Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Pengertian Narkoba, Jenis-Jenis Narkoba, Dan Tanda-Tanda Pengguna Narkoba Mapel PJOK kelas 10 SMA/MA

Materi Pengertian Narkoba, Jenis-Jenis Narkoba, Dan Tanda-Tanda Pengguna Narkoba Mapel PJOK kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik yang baik, apa kabar? semoga adik adik dalam keadaan baik baik saja ya, kebetulan pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah disusun, materi ini kakak ambil dari mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang dibahas tentang Pengertian Narkoba, Jenis-Jenis Narkoba, Dan Tanda-Tanda Pengguna Narkoba. Dilengkapi dengan latihan soal serta pembahasan soal demi soal. Selamat belajar!!

Materi Pengertian Narkoba, Jenis-Jenis Narkoba, Dan Tanda-Tanda Pengguna Narkoba Mapel PJOK kelas 10 SMA/MA
Materi Pengertian Narkoba, Jenis-Jenis Narkoba, Dan Tanda-Tanda Pengguna Narkoba Mapel PJOK kelas 10 SMA/MA

Saat ini masalah narkoba atau napza sudah menjadi masalah yang menggejala di lingkungan kita, terutama remaja. Namun data akhir-akhir ini, bahaya narkoba ternyata tidak hanya mengancam anak-anak pada usia remaja, narkoba bahkan sudah dikonsumsi oleh anak-anak di bawah usia remaja. Berdasarkan data BNN (Badan Narkotika Nasional), jumlah pengguna narkoba di Indonesia tiap tahun terus meningkat. 

Hingga kini penyebaran narkoba sudah hampir tak bisa dicegah. Mengingat hampir seluruh penduduk dunia dapat dengan mudah mendapat narkoba dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Misalnya saja dari bandar narkoba yang senang mencari mangsa didaerah sekolah, diskotik, dan tempat-tempat perkumpulan. Tentu saja hal ini bisa membuat para orang tua, guru, serta pemerintah khawatir akan penyebaran narkoba yang begitu meraja rela yang tidak melihat daerah jangkauan baik dipekotaan bahkan hingga ke pelosok perdesaan. 
 
Dengan mempelajari modul ini diharapkan kalian sebagai remaja dapat mendapatkan manfaat positif dari modul ini. Dari modul ini kalian akan mendapatkan pengetahuan tentang definisi dari narkoba, jenis-jenis narkoba, tanda – tanda pengguna narkoba , pencegahan penyalahgunan narkoba, dan peraturan perundangan serta konsekuensi hukum bagi pengguna dan pengedar narkoba. Sehingga dapat kalian terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar kalian terhindar dari penyalahgunaan narkoba. 

Istilah

  • Narkoba : zat yang jika dimasukan dalam tubuh manusia, baik secara oral/diminum, dihirup, maupun disuntikan, dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan, dan perilaku seseorang. 
  • Narkotika zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman. 
  • Zat adiktif bahan lain dan obat bukan narkotika atau psikotropika yang penggunaannya dapat menimbulkan ketergantungan, yakni keinginan menggunakan kembali secara terus menerus. 
  • Psikotropika zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika. 
  • Depresan menekan sistem sistem syaraf pusat dan mengurangi aktifitas fungsional tubuh sehingga pemakai merasa tenang, bahkan bisa membuat pemakai tidur dan tak sadarkan diri. 
  • Stimulan merangsang fungsi tubuh dan meningkatkan kegairahan serta kesadaran. 
  • Halusinogen mengubah daya persepsi atau mengakibatkan halusinasi. 
  • Egosentrik mementingkan keperluan sendiri sahaja (tanpa mengendahkan keperluan orang lain). 
  • Over Dosis yaitu konsumsi narkoba melebihi kemampuan tubuh untuk menerimanya. 

A. Tujuan Pembelajaran 

Halo para pencari ilmu, dalam kegiatan pembelajaran ini kalian akan melakukan aktivitas pembelajaran yang akan melatih kalian berpikir kritis dan menambah wawasan pengetahuan kalian. Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan: 
  1. Kalian mampu memahami pengertian dari narkoba dengan baik dan benar. 
  2. Kalian mampu  mempresentasikan jenis-jenis narkoba dengan baik dan benar. 
  3. Kalian mampu menganalisis dan mempresentasikan tanda – tanda dari orang pengguna narkoba. 

