ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Makna Tersirat Teks Anekdot Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA

Materi Makna Tersirat Teks Anekdot Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA - Hai adik adik yang baik, pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang telah kakak susun dari berbagai sumber materi ini merupakan materi dari mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang Makna Tersirat Teks Anekdot untuk adik adik yang duduk dibangku kelas X SMA/MA, semoga bermanfaat dan selamat belajar!!

Materi Makna Tersirat Teks Anekdot Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA
Materi Makna Tersirat Teks Anekdot Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan kalian mampu menentukan makna tersirat dalam sebuah anekdot dan menciptakan kembali teks anekdot dengan rasa ingin tahu , tanggung jawab, dan disiplin.

B. Uraian Materi

Makna Tersirat dalam Sebuah Teks Anekdot

Pada penjelasan sebelumnya diungkapkan bahwa teks anekdot merupakan cerita yang singkat dan lucu. Namun demikian, dibalik kelucuannya muncul makna tersirat di antaranya untuk menyindir atau merupakan sarana untuk mengkritik persoalan yang biasanya terdapat dalam dunia politik.
Ekspresi, gestur tubuh, dan perilaku tokoh dalam teks anekdot pun dijadikan sebagai daya tarik tersendiri untuk menyampaikan pesan. Hal ini disebabkan karena pesan merupakan hal yang paling penting dalam teks anekdot. Pesan tersebut disampaikan secara tersirat sehingga pembaca harus memahami terlebih dahulu isi anekdot itu. Oleh karena itu, pembaca harus cermat dan cerdas ketika membaca teks anekdot agar dapat memahami pesan yang sebenarnya yang dinginkan oleh penulis teks anekdot tersebut.


Menciptakan Kembali Teks Anekdot

Menciptakan teks anekdot sangat berbeda dibandingkan jika kalian menciptakan teks-teks yang lain. Mengapa demikian? karena teks anekdot bukan sekadar teks yang hanya dipahami konten/ isi nya saja tetapi membaca teks ini perlu identifikasi dan perenungan untuk mendapatkan makna atau pesan yang ingin disampaikan oleh penulis sehingga ketika kalian akan menciptakan teks ini , maka yang harus dikuasai adalah kalian harus paham dan tahu persoalan disekitarnya baik dari yang terdekat sampai dengan yang terjauh atau terluas. Baik masalah sosial, politik maupun budaya.
Pemunculan tokoh dan pembuatan alur yang menarik, dapat menjadi daya tarik sendiri bagi pembaca pada saat menikmati anekdot yang kalian buat. ketika kalian akan mengemas topik dan masalah menjadi sebuah teks anekdot. Hal yang jangan sampai dilupakan bahwa ciri anekdot salah satunya adalah sindiran yang dibalut kelucuan. Maka, ingatlah ciri itu sebagai ciri yang paling utama. Maka pastilah teks anekdot yang kalian ciptakan akan disukai oleh pembaca.


C. Rangkuman

  • Anekdot berisi makna tersirat yang mengandung pesan tertentu, makna tersebut dapat dikonstruksikan dengan memahami topik , sasaran , dan unsur kelucuan.
  • Menemukan makna tersirat dilakukan dengan memahami isi anekdot, menghubungkan makna dengan fakta, dan nilai-nilai kehidupan, mengonstruksi makna tersirat bertujuan membantu memahami masalah yang dikritik dalam anekdot.
  •  Anekdot diciptakan berdasarkan pengalaman atau peristiwa yang terdapat di sekitar. Teks anekdot juga dapat ditulis dengan cara mengonstruksi anekdot orang lain ke dalam bentuk yang berbeda.
  • Dalam menciptakan teks anekdot perlu identifikasi dan perenungan untuk mendapatkan makna atau pesan yang ingin disampaikan oleh penulis.

D. Latihan Soal

Cermatilah teks anekdot berikut!

