Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Menulis Pesan Pribadi dari Butir-Butir Penting Nonfiksi Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA

Materi Menulis Pesan Pribadi dari Butir-Butir Penting Nonfiksi Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA - Hai adik adik yang baik apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja, jangan lupa untuk selalu menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan untuk terhindar dari virus corona. Oiya pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah kakak siapkan, materi ini kakak ambil dari mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI SMA/MA tentang Menulis Pesan Pribadi dari Butir-Butir Penting Nonfiksi. Semoga bermanfaat yah.

Materi Menulis Pesan Pribadi dari Butir-Butir Penting Nonfiksi Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA
Materi Menulis Pesan Pribadi dari Butir-Butir Penting Nonfiksi Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ke-2, Kalian diharapkan dapat menuliskan kesan  pribadi Kalian terhadap butur-butir penting yang Kalian peroleh dalam bentuk teks eksplanasi singkat. Diharapkan Kalian mempelajari kegiatan ini dengan jujur, penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab dan responsif.

B. Uraian Materi

Pada semester satu Kalian telah mempelajari teks eksplanasi. Tentunya Kalian masih ingat dan telah menguasai materi itu. Pada bagian ini Kalian akan mempraktikkan kompetensi keterampilan Kalian dalam menulis teks eksplanasi.

1. Pengertian Teks Eksplanasi
Teks Eksplanasi adalah teks yang isinya menjelaskan terjadinya suatu proses peristiwa atau fenomena, didalamnya juga terdapat pernyataan yang menjadi sebab-akibat yang menjelaskan timbulnya fenomena tersebut bisa terjadi. Atau bisa didefinisikan juga sebagai teks yang isinya berupa penjelasan secara rinci mengenai berbagai macam objek atau fenomena yang terjadi di sekitar kita. Pada teks eksplanasi biasanya berkaitan dengan fenomena yang terjadi di lingkungan sosial dan alam.

Tujuan utamanya yaitu untuk memberikan informasi yang detail kepada orang lain, tentunya informasi tersebut harus mudah di pahami. Lalu isinya harus berupa fakta yang memang benar adanya jadi bukan opini penulis, lebih baik lagi jika fakta tersebut dijelaskan secara ilmiah, jadi teks Eksplanasi berupa karya ilmiah sehingga isinya bisa dipercaya. Maka dengan teks ekplasi maka penulis dapat memaparkan atau menjelaskan secara lebih panjang kepada para pembaca mengenai suatu objek maupun fenomena yang terjadi.

2. Ciri-ciri Teks Eksplanasi
a. Isinya faktual/benar adanya
Isi teksnya bersifat benar adanya sesuai dengan kenyataan atau apa adanya, jadi tidak berdasarkan opini penulis.
b. Bersifat ilmiah
Menjelaskan objek atau peristiwa yang dapat dipelajari menggunakan ilmu pengetahuan atau isinya termasuk karya ilmiah.
c. Bersifat informatif
Isinya berupa informasi mengenai objek atau fenomena yang diberikan kepada orang lain atau pembaca.
d. Temanya Memuat hal umum
Sebagian besar pembahasannya memuat fenomena umum, ssosial dan objek lain, lalu dijelaskan secara detail dengan bahasa yang mudah dimengerti.
e. Terdapat Sequence Makers 
atau penyampaian urutan, misalnya kesatu, kedua, ketiga, dan sebagainya.

3. Struktur Teks Eksplannasi
  • Pernyataan Umum yaitu berisi pernyataan umum mengenai suatu topik yang akan dijelaskan proses proses terjadinya atau suatu proses keberadaan.
  • Sebab Akibat yaitu berisi mengenai detail penjelasan suatu proses terjadinya yang disajikan secara urut atau bertahap dari yang paling awal hingga yang paling akhir.
  • Interpretasi yaitu berisi tentang kesimpulan mengenai suatu topik yang telah dijelaskan.

4. Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi
  • Pembahasan topik jauh lebih fokus pada hal-hal yang bersifat umum (generik), bukan partisipan manusia. Contohnya saja gempa bumi, gunung meletus, tsunami, badai, dan lain-lain.
  • Menggunakan istilah-istilah yang ilmiah
  • Menggunakan kalimat pasif
  • Sering memakai kata verba material dan verba relasional (kata kerja aktif)
  • Menggunakan konjungsi kausal dan waktu. Contoh sebelum, pertama, jika, kemudian, sehingga.
Sumber: http://www.pengertianku.net/2020/07/pengertian-teks-eksplanasi-serta-ciri-struktur-manfaat- dan-contoh-singkatnya.html


5. Contoh Teks Eksplanasi

Putus Sekolah

Kasus putus sekolah merupakan salah satu fenomena sosial yang berkaitan dengan aspek kependidikan yang menjadi masalah di masyarakat atau kalangan pelajar. Seperti sebuah penyakit yang menyerang kronik segi kehidupan masyarakat. Sudah banyak tindakan yang dilakukan dalam penanganan masalah ini, tetapi belum juga tuntas. Di Indonesia sendiri kasus putus sekolah mencapai angka yang cukup tinggi. Khususnya di daerah daerah yang terpencil.

Ada beberapa faktor yang sangat mendasar yang menjadi penyebab terjadinya putus sekolah. Putus sekolah biasanya terjadi karena faktor ekonomi orang tua. Kurangnya ekonomi orang tua yang dikarenakan tidak adanya penghasilan tetap atau tidak adanya pekerjaan menyebabkan anak menjadi tidak punya biaya untuk sekolah dan mereka terpaksa ikut bekerja membantu orang tua mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan.

Faktor lain yang menyebabkan putus sekolah antara lain, faktor internal, dari dalam diri anak sendiri tidak punya semangat untuk mengenyam pendidikan, malas ke sekolah karena minder sehingga tidak dapat bersosialisasi dengan lingkungannya, sering di bully karena tidak mampu membayar biaya sekolah sehingga membuat psikologis anak menjadi terganggu. Faktor eksternal, yaitu keluarga dan lingkungan. Keluarga merupakan aspek terpenting dalam mendukung tumbuhnya psikologis anak. Kurangnya perhatian orang tua membuat anak menjadi urakan dan nakal. Selain itu lingkungan dan pergaulan yang terlalu ‘bebas’ membuat anak menjadi ikut ikutan tidak aturan. Kenakalan remaja paling utama memang disebabkan oleh orang tua atau keluarga.
 
Akibat terjadinya putus sekolah, menimbulkan berbagai persoalan sosial bagi yang mengalaminya. Anak putus sekolah sering melakukan tindak kriminal yang tidak jarang membuat masyarakat resah. Mencuri, merampok, dan mencopet menjadi kebiasaan sehari hari. Selain itu, bertambahnya pengangguran akibat putus sekolah menyebabkan kekacauan sosial karena pengemis dan gelandangan meningkat pesat.

Dari uraian di atas, maka sudah jelas bahwa kasus putus sekolah dapat dikatakan masalah serius yang harus segera ditangani. Sebab masa depan bangsa dan negara berada di tangan pemuda, para pelajar. Pemerintah di harap lebih tegas lagi dalam menyikapi masalah ini. Begitu pun dengan orang tua serta para tenaga pendidikan, harus bisa memberikan motivasi belajar dan pengawasan pada anak anak.
Sumber: cindyayuprasasti.blogspot.com


C. Rangkuman

1. Pengertian teks eksplanasi
Teks Eksplanasi adalah teks yang isinya menjelaskan terjadinya suatu proses peristiwa atau fenomena, didalamnya juga terdapat pernyataan yang menjadi sebab- akibat yang menjelaskan timbulnya fenomena tersebut bisa terjadi.

