuk kamu menjadi patung untuk melengkapi jumlah patung yang kurang dari seribu candi permintaanmu!" Bandung Bondowoso mengutuk Roro Jonggrang.

Terjadi kejadian aneh, tubuh Roro Jonggrang berubah keras menjadi sebuah patung batu. Rakyat Prambanan kemudian menyebut patung dewi cantik di candi Prambanan sebagai penjelmaan Roro Jonggrang. Demikian cerita rakyat Roro Jonggrang.

7. Tokoh utama dalam bacaan diatas adalah ….
a. Prabu Baka
b. Bandung Bondowoso
c. Roro Jonggrang
d. Dayang-dayang

8. Tokoh diatas yang mengutuk Roro Jonggrang menjadi patung adalah ….
a. Ribuanjin
b. Raja Boko
c. Raja Pengging
d. Bandung Bondowoso

IPA
9. Tata surya kita terdiri atas delapan planet yang mengelilingi matahari, salah satunya yaitu ….
a. Asteroid
b. Meteor
c. Komet
d. Bumi

10. Planet terbesar dalam tata surya adalah ….
a. Merkurius
b. Jupiter
c. Saturnus
d. Mars

11. Perhatikan gambar dibawah ini!

Planet yang memiliki cincin yaitu…..
a. Merkurius
b. Jupiter
c. Saturnus
d. Mars

12. Benda langit yang memancarkan cahayanya sendiri adalah …
a. Bintang
b. Meteor
c. Planet
d. Komet

IPS
13. Proses menuju masa kini atau proses menuju masyarakat modern arti dari ….
a. Modernisasi
b. Sosialisasi
c. Urbanisasi
d. Teknologi

14. Modernisasi banyak membawa dampak bagikehidupan sosial masyarakat, salah satunya adalah ….
a. usaha manusia untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi
b. usaha manusia untuk mendapat penghasilan sebesar-besarnya
c. dengan adanya modernisasi masyarakat memanfaatkan teknologi untuk kejahatan
d. modernisasi mengakibatkan masyarakat menjadi tertinggal

15. Dampak negatif dari modernisasi adalah ….
a. mempererat tali persaudaraan
b. memudahkan komunikasi
c. kesenjangan dalam masyarakat
d. membuat masyarakat kaya

16. Salah satu bentuk modernisasi adalah dibagian teknologi transportasi. Manfaat dari modernisasi teknologi transportasi adalah, kecuali ….
a. pendistribusian barang semakin cepat
b. pengangkutan jarak dekat maupun jarak jauh
c. Bagi masyarakat dipedesaan, transportasi sangat diperlukan dalam menyalurkan hasil pertanian
d. membuat susah masyarakat

SBdP
17. Bunyi yang dibunyikan serempak yang dibentuk dari beberapa nada dengan jarak nada tertentu disebut ….
a. Suara
b. Not
c. interval
d. Akor

18. Pencipta lagu “Ambilkan Bulan Bu” adalah ….
a. Ibu Sud
b. R. Kusbini
c. A.T. Mahmud
d. L. Manik

19. Tujuan dari diciptakan nyatari kreasi adalah, kecuali ….
a. agar daerah tetap melestarikan seni budaya daerahnya
b. menyampaikan pesan-pesan yang lebih sesuai dengan keadaan masyarakat
c. menghilangkan budaya daerah
d. mempertahankan dan mengembangkan warisan daerah

20. Perhatikan gambar dibawah ini!

Pembuatan patung diatas menggunakan teknik….
a. Menempel
b. Merakit
c. mengelem
d. menyambung

II. Jawablahpertanyaanberikutdengantepat!
PPKN 
21. Sebutkan contoh persatuan dan kesatuan terhadap diri sendiri dalam kehidupan sehari-hari!
22. Tidak membuang sampah dialiran sungai merupakan salah satu bentuk wujud persatuan dan kesatuan terhadap lingkungan. Bagaimana sikap kamu jika menemukan warga lingkungan sekitar mumembuang sampah pada aliran sungai?

BAHASA INDONESIA 
23. Apakah yang dimaksud dengan plot?
24. Sebutkan 3 bagian alur cerita dalam karangan fiksi!

IPA
25. Sebutkan penemuan Galileo Galilei!
26. Sebutkan planet-planet yang berada didalam orbit bumi!

IPS
27. Sebutkan dampak positif modernisari teknologi transportasi!
28. Sebutkan dampak negative modernisasi teknologi transportasi!

SBdP
Perhatikan gambar dibawah ini!

29. Sesuai gambar diatas, manakah patung yang menggunakan teknik merakit?
30. Terbuat dari bahan apakah patung pada gambar A?


KUNCI JAWABAN 
I. Pilihan Ganda 
1. A 11. C
2. C 12. A
3. A 13. A
4. C 14. A
5. A 15. C
6. B 16. D
7. C 17. D
8. D 18. C
9. D 19. C
10. B 20. B

II. Uraian
21. Memberikan sumbangan kepada teman yang sedang tertimpa musibah.

22. Menegurnya dan mengajak agar tidak membuang sampah sembarangan sebagai bentuk persatuan dan kesatuan terhadap lingkungan.

23. Plot adalah alan cerita atau isi cerita atau alur cerita

24. Bagian alur cerita :
• Bagian awal biasanya berisi tentang pengenalan tokoh dan masalah
• Bagian tengah biasanya berisi tentang masalah dan konflik dalam cerita
• Bagian akhir biasanya menceritakan tentang penyelesaian masalah dari cerita tersebut

25. Penemuan Galileo Galilei :
• Penyempurnaan teleskop
• Saturnus memiliki lingkar seperti cincin
• Venus berputar mengelilingi Matahari

26. Merkurius dan Venus

27. Dampak positif :
• Bagi masyarakat dipedesaan, transportasi sangat diperlukan dalam menyalurkan hasil pertanian, perkebunan, dan peternakan keperkotaan. Sehingga mempermudah hubungan perekonomian masyarakat desa dengan masyarakat diperkotaan.
• Mempersingkat waktu perjalanan/ tidak memerlukan waktu banyak dalam menempuh perjalanan.

28. Dampak negatif :
• Pencemaran udara dan pencemaran suara mempengaruhi psikologi manusia. Bunyi keras yang dihasilkan kendaraan menimbulkan pencemaran udara yang dapat menyebabkan ketulian.
• Berkurangnya area pertanian dikarenakan peningkatan pembangunan fasilitas transportasi, misalnya : terminal, bandara, bahkan jalan raya.
• Tingginya kadar polusi udara, menyebabkan kesehatan masyarakat menurun diakibatkan penyakit saluran pernafasan.

29. Gambar A

30. Kaleng bekas minuman


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 30+ Contoh Soal UAS / PAS untuk kelas 6 SD/MI Tema 9 K13 plus Kunci Jawaban ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

#
Soal untuk kelas 6 SD/MI Tema 9   File ini dalam Bentuk .pdf File Size 60kb
Diupload oleh www.bospedia.com

Pencarian yang paling banyak dicari
  • soal uas tema 9 kelas 6
  • soal uas tema 9 kelas 6 dan kunci jawaban
  • soal uas kelas 6 semester 1 kurikulum 2013 revisi 2018
  • soal tema 9 kelas 6 dan kunci jawaban
  • soal tematik kelas 6 semester 1 kurikulum 2013 revisi 2018
  • soal uas kelas 6 semester 1 2019
  • download soal tematik kelas 6 semester 1
  • penilaian akhir tema 9 kelas 6
  •  pdf 2018,2019,2020,2021,2022


Post a Comment

Post a Comment