Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Penyampaian Permasalahan Teks Negosiasi Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA

Materi Penyampaian Permasalahan Teks Negosiasi Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik  semuanya, semoga dalam keadaan baik baik saja, nah pada kesempatan yang baik ini tentunya kakak tidak bosan bosannya untuk membagikan kepada adik adik mengenai materi yang telah kakak siapkan, materi ini merupakan Materi Penyampaian Permasalahan Teks Negosiasi dari mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk adik adik yang duduk dibangku kelas 10 SMA/MA. Semoga bermanfaat yah.

Materi Penyampaian Permasalahan Teks Negosiasi Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA
Materi Penyampaian Permasalahan Teks Negosiasi Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran

Halo semoga kita semua selalu sehat dan semangat. Kita akan memulai  belajar teks negosiasi yang merupakan kelanjutan dari pembelajaran 1 teks negosiasi. Setelah mempelajari kompetensi dasarini kalian harus dapat menuliskan pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasisi. Kemudian mempraktikkan pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi secara lisan dan tulisan.

Untuk itu agar kalian mudah mempelajari dan mengerjakan tugas pada latihan soal maupun evaluasi, ikutilah petunjuk modul.

B. Uraian Materi

Negosiasi artinya proses tawar-menawar dengan cara berunding demi mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak (kelompok atau organisasi) dan pihak (kelompok atau organisasi) yang lain, yang dapat ditemukan dalam bentuk teks dan percakapan.
1. Mengevaluasi Pengajuan, Penawaran, dan Persetujuan dalam Teks Negosiasi
Dalam negosiasi, baik secara lisan maupun tulisan, di dalamnya terdapat pengajuan, penawaran, dan persetujuan. Pengajuan, penawaran, dan persetujuan adalah hal pokok yang wajib ada dalam teks negosiasi. Negosiasi yang baik dan benar harus melewati tahap-tahap.

Tahap-tahap bernegosiasi yang baik adalah:
  • Ketika bernegosiasi, sampaikanlah keinginan Anda dengan berkomunikasi yang baik.
  • Fokuslah pada kebutuhan Anda dan kebutuhann lawan negosiasi
  • Negosiasi berakhir setelah mendapatkan keputusan yang disetujui kedua belah pihak.
Dalam melakukan negosiasi, orang yang terlibat di dalamnya biasanya memerlukan media untuk bernegosiasi. Media untuk melakukan negosiasi dalam bentuk tertulis adalah:
  • Melalui jaringan (internet), sementara konsumen melakukan negosiasi secara daring.
  • Melalui surat penawaran, konsumen melakukan negosiasi secara tidak langsung.
2 Menyampaikan Pengajuan, Penawaran, dan Persetujuan dalam Teks Negosiasi
  • Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup adalah tahap selanjutnya setelah menentukan pengajuan, penawaran, dan persetujuan dalam bernegosiasi. Menyampaikan pengajuan, penawaran, dan persetujuan harus dilakukan agar lawan negosiasi dapat memahami apa yang akan disampaikan.
  •  Tahap penyampaian pengajuan, penawaran, dan persetujuan harus dengan menggunakan kalimat yang sopan dan santun. Hal tersebut dipilih agar suasana antar kedua belah pihak tetap baik dan tenang, selain itu agar juga tidak menyinggung satu pihak dan pihak lainnya.
  • Ketika pengajuan yang dilakukan oleh penjual tidak meyakinkan pembeli, maka pengajuan tersebut perlu diubah dengan menggunakan kalimat sendiri sehingga isi pengajuan lebih meyakinkan dan menarik lawan tutur. Karena saat penjual lebih meyakinkan saat menawarkan produknya maka pembeli akan lebih tertarik dengan produknya
  • Tujuan akhir tahap ini adalah memberi jalan tengah dan memberikan alasan yang bagus. Semua alasan harus dikemukakan oleh kedua pihak agar tidak terjadi salah paham. Saat ada salah satu pihak yang kurang setuju maka pihak tersebut harus memberikan alasannya dengan jelas. Setelah dicapai jalan tengah dimana kedua pihak telah setuju, maka negosiasi akan dianggap berhasil.

C. Rangkuman

1. Dalam negosiasi yang baik terdapat pengajuan, penawaran, dan persetujuan.
2. Tahap-tahap bernegosiasi yang baik adalah:
  • Ketika bernegosiasi, sampaikanlah keinginan Anda dengan berkomunikasi yang baik;
  • Fokuslah pada kebutuhan Anda dan kebutuhann lawan negosiasi;
  • Negosiasi berakhir setelah mendapatkan keputusan yang disetujui kedua belah pihak.
3. Media dalam bernegosiasi bisa melalui internet, surat penawaran, dan bernegosiasi secara langsung.
4. Setelah menentukan pengajuan, penawaran, dan persetujuan, tahap selanjutnya adalah menyampaikan pengajuan, penawaran, dan persetujuan tersebut. Dalam menyampaikan pengajuan, penawaran, dan persetujuan harus menggunakan kalimat yang sopan dan santun.
5. Tujuan akhir dari tahap ini adalah mencapai jalan tengah yang telah disepakati antara kedua belah pihak.
 