B. Uraian Materi 

1. Pengertian Narkoba  
 
Salam sehat. 
Para peserta didik sekalian, permasalahan narkoba di Indonesia masih merupakan sesuatu yang bersifat urgent dan kompleks. Dalam kurun waktu satu dekade terakhir permasalahan ini menjadi marak. Terbukti dengan bertambahnya jumlah penyalahguna atau pecandu narkoba secara signifikan, seiring meningkatnya pengungkapan kasus tindak kejahatan narkoba yang semakin beragam polanya dan semakin masif pula jaringan sindikatnya. Narkoba adalah zat yang jika dimasukan dalam tubuh manusia, baik secara oral/diminum, dihirup, maupun disuntikan, dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan, dan perilaku seseorang. Narkoba dapat menimbulkan ketergantungan (adiksi) fisik dan psikologis.  
 
Sedangkan WHO (1982) mendefinisikan narkoba sebagai “Semua zat kecuali makanan, air atau oksigen yang jika dimasukkan ke dalam tubuh dapat mengubah fungsi tubuh secara fisik dan atau psikologis” 
 
Perlu kalian ketahui dampak dari penyalahgunaan narkoba tidak hanya mengancam kelangsungan hidup dan masa depan penyalahgunanya saja, namun juga masa depan bangsa dan negara, tanpa membedakan strata sosial, ekonomi, usia maupun tingkat pendidikan. Sampai saat ini tingkat peredaran narkoba sudah merambah pada berbagai level, tidak hanya pada daerah perkotaan saja melainkan sudah menyentuh komunitas pedesaan. 
 
Selain definisi narkoba, kalian juga harus mengetahui definisi dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif /obat berbahaya. 
 
a. Narkotika  
Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semisintetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan menimbulkan ketergantungan. 
 
b. Psikotropika 
Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan syaraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku.  
 
c. Zat adiktif lainnya/obat berbahaya  
Zat adiktif lainnya/obat berbahaya adalah bahan lain dan obat bukan narkotika atau psikotropika yang penggunaannya dapat menimbulkan ketergantungan, yakni keinginan menggunakan kembali secara terus menerus. Apabila dihentikan akan timbul efek putus zat, di antaranya rasa sakit atau lelah yang luar biasa. 
 
Cara obat masuk ke dalam tubuh 
  1. Ditelan: dimasukkan ke dalam mulut, obat akan meluncur ke pusat usus besar dan diserap ke dalam aliran darah di dalam pencernaan. 
  2. Disedot gasnya - seperti penggunaan lem - gas yang mengandung zat memabukkan itu menembus aliran darah yang ada dalam rongga hidung. 
  3. Dihisap - seperti merokok, zat atau asap akan masuk ke dalam kantungkantung udara di paru-paru dan diserap oleh pembuluhpembuluh rambut (kapiler) ke dalam aliran darah. 
  4. Dioleskan di atas kulit - merasuk melalui pori-pori kulit ke dalam pembuluh darah rambut dan akhirnya ke aliran darah. Disuntikkan, yaitu dimasukkan ke dalam tubuh dengan cara melukai bagian tubuh dengan jarum untuk mencapai aliran darah. 
Semua cara yang disebutkan di atas, jika dilakukan tanpa sepengetahuan dan petunjuk dokter, mengandung risiko bagi kesehatan badan. 
 
 
2. Jenis – Jenis Narkoba  
 
Setelah kalian mengetahui pengertian narkoba dari ulasan diatas, sekarang kalian akan mengulas jenis – jenis narkoba. Mempelajari jenis – jenis narkoba bertujuan agar kalian dapat mengetahui secara benar jenis – jenis dari narkoba, sehingga di kehidupan sehari – hari kalian dapat menganalisis mana barang, makanan atau minuman yang dapat diterima dan dikonsumsi (yang bukan narkoba) dengan barang yang tidak dapat, dilarang, dan harus dijauhi (narkoba). 
 
a. Narkotika Gol. I, (untuk Iptek, reagensia diagnostik/laboratorium), mempunyai potensi sangat tinggi menimbulkan ketergantungan). 
Contoh: 
  1. Opiat: morfin, herion/putauw, petidin, candu. 
  2. Ganja: kanabis, marijhuana, hashis. 
  3. Kokain: serbuk kokain, pasta kokain, daun koka. 
b. Narkotika Gol II, (merupakan bahan baku untuk produksi obat), timbulkan potensi ketergantungan tinggi, dan hanya digunakan sebagai pilihan terakhir dalam pengobatan. 
Contoh: petidin, morphin, fentanil atau metadon. 
 
c. Narkotika Gol III, (hanya digunakan untuk rehabilitasi), mempunyai potensi ringan akibatkan ketergantungan.  
Contoh: kodein, difenoksilat. 
 
