Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Mempresentasikan Hasil Analisis Musik Kontemporer Kelas 12 SMA/MA

Materi Mempresentasikan Hasil Analisis Musik Kontemporer Kelas 12 SMA/MA - Selamat Beraktifitas adik adik yang baik, nah kali ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah dipersiapkan, materi ini kakak ambil dari mata pelajaran Seni budaya tentang pembahasan Seni Musik yang berjudul Mempresentasikan Hasil Analisis Musik Kontemporer unutk adik adik yang duduk dibangku Kelas 12 SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa membantu adik adik. Semangat!!

Materi Mempresentasikan Hasil Analisis Musik Kontemporer Kelas 12 SMA/MA
Materi Mempresentasikan Hasil Analisis Musik Kontemporer Kelas 12 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah mempelajari materi pembelajaran diharapkan peserta didik dapat : 
  1. Memahami dasar-dasar presentasi untuk hasil yang maksimal 
  2. Mempresentasikan hasil analisis karya musik kontemporer 

B. Uraian Materi 

1. Pengertian presentasi 

Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak orang. Presentasi merupakan kegiatan pengajuan suatu topik, pendapat atau informasi kepada orang lain. Berbeda dengan pidato yang lebih sering dibawakan dalam acara resmi dan acara politik, presentasi lebih sering dibawakan dalam acara bisnis atau pendidikan. 

Tujuan dari presentasi bermacam-macam, misalnya untuk promosi produk (marketing), untuk memberi informasi (biasanya oleh seorang pakar), atau untuk meyakinkan (biasanya dibawakan oleh seseorang yang ingin membantah pendapat tertentu). 

Presentasi dalam pembelajaran di sekolah, lebih mengacu pada tujuan presentasi untuk memberikan informasi atau memaparkan hasil dari suatu proses pembelajaran. Presentasi tersebut disampaikan kepada forum di kelasnya yaitu kepada teman-teman sekelasnya dan kepada guru pengajarnya. 
Untuk hasil maksimal seorang narasumber dalam mempresentasikan materi yang akan disampaikan kepada forum tentu memerlukan persiapan yang matang di antaranya kelengkapan informasi (materi yang akan disajikan), kemampuan menyampaikan (sumber daya manusia), penggunaan media (sarana pendukung untuk menyampaikan informasi), dan penampilan(performa narasumber). Ke empat hal ini merupakan material presentasi yang mesti disiapkan oleh seorang narasumber untuk presentasi. 
Pada kegiatan pembelajaran ini akan dibahas cara-cara mempersiapkan presentasi, agar siswa mampu mempresentasikan dengan baik hasil analisis karya musik kontemporer di dalam kelas kepada teman-teman sekelasnya. 

2. Teknik dan prosedur presentasi 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya terdapat empat hal yang mesti dipersiapkan siswa untuk mempresentasikan hasil analisis karya musik kontemporer yaitu: 

a. Kelengkapan informasi 
Yang dimaksud kelengkapan informasi adalah kelengkapan materi yang akan dipresentasikan. Materi dalam konteks kegiatan pembelajaran ini adalah hasil analisis karya musik kontemporer. Sebelum melakukan presentasi siswa mesti menyiapkan materi tersebut dengan sebaik-baiknya, pastikan informasi atau laporan hasil analisisnya benar-benar sudah lengkap dan dapat dipertanggung jawabkan. Kelengkapan informasi tersebut berupa objek yang di analisis yaitu karya musik kontemporer dapat berupa notasi (partitur) maupun audio visual, sumber pustaka sebagai referensi yang mendukung analisis karya, sehingga secara akademik dapat dipertanggung jawabkan, dan materi ditulis dalam bentuk laporan hasil analisis secara utuh sehingga siap untuk dipresentasikan. 
 
