Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Menganalisis Karya Musik Kontemporer Kelas 12 SMA/MA

Materi Menganalisis Karya Musik Kontemporer Kelas 12 SMA/MA - Hai adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja, kali ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang telah kakak sediakan yaitu materi tentang Menganalisis Karya Musik Kontemporer yang disusun khusus untuk adik adik Kelas 12 SMA/MA. Materi ini diambil dari mata pelajaran Seni Budaya tentang Seni Musik yang dilengkapi dengan Soal Latihan dan kunci jawaban, Semoga bermanfaat yah.

Materi Menganalisis Karya Musik Kontemporer Kelas 12 SMA/MA
Materi Menganalisis Karya Musik Kontemporer Kelas 12 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah mempelajari materi pembelajaran diharapkan peserta didik dapat : 
  1. Memahami dasar-dasar analisis karya musik kontemporer.  
  2. Membandingkan karya musik kontemporer. 
  3. Membuat tabel data hasil pengamatan karya musik kontemporer. 

B. Uraian Materi 

1. Pengertian Analisis musik 
Analisis dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (1998:37), adalah penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta hubungan antara bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan. Biasanya meliputi pemecahan sebuah susunan musik ke dalam unsur musik yang relative sederhana, termasuk susunan pokok (Schenker), dari tema, dari bentuk (Tovey), dari bagian susunan (Riemann) dan dari informasi teori. 

Dari berbagai pernyataan di atas dapat disimpulkan pengertian analisis musik adalah pembahasan untuk meneliti dan menyimpulkan bagian-bagian paling sederhana dari sebuah susunan lagu, baik berupa susunan pokok (Schenker), dari tema, dari bentuk (Tovey), serta dari bagian susunan (Riemann) sehingga dapat dimengerti dan dipahami arti keseluruhannya.  

2.Teknik dan prosedur menganalisis musik 

Langkah-langkah yang dilakukan untuk menganalisis musik yaitu menganalisis musik secara umum secara mendalam, menggali referensi gaya musik, menganalisis karakter genre, menganalisis karakter sang komposer, menganalisis karakter musik pada zaman musik tersebut diciptakan (Nattiez, 1990 : 136). 

