Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Kelebihan dan Kekurangan Isi Teks Negosiasi Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA

Materi Kelebihan dan Kekurangan Isi Teks Negosiasi Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA - Hai adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaaan baik baik saja, dan jangan lupa untuk selalu memakai masker bila keluar dari rumah atau berpegian, nah pada kesempatan kali ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang telah kakak siapkan, materi ini kakak ambil dari mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X SMA/MA tentang Materi Kelebihan dan Kekurangan Isi Teks Negosiasi. Semoga bermanfaat.

Materi Kelebihan dan Kekurangan Isi Teks Negosiasi Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA
Materi Kelebihan dan Kekurangan Isi Teks Negosiasi Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran

Halo bagaimana kabar kalian? semoga selalu sehat dan semangat, kita akan memulai belajar kembali melalui modul untuk KD 3.10 yaitu Teks Negosiasi yang merupakan KD pertama dalam semester 2.
Setelah mempelajarinya diharapkan kalian dapat :
  1. Menemukan kekurangan dan kelebihan isi penyampaian teks negosiasi (permasalahan, pengajuan, penawaran, dan persetujuan) secara lisanmaupun tertulis
  2. Menjelaskan kekurangan dan kelebihan isi penyampaian teks negosiasi (permasalahan, pengajuan, penawaran, dan persetujuan) secara lisan maupun tertulis.

B. Uraian Materi

Pengertian Teks Negosiasi

Teks Negosiasi adalah bentuk interaksi sosial yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan diantara pihak-pihak yang mempunyai kepentingan yang berbeda. Kedua pihak yang melakukan negosiasi mempunyai hak terhadap hasil yang akan disepakati. Hasil akhir negosiasi harus mempunyai persetujuan dari semua pihak sehingga semua pihak menerima hasil akhir dengan kesepakatan bersama.

1. Tujuan Teks Negosiasi
  • Mencapai kesepakatan yang memiliki kesamaan persepsi, saling pengertian dan persetujuan.
  • Mencapai penyelesaian atau jalan keluar dari masalah yang dihadapi secara bersama.
  • Mencapai kondisi saling menguntungkan dan tidak ada yang dirugikan (win- win solution).
2. Manfaat Teks Negosiasi
Negosiasi bermanfaat untuk menciptakan jalinan kerja sama antara institusi, badan usaha, maupun perorangan dalam melakukan suatu usaha dan kegiatan bersama atas dasar saling pengertian.

3. Ciri-Ciri Teks Negosiasi
  • Menghasilkan kesepakatan (yang saling menguntungkan).
  • Mengarah pada tujuan praktis.
  • Memprioritaskan kepentingan bersama.
  • Merupakan sarana untuk mencari penyelesaian.
4. Jenis-Jenis Teks Negosiasi
a. Negosiasi Berdasarkan Situasi
1) Negosiasi Formal
Negosiasi ini terjadi saat situasi sedang formal. Ciri-ciri negosiasi formal yaitu adanya perjanjian yang sah secara hukum. Karena itu pelanggaran terhadap perjanjian yang disepakati bisa menjadi perkara hukum. Contohnya yaitu negosiasi antar dua perusahaan.
2) Negosiasi Non Formal atau Informal
Negosiasi non formal terjadi kapan saja, dimana saja, serta dengan siapa saja. Karena negosiasi non formal tidak membutuhkan perjanjian khusus.

b.Negosiasi Berdasarkan Jumlah Negosiator
1) Negosiasi dengan Pihak Penengah
Negosiasi dilakukan oleh 2 negosiator atau lebih dan pihak penengah. Negosiator saling memberikan argumentasi. Pihak penengah bertugas memberikan keputusan akhir di negosiasi itu. Contohnya yaitu sidang di pengadilan. Pihak penggugat dan pihak tergugat adalah pihak yang bernegosiasi. Sedangkan hakim sebagai pihak penengah.
2) Negosiasi tanpa Pihak Penengah
Negosiasi dilakukan oleh 2 negosiator atau lebih. Negosiasi dilakukan tanpa pihak penengah, sehingga keputusan negosiasi tergantung pada pihak yang bernegosiasi. Contoh negosiasi ini yaitu negosiasi antara perwakilan OSIS dan pihak sponsor.

