ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap NKRI Mapel PKn kelas 12 SMA/MA

Materi Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Mapel PKn kelas 12 SMA/MA - Hai adik adik yang baik apa kabar? Semoga dalam keadaan baik baik saja, nah pada kesempatan ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah disusun dan dirangkum dari mata pelajaran Pendidikan Kwarganegaraan untuk adik adik kelas XII SMA/MA materi ini tentang Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan sudah dilengkapi dengan Latihan soal serta kunci jawaban pembahasan. Semoga bermanfaat yah.

Materi Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap NKRI Mapel PKn kelas 12 SMA/MA
Materi Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap NKRI Mapel PKn kelas 12 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan kalian mampu memahami hakikat iptek, perkembangan iptek didunia dan di Indonesia serta mengidentifikasi pengaruh positif dan pengaruh negatif perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan kebhinekaan. 

B. Uraian Materi 

Di awal pembelajaran kali ini kita akan mengetahui terlebih dahulu apa itu Iptek. Iptek  adalah singkatan dari ‘ilmu pengetahuan dan teknologi”. Ilmu pengetahuan adalah usaha-usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia.  Sedangkan teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Dengan demikian dapat diartikan bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi adalah suatu sumber informasi yang dapat meningkatkan pengetahuan ataupun wawasan seseorang di bidang teknologi.  

Ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) merupakan unsur kemajuan peradaban manusia yang sangat penting, oleh karena itu kemampuan iptek nasional perlu terus dikembangkan dalam rangka meningkatkan daya saing dan kemandirian bangsa untuk mempercepat pencapaian tujuan negara, turut berkontribusi mencapai kesejahteraan rakyat, serta memperjuangkan kepentingan negara dalam pergaulan internasional. Pembangunan iptek ditujukan untuk membantu pemecahan persoalan kekinian dan mengantisipasi masalah masa depan. Masalah terkini dan juga masalah yang timbul di masa depan yang menjadi pusat perhatian adalah upaya pencarian alternatif teknologi melalui penelitian, pengembangan, dan penerapan iptek di bidang pangan, kesehatan, energi, pertahanan, transportasi, serta informasi dan telekomunikasi. 
 
 
Gambar : 3.3.1  Ipek yang menguasai Dunia -Sumber : maxmanroe.com
Gambar : 3.3.1  Ipek yang menguasai Dunia -Sumber : maxmanroe.com 

Baca juga - Soal Kasus-kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban WNI

Ilmu dan teknologi tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu selalu dipandang sebagai produk, proses dan paradigma  yang secara sadar diperoleh melalui kegiatan ilmiah. Sedangkan pengetahuan didapat melalui proses pemahaman di luar metode ilmiah. Karena teknologi selalu berjalan sesuai dengan ilmu pengetahuan selain itu juga teknologi juga merupakan hasil dari pemanfaatan teori dan rumusan-rumusan ilmu pengetahuan dapat menjadi hal yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian tidak heran kalau ilmu pengetahuan selalu beriringan menyesuaikan zamannya (dinamis).  Sekarang kita bahas perkembangan Iptek di dunia dan di Indonesia. 
 
Gambar : 3.3.2  Ipek yang menguasai Dunia  - Sumber : : sekolah-kesatuan.sch.id 

Perkembangan Iptek di Dunia 

Perkembangan iptek di dunia dapat kita lihat dengan terjadinya beberapa revolusi teknologi. Dibagi menjadi dua bagian  sebelum abad ke-20 dan sesudah abad ke-20 dan setelahnya 

1. Sebelum abad ke-20 

Belasan ribu tahun yang lalu warga Mesopotomia mulai mengembangkan sistem pertanian. Hal tersebut menandai berakhirnya era masyarakat yang berburu dan meramu. Berkat pengembangan sistem pertanian tersebut pangan dapat disimpan dalam waktu yang lebih lama dan jumlahnya lebih banyak. Kemudian tahun 1440 Johannes Gutenberg mengembangkan mesin cetak. Berkat mesin ini, buku dapat diproduksi dalam jumlah banyak. Berkat penemuan ini berkembangnya revolusi ilmu pengetahuan dimana pemikiran dan ide dapat meluas melintasi batas negara. Revolusi industri menjadi peristiwa akhir perkembangan teknologi sebelum abad ke-20. Pada revolusi industri terjadi perubahan atau revolusi dalam produksi barang dan jasa (industri). Perkembangan teknologi mesin, seperti mesin uap, meningkatkan produktivitas pekerja. Perkembangan teknologi transportasi membuat perpindahan orang dan barang menjadi lebih cepat. Selain itu, perkembangan perdagangan dunia membuat hasil produksi dapat dijual ke berbagai tempat. 