Berdasarkan efeknya, narkoba tersebut bisa dibedakan menjadi tiga:  
a. Depresan, yaitu menekan sistem sistem syaraf pusat dan mengurangi aktifitas fungsional tubuh sehingga pemakai merasa tenang, bahkan bisa membuat pemakai tidur dan tak sadarkan diri. Bila kelebihan dosis bisa mengakibatkan kematian. Jenis narkoba depresan antara lain opioda, dan berbagai turunannya seperti morphin dan heroin. Contoh yang populer sekarang adalah Putaw. 
 
 
Gambar 1 : Bentuk dari putaw/heroin

b. Stimulan, merangsang fungsi tubuh dan meningkatkan kegairahan serta kesadaran. Jenis stimulan: Kafein, Kokain, Amphetamin. Contoh yang sekarang sering dipakai adalah Shabu-shabu dan Ekstasi.
 
Gambar 2 : Bentuk dari sabu 
 
 c. Halusinogen, efek utamanya adalah mengubah daya persepsi atau mengakibatkan halusinasi. Yang paling banyak dipakai adalah marijuana atau ganja Halusinogenik seperti marijuana atau ganja, mengakibatkan timbulnya halusinasi sehingga pengguna tampak senang berkhayal. Tetapi sekitar 40-60 persen pengguna justru melaporkan berbagai efek samping yang tidak menyenangkan, misalnya muntah, sakit kepala, koordinasi yang lambat, tremor, otot terasa lemah, bingung, cemas, ingin bunuh diri, dan beberapa akibat lainnya. 

Gambar 3 : Bentuk dari ganja
 
3. Tanda – Tanda Dari Orang Pengguna Narkoba 
 
Peserta didik yang hebat, seperti yang diulas pada uraian materi sebelumnya bahwa tingkat peredaran narkoba sudah merambah pada berbagai level, tidak hanya pada daerah perkotaan saja melainkan sudah menyentuh komunitas pedesaan. Oleh karena itu menjadi penting kalian mengetahui tanda – tanda seseorang yang dalam pengaruh penyalahgunaan narkoba.  
 
Dibawah ini beberapa tanda – tanda umum yang dapat diamati secara garis besar apabila seseorang dalam pengaruh penyalahgunaan narkoba, diantaranya sebagai berikut : 
a. gejala penyalagunaan narkoba  
  1. menjadi malas,  
  2. kurang memperhatikan badan sendiri,  
  3. hidup tidak teratur,  
  4. tidak dapat menjaga kepentingan orang lain,  (5) mudah tersinggung,  
  5. egosentrik. 
Gambar 4 : gejala malas karena penyalahgunaan narkoba 

b. tanda – tanda dini penggunan narkoba  
  1. Hilangnya minat bergaul dan olahraga.  
  2. Mengabaikan perawatan & kerapihan diri.  
  3. Disiplin pribadi mengendur.  
  4. Suka menyendiri dan menghindar dari perhatian orang lain.  
  5. Cepat tersinggung dan cepat marah.  
  6. Berlaku curang, tidak jujur dan menghindar dari tanggung jawab.  
  7. Selalu menghindari cahaya matahari atau sinar yang terang, terkadang disiasati dengan memakai kacamata hitam tidak pada waktunya.  
  8. Menutupi lengan dengan mengenakan kemeja lengan panjang.  
  9. Sering berlama-lama di tempat yg tak biasa, kamar mandi, WC, gudang, kamar dll.  
  10. Suka mencuri barang di rumah.  
  11. Prestasi sekolah/kerja menurun. 
Gambar 5 : Hilangnya minat bergaul dan olahraga 