c. Negosiasi Berdasarkan Untung Rugi
1) Negosiasi Kolaborasi (win-win)
Dalam negosiasi kolaborasi, negosiator akan berusaha mencapai kesepakatan dengan menyatukan kepentingan masing-masing.
2) Negosiasi Dominasi (win-lose)
Di negosiasi dominasi negosiator memperoleh keuntungan besar dari kesepakatan yang dicapai. Sedangkan pihak lawan negosiasi memperoleh keuntungan lebih sedikit.
3) Negosiasi Akomodasi (lose-win)
Di negosiasi akomodasi, negosiator memperoleh keuntungan sangat sedikit bahkan rugi. Sedangkan pihak lawan negosiasi memperoleh keuntungan sangat besar bahkan mendapat 100% keuntungan. Kerugian ini disebabkan karena kegagalan negosiator dalam bernegosiasi sehingga tidak memperoleh keuntungan.
4) Negosiasi Menghindari Konflik (lose-lose)
Dalam negosiasi ini, kedua pihak menghindari konflik yang timbul. Sehingga kedua pihak tidak bersepakat untuk menyelesaikan masalah.

5. Struktur Teks Negosiasi
  • Orientasi : Kalimat pembuka, biasanya dibubuhi salam. Fungsinya memulai negosiasi
  • Permintaan : Suatu hal berupa barang ataupun jasa yang ingin diblei oleh pembeli atau konsumen
  • Pemenuhan : Pemenuhan hal berupa barang atau jasa dari pemberi jasa atau penjual yang diminta oleh pembeli atau konsumen
  • Penawaran : Puncaknya Negosiasi terjadi tawar menawar
  • Persetujuan : Keputusan antara dua belah pihak untuk penawaran yang sudah dilakukan
  • Pembelian : Keputusan konsumen jadi menerima/menyetujui penawaran itu atau tidak
  • Penutup : Kalimat penutup atau salam penutup
Menemukan kelebihan dan kekurangan teks negosiasi
Agar kalian dapat mengevaluasi kelebihan dan kekurangan teks negosiasi cermati contoh teks negosiasi berikut ini dan pamahamilah penjelasannya.
Pihak Bank : “Selamat siang, pak. Silakan dudu”’. Pengusaha : “Selamat siang. Ya, terimakasih”.
Pengusaha : ”‘Begini mbak. Saya mempunyai usaha-usaha furnitur. Saya ingin mengajukan proposal peminjaman uang”.
Pihak Bank ; “Bisa saya lihat proposalnya?” Pengusaha : “Eeee... Silakan mbak”.
Pengusaha :”Usaha ini sudah turun temurun dari kakek saya. Saya berencana memperluas penjualan sampai luar negeri. Karena sudah ada permintaan dari luar negeri”.
Pihak Bank : “Begini pak. Untuk proposal ini tidak ada masalah , cuma untuk Rp 800.000.000,00 kami dari pihak bank tidak bisa memenuhinya. Pihak bank hanya sanggup memenuhi Rp 500.000.000,00 dengan bunga 5 %”
Pengusaha : “Tidak bisa tambah mbak? Saya yakin usaha ini akan sangat sukses”. Pihak Bank : “Mungkin jika tambah sedikit bisa”
Pengusaha : “Jika Rp 700.000.000,00 bagaimana mbak”?
Pihak Bank : “Maaf pak, kami maksimal hanya mampu”. . . (pembicaraan di sela oleh pengusaha)
Pengusaha : “Pokoknya saya mau Rp700.000.000,00! Usaha furnitur saya pasti akan sukses mbak, jangan khawatir”.
Pihak Bank :” Maaf pak, sesuai dengan ketentuan yang berlaku, kami hanya bisa menyediakan Rp650.000.000,00”
Pengusaha : “Eee... Baiklah mbak Rp 650.000.000,00 tidak apa-apa”. Pihak Bank : “Silakan pak menunggu sebentar”.
Pihak Bank : “Ini pak uangnya Rp Rp 650.000.000,00 dengan bunga 5 %”. Pengusaha : “Iya mbak. Terimakasih. Selamat siang”.
Pihak Bank : “Selamat siang”
a. Kekurangan pada teks negosiasi di atas :


