Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Esensi dan Sistematika Resensi Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA

Materi Esensi dan Sistematika Resensi Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA - Halo adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat sehat saja, jangan lupa untuk mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit, Oiya pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang telah kakak siapkan yaitu Materi Esensi dan Sistematika Resensi dar Mapel Bahasa Indonesia untuk kelas 11 SMA/MA. Semoga bermanfaat yah.

Materi Esensi dan Sistematika Resensi Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA
Materi Esensi dan Sistematika Resensi Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan kalian dapat memahami isi dan sistematika resensi serta mengidentifikasi identitas buku yang diresensi.

B. Uraian Materi

Pada pembahasan pertama ini, kalian akan memahami isi dan sistematika resensi. Resensi adalah ulasan atau penilaian atau pembicaraan mengenai suatu karya baik itu buku, film, atau karya lain. Tugas peresensi yaitu memberikan gambaran kepada pembaca mengenai suatu karya apakah layak dibaca atau tidak.

Mari kita perhatikan pendapat para ahli mengenai resensi:
  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia, resensi merupakan pertimbangan atau pembicaraan tentang buku; ulasan buku.
  2. Kosasih (2019: 493) menyatakan bahwa resensi adalah tulisan yang berisi tinjauan ulasan kualitas suatu buku, film, pementasan drama, album lagu, lukisan, ataupun karya lainnya.
  3. Setiyaningsih (2017: 65) menyatakan bahwa resensi adalah penilaian terhadap karya orang lain dengan memberikan pertimbangan baik dan buruk karya tersebut secara objektif. Dengan kata lain resensi merupakan cara menghargai tulisan atau karya orang lain dengan memberikan komentar secara objektif.
Hal-hal yang dapat ditanggapi dalam resensi ialah kualitas isi, penampilan, unsur- unsur, bahasa, dan manfaat bagi pembaca. Unsur- unsur atau sistematika yang terdapat dalam resensi di antaranya sebagai berikut.
  1. Judul resensi
  2. Identitas buku yang diresensi
  3. Pendahuluan (memperkenalkan pengarang, tujuan pengarang buku, dan lain- lain)
  4. Inti/isi resensi
  5. Keunggulan buku
  6. Kekurangan buku
  7. Penutup
1. Judul resensi
Judul resensi harus sesuai dengan keseluruhan isi resensi.
2. Identitas buku
Identitas buku mencakup judul buku, jenis buku, pengarang, penerbit, tahun terbit, cetakan ke-, dan jumlah halaman. Peresensi harus menunjukan jenis buku yang diresensi, termasuk fiksi dan nonfiksi.
3. Pendahuluan atau pembuka resensi
Bagian pendahuluan berisi landasan berpikir peresensi. Biasanya mengemukakan tema dan deskripsi buku secara singkat.
4. Isi resensi
Isi resensi meliputi sinopsis atau isi buku secara ringkas, ulasan singkat buku dengan kutipan secukupnya, keunggulan buku, kelemahan buku, tinjauan bahasa, dan kesalahan cetak.
  • Sinopsis isi buku, Dalam bagian ini peresensi mengemukakan pokok-pokok isi buku. Jika yang diresensi buku-buku fiksi, peresensi harus mengemukakan unsur-unsur yang berhubungan dengan masalah, watak, dan latar cerita. Sehingga orang lain penasaran ingin membacanya.
  • Kelemahan dan Keunggulan buku, Penulisan resensi harus mengemukakan segi-segi menarik dari buku tersebut. Penulis buku juga harus mengemukakan kekurangan dari buku tersebut.
5. Penutup
Unsur penutup resensi berisi buku itu penting untuk siapa dan mengapa. Peresensi juga mengemukakan simpulan dalam bagian penutup. Penulisan resensi harus mengemukakan nilai yang diperolehnya terhadap buku yang diresensi dan imbauan-imbauan untuk pembaca.

Perhatikanlah contoh teks resensi berikut berdasarkan penyajian isinya.

C. Rangkuman

  1. Resensi adalah tulisan yang berisi tinjauan ulasan kualitas suatu buku, film, pementasan drama, album lagu, lukisan, ataupun karya lainnya, atau penilaian baik buruknya suatu karya.
  2. Orang yang meresensi disebut peresensi.
  3. Unsur- unsur atau sistematika yang terdapat dalam resensi di antaranya judul resensi, identitas buku yang diresensi, pendahuluan (memperkenalkan pengarang, tujuan pengarang buku, dan lain-lain), inti/isi resensi, keunggulan buku, kekurangan buku, dan penutup.

D. Latihan Soal

Bacalah teks resensi di bawah ini dengan saksama!


Setelah kalian membaca teks resensi di atas, lakukanlah analisis isi resensi berdasarkan format tabel berikut.

Kunci Jawaban dan Pembahasan Latihan Soal Kegiatan 1


E. Penilaian Diri

Setelah kalian belajar bertahap dan berlanjut melalui kegiatan belajar 1, berikut diberikan tabel untuk mengukur diri kalian terhadap materi yang sudah kalian pelajari. Jawablah sejujurnya terkait dengan penguasaan materi modul ini, dan isilah tabel refleksi diri terhadap pemahaman materi di tabel berikut dan (Centanglah).

Tabel Refleksi Diri Pemahaman Materi
Jika menjawab “TIDAK” pada salah satu pertanyaan di atas, Pelajarilah kembali materi tersebut dan pelajari ulang kegiatan belajar 1 yang sekiranya perlu kalian ulang. Jangan putus asa untuk mengulang lagi!. Apabila kalian menjawab “YA” pada semua pertanyaan, maka lanjutkan ke Kegiatan Pembelajaran 2.
Tetap semangat dan bahagia ya!


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Esensi dan Sistematika Resensi Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 


#
Esensi dan Sistematika Resensi File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • manfaat resensi
      • struktur resensi
      • tujuan resensi
      • resensi buku
      • resensi film
      • resensi film adalah
      • contoh kalimat resensi
      • contoh teks resensi
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022