Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba, Pencegahan, Dan Perundangan Mapel PJOK kelas 10 SMA/MA

Materi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba, Pencegahan, Dan Perundangan Mapel PJOK kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik yang baik, apa kabar? semoga adik adik dalam keadaan baik baik saja ya, kebetulan pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah disusun, materi ini kakak ambil dari mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang dibahas tentang Pengertian Narkoba, Jenis-Jenis Narkoba, Dan Tanda-Tanda Pengguna Narkoba. Dilengkapi dengan latihan soal serta pembahasan soal demi soal. Selamat belajar!!

Materi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba, Pencegahan, Dan Perundangan Mapel PJOK kelas 10 SMA/MA
Materi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba, Pencegahan, Dan Perundangan Mapel PJOK kelas 10 SMA/MA

Saat ini masalah narkoba atau napza sudah menjadi masalah yang menggejala di lingkungan kita, terutama remaja. Namun data akhir-akhir ini, bahaya narkoba ternyata tidak hanya mengancam anak-anak pada usia remaja, narkoba bahkan sudah dikonsumsi oleh anak-anak di bawah usia remaja. Berdasarkan data BNN (Badan Narkotika Nasional), jumlah pengguna narkoba di Indonesia tiap tahun terus meningkat. 

Hingga kini penyebaran narkoba sudah hampir tak bisa dicegah. Mengingat hampir seluruh penduduk dunia dapat dengan mudah mendapat narkoba dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Misalnya saja dari bandar narkoba yang senang mencari mangsa didaerah sekolah, diskotik, dan tempat-tempat perkumpulan. Tentu saja hal ini bisa membuat para orang tua, guru, serta pemerintah khawatir akan penyebaran narkoba yang begitu meraja rela yang tidak melihat daerah jangkauan baik dipekotaan bahkan hingga ke pelosok perdesaan. 
 
Dengan mempelajari modul ini diharapkan kalian sebagai remaja dapat mendapatkan manfaat positif dari modul ini. Dari modul ini kalian akan mendapatkan pengetahuan tentang definisi dari narkoba, jenis-jenis narkoba, tanda – tanda pengguna narkoba , pencegahan penyalahgunan narkoba, dan peraturan perundangan serta konsekuensi hukum bagi pengguna dan pengedar narkoba. Sehingga dapat kalian terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar kalian terhindar dari penyalahgunaan narkoba. 

Istilah

  • Narkoba : zat yang jika dimasukan dalam tubuh manusia, baik secara oral/diminum, dihirup, maupun disuntikan, dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan, dan perilaku seseorang. 
  • Narkotika zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman. 
  • Zat adiktif bahan lain dan obat bukan narkotika atau psikotropika yang penggunaannya dapat menimbulkan ketergantungan, yakni keinginan menggunakan kembali secara terus menerus. 
  • Psikotropika zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika. 
  • Depresan menekan sistem sistem syaraf pusat dan mengurangi aktifitas fungsional tubuh sehingga pemakai merasa tenang, bahkan bisa membuat pemakai tidur dan tak sadarkan diri. 
  • Stimulan merangsang fungsi tubuh dan meningkatkan kegairahan serta kesadaran. 
  • Halusinogen mengubah daya persepsi atau mengakibatkan halusinasi. 
  • Egosentrik mementingkan keperluan sendiri sahaja (tanpa mengendahkan keperluan orang lain). 
  • Over Dosis yaitu konsumsi narkoba melebihi kemampuan tubuh untuk menerimanya. 

A. Tujuan Pembelajaran 

Halo para pencari ilmu, dalam kegiatan pembelajaran dua ini kalian akan melakukan aktivitas pembelajaran lanjutan dari kegiatan pembelajaran satu. Dimana pada kegiatan pembelajaran dua ini kalian akan diberikan penguatan dalam kemampuan berpikir kritis, rasa ingin tahu,  dan kebijakan berpikir kalian akan terlatih. Setelah kegiatan pembelajaran dua ini diharapkan: 
  1. Kalian mampu menganalisis bahaya penyalahgunaan narkoba dengan baik dan benar. 
  2. Kalian mampu menganalisis dan mempresentasikan pencegahan penyalahgunaan narkoba dengan baik dan benar. 
  3. Kalian mampu menganalisis dan mempresentasikan perundangan dan konsekuensi penyalahgunaan narkoba dengan baik dan benar. 