2. Pada abad ke-20 dan setelahnya 

Salah satu inovasi ada abad ke-20 adalah adanya transistor yang melahirkan era digital. Tanpa transistor kita tidak akan memiliki komputer prbadi, pemutar DVD, mesin fax dan perangkat lainnya. Lalu ditemukan juga yang namanya serat optik yang menjadi pengantar sinyal atau data elektronik yang baik sehingga menjadi sarana telekomunikasi yang handal. Barulah kita masuk dunia komputer dimulai dari ENIAC (Numerical Integrator an Computer), komputer menggunakan transistor (UNIVAC) tahun 1953 IBM mengeluarkan komputer seri 650 dan 700. Kemudian tahun 1981 IBM memperkenalkan komputer personal (PC/personal computer). Tiga tahun kemudian, Apple menghasilkan komputer Macintosh. Sistem operasi windows hadir pada tahun 1990-an dan terus meluas. Barulah revolusi teknologi internet muncul, melalui internet, informasi dunia dapat dengan mudah diraih, bahkan oleh penduduk di wilayah terpencil yang memiliki akses internet. Perkembangan  ide, gagasan, dan informasi dapat dengan mudah dan cepat tersebar. 
 
Perkembangan Iptek di Indonesia 

Perkembangan iptek di Indonesia cenderung berkembang dengan kebutuhan sehari-hari dan masih ada pengaruh dari kolonial Belanda. 
1. Sebelum abad ke-20 

Nenek moyang Indonesia memulainya dibidang pertanian dengan penerapan terasering yang baik sehingga irigasi disawah dapat berjalan dengan lancar. Sistem ini hadir pada abad ke-11. Berkembang ke daerah Bali dengan sistem subaknya pada tahun 1072 M yang membagi air secara adil dan merata terhadap masyarakat.  Kemudian dibidang kelautan nenek moyang kita berhasil membangun perahu layar. Salah satu contohnya adalah perahu pinisi yang tahun 1986 melakukan pelayaran ke Kota Vancouver Kanada untuk membuktikan klaim atas perahu tersebut. Barulah masuk ke bidang Busana, rakyat Indonesia mengenal teknologi membatik serta menenun yang kemudian menjadi ciri khas Bangsa Indonesia. Terus berkembang kebidang lainnya seperti arsitektur  (rumah adat dengan candi-candi megah) contohnya Candi Borobudur dan Candi Prambanan. 

2. Pada abad ke-20 dan setelahnya 

Iptek di Indonesia dipengaruhi oleh warisan zaman kolonial Belanda. Perkembangan Iptek sudah ada pada masa itu antara lain adanya sejumlah lembaga iptek yang waktu itu didirikan. Kemudian masuklah kedunia pendidikan dimana mereka mengadopsi pendidikan zaman kolonial. Pada tanggal 23 Agustus 1967, pemerintah mendirikan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Pemerintah kemudian mendirikan lembaga-lembaga lainnya yang bertujuan untuk mengembangkan iptek lebih lebih spesifik. 

Dari lembaga itullah iptek di Indonesia lebih maju lagi. Dalam bidang komunikasi pemerintah membeli satelit yang diberi nama Sistem Komunikasi Satelit Domestik Palapa (SKSD Palapa) tahun 1975, sehingga radio dan televisi  mengalami perkembangan yang pesat. Akhirnya sampai penemuan yang luar biasa dari Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie yaitu perkembangan teknologi pesawat terbang dibawah naungan PT. Dirgantara Indonesia (DI). 



 
Begitulah sepintas sejarah kemajuan iptek di dunia dan di Indonesia. Penjelasan diatas menggambarkan pengaruh yang cukup besar saat iptek membantu kehidupan masyarakat di dunia dan khususnya bagi Indonesia. Akan tetapi tahukan kalian kalau kemajuan iptek ini juga membawa pengaruh yang negatif. Berikut ini akan disampaikan pengaruh positif dan negatif dari kemajuan iptek dibeberapa bidang bagi bangsa dan negara Indonesia. 
 
Bidang Ekonomi 

1. Pengaruh Positif  
a. Pertumbuhanekonomi yang semakin tinggi di semua daerah atau wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
b. Terjadinya industrialisasi di beberapa wilayah yang memiliki sumber daya alam sehingga menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. 
c. Produktifitas dunia industri semakin meningkat. 
d. Persaingan dalam dunia kerja sehingga para pekerja menuntut untuk sellau menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki 
e. Peningkatan kreatifitas masyarakat setempat dalam memproduksi hasil unggulan daerah 
2. Pengaruh Negatif 
a. Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan. 
b. Meningkatnya sifat konsumtif. 
c. Kemajuan TIK juga akan semakin memperparah kesenjangan sosial yang terjadi dimasyarakat antara orang kaya dengan orang miskin. 
 