Mengikuti Kuis

Suatu hari Doni dan Trio mengikuti sebuah kuis berhadiah. Doni menjadi pengarah sedangkan Trio menjadi penjawab. Apapun yang dikatakan Trio, Doni hanya boleh menjawab ya, tidak, atau bisa jadi.
Doni : Nama tempat?
Trio : Tidak!
Doni : Makanan?
Trio : Tidak!
Doni : Orang?
Trio : Ya, ya, ya!
Doni : Profesi?
Trio : Ya!
Doni : Guru?
Trio : Tidak!
Doni : Berdasi?
Trio : Ya, ya!
Doni : Pejabat?
Trio : Ya, ya!
Doni : Di kantor suka tidur? Trio : Ya!
Doni : Banyak yang korupsi? Trio : Bisa jadi, bisa jadi!
Doni : Anggota DPR?
Trio : Ya…!
Akhirnya Doni menjawab betul.

Baca juga - Soal Teks Negosiasi

1. Apa makna tersirat yang dapat kamu ambil dari teks anekdot yang berjudul “Mengikuti Kuis” tersebut? Berikan alasannya!
2. Apakah makna tersirat tersebut memang biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari? Jelaskan alasanmu!

Bacalah teks yang berjudul “Orang Tuaku Sayang, Anakku Malang” berikut!

Setiap hari orang tua Iwan selalu bekerja. Mereka jarang pulang di rumah karena
harus mengisi acara seminar maupun diklat. Sudah satu bulan lamanya mereka tidak bertemu anaknya. Rasa kangen pun mendera. Sang bapak ingin menguji anaknya, apakah dia mencintai dan merindukannya.


Bapak: Wan, apakah kamu sayang terhadap orang tuamu?
Iwan: sangat sayang. Aku selalu merindukan ayah dan ibu ketika aku sendiri di rumah (Jawab Iwan bohong)
Bapaknya lega mendengar perkataan Iwan. Beliau percaya kalau anaknya sangat menyayangi orangtua.
Ayahnya kemudian berdoa, “Ya, Allah terimakasih kau telah titipkan hamba seorang anak yang baik. Berikan dia hukuman jika salah.”
Seketika itu, Iwan jatuh dan pingsan.
Bapaknya segera melarikannya ke rumah sakit. Iwan langsung mendapatkan pertolongan tim medis dan masuk ruang ICU. Ayahnya hanya menangis.


3. Identifikasilah makna tersirat yang terdapat dalam teks tersebut!

4. Setelah menyimpulkan makna, buatlah teks anekdot baru yang makna tersiratnya sama dengan makna tersirat yang terdapat dalam teks “Orang Tuaku Sayang, Anakku Malang” dengan memperhatikan unsur-unsur teks anekdot!

Kunci Latihan Soal Pembelajaran 1

1. Jadilah pejabat yang amanah dan penuh kejujuran karena dari cerita anekdot tersebut secara tersirat terdapat sindiran tentang anggota DPR yang suka tidur dan korupsi padahal mereka dipilih oleh rakyat untuk menyuarakan suara rakyat.

2. Ya karena banyak anggota DPR yang terjerat hukum karena korupsi dan sering tertangkap kamera televisi saat sidang membahas masalah rakyat malah tidur

3.


4.
Wawa : Ibu tau gak apa persamaan ibu sama macan? 
Ibu : Masa ibu disamain dengan macan
Wawa : lha iya la bu, Ibu itu galak terus judes persis kayak macan, tapi walau gitu macan tetap akan lindungi anaknya, sama kayak ibu. Jadinya aku saayyaaang baanget sama ibu
Ibu : Aduh rayuanmu maut. Tapi kamu juga kayak topeng monyet lho 
Wawa : Masa aku kayak topeng monyet sih, Bu
Ibu : Ia sayang kalo ada maunya baru muji-muji dan baru mau ibu suruh 
Wawa : Ya ibu gitu deh…



Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Makna Tersirat Teks Anekdot Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA  ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 
#
Makna Tersirat Teks Anekdot File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • contoh makna tersirat teks anekdot
      • makna tersirat adalah
      • contoh makna tersirat dalam teks
      • makna tersirat mau gaji besar
      • menyimpulkan makna tersirat dalam anekdot
      • makna tersirat dalam teks anekdot tersebut adalah
      • contoh teks anekdot singkat
      • makna tersirat dalam teks anekdot dosen yang juga menjadi pejabat
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022
      Post a Comment

      Post a Comment