b. Kelebihan dari teks negosiasi di atas


Pengajuan dan penawaran yang disampaikan oleh kedua belah pihak kelebihan dan kekurangannya dapat dibaca pada penjelasan di atas. Untuk meminimalkan kekurangan dalam bernegosiasi dan negosiasi dapat berjalan lancar antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Menyesuaiakan pembiaraan kearah tujuan praktis;
  2. Mengakomodasi butir-butir perbedaan dari kedua belah pihak;
  3. Mengajukan pandanagan baru dan mengabaikan panadangan yang sudah ada tanpa memalukan kedua belah pihak;
  4. Mengalokasikan tugas dan tanggung jawab masing-masing;
  5. Memprioritaskan dan mengelompokan saran pendapat dari kedua belah pihak.

C. Rangkuman

  1. Teks negosiasi adalah bentuk interaksi sosial yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan diantara pihak-pihak yang mempunyai kepentingan yang berbeda. Teks negosiasi bertujuan untuk mencapai penyelesaian dan kesepakatan dari mereka yang memiliki tujuan yang berbeda tanpa merugikan salah satu pihak
  2. Teks negosiasi memiliki ciri-ciri seperti: menghasilkan kesepakatan, mengarahkan pada tujuan yang praktis, memprioritaskan kepentingan bersama.
  3. Teks negosiasi dibagi menjadi beberapa jenis seperti negosiasi berdasarkan situasi yang terdiri atas negosiasi formal dan negosiasi informal, negosiasi berdasarkan jumlah negosiator yang terdiri atas negosiasi dengan pihak penengah dan negosiasi tanpa pihak penengah, dan negosiasi berdasarkan untung rugi yang terdiri atas negosiasi kolaborasi, negosiasi dominasi, negosiasi akomodasi, dan negosiasi menghindari konflik
  4. Teks negosiasi memiliki struktur seperti orientasi, permintaan, pemenuhan, penawaran, persetujuan, pembelian, dan penutup.

D. Latihan Soal

  1. Bacalah teks negosiasi berikut ini dengan seksama!
  2. Kerjakan soal dibawah ini dengan menuliskan kekurangan dan kelebihan dari penyampaian negosiasi sesuai dengan isi dan cara bernegosiasi serta berikan penjelasannya!
Pak Bagus memiliki tetangga baru di depan rumah bernama Pak Bagas yang membuka usaha bengkel las. Suara bengkel tersebut mengganggu bayi Pak Bagus yang butuh istirahat saat siang.
Pak Bagus: “Selamat siang, Pak Bagas. Maaf, saya mau membahas tentang suara bengkel Bapak yang mengganggu istirahat siang bayi saya.”
Pak Bagas: “Oh, iya, Pak Bagus. Saya minta maaf karena sudah mengganggu Bapak. Saya sedang mengusahakan untuk mengganti mesin las ini dengan yang baru. Suara mesin las baru lebih kecil dibandingkan dengan yang lama.”
Pak Bagus: “Oh, begitu. Terima kasih sudah mempertimbangkan hal tersebut, Pak. Saya meminta maaf karena telah datang dan menegur Pak Bagas seperti ini.” Pak Bagas: “Tidak apa-apa, Pak, tidak masalah. Memang sudah seharusnya usaha saya tidak mengganggu siapapun. Namun, saya juga mempunyai solusi untuk Bapak. Pak Bagus dapat memindahkan bayi Bapak ke ruang yang letaknya lebih di dalam.”
Pak Bagus: “Iya, Pak, nanti saya akan memindahkan bayi saya ke ruang belakang. Terima kasih sudah memahami kondisi saya, Pak.”
Pak Bagas: “Sama-sama, Pak.”
a. Kekurangan penyampaian negosiasi