B. Uraian Materi 

1. Bahaya Penyalahgunaan Narkoba  
 
Kebanyakan zat dalam narkoba sebenarnya digunakan untuk pengobatan dan penelitian. Tetapi karena berbagai alasan - mulai dari keinginan untuk coba-coba, ikut trend/gaya, lambang status sosial, ingin melupakan persoalan, dll. , maka narkoba kemudian disalahgunakan. Penggunaan terus menerus dan berlanjut akan menyebabkan ketergantungan atau dependensi, disebut juga kecanduan. Ada beberapa alasan, seseorang menggunakan narkoba, seperti misalnya : 
  • Menggunakan narkoba di kalangan lingkungan pergaulan sudah dianggap hal yang wajar bahkan sebagai suatu gaya hidup masa kini 
  • Pada awalnya dibujuk orang agar merasakan manfaatnya 
  • Ada keinginan lari dari masalah yang ada, untuk merasakan kenikmatan sesaat 
  • Sudah terjadi ketergantungan dan tidak ada keinginan untuk berhenti, dan lain-lain 
Penyalahgunaan ini tentu saja berdampak pada kehidupan seseorang, baik secara fisik, psikis dan sosial. Seberapa besar dampak yang terjadi sangat tergantung pada: 
a. Dampak Fisik Secara fisik, penyalahgunaan narkoba menyebabkan :  
  1. Gangguan pada system syaraf (neurologis) seperti: kejang-kejang, halusinasi, gangguan kesadaran, kerusakan syaraf tepi  
  2. Gangguan pada jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) seperti: infeksi akut otot jantung, gangguan peredaran darah  
  3. Gangguan pada kulit (dermatologis) seperti: penanahan (abses), alergi, eksim  
  4. Gangguan pada paru-paru (pulmoner) seperti: penekanan fungsi pernapasan, kesukaran bernafas, pengerasan jaringan paru-paru 
  5. Sering sakit kepala, mual-mual dan muntah, murus-murus, suhu tubuh meningkat, pengecilan hati dan sulit tidur  
  6. Dampak terhadap kesehatan reproduksi adalah gangguan padaendokrin, seperti: penurunan fungsi hormon reproduksi (estrogen, progesteron, testosteron), serta gangguan fungsi seksual  
  7. Dampak terhadap kesehatan reproduksi pada remaja perempuan antara lain perubahan periode menstruasi, ketidakteraturan menstruasi, dan amenorhoe (tidak haid)  
  8. Bagi pengguna narkoba melalui jarum suntik, khususnya pemakaian jarum suntik secara bergantian, risikonya adalah tertular penyakit seperti hepatitis B, C, dan HIV yang hingga saat ini belum ada obatnya  
  9. Penyalahgunaan narkoba bisa berakibat fatal ketika terjadi Over Dosis yaitu konsumsi narkoba melebihi kemampuan tubuh untuk menerimanya. Over dosis bisa menyebabkan kematian 
b. Dampak Psikis 
Selain fisik, ada juga dampak psikis yang mungkin terjadi, seperti :  
  1. Lamban kerja, ceroboh kerja, sering tegang dan gelisah  
  2. Hilang kepercayaan diri, apatis, pengkhayal, penuh curiga  
  3. Agitatif, menjadi ganas dan tingkah laku yang brutal  
  4. Sulit berkonsentrasi, perasaan kesal dan tertekan  
  5. Cenderung menyakiti diri, perasaan tidak aman, bahkan bunuh diri 
c. Dampak Sosial yang mungkin terjadi antara lain :  
  1. Gangguan mental, anti-sosial dan asusila, dikucilkan oleh lingkungan  
  2. Merepotkan dan menjadi beban keluarga  
  3. Pendidikan menjadi terganggu, masa depan suram 
2. Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba  
 
Setelah kalian mengetahui bahaya dari penyalahgunaan narkoba serta dampak dari penyalahgunaan narkoba, maka kali ini kalian akan mempelajari pencegahan penyalahgunaan narkoba. pada dasarnya pencegahan yang menjadi garda terdepan adalah penididikan. Dimanapun kita berada, pendidikan paling pertama adalah pendidikan keluarga, didalam keluarga setiap orang akan mendapatkan pondasi bagaimana menjalani kehidupan dengan berpedoman pada keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME. 
 