 c. gejala fisik  
  1. Berat badan turun drastis.  
  2. Mata cekung & merah, muka pucat dan bibir kehitaman.  
  3. Buang air besar dan air kecil kurang lancar.  
  4. Sembelit atau sakit perut tanpa alasan yang jelas.  
  5. Tanda berbintik merah seperti bekas gigitan nyamuk dan ada bekas luka sayatan.  
  6. Terdapat perubahan warna kulit di tempat bekas suntikan.  
  7. Mengeluarkan air mata yang berlebihan. h. Mengeluarkan keringat yang berlebihan.  
  8. Kepala sering nyeri, persendian ngilu.  
  9. Banyaknya lendir dari hidung, diare, bulu kuduk berdiri.  
  10. Sukar tidur, menguap. 
Gambar 6 : Mata cekung & merah 

d. perubahan perilaku 
  1. Susah untuk diajak bicara.  
  2. Suka menyendiri/ menjauhkan diri.  
  3. Sulit untuk terlibat dalam aktivitas.  
  4. Sering tidak menepati waktu.  
  5. Sering mudah tersinggung.  
  6. Suka bicara berlebihan.  
  7. Suka kelihatan minder(malu-malu).  
  8. Selalu tampak tidak tenang/gelisah.  
  9. Selalu curiga tanpa alasan. 
Gambar 7 : suka mudah tersinggung 

Para peserta didik sekalian, empat tanda – tanda orang dalam pengaruh penyalahgunaan narkoba diatas adalah yang terjadi secara umum. Sehingga ketika kalian mendapati orang dengan tanda – tanda diatas setidaknya kalian dapat menjadaga diri kalian agar tidak terjerat atau tertarik kedalam penyalahgunaan narkoba. 

C. Rangkuman 

Narkoba adalah zat yang jika dimasukan dalam tubuh manusia, baik secara oral/diminum, dihirup, maupun disuntikan, dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan, dan perilaku seseorang. Narkoba dapat menimbulkan ketergantungan (adiksi) fisik dan psikologis. Sedangkan WHO (1982) mendefinisikan narkoba sebagai “Semua zat kecuali makanan, air atau oksigen yang jika dimasukkan ke dalam tubuh dapat mengubah fungsi tubuh secara fisik dan atau psikologis”. Sampai saat ini tingkat peredaran narkoba sudah merambah pada berbagai level, tidak hanya pada daerah perkotaan saja melainkan sudah menyentuh komunitas pedesaan. 
 
Cara obat masuk ke dalam tubuh 
  1. Ditelan: dimasukkan ke dalam mulut, obat akan meluncur ke pusat usus besar dan diserap ke dalam aliran darah di dalam pencernaan. 
  2. Disedot gasnya - seperti penggunaan lem - gas yang mengandung zat memabukkan itu menembus aliran darah yang ada dalam rongga hidung. 
  3. Dihisap - seperti merokok, zat atau asap akan masuk ke dalam kantungkantung udara di paru-paru dan diserap oleh pembuluh-pembuluh rambut (kapiler) ke dalam aliran darah. 
  4. Dioleskan di atas kulit - merasuk melalui pori-pori kulit ke dalam pembuluh darah rambut dan akhirnya ke aliran darah. Disuntikkan, yaitu dimasukkan ke dalam tubuh dengan cara melukai bagian tubuh dengan jarum untuk mencapai aliran darah. 
Narkotika dibagi menjadi tiga golongan yaitu narkotika golongan 1, golongan 2, dan golongan 3. Sedangkan jika berdasarkan narkoba dibagi menjadi tiga jenis yaitu: 
  1. Stimulan  
  2. Depresan  
  3. Halusinogen 
Tanda – tanda orang dalam pengaruh penyalahgunan narkoba dapat dilihat dari empat tanda yang dapat diamati secara umum yaitu: 
  1. gejala penyalahgunan narkoba 
  2. tanda – tanda dini penyalahgunaan narkoba 
  3. gejala fisik 
  4. perubahan perilaku. 

D. Penugasan Mandiri  

Anak-anakku yang hebat untuk mengetahui kemampuan kalian sejauh mana dalam penguasaan materi menganalisis pengertian dari narkoba, menganalisis dan mempresentasikan jenis – jenis narkoba, ayo kerjakan projek membuat peta konsep/mind map dengan mengangkat materi pengertian narkoba dan jenis – jenis narkoba dengan langkah – langkah sebagai berikut : 
1. setiap peserta didik membuat peta konsep/mind map masing – masing, 
2. kertas yang digunakan dibebaskan yang ada di rumah kalian masing – masing, 
3. materi yang diangkat adalah pengertian narkoba, jenis – jenis narkoba, dan tanda – tanda penyalahgunaan narkoba 
4. komponen yang dinilai sebagai berikut : 
a. kesesuaian materi  
b. kreativitas 
c. ketepatan waktu mengumpulkan tugas 
 
Alat: kertas, alat tulis 
Tempat: kelas/rumah masing – masing 
 

E. Latihan Soal 1 

Kerjakan dan jawablah soal-soal di bawah ini dengan cara memberikan tanda ceklis () pada huruf di depan jawaban yang paling benar dari opsi jawaban yang tersedia! 
 