Berdasar pernyataan ahli di atas, dapat diuraikan mengenai langkahlangkah menganalisis karya musik. Berikut langkah-langkahnya: 
  • Memilih lagu atau komposisi musik yang akan dianalisis sebagai objek yang akan di analisa. 
  • Menentukan media apa yang akan digunakan untuk menganalisis karya musik yang akan digunakan sebagai objek analisis. Media yang dimaksud di sini adalah partitur (notasi lagu), audio lagu, dan video lagu. (bisa menggunakan salah satunya) 
  • Mengumpulkan literatur bacaan sebagai pendukung dalam proses menganalisis karya musik. Literatur berupa informasi dari berbagai sumber tentang karya musik yang akan di analisis. Informasi tersebut dapat berupa kritik karya musik (sebagai pembanding), biografi komposer, latar belakang karya dan gaya musik, dan lain sebagainya. Jika komposernya masih hidup dan dapat dijangkau secara tatap muka dapat dilakukan wawancara untuk menggali lebih dalam ide karya musiknya. 
  • Setelah memilih, menentukan media, dan mengumpulkan literasi sebagai persiapan langkah selanjutnya adalah memulai menganalisa karya musik yang akan di analisis. Tidak mudah menganalisis karya musik, karena dibutuhkan pengetahuan yang cukup baik berupa pengetahuan musik, teori musik, pengetahuan tentang sejarah musik dan lain sebagainya. Namun hal ini dapat di antisipasi dengan niat dan usaha untuk melakukan analisis karya musik dengan landasan kemauan belajar dengan baik.  
  • Memulai menganalisa karya musik : 
    • Menganalisis latar belakang gaya musik. Karya musik yang akan di analisis masuk dalam gaya musik apa? Misal musik tradisikah?, musik kontemporer?musik popular? 
    • Sesuai dengan konteks bahasan pada kegiatan belajar ini tentunya gaya musik yang akan di analisis adalah musik kontemporer. Maka dari itu tentukan karya musik kontemporer yang akan di analisis. Untuk mengetahui lebih dalam tentang gaya musik kontemporer, tentu seorang analis harus mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu untuk mengetahui karakter gaya musik tersebut.  
    • Menganalisis biografi komposer. Point ini langsung atau tidak langsung mendukung analis karya musik, salah satunya analis dapat mengetahui asal kehidupan komposer mulai dari lahir, hidup, berkembang sebagai komposer dan hubungannya dengan karya musiknya itu sendiri. Misalkan komposer berasal dari bali, bisa jadi karya-karya musiknya akan terpengaruh oleh kultur setempat. Sebut saja salah satu komposer musik kontemporer yang berasal dari Bali yaitu I Wayan Sadra. Sebagian besar karya-karya musiknya terpengaruh kultur bali tempat asal komposer. Maka dari itu poin ini dapat membantu analis menentukan idiom apa yang digunakan dalam karya musik kontemporer yang digunakan. 
    • Manganalisis latar belakang penciptaan karya musik kontemporer yang akan di analisis. Untuk mengetahui lebih dalam latar belakang penciptaan karya musik kontemporer yang akan dianalisis dapat diketahui dari sinopsis karya musiknya. Sinopsis adalah ringkasan karangan yang biasanya diterbitkan bersama dengan karangan asli yang menjadi dasar sinopsis. Dalam konteks sinopsis karya musik, biasanya tertulis  deskripsi singkat tentang tema penciptaan karya tersebut. Hal ini untuk membantu pendengar memahami pesan yang akan disampaikan lewat karya musik tersebut. 
    • Menganalisis struktur dan bentuk musiknya. Karya musik mempunyai bentuk dan struktur, dapat di analogikan seperti anatomi atau bagianbagian tubuh manusia ada kepala, tubuh, tangan, dan kaki. Bentuk dan struktur musik biasanya terdiri dari tiga bagian inti yaitu pembuka, bagian pokok lagu, dan penutup. Masing-masing dapat di analisis kesesuaiannya. Struktur dan bentuk bentuk  karya musik kontemporer, tentu akan berbeda dengan bentuk dan struktur lagu pada umumnya atau karya-karya musik yang konvensional seperti musik populer. Karya musik kontemporer mempunyai struktur dan bentuk yang lebih bebas, bersifat filosofis, abstrak, eksploratif, dan eksperimental. Media bunyi dan teknik komposisinya juga lebih kompleks. Inilah yang menarik dan penuh tantangan bagi analis, ketika menganalisis karya musik kontemporer. 
    • Setelah selesai menganalisis dengan mengurai satu-satu karya musik kontemporer yang dianalisis, buatlah tulisan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan hasil analisis karya musik kontemporer tersebut. 

C. Rangkuman 

Menganalisis karya musik kontemporer tidaklah mudah dibutuhkan pengetahuan khusus untuk itu, namun dengan didasari niat dan ketekunan semua bisa dipelajari. Beberapa langkah-langkah dalam menganalisis karya musik kontemporer sudah dibahas dalam kegiatan belajar tahap  dua ini. Langkah-langkah tersebut adalah memilih komposisi yang akan di analisis, memilih media yang digunakan, mengumpulkan literature, menganalisis gaya musik, biografi komposer, menganalisis latar belakang penciptaan karya, dan mengananilisis struktur dan bentuk komposisi. 

