Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Memainkan alat musik tradisional Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA

Materi Memainkan alat musik tradisional Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA - Hai, pada kesempatan yang baik ini kakak bospedia ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang telah disiapkan, materi ini diambil dari mata pelajaran Seni Budaya yang dalam pembahasan Seni Musik yaitu Materi Memainkan alat musik tradisional, Semoga dengan adanya materi ini bisa membantu adik adik ya. Selamat belajar!!

Materi Memainkan alat musik tradisional Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA
Materi Memainkan alat musik tradisional Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan peserta didik dapat: 
  1. Mencoba langkah langkah memainkan alat musik tradisional. 
  2. Menampilkan permainan alat musik tradisional. 

B. Uraian Materi 

Setelah menyusun program latihan dan jurnal latihan pada kegiatan belajar 2, kita harus mencoba mematuhi jadwal dengan disiplin, tekun dan semangat yang tinggi menjalani proses latihan. Setiap usaha pasti akan memetik hasil, usaha yang keras akan memberikan hasil yang baik dan memuaskan, usaha yang setengah setengah tentu tidak akan memberikan hasil yang maksimal. 

Proses yang telah dilewati selama 1 bulan berlatih memainkan alat musik tradisional tentu sudah mencapai ketrampilan yang diharapkan dan siap untuk disajikan. 

Penyajian musik yang baik memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut : 
 
1. Penguasaan teknik bermain musik 
Teknik bermain musik adalah cara yang dilakukan untuk menghasilkan bunyi yang sesuai dengan warna suara yang terbaik, dari kekhasan setiap alat musik tradisional. Pada alat musik membranophone dan idiophone yang cara memainkannya dengan di pukul, kita bisa mencari wilayah pukul yang terbaik untuk menghasilkan resonansi yang penuh dari alat musik tradisional yang kita mainkan. Pada alat musik aerophone yang dimainkan dengan cara ditiup, kita harus mempelajari posisi bibir, tekanan udara yang diperlukan, dan teknik pernafasanyang baik.Pada alat musik chordhophone yang dimainkan dengan cara dipetik dan digesek, kita harus melatih posisi tangan kiri untuk menghasilkan intonasi nada yang tepat dan melatih jari jari tangankanan untuk menghasilkan petikan yang terbaik. Pada alat musik gesek tangan kanan digunakan untuk memegang alat geseknya (bow). Kualitas bunyi yang baik tentu dihasilkan dari proses latihan yang panjang, ketrampilan dan penguasaan teknik sangat mempengaruhi penyajian musik. 
 
2. Pembawaan 
Pembawaan adalah bagaimana penyaji musik mampu membawakan karya musik dengan interpretasi yang tepat seperti makna yang disampaikan melalui karya tersebut. Tabuhan/lagu yang mengekpresikan kesedihan harus dimainkan dengan penuh perasaan, dengan gesture dan ekpresi wajah yang mengekspresikan kesedihan, sebaliknya tabuhan/lagu yang mengekpresikan kebahagiaan harus dimainkan dengan penuh energy, dinamis, dengan gesture dan ekpresi wajah yang mengekspresikan kebahagiaan. Untuk bisa memahami pembawaan yang tepat kita harus mempelajari latar belakang penciptaan, makna, fungsi dan filosofinya sehingga kita mampu mengekspresikan dengan tepat. 
 
3. Penampilan 
Menjadi penyaji musik bukanlah hal yang mudah, namun dengan persiapan yang matang penyajikan musik bisa mendatangkan kebahagiaan baik bagi penyaji maupun bagi penonton. Pada saat tampil di depan orang banyak penyaji biasanya merasakan ketegangan, cemas dan kuatir membuat kesalahan di atas panggung. 

Perasaan itu lambat laun akan hilang jika penyaji tekun berlatih dan berani untuk tampil sesering mungkin. Selain dengan persiapan yang matang penampilan penyaji juga ditunjang dengan kostum yang nyaman, tepat dan sesuai dengan acara. Untuk menyajikan alat musik tradisional, kostum yang digunakan adalah pakaian adat setempat. 

C. Rangkuman 

Penyajian musik tradisional yang baik ditentukan oleh persiapan yang dilakukan penyajinya. Kualitas penyajian musik ditentukan oleh penguasaan teknik, pembawaan yang ekspresif sesuai dengan makna karya dan penampilan yang penuh totalitas.  

D. Penugasan 

  1. Setelah berlatih selama 1 bulan, sajikan hasil latihanmu di depan beberapa penonton, dan mintalah penonton menilai permainan alat musik tradisional yang disajikan. 
  2. Jika tidak ada alat musik bisa denganmenyajikan pola irama khas tradisi di daerahmu dengan tepuk tangan atau menggunakan tepukan bagian tubuh yang lain. Membuat alat musik sederhana dari bahan bahan sederhana juga boleh dilakukan , misal membuat alat musik tiup dengan daun kering, bambu, buluh padi dll, atau alat musik idiophone dari kayu, bambu, meja juga boleh digunakan. Keterbatasan dipadukan dengan semangat dan daya juang akan menghasilkan kreatifitas yang tinggi. Selamat berinovasi ! 
  3. Tuhan menciptakan tubuh manusia dengan sangat luar biasa, organ tubuh kita memiliki pita suara sebagai sumber bunyi, rongga dada, tenggorokan dan kepala sebagai ruang resonansi, lidah, gigi, bibir, rahang atas dan rahang bawah untuk artikulator dan nafas sebagai motor penggerak. Tubuh kita adalah instrumen musik ciptaan Tuhan. Maka jika tidak ada alat musik dan belum bisa membuat alat musik, menyanyikan lagu tradisional daerahmu boleh menjadi pilihan pada kompetensi dasar memainkan alat musik tradisional. 
PANDUAN KERJA MANDIRI 3 
 
Mata Pelajaran :  Seni Budaya (Musik) 
Kelas                 :    X 
Kompetensi Dasar :  3.1 Memahami jenis dan fungsi alat musik tradisional 
                                   4.1 Memainkan alat musik tradisional   
 
1. Sajikan permainan alat musik tradisional dengan memperhatikan teknik, pembawaan dan penampilan di depan beberapa orang penonton, mintalah penonton menilai permainan alat musik tradisional yang disajikan dengan kriteria sebagai berikut : 

No

 

Kriteria Penilaian

1.

Teknik permainan

 

2.

Pembawaan

 

3.

Penampilan

 


E. Penilaian Diri

No

Pertanyaan

 

Ya 

Tidak

Alasan

1

Saya mampu menyajikanpermainan alat musik tradisional dengan teknik permainan yang tepat

 

 

 

2

Saya mampu menyajikan  permainan alat musik tradisional dengan pembawaan yang tepat

 

 

 

3

Saya mampu menyajikan  permainan alat musik tradisional dengan penampilan yang total

 

 

 

 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Memainkan alat musik tradisional Mapel Seni Budaya kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 



#
Memainkan alat musik tradisional File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • alat musik tradisional 34 provinsi dan cara memainkannya
      • alat musik tradisional indonesia
      • teknik memainkan alat musik tradisional
      • 10 alat musik tradisional
      • alat musik tradisional yang dipetik
      • alat musik tradisional jawa
      • alat musik tradisional yang ditiup
      • alat musik tradisional beserta penjelasannya dan gambarnya
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022