b. Kemampuan menyampaikan 
Kemampuan menyampaikan lebih ke aspek kemampuan sumber daya manusianya yaitu narasumber yang akan mempresentasikan hasil analisis karya musik kontemporer. Kemampuan menyampaikan presentasi dapat dicapai secara baik dengan menguasai materi presentasi, melakukan latihan presentasi sebelum tampil, menyampaikan presentasi secara lugas dan singkat, mengenali audiens dalam hal ini teman-teman di kelasnya dan tentu guru mapelnya, menguasai teknologi atau media yang digunakan, dan yang penting percaya diri dan bersikap professional walau tampil di depan temantemannya. 

c. Penggunaan media 
Penggunaan media perlu dipersiapkan sebaik baiknya untuk mendukung presentasi. Media dibagi menjadi dua yaitu Hardware dan Softwere. Media hardware berupa perangkat keras seperti pc  atau laptop, proyektor, dan sound system atau speaker. Media software berupa perangkat lunak seperti aplikasi setting proyektor, internet, aplikasi power point, ms word, dan excel. Selain media yang mesti dipersiapkan, hal terpenting yang perlu dilakukan adalah siswa mampu menguasai media yang digunakan tersebut, karena kalau tidak akan menghambat presentasi.  

Penggunaan media ini penting disiapkan supaya presentasi akan lebih menarik perhatian peserta, dan memudahkan narasumber untuk mempresentasikan materi yang akan disampaikannya. Gunakan aplikasi power point untuk mempresentasikan materi yang akan di sampaikan. Buat desain slide yang menarik, dilampirkan notasi, dan audio videonya. Kemudian tampilkan pada proyektor, dan audionya ditampilkan menggunakan speaker dengan kapasitas suara yang dapat di dengar oleh peserta di dalam kelas. 

Namun jika tidak ada media teknologi satupun, dapat menggunakan media yang ada seperti papan tulis atau whiteboard, atau media kertas untuk mencatat materi presentasi yang akan di sampaikan. 

d. Penampilan 
Penampilan siswa yang menjadi narasumber untuk mempresentasikan materinya mesti menarik perhatian peserta atau audiens di kelasnya. Hal ini agar tujuan penyampaian informasi sampai dan mengena di hadapan audiens. Sehingga akan memudahkan pemahaman peserta terhadap materi yang diasampaikan. Beberapa hal yang mendukung penampilan siswa diantaranya mulailah dengan pembukaan presentasi yang memukau dan meyakinkan, bersikap rileks, tunjukan passionnya (menguasai materi), percaya diri, dan bersikap professional. Penampilan yang optimal akan membawa kesan yang positif bagi peserta dan tentunya guru pengampu mapel yang bersangkutan. 

C. Rangkuman 

Presentasi yang baik tidaklah mudah dilakukan, namun bisa dilatih supaya presentasi optimal di hadapan audiens. Beberapa tahapan yang perlu dilakukan oleh siswa dalam mempresentasikan materi di dalam kelas yaitu kelengkapan informasi, penyampaian informasi, penggunaan media, dan penampilan. Lakukan latihan dan persiapkan secara optimal bahan materi yang akan disampaikan dan kuasai materi tersebut, kemudian latihan untuk menyampaikan materi, persiapkan dengan sebaikbaiknya penggunaan media untuk mendukung presentasi, dan persiapkan mental untuk tampil secara optimal di hadapan audiens. 
 

D. Penugasan Mandiri  

Setelah menyelesaikan kegiatan belajar I dan II, maka kita akan dapat menuliskan sinopsis karya musik kontemporer. Sinopsis adalah ringkasan/abstraksi dari apa yang akan disajikan dalam karya musik. Sinopsis biasanya dibacakan sebelum pertunjukan disajikan, atau dituliskan pada buku panduan pertunjukan musik. Sinopsis membantu penonton untuk memahami gagasan komposer pada karya musiknya. Kerjakan praktek mandiri dengan seksama, dan penuh tanggung jawab. 
Panduan Praktek Mandiri 
 
Mata Pelajaran :  Seni Budaya (musik) 
Kelas :  XII/1 
Kompetensi dasar :   3.2 Menganalisis karya musik kontemporer 
4.2 Mempresentasikan hasil analisis musik kontemporer  
 