Pendidikan keluarga yang menjadi pondasi melalui keimanan kepada Tuhan YME akan didukung oleh pendidikan sekolah. Pendidikan sekolah akan saling melengkapi dengan pendidikan keluarga karena disekolah seseorang akan belajar mengenai agama, karakter, etika, moralitas, dan hukum sebagai bekal kehidupan bermasyarakat. Pendidikan keluaraga yang baik serta pendidikan sekolah yang sesuai akan menjadi pedoman seseorang dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, termasuk dalam memilah pergaulan agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba. 
 
a. Kiat-kiat Menghindari Penyalahgunaan Narkoba 
  1. Pererat diri dengan keimanan dan ketaqwaan serta berbudi pekerti luhur, Aktif mengikuti kegiatan keagamaan baik di sekolah, di rumah maupun di lingkungan masyarakat diharapkan dapat membentuk pribadi yang beriman dan bertaqwa. Pribadi yang beriman dan bertaqwa merupakan pribadi yang tangguh dan paling aman dari bahaya narkoba. 
  2. Membiasakan diri berpola hidup sehat, Membiasakan diri berpola hidup sehat dapat mendorong untuk mencegah penyalahgunaan narkoba. Kegiatan/hidup sehari-hari yang teratur dari mulai bangun pagi, mandi, ibadah/shalat, makan dengan menu sehat, pergi ke sekolah, olahraga/bermain, belajar di rumah, tidur dengan teratur dan sebagainya akan dapat menangkal gangguan penyalahgunaan narkoba. Jiwa yang sehat tercermin pada kepribadian yang sehat. 
  3. Menolak bujukan, Tolaklah bujukan teman atau siapa pun juga yang menawarkan narkoba walaupun sekedar coba-coba. Ingat akibat penyalahgunaan narkoba bagi kesehatan jasmani dan rohani kita, masa depan sekolah kita, ekonomi keluarga, dan masa depan bangsa kita. 
  4. Belajar dengan sungguh-sungguh, Berprestasi akan mempermudah langkah kita menuju cita-cita masa depan yang gemilang. Jangan biarkan cita-cita yang kita harapkan lepas gara-gara narkoba. Berusaha menjadi yang terbaik atau menjadi pilihan dan berprestasi di berbagai kegiatan sekolah adalah sesuatu yang mungkin dan bisa terjadi kalau betul-betul kita lakukan dengan sepenuh hati. Untuk itu ketekunan, kesabaran, penuh disiplin dan bekerja keras dalam belajar serta mencontoh teladan yang baik dari pengalaman teman, guru, orang tua, para tokoh masyarakat dan tokohtokoh terkenal lainnya akan membantu kita menjadi orang berprestasi. Kesungguhan mengejar cita-cita dan harapan masa depan akan menutup jalan berkeinginan untuk berbuat yang tidak bermanfaat ,seperti terpengaruh ajakan penyalahgunaan narkoba dan lain-lain. 
  5. Turut aktif mengisi waktu luang dengan kegiatan yang lebih bermanfaat  Turut aktif mengisi waktu luang dengan kegiatan yang lebih bermanfaat melalui kelompok pengembangan minat bakat, kegiatan ekstrakurikuler. Hal ini dapat membantu menekan keinginan pada halhal yang tidak berguna seperti: tawuran, penyalahgunaan narkoba dan sebagainya. Pengembangan minat dan bakat yang dimiliki dalam Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 201 bidang kegiatan tertentu seperti kepemimpinan, keterampilan, teknologi/ilmu pengetahuan, olahraga, kesenian dan bakat minat lainnya, merupakan kegiatan yang bermanfaat, efektif, dan efiesien membantu tercapainya hasil pembelajaran di sekolah. 
  6. Hindari tindakan yang tidak bermanfaat, Mempertimbangkan terlebih dahulu untung dan ruginya bagi diri dan lingkungan sebelum bertindak merupakan wujud kesadaran Anda dalam mempejuangkan keberhasilan belajar. Hindari tindakan yang tidak bermanfaat seperti tawuran antarpeserta didik, coratcoret di sembarang tempat, mencegat kendaraan umum dengan kekerasan dan sebagainya. 
3. Perundangan dan Konsekuensi Penyalahgunaan Narkoba 
 
