Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Struktur Teks Eksplanasi Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA

Materi Struktur Teks Eksplanasi Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA - Hai adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah kakak susun, materi ini kakak ambil dari mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dikhususkan untuk adik adik kelas XI SMA/MA dengan pembahasan Struktur Teks Eksplanasi. Semoga bermanfaat yah.

Materi Struktur Teks Eksplanasi Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA
Materi Struktur Teks Eksplanasi Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan kalian mampu menentukan struktur teks eksplanasi dengan cermat, kritis, dan bertanggung jawab.

B. Uraian Materi

Anak-anakku, sebagaimana kita tahu bahwa teks eksplanasi dapat dipahami sebagai teks yang berisi tentang proses terjadinya suatu fenomena, baik itu fenomena alam maupun fenomena sosial. Teks ini bertujuan untuk menyampaikan informasi secara akurat dan jelas kepada para pembaca terkait suatu fenomena.

Teks ini juga memiliki struktur penulisan tersendiri. Sesuai dengan karakteristik umum dari isinya, teks eksplanasi dibentuk oleh bagian-bagian berikut.

1. Identifikasi fenomena (phenomenon identification)
Berisi tentang penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas, bisa berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya. Penjelasan umum yang dituliskan dalam teks ini berupa gambaran secara umum tentang apa, mengapa, dan bagaimana proses peristiwa alam tersebut bisa terjadi.

2. Penggambaran rangkaian kejadian (explanation sequence)
Berisi tentang penjelasan proses mengapa fenomena tersebut bisa terjadi atau tercipta dan bisa terdiri lebih dari satu paragraf. Deretan penjelas mendeskripsikan dan merincikan penyebab dan akibat dari sebuah bencana alam yang terjadi.

Penggambaran rangkaian kejadian memerinci proses kejadian yang relevan dengan fenomena yang diterangkan sebagai pertanyaan atas bagaimana atau mengapa.
  • Rincian yang berpola atas pertanyaan “bagaimana” akan melahirkan uraian yang tersusun secara kronologis ataupun gradual. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan urutan waktu.
  • Rincian yang berpola atas pertanyaan “mengapa” akan melahirkan uraian yang tersusun secara kausalitas. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan hubungan sebab akibat.

3. Ulasan (review)
Teks penutup yang bersifat pilihan; bukan keharusan. Teks penutup yang dimaksud adalah, teks yang merupakan intisari atau kesimpulan dari pernyataan umum dan deretan penjelas. Opsionalnya dapat berupa tanggapan maupun mengambil kesimpulan atas pernyataan yang ada dalam teks tersebut.
Ulasan berupa komentar atau penilaian tentang konsekuensi atas kejadian yang dipaparkan sebelumnya.

C. Rangkuman


1. Teks eksplanasi berisi tentang proses terjadinya suatu fenomena, baik itu fenomena alam maupun fenomena sosial.
2. Struktur teks eksplanasi terdiri dari :
  • identifikasi fenomena
  • proses kejadian
  • ulasan

D. Penugasan Mandiri

Isilah tabel berikut dengan memberikan tanda centang (√)!

E. Latihan Soal

Bacalah teks eksplanasi di bawah ini. Tentukan bagian dari struktur teks eksplanasinya. simpulkan pula struktur teks tersebut berdasarkan kelengkapannya!


Penyalahgunaan narkoba adalah pemakaian obat-obatan atau zat-zat berbahaya dengan tujuan bukan untuk pengobatan, penelitian, menghilangkan rasa sakit rangsangan, semangat dan halusinasi apabila digunakan tanpa mengikuti aturan atau dosis yang benar dapat menimbulkan bahaya adanya adiksi/ketergantungan obat (ketagihan). Obat-obatan yang biasa disalahgunakan seperti narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.

Penyalahgunaan narkoba terjadi akibat salah pergaulan dan rasa keingintahuan yang kuat serta mudahnya dalam mendapatkan obat-obatan tersebut. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya penyalahgunaan narkoba. Yang pertama, faktor diri yaitu faktor yang ditimbulkan dalam diri orang tersebut seperti mencoba-coba kareana penasaran dan keinginan untuk bersenang senang. Yang kedua, faktor lingkungan yaitu faktor yang berasal dari lingkungan sekitarnya seperti keluarga bermasalah dan bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba. Yang ketiga, faktor ketersediaan narkoba seperti narkoba semakin mudah didapat dengan harga yang terjangkau dan bisnis narkoba menjanjikan keuntungan yang besar. Penggunaan obat-obatan terlarang secara terus-menerus dapat menyebabkan kecanduan. Jika sudah kecanduan, maka orang tersebut akan melakukan segala hal untuk mendapatkannya.  Penyalahgunaan narkoba yang dilakukan seseorang akan berdampak negatif pada dirinya sendiri seperti mengalami perubahan sikap, sering membolos, suka mencuri untuk membeli narkoba, mengalami kegilaan dan juga yang lebih mengkhawatirkan adalah kematian.
 
Penyalahgunaan narkoba sudah banyak terjadi di kalangan masyarakat. Adapun cara mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba yaitu berikan pendidikan agama sejak dini agar mengetahui mana yang baik dan yang buruk, awasi pergaulan di sekolah maupun di luar sekolah, dan berikanlah perhatian khusus agar ia tidak perlu mencari kesenangan dengan cara yang salah. Oleh karena itu , harus ada sinergi antara masyarakat dengan pemerintah untuk menggalakan pencegahan dan pemberantasan masalah tersebut.
(Sumber : https://www.mypurohith.com/contoh-teks-eksplanasi/)


Kunci Jawaban Penugasan Mandiri Kegiatan 1:

F. Penilaian Diri

Berilah tanda centang (√) pada format di bawah ini sesuai dengan jawaban kalian!

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Struktur Teks Eksplanasi Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 


#
Struktur Teks Eksplanasi File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • struktur teks eksplanasi terdiri dari
      • tuliskan struktur teks eksplanasi
      • sebutkan dan jelaskan struktur teks eksplanasi
      • sebutkan struktur teks eksplanasi
      • teks eksplanasi contoh
      • teks eksplanasi singkat
      • ciri-ciri teks eksplanasi
      • tujuan teks eksplanasi
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022