1. Setelah mempelajari Modul Analisis Musik Kontemporer KD 3.2 dan 4.2 
2. Presentasikan hasil analisis musik kontemporer, yang memuat informasi : 
➢ Video /pertunjukan musik kontemporer yang dianalisis 
➢ Sinopsis karya musik kontemporer 
➢ Penjelasan hasil analisis karya musik kontemporer  
3. Untuk pembelajaran luring, presentasikan di depan kelas 
4. Untuk pembelajaran jarak jauh buatlah video presentasi dan kumpulkan ke Bapak/Ibu guru menggunakan media yang sudah disepakati 
5. Persiapkan sebaik mungkin materi presentasi, dan presentasikan pada saat Bapak/Ibu guru datang berkunjung.  

No

Kriteria Presentasi

1.

Kelengkapan Informasi

2.

Kemampuan menyampaikan informasi

3.

Penggunaan media 

4.

Penampilan

E. Latihan Soal 

Pilihlah jawaban dengan benar, berikan tanda (x) pada jawaban yang benar! 
1. Kegiatan berbicara dihadapan orang banyak dalam acara resmi dan bersifat satu arah dinamakan……. 
A. Presentasi 
B. Pidato 
C. Monolog 
D. Drama 
E. Mendongeng 

2. Anton seorang narasumber yang terkenal, presentasinya sangat menarik perhatian publik. Setiap presentasinya mudah dipahami. Hal ini menunjukan Anton sudah melaksanakan tujuan presentasi yaitu…..  
A. Menyampaikan cerita 
B. Menyampaikan kabar 
C. Menyampaikan informasi 
D. Menyampaikan salam 
E. Menyampaikan pesan 

3. Dalam presentasi, salah satu syarat yang mesti dicapai adalah kelengkapan informasi pada  materi presentasi. Kelengkapan informasi apa yang mesti disiapkan siswa dalam presentasi hasil analisis karya musik kontemporer…. 
A. Objek yang di analisis berupa partitur musik 
B. Produk yang akan di tawarkan 
C. Gambar alat musik 
D. Media berupa aplikasi 
E. Teks yang berisi lagu-lagu 

4. Penggunaan media dalam presentasi diperlukan untuk menunjang penyampaian materi presentasi. Presentasi dalam bidang musik pengguanaan media yang tepat seperti…. A. Komputer/laptop, Power point, proyektor 
B. Komputer, internet, power point 
C. Komputer/laptop, Speaker,power point 
D. Komputer, internet, power point, proyektor, speaker 
E. Papan tulis, speaker, proyektor, internet 

5. Penampilan dan penyampaian presentasi menjadi ujung tombak berhasil atau tidaknya presentasi. Agar presentasi menarik komponen penampilan apa yang mesti dilakukan siswa di kelas ketika presentasi… 
A. Percaya diri, dengan materi yang sudah dikuasai 
B. Tampil apa adanya 
C. Mengalir saja dengan hanya menguasai materi 
D. Improvisasi, tampil secara sepontan 
E. Tampil dengan percaya diri tanpa mengusai materi 

F. Penilaian Diri 

Beri tanda (˅) pada jawaban yang di pilih, kemudian berikanlah alasannya! 

 

No

Pernyataan

 

Ya

Tidak

Alasan

1

Saya mampu mempresentasikan hasil analisis karya musik kontemporer

 

 

 

2

Saya mampu berani mengungkapkan pendapat dan menyampaikan informasi pada saat presentasi

 

 

 

3

Saya mampu menjawab pertanyaan audiens ketika presentasi 

 

 

 

4

Saya selalu menghormati dan menghargai pendapat orang lain

 

 

 


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Mempresentasikan Hasil Analisis Musik Kontemporer Kelas 12 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

#
Mempresentasikan Hasil Analisis Musik Kontemporer File ini dalam Bentuk pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • contoh musik kontemporer
      • ciri musik kontemporer
      • musik kontemporer adalah
      • unsur musik kontemporer
      • presentasikan hasil analisis hak sebagai warga negara
      • alat musik kontemporer
      • proses berkarya musik kontemporer tidak
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022