Setiap perbuatan pasti ada pertanggungjawaban, termasuk perbuatan melakukan penyalahgunaan narkoba. Dibawah ini adalah perundangan , konsekuensi hukum serta sanksi bagi pelanggar penyalahgunaan narkoba : 
a. Sanksi Hukum Keberadaan seseorang yang meyalahgunakan narkoba dapat dikenakan hukum pidana sesuai dengan kiasifikasinya.  
  1. Bagi pengguna.  
  2. Bagi pengedar/produsen pidana sampai seumur hidup dan ditambah denda.  
  3. UNDANG-UNDANG NARKOTIKA (NARKOBA) NOMOR 35 TAHUN 2009 TENTANG NARKOTIKA Pasal 116  
1. Setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum menggunakan Narkotika Golongan I terhadap orang lain atau memberikan Narkotika Golongan I untuk digunakan orang lain, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun dan paling lama 15 (lima belas) tahun dan pidana denda paling sedikit Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah) dan paling banyak Rp10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah) 
 
b. Sanksi Sosial  
Keberadaan penyalahgunaan narkoba seringkali menimbulkan rasa resah pada masyarakat sekitarnya. Oleh karena itu, mereka cenderung agak dikucilkan dalam pergaulan masyarakat. 
 
c. Sanksi Moral Pada prinsipnya, ajaran agama melarang untuk mengkonsumsi zat-zat yang dapat merusak jiwa dan raga. Oleh karena itu, penyalahgunaan narkoba dianggap sebagai pelanggaran ajaran agama. 

C. Rangkuman 

Bahaya penggunaan penyalahgunan narkoba, Penggunaan terus menerus dan berlanjut akan menyebabkan ketergantungan atau dependensi, disebut juga kecanduan. Ada beberapa alasan, seseorang menggunakan narkoba, seperti misalnya: 
  1. Menggunakan narkoba di kalangan lingkungan pergaulan sudah dianggap hal yang wajar bahkan sebagai suatu gaya hidup masa kini 
  2. Pada awalnya dibujuk orang agar merasakan manfaatnya 
  3. Ada keinginan lari dari masalah yang ada, untuk merasakan kenikmatan sesaat 
  4. Sudah terjadi ketergantungan dan tidak ada keinginan untuk berhenti, dan lainlain 
Pendidikan paling pertama adalah pendidikan keluarga, didalam keluarga setiap orang akan mendapatkan pondasi bagaimana menjalani kehidupan dengan berpedoman pada keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME. Pendidikan keluarga yang menjadi pondasi melalui keimanan kepada Tuhan YME  akan didukung oleh pendidikan sekolah. Pendidikan sekolah akan saling melengkapi dengan pendidikan keluarga karena disekolah seseorang akan belajar mengenai agama, karakter, etika, moralitas, dan hukum sebagai bekal kehidupan bermasyarakat. Pendidikan keluaraga yang baik serta pendidikan sekolah yang sesuai akan menjadi pedoman seseorang dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, termasuk dalam memilah pergaulan agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba. 
 
Sanksi bagi pelanggar penyalahgunaan narkoba yaitu sanksi hukum, sanksi sosial, sdan sanksin moral. 

D. Penugasan Mandiri  

Anak-anakku yang hebat untuk mengetahui kemampuan kalian sejauh mana dalam penguasaan materi menganalisis pengertian dari narkoba, menganalisis dan mempresentasikan jenis – jenis narkoba, ayo kerjakan projek membuat poster sederhana  dengan mengangkat tema “Narkoba” sebagai berikut: 
1. Setiap peserta didik membuat poster masing - masing, 
2. Kertas dan alat yang digunakan dibebaskan yang ada di rumah kalian masing – masing, 
3. Tema yang diangkat adalah Narkoba, 
4. Konten utama adalah tentang ajakan pesuasif untuk menghindari dari penyalahgunaan narkoba 
5. Komponen yang dinilai sebagai berikut: 
a. kesesuaian materi  
b. kreativitas 
c. ketepatan waktu mengumpulkan tugas 
 
Alat : kertas, alat tulis 
Tempat : kelas/rumah masing – masing 
 

E. Latihan Soal 

Kerjakan dan jawablah soal-soal di bawah ini dengan cara memberikan tanda silang () pada huruf di depan jawaban yang paling benar dari opsi jawaban yang tersedia! 
 