2. Ciri-ciri Teks Eksplanasi
  • Isinya Faktual / Benar adanya
  • Bersifat Ilmiah
  • Bersifat informatif
  • Temannya Memuat hal umum
  • Terdapat Sequence Makers
3. Struktur Teks Eksplannasi
  • Pernyataan Umum
  • Sebab Akibat
  • Interpretasi
4. Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi
  • Pembahasan topik jauh lebih fokus pada hal-hal yang bersifat umum (generik), bukan partisipan manusia. Contohnya saja gempa bumi, gunung meletus, tsunami, badai, dan lain-lain.
  • Menggunakan istilah-istilah yang ilmiah
  • Menggunakan kalimat pasif
  • Sering memakai kata verba material dan verba relasional (kata kerja aktif)
  • Menggunakan konjungsi kausal dan waktu. Contoh sebelum, pertama, jika, kemudian, sehingga.

D. Tugas Latihan

Pada kegiatan kesatu Kalian telah mengidentifikasi butir-butir penting dari 2 buku yang Kalian baca. Tugas pada bagian ini, pilih satu buku dari 2 buku yang Kalian baca, kemudian berdasarkan hasil identifikasi butir-butir penting buku, buatlah teks ekslanasi!

Langkah yang harus Kalian ikuti:
1. Pastikan data-data butir-butir penting dari buku sudah Kalian peroleh.
2. Buatlah kerangka teks sesuai struktur teks eksplanasi berdasarkan kesan priadi Kalian terhadap butir penting yang kalian dapatkan dari buku yang kalian baca!
3. Kembangkan kerangka yang telah Kalian susun menjadi teks eksplaasi singkat, dengan ketentuan sebagai berikut:
• Jenis teks eksplanasi
• Panjang tulisan minimal 300 kata
• Menggunakan bahasa Indonesia baku
• Penulisan sesuai PUEI
4. Baca lagi tulisan Kalian, kemudian perbaiki bagian yang belum sesuai baik struktur, kebahasaan, pilihan kata serta ejaan!

Hasil Kegiatan

E. Latihan Soal

Jawablah pertanyaan berikut !
1. Sebutkan ciri-ciri teks eksplanasi!
2. Cermati penggalan isi teks ilmiah berikut!
Pemanaan global adalah hal serius yang harus segera ditangani. Masalah ini akan menimbulkan berbagai dampak apabila terus berkembang. Salah satu dampak yang dihasilkan dari pemanasan global ini adalah adanya kekerigan yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Adanya peningkatan suhu, cuaca ekstrim, dan minimnya suplai air membuat beberapa daerah kekurangan air yang mengakibatkan kekeringan. Dalam makalah ini akan dibahas mengenai pemanasan global, dampaknya khususnya dalam kekeringan, dan bagaimana upaya-upaya untuk menangani masalah global itu sendiri.
 
Metode yang digunakan dalam makalah ini adalah studi literatur menggunakan sejumlah jurnal ilmiah yang temanya sesuai dengan tema makalah yang diangkat. Selain jurnal, penulis juga menggunakan web untuk sumber yang digunakan. kata kunci: perubahan iklim, pemanasan, cuaca, suhu, air.

Temukan kata istilah ilmiah dan kata kerja material pada penggalan teks tersebut ! 

Kunci jawaban latihan 2


Rubrik penilian latihan 2


Keterangan
Jawaban benar 
nilai skor 1 
Jawaban salah 
skor 0

Soal 2 bila semuanya benar nilai seratus

F. Penilian Diri

Berilah tanda centang (√) pada format di bawah ini sesuai dengan jawaban kalian!

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Menulis Pesan Pribadi dari Butir-Butir Penting Nonfiksi Mapel Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 



#
Menulis Pesan Pribadi dari Butir-Butir Penting Nonfiksi File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • contoh butir butir penting buku nonfiksi
      • contoh buku non fiksi beserta butir butir penting
      • contoh deteksi butir-butir penting buku pengayaan (nonfiksi)
      • jelaskan butir butir penting novel
      • bacalah 2 buku pengayaan (nonfiksi) dan temukan butir-butir penting dari 2 buku tersebut !
      • butir-butir penting dalam buku fiksi
      • contoh laporan butir-butir penting buku nonfiksi
      • contoh butir butir penting buku pengayaan nonfiksi
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022