1. Semua zat kecuali makanan, air atau oksigen yang jika dimasukkan ke dalam tubuh dapat mengubah fungsi tubuh secara fisik dan atau psikologis. Hal tersebut merupakan pengertian narkoba menurut.... 
A. WFH 
B. PBB 
C. UNESCO 
D. WHO 
E. UNICEF 
 
2. Fulan adalah anak yang remaja yang sedang duduk dikelas XI di sebuah sekolah ternama. Suatu ketika Fulan ditemukan tidak sadarkan diri dengan sebuah barang emua berbentuk serbuk putih seperti terigu. Berdasarkan bentuk barangnya, jenis narkoba apa yang Fulan salah gunakan? 
A. Putaw. 
B. Ganja. 
C. Kokain. 
D. Honk. 
E. Morphin. 
 
3. Dibawah ini yang bukan merupakan jenis –jenis narkoba berdasarkan efekmya menimbulkan efek stimulan adalah.... 
A. kokain 
B. ganja 
C. kafein 
D. amphethamin 
E. ekstasi 
 
4. Zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semisintetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan menimbulkan ketergantungan. Merupakan definisi dari.... 
A. narkotika   
B. psikotropika 
C. narkoba 
D. zat adiktif 
E. zat antibodi 
 
5. zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan syaraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku. Merupakan definisi dari.... 
A. narkotika   
B. psikotropika 
C. narkoba 
D. zat adiktif 
E. zat depresan 
 
Cocokkanlah jawaban kalian dengan Kunci Jawaban yang terdapat di bagian akhir modul ini. Hitunglah jawaban yang benar. Kemudian gunakan rumus berikut untuk mengetahui tingkat penguasaan kalian terhadap materi belajar ini. 

Kunci Jawaban 
1. d 
WHO (World Health Organization ) adalah salah satu badan PBB yang bertindak sebagai koordinator  kesehatan umum  internasional dan bermarkas di Jenewa, Swiss. 
2. a 
Putaw merupakan narkoba jenis depresan, yaitu menekan sistem sistem syaraf pusat dan mengurangi aktifitas fungsional tubuh sehingga pemakai merasa tenang, bahkan bisa membuat pemakai tidur dan tak sadarkan diri. Bila kelebihan dosis bisa mengakibatkan kematian. 
3. b 
Stimulan, merangsang fungsi tubuh dan meningkatkan kegairahan serta kesadaran. Jenis stimulan: Kafein, Kokain, Amphetamin. Contoh yang sekarang sering dipakai adalah shabu-shabu dan Ekstasi. 
4. a 
(dan nomor 5)  
Narkotika termasuk ke dalam golongan narkoba yang sangat berbahaya bagi tubuh.  
Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semisintetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan menimbulkan ketergantungan. 
5. b 
Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan syaraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku. 
 
Zat adiktif lainnya/obat berbahaya adalah bahan lain dan obat bukan narkotika atau psikotropika yang penggunaannya dapat menimbulkan ketergantungan, yakni keinginan menggunakan kembali secara terus menerus. Apabila dihentikan akan timbul efek putus zat, di antaranya rasa sakit atau lelah yang luar biasa. 

F. Penilaian Diri 

Berilah tanda ceklis (√) pada kolom ‘Ya’ jika kalian sudah menguasai materi/melakukan hal tersebut dan pada kolom ‘Tidak’ jika kalian belum menguasai materi/melakukan hal tersebut! 

Gambar 7 : suka mudah tersinggung 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Pengertian Narkoba, Jenis-Jenis Narkoba, Dan Tanda-Tanda Pengguna Narkoba Mapel PJOK kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Materi Pengertian Narkoba File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • narkoba adalah
      • jenis-jenis narkoba
      • pengertian narkoba menurut bnn
      • bahaya narkoba
      • narkoba di indonesia
      • artikel narkoba
      • cara menghindari narkoba
      • penyalahgunaan narkoba
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022