Bidang Sosial Budaya 

1. Pengaruh Positif  
a. Peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan penggunaan iptek dalam memproduksi potensi daerah setempat. 
b. Dengan adanya iptek kebutuhan hidup dapat tercapai dengan mudah misalnya dengan jual beli online. 
c. Segala informasi di dunia adalah berkat perkembangan iptek. 
d. Hubungan sosial antar masyarakt yang berbeda suku bangsa, agama, budaya dan daerah dapat berlangsung dimana saj dan kapan saja dengan memanfaatkan sosial media seperti email, whatsapp, facebook, twitter, instagram, line dan lain-lain. 
2. Pengaruh Negatif 
a. Adanya perubahan tata nilai kehidupan dalam masyarakat antara lain cara orang bekerja, gaya hidup dan tata nilai masyarakat. 
b. Meningkatkan kenakalan dan kriminalitas. 
c. Adanya kesenjangan sosial. 
d. Memudarkan nilai-nilai asli bangsa 
e. Masyarakat cenderung bersifat individualis. 
 
Bidang Pendidikan 

1. Pengaruh Positif  
a. Pembelajaran Jarak Jauh dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa internet. 
b. Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu pusat pendidikan. 
c. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. 
d. Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di seluruh Dunia. 
e. Teknologi menawarkan media audio visual yang interaktif pada proses pembelajaran. 

2. Pengaruh Negatif  
a. Penyalahgunaan teknologi yang lainnya adalah pengetahuan yang melakukan tindak kriminal atau tidak dibenarkan 
b. Menurunnya motivasi dan prestasi belajar serta berkurangnya jumlah jam belajar karena dipakai untuk bermain game. 
c. Kemerosotan moral dimasyarakat khususnya dikalangan remaja dan pelajar. 
 
Demikianlah pengaruh positif dan negatif kemajuan iptek di bidang ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan bagi bangsa dan negara Indonesia. Masih banyak bidang lainnya yang dapat kita analisis pengaruh postif dan pengaruh negatifnya.  

C. Rangkuman 

Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa: 
  1. ilmu pengetahuan dan teknologi adalah suatu sumber informasi yang dapat meningkatkan pengetahuan ataupun wawasan seseorang di bidang teknologi. 
  2. Pembangunan iptek ditujukan untuk membantu pemecahan persoalan kekinian dan mengantisipasi masalah masa depan.  
  3. Ilmu dan teknologi tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu selalu dipandang sebagai produk, proses dan paradigma  yang secara sadar diperoleh melalui kegiatan ilmiah. Sedangkan pengetahuan didapat melalui proses pemahaman di luar metode ilmiah. 
  4. Pengaruh kemajuan iptek cukup besar dalam membantu kehidupan masyarakat di dunia dan khususnya bagi Indonesia. Selain itu kemajuan iptek ini juga membawa pengaruh positif dan negatif bagi bangsa dan negara Indonesia. 

D. Penugasan Mandiri  

Siapa yang tidak tahu sosok disamping ini. Ya benar beliau adalah Prof. DR. (HC). Ing Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie atau dikenal sebagai BJ. Habibie. Presiden ke-3 Indonesia ini menunjukkan kecerdasannya dan semangat yang tinggi terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya fisika. Saat menjadi insinyur pesawat di Jerman. Habibie mempelajari fenomena fatigue (kelelahan) pada konstruksi pesawat. Ia mencetuskan rumus untuk menghitung keretakan atau crack progression on random. Rumus temuannya dinamakan “Faktor Habibie”.  Rumus ini dapat menghitung crack progression sampai skala atom material kontruksi pesawat terbang. Habibie pun dijuluki “Mr. Crack”. Beliau satu dari banyak sosok di Indonesia yang mengharumkan nama bangsa lewat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tugas mandiri kamu sekarang carilah sosok lain seperti beliau (orang Indonesia) yang dapat kalian contoh dalam mengembangkan kemajuan iptek yang membawa harum Bangsa Indonesia di Dunia. Ceritakan dan tentukan sikap apa saja yang dapat kalian contoh dari mereka dalam memanfaatkan iptek bagi bangsa dan negaranya. 

Baca juga - Soal Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap NKRI
 
Gambar : 3.3.3 B.J. Habibie 
Sumber : sportfeat.bolasport.com 
 

E. Latihan Soal   

Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda silang (x) pada huruf A, B, C, D atau E! 
 