D. Latihan Soal

Bacalah teks negosiasi berikut!

Suatu hari ada seorang siswa sekolah menengah pertama pergi ke toko buku bekas. Dia datang ke sebuah toko buku bekas untuk mencari buku dengan tahun yang lama. Setelah beberapa menit mencari, dia tidak juga menemukan buku yang ia cari. Karena bingung, tidak menemukan di rak buku, dia mendatangi seorang penjaga yang sedang menata buku di sudut ruangan.
Anak : “Permisi, selamat siang”,
Penjaga : “Iya, selamat siang juga, ada yang bisa saya bantu, nak”? Anak : “Iya, saya mencari buku novel Siti Nurbaya ada”?
Penjaga : “Sudah mencari di rak novel”? Anak : “Sudah Pak, tapi tidak ada”.
Penjaga : “Baiklah, saya coba carikan di gudang silakan tunggu di ruang tunggu ya”.
Anak : “Baik Pak, terima kasih”.
Penjaga : “Kebetulan saya cari di gudang masih tersisa satu, ini bukunya”. Anak : “Berapa harga buku ini Pak”?
Penjaga : “Rp. 58.000 saja nak”.
Anak : “Harga itu terlalu mahal untukku Pak, bolehkan saya menawar”? Penjaga : “Boleh, silakan saja”.
Anak : “Bisa tidak Pak harga jadi Rp 45.000 saja Pak”?
Penjaga : “Buku ini sudah langka, jadi harga segitu terlalu murah”.
Anak : “Uang saya tidak cukup, bagaimana kalau Rp 48.000 saja? Saya harap bapak maumembantu. Ini untuk tugas sekolah saya”.
Penjaga : “Itu terlalu murah, bagimana kalau Rp 55.000 saja? Itu sudah termasuk murah. Mungkin kalau kamu cari di toko buku lain tidak akan ada lagi”.
Anak : “Tapi uang saya hanya Rp 50.000”.
Penjaga : “Begini saja, saya akan berikan buku ini seharga Rp 50.000.
Bagaimana”?
Anak : “Baiklah Pak! Saya beli bukunya”. Penjaga : “Ini bukunya”.
Anak : “Ini uangnya pas ya Pak, terima kasih sudah membantu saya”. Penjaga : “Iya, sama-sama. Terima kasih juga telah membeli buku di toko saya”.
Anak : “Selamat siang, Pak”. 
Penjaga : “Selamat siang”.

1. Tulislah tahap penyampaian pengajuan, penawaran dan persetujuan yang terdapat pada teks negosiasi di atas!


2. Berdasarkan teks negosiasi di atas, apakah tujuan akhir dari negosiasi dapat tercapai? Jika iya, tuliskan alasan-alasannya!


Bacalah teks negosiasi berikut ini !
Suatu hari di lokasi di jalan raya, oknum polisi menilang pengendara motor yang tidak menggunakan helm.
Polisi : (meniup peluit…prit…prit)…”Menepi mas…menepi mas”… Pengendara : (menepi)” Kenapa ya Pak”?
Polisi : “Maaf ya mas, itu mas nggak pakai helm”.
Pengendara : “Astagfirulloh, maaf banget pak, saya lupa, tadi buru-buru soalnya, mau ujian”.
Polisi : “Masnya punya SIM gak”? Pengendara : “Punya kok Pak”.
Polisi : “Surat kendaraannya lengkap”? Pengendara :” Lengkap juga pak”.
Polisi : “Boleh saya periksa”?
Pengendara : “Boleh sihPak, tapi saya terburu-buru nih”. Polisi : “Maaf sekali Mas, tapi ini sudah kewajiban saya”. Pengendara : “Ini SIM dan STNKnya”.
Polisi : “Ya, sudah lengkap mas, tapi mohon maaf masnya tetap saya tilang karena tidak menggunakan helm di jalan raya”.
Pengendara : “AduhPak…maaf, ini juga karena buru-buru kalau jalan damai saja gimana Pak”?
Polisi : “Damai gimana maksudnya Mas”?
Pengendara : “Ya saya bayar uang tilang di sini”.
Polisi : “Wah, Mohon maaf Mas, sekarang ini untuk pembayaran tilang cuma bisa lewat ATM, gampang dan lebih cepat kok mas, mas tinggal transfer ke no rekening ini, terus bukti transfer langsung diserahkan ke saya, saya tugas di pos sampai jam 12 Mas. Semisal saya nanti sedang tidak ada di pos, bisa lewat rekan saya juga boleh. Sementara itu SIM Masnya saya tahan dulu, ngambilnya tetap di pos jaga”.
Pengendara : “Masak nggak bisa sih Pak, bayar langsung ke bapak  saya  nggak keberatan kok”.
Polisi : “Maaf sekali Mas, saya tidak ada hak untuk itu”. Pengendara : “Ya sudah, saya pasrah aja Pak”.
Polisi : “Ini surat tilang buat Mas, nanti setelah transfer, silahkan ke pos jaga lagi buat ambil SIM punya masnya”.
Pengendara : “Tapi nanti tiba-tiba saya ketilang lagi gimana dong Pak”? Polisi : “Ya makanya jangan lupa pakai helm”.
Pengendara : “Ya udah deh pak, saya pergi ke kampus dulu, lalu saya ke pos  polisi nemui bapak”.
Polisi : “Siap Mas, sekali lagi maaf, dan saya akan tunggu di pos jaga”. Pengendara : Permisi ya pak.
Polisi : Hati-hati di jalan ya mas, di sebrang ada toko helm silahkan beli aja nanti malah di tilang polisi yang ada di pos selanjutnya…
Pengendara : “Iya pak, terimakasih pak”.
3. Tuliskan tahapan pengajuan yang terdapat dalam teks negosiasi di atas!
4. Tuliskan tahap penawaran yang terdapat dalam teks negosiasi di atas!
5. Tuliskan tahap persetujuan yang akhirnya disepakati oleh kedua belah pihak dalam teks negosiasi diatas!