D. Penugasan Mandiri  

Pada kegiatan belajar kali ini kita akan membandingkan beberapa karya musik kontemporer baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Perbandingan karya musik kontemporer bertujuan untuk semakin memperkaya  pemahaman kita terhadap musik kontemporer, sehingga di harapkan pada saatnya nanti kita juga mampu membuat karya musik kontemporer kreasi sendiri. Kita akan membandingkan beberapa karya dari aspek tema, konsep ide/gagasan,  makna pemilihan sumber bunyi/ teknik permainan dan pesan yang disampaikan melalui karya musik kontemporer. 
Kerjakan dengan seksama Kerja Mandiri berikut ini : 
Panduan Kerja Mandiri 
 
Satuan Pendidikan : ………………………………… 
Mata Pelajaran    : Seni Budaya (musik) 
Kelas     : XII/1 
Kompetensi dasar  : 3.2 Menganalisis karya musik kontemporer 
4.2 Mempresentasikan hasil analisis musik kontemporer  
   
1. Carilah 3 contoh video pertunjukan musik kontemporer  dari dalam dan luar negeri melalui channel Youtube. 
2. Saksikan ke 3 video dengan seksama, cari dan pelajari biografi komposer pada video dan isilah tabel data dengan lengkap. 
3. Setelah terisi dengan lengkap, diskusikan dengan anggota keluarga atau teman, untuk memperkaya pendapatmu. 

E. Latihan Soal 

Pilihlah jawaban dengan benar, beri tanda (x) pada jawaban yang benar! 

1. Pembahasan untuk meneliti dan menyimpulkan bagian-bagian sederhana dari sebuah susunan lagu dinamakan…. 
A. Presentasi musik 
B. Deskripsi musik 
C. Analisis musik 
D. Sinopsis musik 
E. Komposisi musik 

2. Menentukan media apa yang akan digunakan untuk menganalisis karya musik yang akan digunakan sebagai objek analisis penting dilakukan seorang analis musik, di bawah ini manakah yang termasuk salah satu media dalam proses analisis musik: A. Alat musik 
B. Partitur musik 
C. Pemain musik 
D. Panggung musik 
E. Sound system 

3. Pentingnya literasi musik bagi seorang analis musik dalam proses menganalisa lagu digunakan untuk… 
A. Sekedar bacaan semata 
B. Objek analisa yang akan di analisis 
C. menambah ekspresi musikal 
D. apresiasi karya seni musik 
E. menggali lebih dalam objek yang dianalisis 

4. Mempelajari biografi komposer dan komposisi musiknya yang akan di analisa penting dilakukan seorang analis musik. Hal ini bertujuan untuk…. 
A. Mengetahui keterkaitan karya musik yang di analisis dengan latar belakang kultur komposer 
B. Mengetahui latar belakang komponis 
C. Mengetahui karya musik yang akan di analisis 
D. Mengetahui sumber bunyi dan teknik komposisi yang digunakan 
E. Sekedar membacanya saja sebagai referensi bacaan musik 

5. Struktur dan bentuk musik kontemporer tidak seperti pada struktur dan bentuk musik pada umumnya atau musik populer, hal ini dikarenakan musik kontemporer…. 
A. terikat dengan nilai-nilai musik tradisi 
B. terikat dengan struktur dan bentuk musik klasik 
C. Struktur dan bentuk musiknya simple 
D. Struktur dan bentukn musiknya kompleks dan lebih bebas 
E. Struktur dan bentuk musiknya teratur 

F. Penilaian Diri 

Beri tanda (˅) pada jawaban yang di pilih, kemudian berikanlah alasannya! 

 

No

Pernyataan

 

Ya

Tidak

Alasan

1

Saya mampu memahami

pengertian analisis musik

 

 

 

2

Saya mampu mengidentifikasi struktur dan bentuk karya musik kontemporer.

 

 

 

3

Saya berani bertanya kepada guru jika kurang memahami materi yang dibahas 

 

 

 

4

Saya mampu menganalisis karya musik kontemporer

 

 

 

 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Menganalisis Karya Musik Kontemporer Kelas 12 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

#
Menganalisis Karya Musik Kontemporer File ini dalam Bentuk pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • konsep musik kontemporer
      • teknik musik kontemporer
      • analisis musik kontemporer tetabuhan sungut
      • analisis musik kontemporer brainly
      • contoh analisis musik
      • analisis musik kontemporer jalinan kita
      • musik kontemporer indonesia
      • unsur musik kontemporer
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022