1. Usaha-usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia disebut .... 
A. Iptek 
B. belajar 
C. teknologi 
D. ilmu pengetahuan 
E. penelitian sederhana 
 
2. Berikut ini yang merupakan peristiwa awal perkembangan iptek di dunia adalah .... 
A. munculnya mesin cetak Gutenberg 
B. teknologi pertanian yang semakin modern di Mesopotamia 
C. terciptanya mesin uap 
D. lahirnya transistor 
E. munculnya internet 
 
3. Pemerintah mendirikan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada tanggal .... 
A. 23 Agustus 1967 
B. 19 September 1968 
C. 1 Oktober 1970 
D. 10 November 1970 
E. 18 Desember 1975 
 
4. Berikut ini yang merupakan pengaruh positif kemajuan iptek dibidang ekonomi adalah ... 
A. peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan penggunaan iptek dalam memproduksi potensi daerah setempat. 
B. dengan adanya iptek kebutuhan hidup dapat tercapai dengan mudah misalnya dengan jual beli online. 
C. segala informasi di dunia adalah berkat perkembangan iptek. 
D. hubungan sosial antar masyarakt yang berbeda suku bangsa, agama, budaya dan daerah dapat berlangsung dimana saj dan kapan saja dengan memanfaatkan sosial media seperti email, whatsapp, facebook, twitter, instagram, line dan lainlain. 
E. peningkatan kreatifitas masyarakat setempat dalam memproduksi hasil unggulan daerah 



 
5. Berikut ini yang merupakan pengaruh negatif kemajuan iptek dibidang pendidikan adalah .... 
A. Penyalahgunaan teknologi yang lainnya adalah pengetahuan yang melakukan tindak kriminal atau tidak dibenarkan 
B. Adanya perubahan tata nilai kehidupan dalam masyarakat antara lain cara orang bekerja, gaya hidup dan tata nilai masyarakat. 
C. Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan. 
D. Meningkatnya sifat konsumtif. 
E. Kemajuan TIK juga akan semakin memperparah kesenjangan sosial yang terjadi dimasyarakat antara orang kaya dengan orang miskin. 
 
Kunci Jawaban dan Pembahasan 
1. D
2. B
3. A
4. E
5. A 
 
Pembahasan soal : 
1. Ilmu pengetahuan adalah usaha-usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. 

2. Sebelum abad ke-20 belasan ribu tahun yang lalu warga Mesopotomia mulai mengembangkan sistem pertanian. Hal tersebut menandai berakhirnya era masyarakat yang berburu dan meramu. Berkat pengembangan sistem pertanian tersebut pangan dapat disimpan dalam waktu yang lebih lama dan jumlahnya lebih banyak.  
3. Pada tanggal 23 Agustus 1967, pemerintah mendirikan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Pemerintah kemudian mendirikan lembaga-lembaga lainnya yang bertujuan untuk mengembangkan iptek lebih lebih spesifik. Dari lembaga itullah iptek di Indonesia lebih maju lagi.  

4. Pengaruh Positif di bidang ekonomi 
1) Pertumbuhanekonomi yang semakin tinggi di semua daerah atau wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
2) Terjadinya industrialisasi di beberapa wilayah yang memiliki sumber daya alam sehingga menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. 
3) Produktifitas dunia industri semakin meningkat. 
4) Persaingan dalam dunia kerja sehingga para pekerja menuntut untuk sellau menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki 
5) Peningkatan kreatifitas masyarakat setempat dalam memproduksi hasil unggulan daerah 
5. Pengaruh Negatif  
1) Penyalahgunaan teknologi yang lainnya adalah pengetahuan yang melakukan tindak kriminal atau tidak dibenarkan 
2) Menurunnya motivasi dan prestasi belajar serta berkurangnya jumlah jam belajar karena dipakai untuk bermain game. 
3) Kemerosotan moral dimasyarakat khususnya dikalangan remaja dan pelajar. 
 

F. Penilaian Diri 

Setelah kamu mempelajari materi pada kegiatan pembelajaran 1 ini, isilah penilaian diri ini dengan jujur dan bertanggung jawab yang berisi tentang pemahaman materi dengan memberikan tanda centang  (√)  pada tabel berikut.     
 

Jika kamu menjawab “Ya”, maka kamu dapat belajar lebih dengan mempertahankannya dan dapat melanjutkan pembelajaran berikutnya dan sebaliknya bila kamu menjawab"Tidak", maka segera lakukan  pembelajaran ulang (review). 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Mapel PKn kelas 12 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap NKRI File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • berita pengaruh kemajuan iptek terhadap nkri
      • pengaruh kemajuan iptek terhadap nkri brainly
      • makalah pengaruh kemajuan iptek terhadap nkri
      • soal pengaruh kemajuan iptek terhadap nkri
      • pengaruh kemajuan iptek terhadap nkri dalam aspek politik
      • soal essay tentang pengaruh kemajuan iptek terhadap nkri
      • pengaruh kemajuan iptek terhadap nkri dalam aspek politik kecuali
      • pengaruh kemajuan iptek terhadap nkri quizizz
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022

      Post a Comment

      Post a Comment