KUNCI JAWABAN KEGIATAN BELAJAR 2 LATIHAN SOAL

1. Tulislah tahap penyampaian pengajuan, penawaran dan persetujuan yang terdapat pada teks negosiasi di atas!


2. Berdasarkan teks negosiasi di atas, apakah tujuan akhir dari negosiasi dapat tercapai? Jika iya, tuliskan alasan-alasannya!
Tujuan akhir dari negosiasi dapat tercapai yaitu dengan disepakatinya harga novel Siti Nurbaya seharga Rp 50.000. hal tersebut dapat terjadi karena sang anak mau menaikkan harga yang iya tawarkan dan sang penjaga juga mau menurunkan harga yang ia tawarkan sehingga mereka berdua mencapai kesepakatan.

3. Tuliskan tahapan pengajuan yang terdapat dalam teks negosiasi di atas!
Polisi: Ya, sudah lengkap mas, tapi mohon maaf masnya tetap saya tilang karena tidak menggunakan helm di jalan raya.
4. Tuliskan tahap penawaran yang terdapat dalam teks negosiasi di atas!
Pengendara: Aduh pak…maaf, ini juga karena buru-buru kalau jalan damai saja
gimana pak?
Polisi : Damai gimana maksudnya mas?
Pengendara: Ya saya bayar uang tilang di sini.
Polisi : Wah, Mohon maaf mas, sekarang ini untuk pembayaran tilang cuma bisa lewat ATM, gampang dan lebih cepat kok mas, mas tinggal transfer ke no rekening ini, terus bukti transfer langsung diserahkan ke saya, saya tugas di pos sampai jam 12 mas. Semisal saya nanti sedang tidak ada di pos, bisa lewat rekan saya juga boleh. Sementara itu SIM masnya saya tahan dulu, ngambilnya tetap di pos jaga
Pengendara : Masak nggak bisa sih pak, bayar langsung ke bapak saya nggak keberatan kok.
Polisi : Maaf sekali mas, saya tidak ada hak untuk itu.

5. Tuliskan tahap persetujuan yang akhirnya disepakati oleh kedua belah pihak dalam teks negosiasi diatas!
Pengendara : Ya sudah, saya pasrah aja pak.
Polisi : Ini surat tilang buat mas, nanti setelah transfer, silahkan ke pos jaga lagi buat ambil SIM punya masnya.

E. Penilaian Diri

Tabel Refleksi Diri Pemahaman Materi
Jika menjawab “TIDAK” pada salah satu pertanyaan di atas, maka pelajarilah kembali materi tersebut dan pelajari ulang kegiatan pembelajaran satu. Bila perlu kalian dapat meminta bimbingan guru atau teman sejawat. Jangan putus asa untuk mengulang lagi!.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Penyampaian Permasalahan Teks Negosiasi Mapel Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 


#
Penyampaian Permasalahan Teks Negosiasi File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • bagian yang berisi negosiasi hingga tercapai kesepakatan atau perjanjian
      • ciri-ciri teks negosiasi
      • contoh teks negosiasi
      • contoh teks negosiasi dan strukturnya
      • struktur teks negosiasi
      • alur teks negosiasi
      • fungsi teks negosiasi
      • tujuan teks negosiasi
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022