1. Jika seorang bernama Fulan yang sudah terindikasi melakukan penyalahgunaan narkoba, saat proses masa rehabilitasi Fulan sering sakit kepala, mual-mual dan muntah, murus-murus, suhu tubuh meningkat, pengecilan hati dan sulit tidur. Berdasarkan dampak dari bahaya penyalahhgunaan narkoba, termasuk dari dampak…. 
A. fisik 
B. psikis  
C. sosial 
D. etika 
E. kebugaran 
 
2. Pendidikan menjadi terganggu, masa depan suram. Merupakan bahaya penyalahgunaan narkoba dari dampak.... 
A. fisik 
B. psikis  
C. sosial 
D. etika 
E. kebugaran 
 
3. Dalam kehidupan sehari – hari, kalian akan bersosialisasi dengan banyak orang. Untuk menjaga diri dari penyalahgunaan narkoba, maka kiat – kiat menghindari penyalahgunaan narkoba dibawah ini yang paling tepat adalah.... 
A. bergaul dengan anggota geng motor 
B. selalu nongkrong/berkumpul pulang larut malam  
C. aktif mengisi waktu luang dengan kegiatan yang tidak bermanfaat  
D. turut aktif mengisi waktu luang dengan kegiatan yang lebih bermanfaat  
E. menghindari aktivitas fisik berat 

4. Manakah pernyataan di bawah ini yang paling tepat sesuai dengan kiat-kiat menghindari diri dari penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekolah? 
A. Mencoba-coba hal baru yang negatif. 
B. Rajin bolos sekolah. 
C. Aktif dalam kegiatan OSIS dan esktrakurikuler. 
D. Pulang sekolah selalu larut malam. 
E. Berbakti kepada kedua orangtua. 
 
5. Salah satu usaha untuk menghindari penggunaan narkoba adalah…. 
A. membatasi pergaulan  
B. acuh dengan pendidikan agama  
C. berteman dengan geng motor 
D. sering tidak masuk sekolah 
E. rajin membaca 
 
Cocokkanlah jawaban kalian dengan Kunci Jawaban yang terdapat di bagian akhir modul ini. Hitunglah jawaban yang benar. Kemudian gunakan rumus berikut untuk mengetahui tingkat penguasaan kalian terhadap materi belajar ini. 

Kunci Jawaban 
 
Latihan Soal
1. a 
2. c 
3. d 
4. c 
5. a 
 
Pembahasan Soal 
1. Dampak fisik akibat penyalahgunaan narkoba diantaranya adalah gangguan sistem saraf, gangguan pada jantung dan pembuluh darah, gangguan pada kulit, gangguan pada paru-paru, sakit kepala, mual-mual, muntah, murus, pengecilan hati, sulit tidur, gangguan kesehatan reproduksi, resiko tertular hepatisis, resiko tertular HIV, over dosis. 
2. Dampak penyalahgunaan narkoba diantaranya dampak sosial, yaitu: Gangguan mental, anti-sosial dan asusila, dikucilkan oleh lingkungan, merepotkan dan menjadi beban keluarga, pendidikan menjadi terganggu, masa depan suram. 
3. (4 dan 5) Kiat-kiat menghindari penyalahgunaan narkoba adalah mempererat diri dengan keimanan dan ketaqwaan serta berbudi pekerti luhur, membiasakan diri berpola hidup sehat, menolak bujukan, belajar sungguh-sungguh, mengisi waktu luang dengan megiatan yang bermanfaat. 
 

F. Penilaian Diri 

Berilah tanda ceklis (√) pada kolom ‘Ya’ jika kalian sudah menguasai materi/melakukan hal tersebut dan pada kolom ‘Tidak’ jika kalian belum menguasai materi/melakukan hal tersebut! 
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba, Pencegahan, Dan Perundangan Mapel PJOK kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Bahaya Penyalahgunaan Narkoba File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • dampak penyalahgunaan narkoba
      • bahaya narkoba bagi generasi muda
      • bahaya narkoba pdf
      • artikel bahaya narkoba
      • jenis-jenis narkoba
      • narkoba adalah
      • narkoba di indonesia
      • bahaya narkoba bagi pelajar
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022