b. Kelebihan penyampaian negosiasi

Simpulancara bernegosiasi yang baik


1. Amatilah teks berikut ini!
Seorang pengusaha sedang melakukan negosiasi dengan pegawai bank terkait proposal peminjaman modal. Jenis negosiasi ini sering dilakukan oleh banyak peminjam modal kepada bank.
Pengusaha : “Selamat pagi, Pak. Disini saya hendak membicarakan terkait peminjaman modal yang ingin saya ajukan”.
Pegawai Bank : “Selamat pagi juga, Pak. Kami juga telah membaca proposal peminjaman modal yang anda ajukan. Menurut kami, usaha toko roti yang akan bapak buat ini cukup menarik”.
Pengusaha : “Iya Pak. Saya hendak beralih profesi dari karyawan  kantor menjadi pengusaha roti”.
Pegawai Bank : “Telah dijelaskan beserta rinciannya pada proposal bapak  bahwa dana yang dibutuhkan bapak sebesar 80 juta. Berdasarkan pengalaman perusahaan kami, atas pengajuan modal serupa oleh pengusaha lain, sebenarnya modalnya cukup 70 juta saja. Sedangkan pengembalian angsuran, sebesar 4 juta perbulan termasuk bunganya. Bagaimana Bapak”?
Pengusaha : “Apa tidak bisa dinaikkan lagi nominal peminjamannya, Pak. Saya merasa 70 juta masih kurang untuk melengkapi usaha roti saya”.
Pegawai Bank : ‘Bagaimana jika 75 juta, Pak? Itu nominal maksimal untuk pengajuan seperti ini dengan jaminan sertifikat tanah yang akan dibangun toko roti tersebut.”
Pengusaha :” Baik Pak, saya rasa itu nominal yang cukup”.
Pegawai Bank : “baik jika begitu, Pak. Silahkan baca berkasnya secara teliti, dan tanda tangan jika setuju”.
Pengusaha : (setelah menandatangani) “Baik Pak, saya setuju. Saya sangat berterima kasih”.
Pegawai Bank : “Sama-sama Pak”.
2. Tulislah pokok-pokok isi teks penyampaian negosiasi!

3. Setelah menulis pokok-pokok isi negosiasi, kembangkan dalam bentuk teks negosiasi!



Kunci Jawaban
KUNCI JAWABAN KEGIATAN BELAJAR 1 LATIHAN SOAL

1. Kerjakan soal dibawah ini dengan menuliskan kekurangan dan kelebihan dari penyampaian negosiasi sesuai dengan isi dan cara bernegosiasi serta berikan penjelasannya!
Kesimpulancara bernegosiasi yang baik
Cara bernegosiasi yang baik adalah :
  1. Memahami kebutuhan dan keinginan, negosiasi harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan.
  2. Mengemukakan pendapat dengan sopan dan saling menghargai.
  3. Mengutamakan kepentingan bersama di atas ego masing-masing.
  4. Memberikan alasan yang logis saat akan berpendapat
  5. Menghargai Keputusan yang sudah ditetapkan

2. Tulislah pokok-pokok isi teks penyampaian negosiasi!


3. Setelah menulis pokok-pokok isi negosiasi, kembangkan dalam bentuk teks negosiasi!

E. Penilaian Diri

Berilah tanda cek list pada pernyataan berikut !

Jika menjawab “TIDAK” pada salah satu pertanyaan di atas, maka pelajarilah kembali materi tersebut dan pelajari ulang kegiatan pembelajaran satu. Bila perlu kalian dapat meminta bimbingan guru atau teman sejawat. Jangan putus asa untuk mengulang lagi!.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Kelebihan dan Kekurangan Isi Teks Negosiasi Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 


#
Kelebihan dan Kekurangan Isi Teks Negosiasi File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • kelebihan dan kekurangan mediasi
      • apa saja syarat menjadi negosiator
      • pengertian sengketa
      • prinsip negosiasi
      • kelebihan dan kekurangan mediasi
      • apa saja syarat menjadi negosiator
      • manfaat negosiasi
      • tujuan negosiasi
      • proses negosiasi
      • pengertian negosiasi
      • pengertian negosiasi pdf
      • negosiasi bisnis adalah
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022